Death Parade

Apa yang terjadi ketika seseorang meninggal dunia? Ke mana jiwa mereka pergi? Siapa atau apa yang menentukan ke mana jiwa itu seharusnya pergi? Seperti apakah “pengadilan” di alam setelah kematian?

Kayaknya konsep itu yang dijadikan dasar cerita Death Parade. Kalo masih pada inget, sekitar tahun 2013 Madhouse mengeluarkan animasi pendek dengan judul Death Billiards sebagai bagian dari Anime Mirai 2013, nah, si Death Parade ini semacam versi lengkap dari Death Billiards.

Death Parade diawali dengan sepasang suami istri yang secara misterius berada di dalam sebuah bar dengan nama Quindecim dan dijaga oleh seorang bartender bernama Decim. Mereka berdua sama sekali tidak ingat apa yang terjadi sebelum mereka berada di bar itu. Decim menjelaskan kepada pasangan tersebut bahwa mereka terkurung dalam bar dan tidak akan dapat meninggalkan tempat tersebut sebelum mereka melakukan semacam permainan.

Permainan yang disediakan ada beberapa macam, seperti billiards, dart game, arcade game, bowling, air hockey, dll yang dipilih menggunakan sistem roulette jadi muncul secara acak. Pasangan itu harus bertanding satu sama lain sampai akhir agar dapat meninggalkan bar yang secara misterius benar-benar terkunci seluruhnya.

Pasangan itu akhirnya mengikuti aturan yang berlaku dan memilih permainan secara acak. Permainan yang harus mereka ikuti adalah dart game di mana masing-masing harus bisa mengumpulkan nilai yang diperlukan. Bedanya dengan permainan dart biasa adalah di papan sasaran, selain tampak angka-angka nilai, juga tampak gambar-gambar organ manusia. Untuk setiap dart yang menusuk papan, maka organ tubuh lawan akan merasakan sakit sesuai dengan gambar organ yang ditusuk.

Dengan berjalannya permainan itu, maka sifat, pikiran dan emosi masing-masing muncul, bahkan prasangka-prasangka dan rahasia-rahasia antar mereka yang selama ini terpendam, muncul dan menimbulkan konflik. Di akhir permainan, sang istri menyadari bahwa sebenarnya mereka berdua mengalami kecelakaan dan sudah mati. Bar itu adalah tempat untuk menseleksi jiwa siapa yang akan reinkarnasi, dan siapa yang jatuh dalam kegelapan (neraka?)

 

My thoughts?

Hmm … kayaknya menarik sih. So far sih yang muncul selalu sepasang, cowok ama cewek, baik itu pasangan ataupun ya dua orang yang nggak kenal, tapi selalu 1 cowok, 1 cewek. Dan si Decim dibantu oleh seorang cewek yang sepertinya ‘anak baru’ di dunia itu.

Lucunya, gue seperti menangkap adanya hint kalo bisa saja penilaian yang “dijatuhkan” oleh Decim melalui permainan itu, bisa saja salah. ^^; Salah kirim jiwa manusia? That’ll be interesting. And please … jangan dibelokin ke arah pertentangan dengan ilmu agama ya. This is anime, learn to differentiate that with real life.

 

LINKS

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

2 thoughts on “Death Parade”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *