Date a Live

Hehehe … This one’s a ‘guilty pleasure’.  Secara ini anime buat gue bukan something extraordinary, dan ya … typical harem type anime-lah. What more can I say? Kadang memang gue tonton juga sih yang beginian, 1-2 judul. Lumayan lah buat selingan, karena kadang ada yang blo’on juga ceritanya. You’ll never know.

As for the story … *no spoiler alert, karena pasti udah pada nonton 

Pada suatu ketika, di bumi sering terjadi fenomena misterius yang disebut sebagai “spacequake” (mungkin maksudnya kalo earthquake kan gempa bumi, kalo ini … gempa … angkasa? Nggak cocok. Gempa … ruang? What the … ? Ah, whatever lah, pokoknya fenomena itu). Sebagai akibatnya lokasi kejadian spacequake akan menyisakan kehancuran dan tentunya korban jiwa. Belakangan diketahui bahwa spacequake ini terjadi ketika mahluk yang disebut sebagai “Seirei” atau “Spirit” turun ke bumi. Oleh karena itu manusia kemudian berupaya untuk melawan para Seirei sehingga kehancuran umat manusia bisa dihindari.

"Spacequake"
“Spacequake”

Itsuka Shidou adalah seorang remaja yang hidup bersama dengan adiknya, Itsuka Kotori. Kota tempat tinggal mereka sudah beberapa kali mengalami spacequake, tetapi mereka tetap menjalani kehidupan seperti biasa. Suatu hari Shidou berjanji untuk pergi bersama adiknya ke suatu tempat dan mereka mengatur tempat pertemuan setelah pulang sekolah. Pada saat sekolah usai, ternyata muncul peringatan bahwa akan terjadi spacequake dan diperkirakan lokasi kejadiannya adalah tempat Shidou janji bertemu adiknya. Dalam keadaan panik, Shidou lari menuju tempat kejadian, dan pada saat ia berada di sana, muncul Seirei yang berwujud seorang cewek dengan jubah pelindung warna ungu dan membawa pedang besar. Ketika berbicara dengan sang Seirei, Shidou justru merasa bahwa Seirei ini bukanlah musuh yang harus diperangi. Pada saat yang bersamaan, datang pasukan khusus yang dinamakan AST, untuk melawan Seirei tersebut. Salah satu anggota dari AST itu adalah Tobiichi Origami, teman sekolah Shidou yang juga merupakan murid yang paling pintar dan sepertinya punya perhatian kepada Shidou. Origami menjadi anggota AST karena ia sangat membenci Seirei yang telah mengakibatkan kematian kedua orang tuanya. Untuk itu ia bergabung dengan AST dan mencari Seirei berkekuatan api yang dulu membunuh orang tuanya untuk tujuan balas dendam.

itsuka

Di tengah kekacauan tersebut, Shidou baru mengetahui bahwa Kotori adiknya ternyata bukanlah seorang anak biasa. Dia adalah pemimpin sebuah organisasi khusus yang bernama Ratatoskr. Sebuah organisasi yang mempunyai sudut pandang berbeda dengan AST dalam menghadapi Seirei. Kotori berkeyakinan bahwa Seirei bisa ‘diselamatkan’ dengan cara menyegel kekuatan mereka sehingga mereka tidak bisa menggunakan kekuatan tersebut untuk menghancurkan atau merusak bumi. Untuk bisa melakukan hal itu, mereka membutuhkan bantuan Shidou. Shidou ditugaskan untuk membuat Seirei jatuh cinta kepada dirinya sehingga Shidou bisa menyegel kekuatan tersebut dalam dirinya. Dan untuk membantu mewujudkan hal itu, Ratatoskr sudah mempersiapkan serangkaian program yang diciptakan seperti layaknya game dating simulation, di mana tokoh utama akan dihadapkan pada beberapa pilihan jawaban, dan bila kita memilih jawaban yang tepat, maka karakter cewek dalam game itu bisa kita dapatkan, tapi bila jawaban kita salah, maka situasi akan menjadi lebih buruk.

Shidou akhirnya menyetujui strategi tersebut karena ia ingin menyelamatkan Seirei berjubah ungu (code name: Princess) yang ditemuinya. Dalam pelaksanaannya, terjadi kesalahpahaman antara Shidou dengan Origami sehingga pada akhirnya Shidou malah terjebak dalam hubungan antara dirinya, Origami dan dengan Seirei tadi yang akhirnya ia beri nama Tohka (namanya kemudian dilengkapi menjadi Yatogami Tohka). Setelah Tohka, Shidou masih harus ‘menyelamatkan’ Seirei lain yaitu Yoshino (code name: Hermit), yang berwujud dan berperilaku seperti anak kecil yang pemalu. Selain Yoshino, Shidou juga harus menghadapi Tokisaki Kurumi (code name: Nightmare), Seirei yang paling kejam dibanding Tohka atau Yoshino. Kurumi sulit untuk dikalahkan karena ia mampu memanipulasi waktu sehingga dia bisa ‘memanggil’ dirinya dari berbagai waktu (masa lalu, masa depan). Ketika Shidou sedang mengalami kesulitan menghadapi Kurumi, pada saat kritis, Kotori muncul menyelamatkan Shidou dalam wujud “alternatif”-nya.

Kotori ternyata adalah Seirei juga yang menguasai elemen api, dengan sebutan “Efreet”. Ketika melihat Efreet, Origami teringat masa lalunya dan ia pun ingin membalaskan dendam orang tuanya. Sementara itu Shidou baru saja mendapat informasi bahwa Kotori mungkin tidak akan bisa hidup lebih lama apabila ia tidak mampu menyegel kekuatan Efreet. Shidou dan Kotori sama-sama tidak ingat apa yang terjadi pada diri mereka 5 tahun yang lalu, saat di mana Kotori berubah menjadi Seirei, Kotori berpendapat bahwa hilangnya ingatan mereka berdua kemungkinan karena ada pihak/seseorang yang ingin menjaga rahasia tersebut. Sementara itu, Origami yang ingin membalas dendam datang untuk menghabisi Kotori …

Nah, ya kira-kira gitu lah ceritanya untuk season 1. Season 1? Iya, karena denger-denger season 2 udah on the way. Sebenernya sih kalo diliat dari light novelnya, memang masih ada chapter berikut yang belum diceritakan. Jadi ya season 1 ini sih sebenernya ya … for me sih, standar aja.

Nggak aneh juga sih sebenernya kalo ada season 2, soalnya selama ini memang anime harem itu bisa dibilang ‘daya jualnya’ tinggi. Kebanyakan anime tipe harem punya sequel, nggak tau kenapa.  Tapi story-wise, memang masih banyak yang belum terungkap dari season 1. Kayak misalnya apa/siapa Seirei sebenarnya? Dari mana mereka berasal? Kenapa mereka membuat kekacauan? Lalu siapa sebenernya Itsuka bersaudara ini? Kenapa Kotori bisa berubah dari manusia menjadi Seirei? Kenapa Shidou bisa punya kemampuan untuk menyegel kekuatan Seirei? Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya, seperti nasib Kurumi gimana? dst. Mudah-mudahan itu yang akan menjadi menu utama, soalnya typical anime harem, seringnya malah sibuk ama rom-com-harem nya dan akhirnya cerita udah nggak terlalu penting lagi, cuma jadi sampingan aja. Udah gitu untuk Date a Live ini masih ada lagi sebenernya Seirei yang belum muncul dalam cerita. 

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.