Mahouka Koukou no Rettousei

Di masa depan, sihir atau magic sudah bukan lagi merupakan sesuatu yang bersifat fantasi atau khayalan melainkan sesuatu yang bisa dijelaskan sebagai sebuah science atau ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, magic sudah bisa dijadikan sebagai sebuah teknologi dan bukan lagi sesuatu yang tidak masuk akal.

Untuk bisa menggunakan magic, seseorang sudah tidak perlu lagi membaca mantra yang panjang, tetapi menggunakan alat yang disebut sebagai Casting Assistant Device (CAD). Alat ini yang akan “merapal” mantra dan langsung memanifestasikan magic yang diinginkan oleh si penyihir. Bahkan untuk menguasai magic sudah ada sekolah yang didirikan untuk mendidik para siswanya agar mampu memaksimalkan kemampuan mereka dalam menggunakan magic.

Shiba Tatsuya (seiyuu: Nakamura Yuuichi) dan adiknya, Shiba Miyuki (seiyuu: Hayami Saori), diterima masuk ke Private Magic University Affiliated High School (First High School). Di sekolah ini, siswa yang diterima dipisahkan menjadi “Bloom” yaitu siswa yang mempunyai nilai kelulusan uji masuk yang tinggi dan “Weed” yaitu siswa yang mempunyai nilai kurang. Miyuki adalah siswa dengan nilai kelulusan tertinggi dan masuk ke dalam kategori Bloom sementara Tatsuya masuk ke dalam kategori Weed karena nilai ujian prakteknya rendah meskipun nilai ujian tertulisnya tinggi.

Seperti sekolah lain pada umumnya, sering terjadi masalah antara murid yang merasa dirinya lebih tinggi karena masuk dalam kategori Bloom dan memandang rendah mereka yang masuk dalam kategori Weed. Miyuki yang selalu ingin berada bersama kakaknya, kadang harus menghadapi masalah. Sementara Tatsuya selalu berusaha melindungi adiknya agar terhindar dari masalah.

Meskipun Tatsuya selalu memposisikan dirinya sebagai siswa biasa dan tidak pernah menunjukkan kemampuannya, tetapi sepertinya ada beberapa orang di sekolah yang merasakan ada sesuatu yang ditutupi oleh Tatsuya.

My thoughts?

Untuk soal ranking light novel, ini runner-up nya SAO ya kalo nggak salah. Berarti mestinya story-wise cukup bagus. Soal bagaimana Miyuki sangat ‘memuja’ kakaknya … hmm … asal nggak terlalu dieksploit gue rasa sih masih oke. Sisanya ya mesti nonton dulu.

Satu lagi, ada banyak istilah di dalam anime ini yang terus terang agak ribet juga. Istilah-istilah ini dipake dalam rangka menjelaskan bagaimana sesuatu yang namanya sihir itu ternyata sebenarnya adalah sesuatu yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

Beberapa istilah itu adalah (and please, correct me if I’m wrong):

IstilahDeskripsi
Casting Assistant Device (CAD)Alat ini menggunakan materi sintetik yang akan memproses sinyal psion dan mengubahnya menjadi sinyal elektrik. Atau dengan kata lain, semacam alat untuk mengubah sinyal yang diproduksi saat seseorang membaca mantra dan menterjemahkannya menjadi sinyal elektrik sehingga keseluruhan prosesnya bisa dipercepat dan lebih stabil.

Proses ini disebut sebagai "Activation Sequence"
PsionPsion merupakan bagian dari "Thought Particle" (partikel pikiran) karena dianggap sebagai sebuah fenomena pikiran, di mana psion dikatakan sebagai partikel tanpa bentuk yang mengandung elemen informasi yang berkaitan dengan pikiran dan niat seseorang
PushionSama-sama Thought Particle seperti Psion, hanya perbedaannya adalah Pushion merupakan partikel manifestasi emosi yang muncul dari niat dan pikiran (psion)
EidosKalau Psion adalah fenomena pikiran, maka Eidos adalah "fisik" yang berisi informasi tentang fenomena pikiran tersebut. Eidos juga berkaitan dengan kejadian/apa yang terjadi.

Jadi magic di dunia Mahouka adalah memanipulasi informasi Eidos (diawali dengan Activation Sequence) dan "menulis ulang" informasi tadi sesuai dengan keinginan pengguna. Dan karena informasi itu berkaitan dengan kejadian, maka dengan memanipulasi informasi Eidos, si pengguna telah mengubah suatu kejadian menjadi seperti apa yang dia inginkan.

LINKS

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *