Anime

Log Horizon

Sepertinya game online lagi seneng menjebak para pemainnya. 

Log_Horizon_Anime

Log Horizon bercerita tentang 30.000 pemain game online dengan judul Elder Tale yang terjebak di dalam dunia yang menyerupai alam dalam game tersebut tetapi tetap dengan nama-nama tempat di dunia nyata (seperti Akihabara). Game itu sebenarnya sudah berjalan lama, tetapi kemudian pihak pengembang game mengumumkan akan adanya penambahan area baru. Hal ini menarik para gamers lama untuk kembali login ke game tersebut dan ketika mereka kembali login, mereka tidak bisa logout.

Shiroe (seiyuu: Terashima Takuma) adalah salah seorang pemain yang sudah lama memainkan Elder Tale dan pernah membentuk Debauchery Tea Party, kelompok pemain level tinggi yang berhasil menyelesaikan tantangan-tantangan sulit dalam game itu yang disebut Raids. Dalam Elder Tale, Shiroe sepertinya berprofesi sebagai penyihir, dan dia biasanya berperan sebagai penyusun strategi serta memberi support kepada teman-temannya.

Ketika login kembali ke Elder Tale, Shiroe menyadari bahwa dirinya tidak bisa keluar (logout). Ia pun kemudian mencoba menghubungi teman-teman yang ada di friends list nya. Di situ dia menemukan nama teman baiknya Naotsugu (seiyuu: Maeno Tomoaki) dengan status ter-login. Ketika bertemu dengan Naotsugu yang berprofesi sebagai guardian, mereka berdua baru menyadari bahwa mereka sekarang muncul dalam wujud yang mendekati fisik mereka di dunia nyata, meskipun Shiroe mengatakan bahwa sepertinya visualisasi dirinya dalam Elder Tale sedikit lebih tinggi dari yang sebenarnya. Keduanya kemudian memutuskan untuk menyelidiki apa yang terjadi. Shiroe mengatakan bahwa begitu update terbaru, the Novasphere Pioneers, diimplementasikan, ia tidak ingat apa yang telah terjadi.

Saat sedang berjalan sambil berdiskusi mereka baru menyadari bahwa ada seorang assassin (ninja) yang mengikuti mereka. Ketika melihat status identitasnya, Shiroe mengenali sang ninja sebagai Akatsuki (seiyuu: Katou Emiri). Akatsuki meminta bantuan Shiroe agar memberinya potion untuk mengembalikan dirinya ke wujud asli, karena ternyata sebenarnya Akatsuki adalah seorang perempuan sementara avatar yang dia gunakan adalah laki-laki. Setelah berhasil berubah ke gender aslinya berkat bantuan potion Shiroe, Akatsuki memutuskan untuk menjadi pengawal Shiroe. Bertiga mereka mencoba mencari tahu apa yang terjadi dan dalam perjalanan mereka banyak bertemu dengan teman-teman lama yang juga terperangkap dalam dunia Elder Tale.

 log-horizon

My thoughts?

Nggak … nggak mau bilang ini SAO wannabe atau sejenisnya. Tema terperangkap atau berpetualang di dunia game bukan konsep yang “diciptakan” oleh SAO. Sudah ada sejak lama, sebut aja .hack series sebagai salah satu contoh, atau kalo mau yang film Hollywood ya Tron.

Berbeda dengan SAO, dalam dunia Elder Tale, kota-kotanya menggunakan kota-kota yang sama seperti di Jepang, dan di SAO para player hanya bisa menggunakan skill bertarung dengan senjata jarak dekat (melee) sementara di Log Horizon, mereka bisa menggunakan magic. Yang jelas, dalam Log Horizon, para pemainnya kebanyakan bukan level novice karena mereka rata-rata sudah bermain Elder Tale sejak lama dan kembali lagi memainkan game tersebut sebelum terperangkap.

Karena ini yang bikin sama dengan yang bikin Maoyuu, mungkin kita bakalan bisa menemukan adanya unsur ekonomi dan politik di sini. Dan kalo menurut apa yang gue baca, dalam Log Horizon ini konsepnya bukan gamers terperangkap di dunia maya saat online dan nggak bisa logout, tetapi justru dunia Elder Tale itu yang berubah menjadi kenyataan. Kenapa bisa terjadi begitu? Ya, mesti nonton supaya tau …

Interesting untuk dicoba, dan gue harap nggak bikin nge-drop … 

 

Links

Standard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/angry.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/awe.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/aww.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/baggy-eye.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/balloon.gif 
more...