subject

Best Anime 2015?

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh … works.

— Other posts

Nggak terasa 2015 sudah mendekati akhir, dan biasanya anime-anime baru akan bermunculan setelah masuk ke tahun yang baru, 2016. Kalo pas pergantian tahun 2014 – 2015, gue jelas-jelas nungguin aldnoah.zero season 2 (yang ternyata bikin nge-drop banget penutupannya … ), kalo kali ini terus terang ya belum tau. Rata-rata anime baru semua.

From the internet

Kalo browsing di internet atau nanya mbah Gugel nyari info soal best anime 2015 secara keseluruhan, bukan per musim, sebagian besar pasti akan nongolin judul One Punch Man. Mungkin 70% atau lebih penonton anime berpendapat ini the best anime 2015. Nggak mengherankan juga sih, karena si Wanpanman ini memang … apa ya … fenomenal? 

Dari sisi ide cerita, bisa dibilang OPM ini unik. Seorang superhero yang jadi hero “for fun” tapi pada akhirnya justru dia kehilangan elemen “fun” karena tidak terkalahkan dan dia hanya butuh 1 pukulan saja untuk mengalahkan super villain yang jadi lawannya. Udah gitu ke-superpower-annya itu dia dapatkan hanya dengan 100x push-up, 100x sit-up, 100x squat-jump, dan lari 10 km, setiap hari … sampe botak licin …  Kedengerannya sih datar banget, tapi pengarangnya bisa menciptakan suasana action yang tetep seru dan lucu plus permasalahan over powered, meskipun pada akhirnya si Saitama (tokoh utamanya) ya tetep aja sekali pukul.

Death-Parade-splash

Judul lain yang muncul juga adalah Death Parade. Anime yang pertama kali muncul sebagai salah satu judul dalam proyek Anime Mirai dengan judul Death Billiard ini akhirnya ‘diadopsi’ menjadi serial televisi. Bercerita tentang ‘pengadilan akhirat’ di mana jiwa orang-orang yang meninggal dunia (yang secara ajaib, kehidupan mereka di dunia itu terkait satu sama lain) akan terkirim ke semacam klab sebelum ditentukan akan dimasukkan ke ‘surga’ atau ‘neraka’ (tapi kayaknya kalo di anime ini jadinya ‘reinkarnasi’ atau ya … ‘akhirat’ beneran … yah … tergantung kepercayaan masing-masing lah ). Sama seperti OPM, DP juga punya plot cerita yang unik, di mana jiwa-jiwa itu tadi akan ‘diadili’ dengan cara mengadu mereka dalam permainan yang umumnya ada dalam sebuah klab (bilyard, dart, dll), tapi tentunya bukan sekedar permainan biasa. Setiap permainan pasti akan membawa resiko dan akibat bagi para pemainnya. Dan nggak cuma para jiwa itu yang dibahas, tokoh-tokoh yang ‘menjalankan’ tugas di situ pun mempunyai cerita tersendiri.

tekketsu-splash

Sementara, Mobile Suit Gundam – Iron Blooded Orphans yang muncul di musim gugur sepertinya baru mulai disebut. Bisa aja ini disebabkan karena dia baru muncul belakangan. So far penceritaannya bagus sih, nggak bertele-tele. Tokoh-tokohnya masuk dengan halus, conflict of interest bermunculan di awal tapi masih tetep ngasih space untuk plot twist lain.

Tapi ya itu tadi, dia baru mulai menghangat, dan ada kabar Desember 2015 ini mau keluar Gundam Thunderbolt … yang ngambil setting Universal Century tapi katanya dengan gaya cerita yang berbeda. Might be interesting buat oldies-Gundam-fans karena ngambil setting waktunya bersamaan dengan era-nya Amuro Rei. Cukup berani sih kalo gue bilang, tinggal masalah ‘bisa diterima atau tidak’ aja ama fans-nya. 

That said, anime lainnya gue nggak gitu ngikutin, tapi ada yang bilang Ore Monogatari!! itu cerita romance yang bagus, atau Akagami no Shirayuki Hime juga genre yang sama dan bagus. Tapi karena nggak ngikutin jadi nggak tau, yang jelas belum nemuin yang berani bilang anime romance “bagus” seperti Shigatsu wa Kimi no Uso (You Lied in April) waktu 2014 – 2015, yang … ya yang udah nonton pasti tau lah. Malah katanya dibikinin live action movie nya juga yang bakalan rilis tahun 2016 ini (most likely di bulan April hehehe). *love the live version song, by the way 

Di Jepang sendiri, agak susah juga nyari poll pendapat yang ngebahas best anime kayak kalo Charapedia bikin poll soal most anticipated anime. Satu-satunya poll pendapat tentang best anime cuma yang diadain oleh situs “Goo Ranking“, melibatkan 500-an penggemar anime di rentang usia 20 – 30 tahun. Tapi poll ini terbatas di anime yang ditayangkan oleh network television dan judul yang muncul sebagai pemenang mungkin agak beda dengan yang banyak dibahas di internet. 

Ada 49 judul (dari mungkin sekitar 100-an judul yang muncul di 2015) yang ditampilkan hasilnya berupa persentase, jadi bisa ada 2 atau lebih anime dengan persentase yang sama. Dari semua judul itu, 10 yang teratas:

  • ルパン三世 / Lupin III – 7.9% (~ 39 suara)
  • おそ松さん / Osomatsu.san – 5.3% (~ 26 suara)
  • 俺物語!! / Ore Monogatari!! – 4.7% (~ 23 suara)
  • 黒子のバスケ / Kuroko no Basket – 4.4% (~ 22 suara)
  • ジョジョの奇妙な冒険  スターダストクルセイダース / JoJo’s Bizarre Adventure: Stardust Crusaders – 4.2% (~ 21 suara)
  • 暗殺教室 / Assassination Classrom – 3.9% (~ 20 suara)
  • ハイキュー!!セカンドシーズン / Haikyu!! Second Season – 3.2% (~ 16 suara)
  • 監獄学園 プリズンスクール / Prison School – 3.0% (~ 15 suara)
  • うしおととら / Ushio to Tora – 2.8% (~ 14 suara)
  • ワンパンマン / One Punch Man; WORKING!!!; ご注文はうさぎですか??/ Gochuumon wa Usagi desu ka?? – 2.7% (~ 13 suara)*

*3 judul yang terakhir itu sama-sama mendapatkan 2.7% suara.

Nggak gitu familiar ya yang terpilih? Mungkin di Indonesia nggak terlalu populer, tapi kayaknya kalo di Jepang mereka-mereka itu yang lebih dikenal. Ya namanya juga selera, dan 500 orang itu kan nggak berarti pukul rata semua penggemar anime sama yang disenengin.

 

My choice?

Shokugeki-no-Soma-splash

 

Me? Gue sih 2015 ini yang ditonton nggak banyak tapi lebih seneng yang ringan-ringan aja kayak … Shokugeki no Soma  Fun to watch, gue suka anime masak yang ini karena efek-efek gila nya setiap mendeskripsikan makanan yang disajikan beserta “dampaknya” kepada yang memakan. Easily my best for 2105. Hahaha.

overlord-splash

Untuk ‘kategori’ intermediate ada Overlord yang menurut gue masih lebih bagusan alur ceritanya daripada Sword Art Online (anime) secara keseluruhan (don’t get me wrong, SAO menurut gue bagus cuma pas di arc Aincrad. Abis itu … ) Bahkan waktu hype SAO lagi tinggi, gue masih lebih seneng ngikutin Log Horizon. Hehehe.

charlotte-splash

Agak drama dan kompleks sedikit gue akan pilih Charlotte. Maeda Jun memang, tapi untuk yang ini gue bilang sih gue suka. Meskipun yah … agak-agak out of this world dikit lah pake superhuman powers and stuffs, tapi buat gue yang penting nggak cengeng. 

garo-guren-splash

Action type anime 2015 buat gue … hmm … GANGSTA kali ya? Nggak terlalu juga sih sebenernya. Tadinya gue pikir aldnoah.zero penutupannya bakalan bagus jadi dari Januari sampe Desember 2015, it would’ve been my best. Cuma ya … gitu deh.  Garo: Guren no Tsuki boleh juga sih, nonton cuma karena Seimei aja. Hihihi … One Punch Man … hmm … mainstream.  Sementara Gundam masih ongoing, belum tau juga. Heavy Object juga masih ongoing, cuma kayak berasa tiap battle itu cuma pengulangan aja. Intinya, sebelum Qwenthur berbuat sesuatu ya udah, nothing’s gonna happen.

rakudai-kishi-splash

Guilty pleasures? Yang ini mah paling bangsanya si ‘kembar’ Rakudai Kishi no Cavalry & Gakusen Toshi AsteriskTriage X (cuma karena pake istilah medis aja), Grisaia no Rakuen (hahaha … random pick abis … ). Hiburan murni lah, nggak ada ketertarikan khusus sama plot atau karakter.

Anyway, beberapa anime musim ini udah pada ngeluarin episode final, mungkin karena mulai minggu ini ke depan (sampe tahun baru) stasiun televisi akan banyak diisi acara bertema Natal dan Tahun Baru jadi ya mungkin animenya agak-agak berkurang dalam 1 – 2 minggu yang akan datang.

 Happy Holidays! 

forum No comments yet.
You're welcome to leave one

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *