Soukyuu no Fafner EXODUS

Satu lagi judul Soukyuu no Fafner setelah Soukyuu no Fafner: Dead Agressor (TV Series, 2004), Soukyuu no Fafner: RIGHT OF LEFT (TV Special, 2005), dan Soukyuu no Fafner: HEAVEN AND EARTH (Movie, 2010). EXODUS ini mengambil timeline 2 tahun setelah kejadian HEAVEN AND EARTH.

Secara singkat, Soukyuu no Fafner menceritakan tentang peperangan antara umat manusia melawan alien yang disebut sebagai Festum. Perbedaan kekuatan antara keduanya sangat jauh dan manusia mulai mengalami kekalahan. Tetapi kemudian manusia berhasil menggunakan bagian dari Festum untuk dipakai sebagai sumber tenaga yang bisa menggerakkan robot yang disebut sebagai Fafner.

Di awal cerita Soukyuu no Fafner, dikisahkan bahwa ada sebuah pulau yang seolah-olah seperti sebuah negara kecil di mana penduduknya hidup normal dan damai. Tetapi sebenarnya pulau itu adalah pulau buatan yang dilindungi oleh semacam perisai yang membuat mereka tidak terlihat oleh Festum. Selain terlindung dari Festum, sebenarnya perisai itu juga ditujukan untuk melindungi pulau tersebut dari manusia lain karena di pulau inilah pertama kalinya manusia bisa menggunakan kekuatan Festum dan menciptakan Fafner.

Suatu ketika tanpa diduga, salah satu Festum berhasil menemukan pulau itu dan memulai penyerangan. Di tengah kekacauan, pilot yang seharusnya mengemudikan Fafner terbunuh. Untuk menyelamatkan penduduk, maka Makabe Kazuki (seiyuu: Ishii Makoto) kemudian mengemudikan Fafner dengan bantuan Minashiro Soushi (seiyuu: Kiyasu Kouhei). Tetapi menjadi pilot Fafner ternyata memberi dampak kepada tubuh Kazuki dan meskipun pada akhirnya dia berhasil mengalahkan Festum tetapi dia sendiri mengalami kecacatan.

Di Heaven and Earth, ceritanya mengambil masa 2 tahun setelah serial TV tadi, di mana Kazuki yang sudah hampir buta dan lumpuh total menunggu Soushi yang berjanji akan kembali ke Tatsumiyajima. Ketika ditemukan sebuah kapal selam tak berawak, Kazuki sempat mengira yang ada di dalamnya adalah Soushi tetapi ternyata bukan. Yang ada di dalamnya adalah anak bernama Kurusu Misao yang mengatakan bahwa dia dikirim oleh Soushi. Kedatangan Misao ini juga diikuti oleh kemunculan Festum dan peperangan baru pun dimulai lagi.

fafner-2004

Exodus diawali dengan sebuah narasi dari Minashiro Soushi yang menceritakan sedikit tentang awal terjadinya cerita Fafner, dan kehidupan di Tatsumiyajima pasca kejadian Heaven and Earth. Di mana Kazuki mulai pulih meskipun belum sepenuhnya, Tatsumiyajima sudah kembali seperti semula, dan kemunculan pasukan manusia bumi yang mengatakan bahwa mereka membawa “harapan” dan ingin mempertemukan “harapan” mereka dengan “harapan” yang ada di Tatsumiyajima. Tetapi kedatangan mereka ke pulau juga disertai dengan serangan dari Festum.

My thoughts?

Hirai Hisashi, hisashiburi. Terakhir sih Majestic Prince ya dia yang bikin karakternya. Designnya langsung ketauan kalo buatan dia.

Fafner sendiri sih waktu itu kayaknya lumayan populer juga, bersaing sama Ghost in the Shell Stand Alone Complex, Samurai Champloo, Samurai 7 dll. Kalo nggak kan ya nggak mungkin juga dilanjut-lanjutin sama Sunrise. Hahaha.

Anyway, dulu sih nggak terlalu ngikutin, mungkin sekarang ngikutin, tapi bisa aja cuma setengah jalan. 

 

LINKS

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *