Devil Survivor 2 the Animation

Shin Megami Tensei: Devil Survivor 2, itu nama ‘aslinya’ di game. Dari “Shin Megami Tensei”-nya pasti udah kebayang ini anime model Persona 4 the animation. Apalagi sutradaranya sama, Kishi Seiji.

ds2_title

Kuze HibikiĀ (seiyuu: Kamiya Hiroshi) sedang dalam perjalanan pulang bersama Shijima Daichi (seiyuu: Okamoto Nobuhiko), temannya. Daichi bercerita kepada Hibiki tentang Nicaea, sebuah situs yang kabarnya bisa memberikan prediksi tentang kematian seseorang. Nicaea akan secara random mengirimkan pesan singkat beserta gambar ke ponsel orang-orang yang mendaftarkan diri mereka ke situs Nicaea. Gambar yang dikirimkan adalah foto yang menggambarkan kematian seseorang.

Hibiki dan Daichi sama-sama mencoba mengakses situs tersebut dan setelah mendaftar mereka langsung mendapatkan pesan singkat yang berisi foto kematian mereka berdua. Berusaha untuk tidak memikirkannya, mereka berencana untuk naik kereta bawah tanah. Di stasiun mereka melihat teman sekolah yang bernama Nitta Io (seiyuu: Uchida Aya). Ia adalah salah satu anak perempuan yang populer di sekolah mereka. Tiba-tiba terjadi gempa yang cukup kuat sehingga rangkaian gerbong kereta yang seharusnya berhenti di stasiun tersebut terlempar ke atas kemudian menimpa Hibiki dan orang-orang di sekitarnya termasuk Daichi dan Io.

ds2-1

Tiba-tiba muncul karakter seperti dalam layar tampilan Nicaea yang menawarkan kehidupan kepada Hibiki. Hibiki menerima tawaran itu dan ketika ia tersadar, ia melihat bahwa keadaan di sekelilingnya kacau balau akibat musibah yang baru saja terjadi. Di saat ia sedang kebingungan Hibiki melihat bahwa semuanya sudah porak poranda dan ia bertemu dengan Daichi yang rupanya juga masih berumur panjang. Tetapi mereka juga melihat ada monster-monster yang berkeliaran dan mereka mendengar teriakan Io. Ketika terdesak, tiba-tiba dari ponsel Io muncul makhluk yang langsung menyerang monster yang akan menyerang Io. Hibiki melihat bahwa monster yang keluar dari ponsel Io ternyata malah berusaha melindungi Io. Begitu juga dengan Daichi, dari ponsel-nya juga keluar sejenis monster yang membantu mereka.

Setelah berhasil keluar dari reruntuhan subway, mereka melihat ternyata di permukaan juga porak poranda akibat gempa. Daichi mencoba menghubungi keluarganya dan ia mengatakan bahwa mereka dan keluarga Hibiki baik-baik saja, tetapi lain halnya dengan Io. Ia tidak bisa menghubungi keluarganya sama sekali. Hibiki kemudian mengusulkan untuk menemani Io pulang ke rumah. Dalam perjalanan mereka bertemu dengan para pengungsi lain dan mereka diserang oleh monster yang lain lagi. Hibiki menyuruh Io untuk memanggil lagi monster yang tadi melindungi mereka. Sementara dia melihat di ponselnya sendiri gambar kematian Daichi.

Tanpa disadari oleh anak-anak itu, semua kejadian itu ternyata sedang diawasi oleh sebuah organisasi yang disebut JP’s, di bawah pimpinan seorang pemuda bernama Hotsuin Yamato (seiyuu: Suwabe Junichi). Mereka adalah organisasi khusus yang melawan apa yang mereka sebut sebagai Septentrion yang disinyalir sedang mengancam keselamatan dunia. Sako Makoto (seiyuu: Sawashiro Miyuki), anggota JP’s yang turun ke area tempat kejadian melihat bahwa ketika keadaan semakin mendesak, ponsel Hibiki yang tadinya tampak tampilan sedang mengunduh sesuatu, tiba-tiba mengeluarkan monster yang disebut sebagai Byakko yang disebutnya sebagai salah satu avatar terkuat. Sementara itu, selain JP’s, ternyata ada seseorang yang juga mengawasi semua kejadian itu dan ketika melihat Hibiki ia pun mengatakan bahwa ia telah menemukan “Kagayaku Mono” (the Sparkling/Shining One). Orang ini adalah yang disebut sebagai “Ureu Mono” (seiyuu: Sakurai Takahiro) atau the Anguished One.

 

Ya, seperti udah dibilang di atas, begitu liat ini yang langsung kebayang Persona 4 (atau sebenernya ya, semua Persona-type anime/story dengan Persona 4 sebagai yang terakhir muncul sebagai anime). Cuma kalo di Persona, mereka belum menghadapi kematian lalu dikasih pilihan untuk hidup lagi. Tapi bahwa mereka bisa summon avatar/monster tertentu untuk dipake melawan monster lain, itu yang paling menonjol. Being similar to Persona 4, dan karena ada Sawashiro, kayaknya sih yang ini diikutin.

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *