Buddy Complex

bc-key

Serial mecha baru dari Sunrise. Rencananya tayang reguler mulai tanggal 6 Januari 2014, tapi udah ada penayangan awal di salah satu channel televisi Jepang beberapa waktu yang lalu.

Menceritakan tentang Watase Aoba (seiyuu: Matsuoka Yoshitsugu), seorang murid SMU biasa (deja vu!  ). Setelah menjalani liburan musim panas, ia mulai kembali ke sekolah dan tempat duduk di kelasnya sudah dirotasi sehingga sekarang ia duduk di sebelah Yumihara Hina (seiyuu: Hayami Saori), anak perempuan yang juga masuk ke sekolah itu bersamaan dengan Aoba setelah sebelumnya tinggal di luar Jepang.

Hina tampaknya sering sekali memperhatikan Aoba sehingga teman-teman Aoba menganggap bahwa dia menyukai Aoba. Suatu hari, ketika Aoba dan teman-temannya sedang bermain basket, Hina yang mengamati mereka mendapat peringatan dari alat yang dimilikinya bahwa ada bahaya yang datang. Sementara pada saat yang bersamaan, di atas laut, muncul semacam pusaran cahaya dan dari dalamnya muncul sebuah robot raksasa.

Pilot robot itu memeriksa data di komputernya dan dia terkejut mengetahui bahwa saat ini dia sedang berada di tahun 2014. Dia ternyata berasal dari masa depan dan ketika mengetahui bahwa Aoba ada di masa itu, dia pun segera menuju tempat Aoba berada. Robot itu berusaha menyerang Aoba yang kemudian berusaha memancing robot itu agar tidak melukai teman-temannya. Hina yang melihat hal itu meminta Aoba untuk mengikutinya ke sebuah bangunan seperti gudang.

Di dalam gudang itu ada sebuah robot yang dikendalikan oleh Hina dan digunakan untuk menyelamatkan Aoba. Melihat robot itu, pilot robot segera mengetahui bahwa Hina adalah orang yang menyelamatkan Aoba. Setelah berhasil mengalahkan robot tersebut, Hina mengatakan kepada Aoba bahwa dia harus pergi karena semua kejadian ini pasti akan menimbulkan masalah di masa itu karena baik Hina maupun pilot robot tadi adalah orang-orang dari masa depan. Dia sendiri tidak tahu bagaimana caranya untuk kembali ke masa depan atau bagaimana orang dari masa depan bisa berada di masa sekarang.

Ternyata pilot robot itu belum berhenti melawan. Dia mengunci robotnya ke robot Hina dan mengaktifkan mode meledakkan diri dengan tujuan membunuh Hina beserta Aoba. Saat berusaha melepaskan diri, Hina melihat bahwa pusaran cahaya kembali muncul dan Hina memutuskan untuk membawa kedua robot itu ke dalamnya.

Pusaran cahaya itu ternyata adalah semacam portal time travel. Setelah berhasil melepaskan diri dari robot musuh, Hina mengatakan bahwa setelah ini Aoba harus menemui seseorang bernama Dio, sementara perlahan-lahan dia mulai menghilang dan Aoba kehilangan kesadaran.

Ketika sadar, Aoba ternyata sudah berada di dalam kokpit sebuah robot dan dia mendengar melalui alat komunikasi, seseorang bernama Dio sedang berbicara dan di luar Aoba melihat sedang terjadi sebuah peperangan …

 

My thoughts?

Mecha anime. Hopefully yang kali ini penceritaannya lebih bagus dari awal sampai akhir. Mecha design-nya agak mengingatkan gue kepada design Knightmare di Geass. Mungkin karena bentuk muka robotnya.

Karakternya, hmm … kayak di artikel sebelumnya, ada satu anak SMU ‘biasa’ yang sebenernya ‘nggak biasa’. Ceweknya menghilang, dan kayaknya si cowok bakalan berupaya mencari cara untuk ketemu lagi. Cowok yang satunya, hmm … kayaknya sih tipe-tipe yang sarkastik, yang tidak mudah ‘berteman’, dan akan ‘dicairkan’ oleh si tokoh utama. Typical anime robot? *sotoy.com

Hmm … kalo biasanya orang masa depan datang ke masa lalu, kalo ini orang masa lalu yang datang ke masa depan? Atau sebenernya si Aoba juga aslinya dari masa depan? Soalnya yang jelas Hina tau siapa Aoba, dan mereka sepertinya seumuran. Tapi ya itu mungkin yang bakalan jadi topik utama di serial ini.

Kalo ngeliat orang dari masa depan mencoba membunuh Aoba, ya agak-agak kayak filmnya mbah Suasanasegar yang tentang robot dari masa depan dikirim ke masa lalu untuk membunuh tokoh (yang nantinya) penting di masa depan. Meskipun ini nyampenya ke masa lalu lebih cenderung ke ‘kecelakaan’.

Dan kayaknya sih, Hina ini mestinya jadi pihak lawannya Aoba dalam perang yang terjadi di masa depan itu. Jadi kemungkinan juga itu akan jadi ‘bumbu’ konfliknya. Romeo-and-Juliet-esque? Jadi inget Shiro ama Aina … 

Oh … dan satu hal lagi … Tokohnya ada yang bernama SOEHARTO! Dari Indonesia kah? Kalo iya, nambah satu lagi koleksi tokoh Indonesia di anime … 

Soeharto (CV: Miyashita Eiji)
Soeharto (CV: Miyashita Eiji)

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.