subject

Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh … works.

— Other posts

Belum… belum nonton juga, cuma udah jadi hype belakangan ini setelah tayang di sinema-sinema Jepang sekitar 2-3 minggu terakhir.

Bagian ketiga dari tetralogi Rebuild of Evangelion ini jelas menjadi bagian yang paling ditunggu. Kenapa? Soalnya Evangelion 1.0 (1.11) jelas masih nge-recap dari TV Series, dengan beberapa modifikasi tentunya (termasuk ke-tidak-konsisten-an logo NERV yang masih campur aduk ama footage dari anime lama… ^^; ).

Evangelion 2.0 (2.22) mulai menunjukkan adanya perubahan signifikan dari plot cerita, dan mungkin yang paling bikin rame waktu itu adalah Mari yang gaya bertempurnya rada kayak psycho dan Asuka yang muncul dengan eye-patch ala pirate. 😀

Nah, tentunya buat yang dulu demen banget Evangelion, Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo (ヱヴァンゲリヲン新劇場版:Q, di mana Q nya di sini adalah ‘Quickening’) merupakan ‘start’ dari cerita baru Evangelion yang sudah dibilang sejak awal akan berbeda sama sekali dengan serial pendahulunya. Buat yang belum tau Evangelion, agak sulit kali ya mengerti apa yang diomongin di sini. Dan di beberapa review orang yang sudah nonton, beserta spoilernya, memang beneran 3.0 membawa cerita yang sama sekali baru. Nggak semua review bilang bagus atau sebaliknya, tapi tetep aja, ini Evangelion. Always menimbulkan kontroversi, then and now. Meskipun udah nggak berada dalam mental breakdown, Hideaki Anno tetep bisa membuat pemirsanya memberikan reaksi yang bermacam-macam.

images taken from http://www.gunjap.net/site/?p=107343

Yang jelas, dari 20 hari penayangannya di Jepang, movie ini udah meraup keuntungan sekitar 3.9 Milyar Yen (sekitar Rp. 450 Milyar !!). Tidak diragukan lagi kalo komentar gue dari sejak jaman dulu soal Evangelion masih tetap valid sampe sekarang: “Evangelion adalah Sapi Perah Gainax“. Itu baru dari hasil penjualan 2.84 juta lembar tiket di Jepang. Padahal di dalam movie ini ada, Ayanami Rei III, Shikinami Asuka Langley, Makinami Mari Illustrious, dan EVA-01, EVA-02, bahkan EVA-08 pink milik Mari (buat ngeganti EVA-05 yang ancur di 2.0). Belum lagi sekarang ada karakter Sakura (adiknya Touji) itu. Dan masih banyak lagi figur atau merchandise lain yang bisa menghasilkan uang.

Character design sepertinya masih tetep berusaha “setia” ama design awal, meskipun ada perubahan di sana sini mengingat ceritanya 3.0 ini kejadiannya 14 tahun sejak insiden di 2.0. Beberapa perubahan misalnya bisa dilihat dari plug suit the Children… sekarang ada ‘nekomimi’! ^^; kok jadi berkesan di-imut-kan gitu ya? Hahaha. Kalo dulu kan plug suit sampe leher, trus di kepala the Children ada alat kecil mirip kuping kucing, kalo sekarang udah jadi satu ama si plug suit. Dan… itu kacamata (visor?) si Gendou kok rasanya swt bgt ya… I’d prefer the good old fashioned glasses, thank you. Rasanya lebih dramatic aja kalo si Gendou pake kacamata jadul dibandingin ‘the modern look’, but that’s just me. ^^;

All-in-all, nggak bisa cerita banyak sebenernya, atau lebih tepatnya, belum. Karena ya… pertama, bisa jadi spoiler kebanyakan, atau kedua, karena infonya ya baru dari review orang-orang lain, soalnya memang belum nonton sendiri. Dan by the time that I do, I’d definitely say something here, and that means nunggu DVD atau BD nya rilis which is… MASIH SANGAT LAMA!! :sob:

4 thoughts on “Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo

  1. Penutupnya… Bakalan jadi “legenda” lagi nih….

    Btw, mau nyumbang artikel trivia buat movie evangelion ini boleh gak? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *