Kakumeiki Valvrave

Akhirnya Sunrise ngeluarin serial Gundam eh … mecha baru.

valvrave

Di masa depan, hampir 70% manusia sudah mulai meninggalkan bumi dan hidup di koloni-koloni luar angkasa. Pada tahun, atau Shingeki (True Calendar) 71, telah terbentuk 2 kekuatan besar yaitu Atlantic Ring United States (ARUS), yang menguasai perdagangan dan ekonomi, sementara di pihak lain ada Dorssia Military Pact Federation yang berdasarkan kekuatan militer. Di antara keduanya, ada sebuah koloni yang bersifat netral dan tidak memihak ke salah satu, yaitu JIOR.

Tokishima Haruto (seiyuu: Ohsaka Ryota) adalah seorang anak yang tinggal di JIOR. Ia selalu berusaha menghindari perseteruan dan berpikiran bahwa segala sesuatu bisa dibagi bersama sehingga tidak perlu ada persaingan apalagi peperangan. Sebagai seorang remaja, Haruto menyukai teman sekelasnya, Sashinami Shoko (seiyuu: Seto Asami) tetapi ia malu untuk mengungkapkannya. Sementara itu, tanpa diketahui oleh para murid, sekolah mereka disusupi oleh utusan dari Dorssia yang dipimpin oleh L-Elf (seiyuu: Kimura Ryohei).

valvrave-chara

L-Elf dan teman-temannya dikirim menyusup ke JIOR untuk mencari sebuah robot yang disebut sebagai Valvrave. Robot ini dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan JIOR di ruang rahasia di bawah gedung sekolah Haruto. L-Elf berhasil menemukan Valvrave tetapi salah satu ilmuwan sempat menekan tombol untuk meluncurkan Valvrave sebelum akhirnya dibunuh. Pada saat yang sama, pihak militer Dorssia mulai melancarkan serangan ke JIOR.

Ketika Haruto akhirnya mengumpulkan keberanian untuk menyatakan cintanya, serangan militer Dorssia mengacaukan semua sehingga mereka segera berlari ke sekolah untuk mencari perlindungan. Sambil berlari, Shoko melihat ada orang yang terjebak dalam sebuah mobil maka ia segera menghampiri untuk menolong, tetapi pada saat yang sama, robot Dorssia melepaskan tembakan ke arah mobil tersebut dan menimbulkan ledakan besar. Haruto berusaha mencari Shoko di tempat bekas ledakan itu tetapi ia tidak berhasil menemukan Shoko. Dipenuhi rasa dendam, Haruto akhirnya berlari menuju Valvrave yang muncul dari kolam renang sekolah.

Di dalam kokpit Valvrave, Haruto tidak bisa mengaktifkan Valvrave, tetapi ketika dia memutuskan untuk melakukan apapun demi membalaskan dendam Shoko, Valvrave mulai merespon dan Haruto pun menghabisi robot-robot militer Dorssia. Sementara itu ada seorang hacker yang merekam semua pertempuran itu dan menayangkannya melalui internet. Semua orang yang menyaksikan pertempuran itu pun mengidolakan Haruto, tetapi Haruto tetap merasa sedih karena kehilangan Shoko. Ketika pertempuran selesai dan ia keluar dari kokpit Valvrave, ia dihampiri oleh L-Elf yang kemudian menusuk jantungnya dan menembak dirinya 2x, tetapi betapa terkejutnya L-Elf ketika Haruto tiba-tiba berdiri di belakangnya dan menggigit L-Elf seperti seorang vampir … Kondisi yang mungkin ada hubungannya dengan pilihan yang diberikan oleh Valvrave kepada Haruto ketika ia masuk ke kokpitnya.

Resign?
Resign?

 

 

Nah, pertanyaannya pasti nomer satu apa rahasia di balik kekuatan Valvrave? Apa yang terjadi pada Haruto kok dia sampe jadi kayak zombie atau vampir gitu? Dan apakah Shoko memang beneran mati? Hehehe … ya gue rasa memang harus diikutin ini serial.

Tapi beneran ini ngingetin gue ama episode pembuka-nya euh … Gundam SEED. Gimana nggak, manusia sebagian sudah tinggal di koloni luar angkasa, JIOR itu seperti Heliopolis kalo di SEED. Sebuah koloni yang ‘netral’ tidak memihak ke salah satu kekuatan besar yang berseteru. JIOR sebagai koloni netral mengembangkan sebuah robot canggih (Valvrave) sementara Heliopolis mengembangkan Gundams (Strike dkk). Lalu ada si Haruto, remaja yang ‘anti perang’ atau ‘anti kekerasan’, much like Kira Yamato was. And then ketika teman-temannya terancam bahaya (atau kalo dalam kasus Valvrave, orang yang dicintai diduga terbunuh), si tokoh utama langsung lari naik ke robot dan amazingly, bisa mempiloti robot tersebut dan memukul mundur musuh. Identical eh?

Cuma bedanya, kalo di sini si Haruto jadi kayak highlander, udah ditusuk, ditembak 2 kali, eh, masih bisa bangun lagi. Kalo di SEED kan Kira kayak ‘dewa’ baik skill maupun robotnya.  Udah gitu pake acara gigit leher ala vampir pula … what the ..? So I guess the odds of gue ngikutin anime ini cukup besar. Lagipula ini anime mecha, no problem sih buat gue.

Oh, dan legless robot … the concept kinda reminds you of MSN-02 Zeong ya?

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.