Trivia

Trivia: Shoshinsha

Buat yang sering nonton anime, atau pernah ke Jepang, mungkin pernah liat stiker berbentuk huruf V dengan warna hijau dan kuning ditempel di kendaraan mereka. Stiker itu bukan merk dagang sebuah produk atau logo pabrikan kendaraan yang dipakai oleh si karakter anime.

Stiker itu adalah lambang yang disebut Shoshinsha (初心者マーク) atau kadang disebut sebagai Wakaba (若葉マーク). Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972, stiker ini dimaksudkan untuk memberi tanda bahwa yang mengemudikan kendaraan tersebut adalah seorang pengemudi yang baru saja mendapatkan ijin mengemudi, alias seseorang yang masih baru atau baru saja dinyatakan bisa mengemudikan kendaraan. Dan stiker ini wajib dipasang minimal satu tahun dari sejak dia mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) nya.

Kalau kebetulan lagi ada di Jepang, atau mungkin juga lagi nyetir di Jepang, dan ketemu dengan kendaraan yang berstiker semacam itu, diharapkan untuk berhati-hati karena orang yang mengemudikan kendaraan itu belum berpengalaman.

Jadi kalo ada yang ingin ‘gaya-gayaan’ pake stiker ini ditempel di mobilnya, berarti dia lagi ‘bergaya’ sebagai orang yang baru bisa nyetir. 

 

Buat dibaca-baca:

Standard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/angry.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/awe.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/aww.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/baggy-eye.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/balloon.gif 
more...