subject

Servant x Service

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh … works.

— Other posts

Anime kategori slice-of-life ini cerita tentang 3 orang karyawan baru di semacam kantor administrasi pemerintah (kantor catatan sipil kali ya kalo di Indonesia … ). Satu cowok, Hasebe Yutaka (seiyuu: Suzuki Tatsuhisa) yang kerjanya selalu tebar pesona dan main-main tetapi selalu bisa mengatasi situasi terutama komplain dari para pengunjung. Satu cewek, Miyoshi Saya (seiyuu: Nakahara Mai) yang baru pertama kali ini bekerja dan baru lulus sekolah. Lalu yang terakhir adalah seorang cewek yang selalu menyebutkan hanya nama keluarganya saja yaitu Yamagami (seiyuu: Kayano Ai) dan menghindar untuk menyebut atau menuliskan nama depannya.

ServantxService

Ketiganya berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja mereka yang baru, meskipun untuk Hasebe sepertinya dia tidak mengalami masalah untuk ‘beradaptasi’. Dari ketiga orang ini, Yamagami sepertinya adalah orang yang paling serius mengerjakan tugas-tugasnya. Ketika mereka sedang ngobrol, Saya mengatakan bahwa sepertinya Yamagami adalah orang yang paling serius menjalankan pekerjaannya. Yamagami kemudian mengakui bahwa dia memilih bekerja di kantor tersebut karena alasan balas dendam.

servantxservicexchar

Waktu lahir, kedua orang tua Yamagami kebingungan ketika memilih nama untuk dirinya. Mereka kemudian memutuskan untuk menanyakan pendapat orang lain, yang ternyata justru malah membuat mereka makin bingung untuk menentukan nama bagi sang bayi di antara sekian banyak usulan nama. Akhirnya yang mereka lakukan adalah menggunakan semua usulan nama itu sebagai nama depan Yamagami kecil. Dan konyolnya, petugas catatan sipil yang ditemui kedua orang tuanya dengan santai mengatakan bahwa hal itu tidak masalah dan mendaftarkan nama ‘ajaib’ itu. Menurut Yamagami, seandainya dulu si petugas itu tidak ‘asal kerja’ mungkin petugas itu akan setidaknya menanyakan kepada kedua orang tuanya apakah mereka yakin ingin menamai anak mereka seperti itu. Yamagami ingin membalas dendam dengan mengerjakan tugas sebagai petugas administrasi pemerintahan dengan benar dan tidak ngawur seperti petugas yang mencatatkan namanya itu.

My thoughts?

Seriously, ini beneran joke PNS. Cerita tentang pegawai pemerintahan dengan segala kelakuan mereka di kantor pelayanan masyarakat. Gue rasa untuk bisa ‘menikmati’ joke-nya ya paling nggak harus punya gambaran dunia kerja terutama jasa pelayanan masyarakat, yang dikelola oleh pemerintah. Apalagi kalo bukan kerjaan PNS? Ada yang udah 8 tahun kerja ya masih gitu-gitu aja, ada yang nggak bisa handle komplain warga, ada yang ‘datar’ aja waktu melayani warga, ada yang ya … kayak Hasebe itu. Paling cepet bereaksi kalo waktunya istirahat, kerjaannya ngeluyur ke sana ke mari … Sounds familiar doesn’t it?

Not much to say, really, A-1 Pictures sih bagus kerjaannya, gue biasanya memang suka artwork mereka, dan di anime ini background sama karakter designnya bagus, tapi … Gue kurang dapet joke-nya, jadi most likely gue nggak lanjut nonton. Nggak kasih rating karena chance untuk gue tonton kecil.

forum No comments yet.
You're welcome to leave one

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *