Rampo Kitan: Game of Laplace

Kobayashi Yoshio (seiyuu: Takahashi Rie) adalah seorang anak sekolah biasa yang karena perawakannya, sering disangka anak perempuan oleh orang-orang. Meskipun demikian dia adalah seorang anak yang cerdas dan tenang. Yoshio mempunyai sahabat baik yaitu Hashiba Souji (seiyuu: Yamashita Daiki), putra seorang konglomerat yang sangat perhatian dan protektif kepada Yoshio.

Kehidupan Yoshio berubah drastis suatu hari ketika dia tersadar di ruang kelasnya, dengan tangan memegang sebuah gergaji yang berlumuran darah. Tidak jauh dari tempatnya sadar, tampak jenazah wali kelas mereka yang sudah dimutilasi dan disusun ulang seperti layaknya sebuah patung pajangan.

Sebagai satu-satunya saksi sekaligus satu-satunya tersangka, Yoshio tetap tenang dan justru sepertinya merasa senang atas terjadinya kasus tersebut karena dia menganggap kejadian ini sebagai sesuatu yang menarik di saat dia merasa bosan dengan keseharian yang dijalaninya. Dan rasa tertarik itu semakin kuat ketika Akechi Kogorou (seiyuu: Sakurai Takahiro), seorang detektif muda yang jenius, datang ke tempat kejadian dan ikut dilibatkan dalam penyelidikan kasus tersebut.

Yoshio bahkan mencoba mencari di mana tempat tinggal Akechi dan mengatakan bahwa dia ingin menjadi asisten Akechi, meskipun Souji menentang keinginan sahabatnya itu. Akechi yang ditemui di rumahnya, mengatakan bahwa ‘permainan’ baru saja dimulai dan dia mengatakan akan menjadikan Yoshio asistennya apabila dia berhasil memecahkan kasus yang sedang dihadapinya.

 

My thoughts?

Menarik juga sebenernya. Apalagi di sini tokoh utamanya diperkenalkan sebagai satu-satunya tersangka dalam kasus pembunuhan. Metode pembunuhannya mengingatkan gue ke kasusnya PSYCHO-PASS yang cerita tentang pembunuhan berantai di mana mayat korban dimutilasi kemudian disusun ulang oleh si pembunuh, seolah-olah sebagai hasil karya seni.

Yang gue tau ini memang terinspirasi karya-karya Edogawa Ranpo, seorang penulis novel misteri dari Jepang dan sekaligus memperingati 50 tahun meninggalnya sang penulis.

Sepertinya gue akan ikutin, meskipun tokoh utamanya terlalu ‘cantik’ penggambarannya dan sahabatnya overprotective … kayak sengaja banget ‘dibuka’ untuk di-salahterjemah-kan …

LINKS

Published by

Okita

the captain. watches animes. plays games. listens musics. learns coding. and uh ... works.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *