Sertifikat

Animindo Faces 2002 – Present

Hari ini iseng sowan ke webarchive untuk liat apakah ada jejak-jejak animindo.net di masa lalu, dan ternyata ada …

Sebenernya animindo sudah muncul tahun 1998, tapi arsip mereka baru dimulai dari tahun 2002. Itu adalah tahun di mana animindo akhirnya menggunakan domain name .net setelah sebelumnya make url tebengan animindo.cjb.net. (untuk story lengkapnya, silahkan baca di sini ).

Note: Banyak image atau flash yang hilang karena memang sudah lama sekali dan tidak ter-arsip-kan, tapi masih bisa dilihat secara garis besar bentuk design animindo-nya.

Animindo 2002

Animindo 20-02-2002
Animindo 20-02-2002

Tampilannya masih plain… I know. Itu masih pake html murni. Dan karena waktu itu belum bisa pake yang namanya css, jadi ya masih mengandalkan bantuan software pembuat website. Apalagi php-mysql, masih di awang-awang…

Animindo 2002-2
Animindo 2002-2

Masih di tahun yang sama, pada bulan Mei, dilakukan update dan ganti design. Masih belum lancar make .css jadi masih sangat tergantung bantuan software webdesign, but I’m learning. I really did.

Animindo 2002-3
Animindo 2002-3

Design ke-3 dan ke-4 di tahun yang sama… nggak beda terlalu jauh, tapi terus mengasah pengetahuan tentang design menggunakan .css. As you can see, I’ve been really busy.  Trial and error berkali-kali, tapi mulai get the hang of it. Selain itu, gue juga mencoba membuat animasi flash. Sayangnya, web archive nggak nyimpen image ataupun flashnya, tapi for me, that’s good enough. Buat yang pengen tau itu yang gambarnya ilang atau kotak putih apa, itu adalah menu/button/animasi yang gue buat dengan flash. Dulu sih namanya masih Macromedia Flash. Sekarang Macromedia udah nggak ada, udah dicaplok Adobe.

Animindo 2002-4
Animindo 2002-4

Dan, kebetulan juga, design ke-4 ini (yang ada gambar inset-nya itu) mendapat kehormatan untuk masuk dalam daftar Situs Terbaik 2002 untuk Kategori Hobi versi Majalah KomputerAkt!f.

Forum Pertama Animindo
Forum Pertama Animindo

Waktu itu juga yang namanya forum animindo sudah banyak member-nya. Bahkan sempat beberapa kali kita mengadakan gathering di beberapa mal, termasuk di food court sebuah mal (ter)besar di daerah antara Tomang-Grogol (pada waktu itu). Saking lamanya duduk ngobrol dan nggak pesen makanan lagi, mas-mas yang bersihin meja-meja di sekitar ngebanting-banting bangku…  Kayaknya sih maunya dia ngusir kali ya… tapi kita berprasangka baik aja. Siapa tau memang nggak sengaja kebanting…

Animindo 2003

Animindo 2003
Animindo 2003, animasi yang gue buat waktu itu adalah gambar Kishuu Arashi dengan BGM Sadame

Udah mulai agak lancar pake .css dan database. Cuma masih belum bisa ngelepas design dengan tabel. Jadi positioning masih mengandalkan tabel which is nggak mudah juga. Tapi yang namanya proses, ya berjalan terus.

Animindo 2003-2, mestinya ada gambar Raquel Casull di sebelah kiri
Animindo 2003-2, mestinya ada gambar Raquel Casull di sebelah kiri

And thanks to djt, akhirnya gue bisa implement php-mysql dengan baik. Selain basic yang diajarin, gue mengembangkan lagi sendiri dengan mengandalkan tutorial yang bertebaran di internet.

Animindo 2004 – 2005

Animindo 2004-1
Animindo 2004, animasi flash di tengah mestinya Uchuu no Stellvia, BGMnya Asu e no Brilliant Road – 2nd Genesis ver.
Animindo 2004 - 2005
Animindo 2004 – 2005

Beberapa kali ganti design. Waktu itu lagi rajin-rajinnya update dan ganti design sih sebenernya. Cuma ya masih nggak pede untuk pake .css murni, jadi masih setengah css, setengah tabel. Udah gitu, karena kesibukan sehari-hari, nggak ada design baru untuk animindo.net, bahkan situs utama sempet down berbulan-bulan, tapi untuk forumnya tetap berjalan terus.

Animindo 2006 – 2007

Animindo 2006 - 2007
Animindo 2006 – 2007

Design sudah mulai dibikin sederhana, mengurangi banyak image dan script yang dianggap memberatkan. Waktu itu adalah masa-masa di mana banyak pengguna internet kesulitan mendapatkan koneksi yang bagus. Broadband internet juga masih belum menjamur seperti sekarang. Atas dasar pertimbangan itu, maka kemudian animindo.net dibuat ‘seringan’ mungkin.

Design Forum Kedua
Design Forum Kedua

Forum pun mengalami perubahan design, menyesuaikan dengan tampilan halaman muka dari animindo.net. Tapi secara aktifitas, untuk website sangat-sangat menurun, sementara aktifitas forum tetap berjalan normal.

Animindo 2008

Animindo 2008
Animindo 2008

10 Years After version. 10 tahun animindo.net ngambil judul lagunya Yonekura Chihiro, 10 Years After, ending song dari Gundam MS 08th Team. Not a Gundam fan, tapi kebetulan juga itu Gundam yang gue suka (Shiro dan Aina). Udah full .css dan full php-mysql.

Forum 2008-2009
Forum 2008-2009

Dan di tahun ini juga forum animindo yang tadinya pake program open source (baca: gratisan), ganti menggunakan software forum yang paling terkenal di dunia maya. Membernya juga udah banyak, walaupun udah mulai agak surut dan menyisakan orang-orang yang memang original member.

Animindo 2009

Animindo 2009
Animindo 2009

Setelah bergelap-gelap ria dengan design 2008, di tahun 2009 animindo menggunakan design yang lebih ‘terang’. Untuk design 2009 ini, sudah mulai implemen animasi lagi, tapi cuma berupa image slider aja, dan itu nggak seberat flash. Mulai muncul jscript yang mempermudah slide show gambar untuk header. Sempet bingung caranya ngatur supaya image nggak mencang mencong dari design, soalnya setiap ditest-drive, meleset terus posisinya. Tapi setelah berjam-jam mencoba, akhirnya berhasil juga. Selain itu, gue juga berhenti menggunakan forum berbayar, harganya naik dan menurut gue udah nggak worth it lagi dipertahanin. Biaya mahal, member sudah pada sibuk sama keseharian di dunia nyata (including myself), so the best decision was to shut it down.

Animindo 2010

animindo.net
animindo.net

Ini yang gue kehilangan file-nya akibat kerusakan pada motherboard pc dan diikuti kerusakan data pada hard drive. Bener-bener parah. Semua data hilang, dan jelas nggak bisa dilihat di web archive. Kenapa? Karena udah full css, jadi image-pun nggak pake. Semua murni css, jadi bentuk udah nggak bakal keliatan kalo nggak ada css file nya. Diliat di web archive juga cuma deretan tulisan aja. Styling-nya none, lha wong file-nya ilang. I guess there’s a down side to everything. Kalo masih make tabel mungkin masih keliatan bentuknya, ini udah nggak sama sekali. Yang jelas waktu itu tema-nya Strike Witches (yang gue bikin jadi title waktu itu adalah: animindo.net :: Witches Strike!).

Animindo 2011

Animindo 2011
Animindo 2011

Back to black. Designnya kembali memakai nuansa gelap. Waktu itu masih tetap bertahan dengan script buatan sendiri. All custom made. Dari design front end sampai back end. It was the proudest moment of animindo.net. Until someone put an end to it. Di-hack total. Sampe password-passwordnya diganti semua. Kalo boleh komentar, si hacker nya sih rasanya nggak pas kalo disebut ‘hebat’. Lha bisa nya nge-hack website yang scriptnya dibikin oleh orang yang bukan programmer. Tapi ya karena ulah si orang itu, akhirnya gue putuskan untuk mengubah total animindo dari sekedar kumpulan data tentang anime (which is rasanya juga nggak mungkin bisa gue lengkapin, mengingat ada ribuan judul anime, bahkan lebih). I decided to blog it out. Makanya berubah menggunakan WordPress. Took me some time to figure out how to create a theme, tapi karena dasar css dan php udah punya, ya adaptasinya bisa dipercepat.

Animindo 2012

Animindo 2012
Animindo 2012

The first theme created for animindo.net. Yep. Sebelumnya masih make theme gratisan yang ada di dunia maya, karena gue belum bisa bikin sendiri, a.k.a masih belajar. Tapi di tahun 2012, animindo udah bisa pake design buatan sendiri. Udah gitu, langsung bikin yang sifatnya responsive, alias kompatibel untuk dilihat menggunakan gadget, smartphone, maupun PC/laptop/netbook.

Animindo 2013

Animindo 2013
Animindo 2013

Di tahun yang baru ini, animindo (atau mungkin tepatnya, gue) pengen mencoba implementasi yang namanya html5 dan css3, trend pemrograman untuk website-website modern. Css3 sebenernya udah gue pake sejak tahun 2010-2011, kalo html5 nya ini yang baru belakangan. Itupun sebenernya gue belum 100% paham, cuma hasil comot info sana-sini di internet. Tapi pas dicoba validasi, ternyata lulus validasi html5!

Epilogue

Yah, selama masih ada anime yang bisa gue tonton, dan selama masih ada kesempatan, might as well keep this website alive. Meskipun kadang nyesek juga kalo udah kena hack atau waktunya bayar (nah, yang ini nih… ) but I guess those were the things that made maintaining this website interesting, don’t you think? Hope you or whoever read this blabbing enjoy your visit to animindo.net

Cheers!

 

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.