subject

Youjo Senki

幼女戦記 / Saga of Tanya the Evil
Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh … works.

— Other posts

Pada era 1910-an ada sebuah kerajaan yang disebut Empire dan kerajaan ini mempunyai kemajuan teknologi dan militer yang cukup pesat, tetapi meskipun demikian, lambat laun kerajaan-kerajaan lain di sekitarnya pun semakin lama semakin kuat. Pada awalnya, Empire menerapkan apa yang mereka sebut sebagai Plan 315, di mana pihak militer menempatkan basis-basis militer kecil di sepanjang perbatasan sementara kekuatan utama militer bersifat mobile dan bergerak menuju masing-masing basis sesuai kebutuhan. Dengan makin kuatnya kerajaan-kerajaan lain, strategi ini mulai mengalami kesulitan untuk diterapkan dan Empire mengalami kesulitan mempertahankan wilayahnya.

Di daerah perbatasan yang bernama Rhine, pasukan Empire mulai terdesak mundur. Ketika mereka sedang dalam kondisi yang parah, datang pasukan mage yang dikirim untuk membantu mereka menarik mundur pasukan. Pasukan mage tersebut dipimpin oleh seorang anak perempuan berusia 9 tahun bernama Tanya Degurechaff (seiyuu: Yuki Aoi). Tanya adalah seorang mage berpangkat letnan dua dengan kekuatan sihir yang mampu meledakkan pasukan artileri musuh dan memukul mundur pasukan mereka sementara pasukan Empire mundur ke garis belakang. Meskipun masih sangat muda, tetapi Tanya menunjukkan sikap yang sangat dingin kepada anak buahnya dan cenderung tampak kejam. Kekuatan dan sifatnya itu membuat dirinya dijuluki sebagai Rhine no Akuma (the Devil of Rhine).

Kejadian yang sesungguhnya adalah, pada tahun 2013 ada seorang pegawai kantoran yang hidup di Jepang. Dia adalah orang yang tidak percaya adanya Tuhan dan lebih memilih untuk menyebut Tuhan sebagai ‘Being X’. Sebagai hukumannya, Tuhan kemudian me-reinkarnasi pria itu ke sebuah dunia yang menyerupai Eropa pada era 1910-an sebagai Tanya, seorang anak 9 tahun yang mempunyai kekuatan magis. Dia ‘dihukum’ dan ‘diharuskan’ untuk meninggal secara wajar dan jika tetap tidak percaya kepada Tuhan, maka dia akan dimasukkan ke neraka. Untuk menyelamatkan dirinya dari hal tersebut, Tanya kemudian berusaha keras untuk mencapai posisi yang tinggi sehingga dia tidak perlu maju dan tewas di medan perang.

 

My thoughts?

War. Magic/witchcraft. Europe. “Germany”. 1910-ish. Okay … gue pernah baca kalo salah seorang pelaku sejarah pada jaman tahun segitu ada yang sangat percaya pada hal-hal yang bersifat legenda/mistis/supranatural. Dan setelah season lalu nonton Izetta, sekarang muncul lagi dengan latar belakang era yang sama. Nggak, nggak ngebandingin kok. Basic ceritanya juga beda, cuma kebetulan ada beberapa tema yang mirip.

Nonton episode pertama pasti belum ada info soal paragraf terakhir di atas, dan kenapa tetep ditulis juga, karena pada saat ini ditulis udah episode 4 dan penjelasan soal salaryman itu adanya di episode 2. Agak bersyukur juga nggak nulis dari awal, soalnya agak ribet ngejelasinnya di awal kalo sebenernya Tanya itu adalah reinkarnasi dari orang Jepang yang hidup di tahun 2000-an (2013). Kenapa ke era PD I? Nggak tau juga. Mungkin untuk dikaitkan ama seorang tokoh yang mirip-mirip sama pelaku sejarah yang tadi disebut? Atau mungkin kalo dijamankan sekarang, susah menggambarkan perangnya, udah pada pake tombol jadi kemunculan mage nggak ada tempatnya lagi. 

Intinya, Tanya harus bisa menyelamatkan dirinya, tetapi di dunia yang sedang dilanda peperangan itu, ya udah pasti nggak mudah. Ditambah lagi, ‘campur tangan’ Tuhan membuat Tanya yang tadinya berharap bisa mundur dari medan perang setelah terluka harus kecewa. Dia ternyata harus kembali lagi ke medan perang karena jewel type 95, batu sihir yang tadinya dianggap tidak stabil, berkat ‘campur tangan’ Tuhan menjadi stabil dan hanya bisa digunakan oleh Tanya, jadi ya oleh pihak militer dia dikaryakan lagi.

Mungkin di sini ceritanya ingin menunjukkan bahwa si salaryman (sebagai Tanya) itu akan menggunakan cara-cara yang keliatannya ‘kejam’ dan tidak berperasaan demi mencapai apa yang dia inginkan. Dan itu sebenernya menggambarkan apa yang terjadi bahkan di masa sekarang, di mana banyak orang mau dan mampu melakukan apapun untuk kepentingannya sendiri … karena ya si salaryman ini bahkan ngejorokin supervisor nya ke depan kereta yang sedang melaju  (School Days anyone?) … Hmm … definitely not your typical salaryman, right? 

 

LINKS

2 thoughts on “Youjo Senki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *