Hamatora

hamatora-key

Hamatora adalah nama sebuah biro detektif yang beranggotakan orang-orang yang disebut sebagai “Minimum Holder”. Para Minimum Holder ini adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan supranatural, dan masing-masing mempunyai kemampuan yang berbeda. Belum ada kejelasan mengenai asal-usul para Minimum Holder ini, tetapi beberapa dari mereka menggunakan kekuatannya untuk berbuat kejahatan.

Hamatora terdiri dari Nice (seiyuu: Ousaka Ryouta), seorang minimum holder yang mempunyai kemampuan untuk ‘melihat’ dan memanfaatkan gelombang suara. Nice mempunyai idealisme yang tinggi sehingga dia lebih sering memilih pekerjaan bukan karena upahnya yang besar tetapi karena dia ingin membantu orang yang kesulitan. Partner Nice adalah Murasaki (seiyuu: Hatano Wataru), yang berbeda dengan Nice, Murasaki lebih memilih pekerjaan sesuai dengan upahnya. Hal ini berkaitan dengan kondisi keuangan biro detektif mereka yang hanya berkantor di sebuah meja yang mereka sewa di dalam sebuah cafe yang bernama Nowhere Cafe.

 

Selain mereka berdua, di dalam ‘grup’ Hamatora ini ada Koneko (seiyuu: Yasuno Kiyono) yang bertugas mencarikan pekerjaan dan melakukan negosiasi dengan klien; Hajime (seiyuu: Katou Emiri), seorang anak perempuan yang sering terlihat bersama Nice dan selalu makan terus menerus; Birthday (seiyuu: Fukuyama Jun), seorang pemuda yang selalu bertingkah aneh dan mempunyai kekuatan yang berhubungan dengan listrik; dan Ratio (seiyuu: Nakamura Yuichi), satu-satunya anggota Hamatora yang mempunyai gelar akademis. Kemampuan minimum holder-nya adalah bisa melihat bagian tubuh manusia dan mengetahui titik kelemahannya.

hamatora-chara

Dalam menangani kasus, kadang-kadang Nice dkk berurusan dengan polisi yang dipimpin oleh Art (seiyuu: Kamiya Hiroshi), yang merupakan teman Nice. Dan Art kadang membantu Nice bahkan Art pernah membiarkan Nice membawa barang bukti dan memberi Nice waktu untuk menggunakan barang bukti tersebut untuk penyelidikannya sebelum memintanya kembali.

Dalam setiap episodenya, anggota Hamatora akan menerima beberapa kasus yang tampak seperti dua kasus yang berbeda, tetapi ternyata kasus-kasus yang mereka hadapi mempunyai hubungan antara satu sama lain. Sehingga meskipun pada awalnya mereka menyelidiki kasus secara terpisah, pada akhirnya ternyata kasus-kasus tadi saling berkaitan. Sementara itu, Art memberitahu Nice dan Murasaki bahwa selain kasus-kasus yang mereka tangani, ada sebuah kasus pembunuhan berantai yang sepertinya mengincar para minimum holder.

My thoughts?

Hmm … gue sih berharap (mudah-mudahan) jangan sampe sepanjang serial, modelnya ya gitu itu. Nice/Murasaki terima kasus A, Birthday/Ratio menangani kasus B, nggak taunya kasus A ama B berkaitan. Kalo diulang-ulang gitu terus ya bisa jadi monoton. Tapi kayaknya memang ‘menu utamanya’ bukan di kasus harian itu, tapi di kasus pembunuhan berantai di mana korban-korbannya adalah para minimum holder, dan semua jenazah mereka mempunyai kesamaan yaitu otaknya telah diambil oleh sang pembunuh.

Honestly, gue masih agak bingung ama [special power] mereka. Yang Nice itu, apa mungkin maksudnya dia bisa ‘surfing’ atau ‘riding’ the soundwave? Soalnya kok tiba-tiba bisa kayak teleport gitu? Atau bisa menggunakan soundwave untuk memukul musuh? Yang Murasaki juga nggak gitu jelas sih …

Yang jelas ya kalo Nice untuk mengaktifkan kekuatannya harus pake headphone, kalo Murasaki harus lepas kacamata (kayaknya). Ratio setelah ngeliat ‘kelemahan’ lawan, langsung hajar pake sarung tangan lengan logam. Kalo Birthday … euh … nyetrum lidahnya sendiri pake taser… untung nggak pake aki kayak posternya “Crank: High Voltage” … 

LINKS

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.