subject

Katsugeki/Touken Ranbu

活撃/刀剣乱舞
Okita
the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

— Other posts

Pada akhir era shogunate (abad 18-19, sekitar tahun 1863), di mana terjadi bentrokan antara pengikut para shogun dan gerakan anti-shogun di Jepang, muncul sekelompok samurai yang datang dari masa depan di tengah-tengah kekacauan pada saat itu. Mereka yang disebut sebagai “Time Retrograde Army” itu bertujuan mengubah jalannya sejarah dunia, yang bisa berakibat berubahnya kondisi di masa depan. Untuk mencegah hal itu, Tsukumogami atau spirit yang merupakan ‘jiwa’ dari senjata-senjata legendaris dibangkitkan oleh Saniwa (seiyuu: Minagawa Junko), dan dikirim ke masa lalu untuk menghentikan mereka.

Izuminokami Kanesada (seiyuu: Kimura Ryohei) dan Horikawa Kunihiro (seiyuu: Enoki Junya) adalah spirit dari uchigatana (samurai Jepang) dan wakizashi (pedang pendek) yang merupakan senjata milik wakil komandan ShinsengumiHijikata Toshizo, salah satu tokoh sejarah di Jepang. Mereka berdua adalah Tsukumogami pertama yang dikirim oleh Saniwa ke masa lalu ditemani oleh Konnosuke (seiyuu: Nagatsuka Takuma), seekor kuda-gitsune, sejenis spirit rubah yang membantu mereka dalam menjalankan misi dan merekam semua kejadian yang mereka alami.

Ketika Kanesada dan Kunihiro dikepung oleh musuh, tiba-tiba di langit muncul sebuah portal yang awalnya mereka kira akan memunculkan lebih banyak Time Retrograde Army, tetapi ternyata yang muncul adalah Saniwa sendiri dan dia pun membangkitkan beberapa tsukumogami lain yaitu Yagen Toushiro (seiyuu: Yamashita Seiichiro) yang merupakan spirit dari belati (tantou) buatan Awataguchi Yoshimitsu dan terkenal karena ketajamannya yang dikatakan mampu membelah batu asah tetapi tidak melukai pemiliknya, Tonbokiri (seiyuu: Sakurai Toru) salah satu dari The Three Great Spears of JapanKuninaga Tsurumaru (seiyuu: Saito Soma), spirit dari pedang panjang (tachi) hasil tempaan Kuninaga Gojou, dan Mutsunokami Yoshiyuki (seiyuu: Hama Kento) uchigatana yang merupakan pedang terkenal milik Sakamoto Ryoma, salah seorang tokoh era Bakumatsu.

 

My thoughts?

First on Summer 2017! Hmm … ya nggak exactly first karena sebenernya Hina Logi udah liat duluan, cuma kalo yang itu kayaknya gue nggak bakalan bahas.  Atau mungkin suatu hari nanti akan bahas … mungkin

Kalo soal anime ini … nomer satu ya jelas, ini endingnya yang nyanyi Kalafina.  Meskipun di episode pertama belum dimunculin itu lagu, tapi udah dapet e-mail dari salah-satu-toko-online-Jepang yang nawarin mau pre-order apa nggak. Hahaha, they know who’s going to buy it

Soal animasinya, gue sih terus terang berharap banyak sama fight scene-nya. Kenapa? Karena ini ufotable yang bikin, cuma nggak tau kenapa gue merasa terakhir happy ngeliat fight scene buatan mereka itu di Fate/Zero, Arthur vs Diarmuid. Abis itu belum ketemu lagi, harapannya sih di Touken Ranbu ini akan ada lagi fight scene yang seru, apalagi liat promo video mereka kayaknya sih bakalan bagus.

Soal cerita, ya unik sebenernya. Spirit dari senjata-senjata legendaris Jepang. Buat yang seneng menambah pengetahuan, tentunya ini sangat menarik. Apalagi banyak berkaitan dengan sejarah, karena umumnya senjata-senjata itu identik dengan tokoh-tokoh nyata dalam sejarah bangsa Jepang, bukan cuma pemiliknya, tapi juga para pembuat senjata yang sama legendarisnya dengan hasil tempaan mereka. Kalo dipikir di Indonesia juga sebenernya ada banyak senjata terkenal, tapi kalo gue kayaknya agak rancu antara yang beneran sama yang cuma cerita hahaha … kalo yang ada di Keraton Yogyakarta atau museum ya udah pasti nyata ya, dan nggak usah ditanya soal ‘kesaktian’-nya, nggak bisa dijelasin, bisanya cuma diceritakan turun temurun. 

Tapi sebenernya ada sedikit paradox di sini, konsep spirit atau ‘jiwa’ di dalam sebuah benda (dalam hal ini senjata) kalo mau dibilang mungkin ya lebih ke ‘era lama’, di mana keyakinan mengenai ‘kesaktian’ sebuah benda atau ‘kekuatan magis’ sebuah senjata lebih identik dengan folklore atau cerita rakyat yang tadi, sifatnya turun temurun dan cenderung ‘tidak ilmiah’. Sementara, di ceritanya, para tsukumogami ini dikirim dari masa depan, yang asumsi gue, tentunya udah dipenuhi dengan teknologi dan pemikiran yang ilmiah, termasuk cara mereka untuk time travel ke masa lalu.

Jadi orang-orang di masa depan yang sudah penuh dengan teknologi dan logika, justru mengandalkan tsukumogami yang bersifat metafisik dan supranatural untuk menyelamatkan masa depan dengan cara menyelamatkan masa lalu … nah loh … 

 

LINKS

One thought on “Katsugeki/Touken Ranbu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/angry.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/awe.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/aww.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/baggy-eye.gif  http://animindo.net/wp-includes/images/smilies-custom/balloon.gif 
more...