Robots! So Close …

Berhubung dikasih list sama @minase_nayuki, jadi akhirnya iseng juga ngelengkapin nama-nama robot di daftar itu. Gue urutin per baris dari kiri ke kanan. Just for the fun of it. *kurang kerjaan mode.

AND I WAS SO CLOSE!!! 😫 Buat yang tau sisa 4 mecha itu (Cl, Se, Ru, sama Pb, boleh kasih masukan di komentar ya. Penasaran juga soalnya, and nevermind the “peanut butter” 🤣
PS: klik untuk liat versi besarnya.

NAMASERIALELEMEN
HaroMS GundamH
HeromanHeromanHe
LinebarrelsKurogane no LinebarrelsLi
BenderFuturamaBe
Boss BorotMazinga ZB
CybusterMasou Kishin CybusterC
Nu GundamMS Gundam CCAN
The Big OThe Big OO
FlagGundam 00F
Neue ZielMS Gundam 0083Ne
GodannarShinkon Gattai GodannarNa
Mazinga ZMazinga ZMg
Alt EisenSRWAl
SizzlerGunbusterSi
PlutoTetsuwan AtomP
SakuGundam Ace gag comicS
??Cl
ARX-7 ArbalestFMP!Ar
King GainerOverman King GainerK
Mad CatMechWarriorCa
ScopedogSoukou Kihei VotomsSc
Titan MaximumTitan MaximumTi
ValkyrieChojiku Yosai MacrossV
Crisis suitWarhammer 40KCr
MegatronTransformersMn
Iron GiantThe Iron GiantFe
Combattler VChodenji Robo Combattler VCo
NirvashEureka SevenNi
Cutey HoneyCutey HoneyCu
ZenislevFront Mission 3Zn
GaoGaiGarGaoGaiGarGa
Getter 1Getter RoboGe
Astro BoyTetsuwan AtomAs
??Se
BrygerGinga Senpuu BrygerBr
Kamen Rider IchigoKamen RiderKr
RB-79 BallMS GundamRb
SRXSRWSr
Yatter-wanYattermanY
ZeorymerProject ZeorymerZr
Nine BallArmored CoreNb
MospeadaKikou Soseki MospeadaMo
TachikomaGhost in the Shell – SACTc
??Ru
Rai-OhSRWRh
Panda-ZPanda-Z: the RobonimationPd
AlbegasKosoku Denjin AlbegasAg
Mic Sounders 13thGaoGaiGarCd
IngramKidou Keisatsu PatlaborIn
SinanjuMS Gundam UnicornSn
SazabiMS Gundam CCASb
Tetsujin 28Tetsujin 28Te
IdeonDensetsu Kyojin IdeonI
XenogearsXenogearsXe
Crossbone GundamMS Crossbone GundamCs
BaldiosUchuu Senshi BaldiosBa
LancelotCode GeassLa
HildolfrMS IglooHf
Turn ATurn A GundamTa
WarsmanKinnikumanW
RezelMS Gundam UnicornRe
Optimus PrimeTransformersOs
IronhideTransformersIr
Personal Trooper GespenstSRWPt
AnubisZone of EndersAu
Hy-GoggGundam 0080Hg
TalgeeseGundam WTl
Peanut butter??Krups ToasterPb
BilbineAura Battler DunbineBi
RoboChrono TriggerPo
AtlasMechWarriorAt
RaideenYuusha RaideenRn
FafnerSoukyuu no FafnerFr
RahxephonRahxephonRa
AcguyMS GundamAc
DelphineBroken BladeRf
DiebusterTop wo Nerae 2Db
Shin Kotetsu JeegShin Kotetsu JeegSg
BlockheadTaiyo no Kiba DougramBh
Hyakku ShikiMS GundamHs
MetabeeMedabotMt
DaimosTosho DaimosDs
R-GunSRWRg
CasshernJinzo Ningen CasshernCn
Compatible KaiserSRWCe
PersönlichkeitSRWPr
NadleehGundam 00Nd
ProtomanMegamanPm
SammyEve no JikanSm
EVA 01Shinseiki EvangelionEu
Gundam RX-79MS GundamGd
Tekkaman BladeTekkaman BladeTb
DygenguarSRWDy
HoryuGaoGaiGarHo
EnryuGaoGaiGarEr
TemjinDenno Senki Virtual OnTm
IaldabaothSRWYb
Aquarion LunaSousei no AquarionLu
ThorStarcraft 2Th
Palace AtheneZeta GundamPa
UrbanMechMechWarriorU
Nemesis PrimeTransformers: Spotlight DoubledealerNp
Quebeley MK II (Puru)Gundam ZZPu
AirmanMegamanAm
CutmanMegamanCn
Black GetterGetter Robo: ArmageddonBk
Command WolfZOIDSCf
EscaflowneTenkuu no EscaflowneEs
Strike FreedomGundam SEEDFm
Madox-01Metal Skin Panic Madox-01Md
Nobel GundamG GundamNo
LayznerSPT LayznerLr

😤
Ada beberapa yang kayaknya nggak nyambung tapi kalo dicari di internet, sama bendanya, kayak contohnya Rf, itu gambar kepala Delphine, robot (golem) nya Rygart di Broken Blade. Mungkin maksudnya dari DeRufingu (デルフィング) ? 🤔 Atau mungkin karena bacaannya sama, kayak misalnya Ialdabaoth dibacanya Yaldabaoth, jadinya disitu ditulis Yb. 😅

Sama dikasih sedikit image yang menurut gue merupakan “sumber” yang dipake sama yang bikin tabel itu. 😁

Nemesis Prime
Xenogears
Diebuster
And of course … Krups Toaster

Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

From Commonplace to World’s Strongest

Nagumo Hajime (seiyuu: Fukamachi Toshinari) adalah seorang anak yang sangat menyukai anime, manga, dan game. Dia biasa begadang dan tertidur di kelas keesokan harinya. Suatu ketika Hajime dan teman sekelasnya secara misterius “berpindah” ke Tortus, sebuah dunia fantasy di mana manusia berperang melawan monster.

Anehnya, ketika berpindah ke Tortus, Hajime justru menjadi Synergist, kelas yang dianggap paling tidak berguna dan hanya mempunyai 1 skill saja, sementara teman-temannya yang lain menjadi kelas yang jauh lebih baik dari dirinya. Meskipun sering diejek oleh teman-temannya, Hajime tetap berusaha menolong teman-temannya saat sedang dalam kesulitan. Hingga suatu ketika di sebuah dungeon, dalam keadaan terdesak, salah satu dari teman-temannya ternyata berusaha membunuh Hajime.

Hajime yang terjatuh ke dalam jurang harus kehilangan lengan kirinya karena diserang oleh monster-monster dalam dungeon itu. Dalam keadaan luka parah, kelaparan, dan kesakitan Hajime yang tadinya merupakan anak yang baik hati dan selalu berusaha menolong temannya mengalami mental breakdown dan akhirnya berubah menjadi sadis dan berdarah dingin. Dia menemukan kristal kekuatan yang menghasilkan air yang penuh berisi kekuatan magis di dalam gua. Berkat air itu dia bisa bertahan dan dia menggunakan akalnya untuk membunuh monster kemudian memakan dagingnya demi bertahan hidup.

Ternyata akibat dari daging monster yang dia makan, seluruh tubuhnya menjadi berubah dan dia bisa menggunakan skill atau kekuatan yang dimiliki oleh monster tersebut. Hal ini menimbulkan nyeri dan sakit yang luar biasa tetapi berkat air dari kristal tadi, Hajime akhirnya memburu semua monster yang dia temui, memakannya dan mendapatkan kekuatan yang sama seperti monster tersebut. Selain itu, pengetahuan Hajime mengenai beberapa hal juga membantunya untuk menciptakan senjata dari bahan atau mineral yang dia temukan dalam gua. Dia membuat sebuah senjata berbentuk seperti pistol yang dia beri nama Donner.

My thoughts?

Kalo liat di beberapa tempat diskusi di internet, banyak yang kecewa dengan episode pertama anime ini. 🙄

(Who) Dia itu siapa? (What) Apa yang terjadi sebelumnya? (When) Kapan dia sampe ke situ? (Why) Kenapa tiba-tiba ada orang yang pengen bunuh dia? (How) Gimana caranya dia punya pengetahuan untuk bikin senjata?

Yang semua itu harusnya ada di light novel nya (kalo nggak salah LN, atau mungkin malah WN ya?). Jadi ya wajar aja kalo rata-rata pada kecewa. Gimana mau relate ke Hajime kalo nggak tau asal muasalnya. Memang ada kilasan-kilasan dikit adegan pas mereka terbawa ke Tortus, terus adegan beberapa jam/hari sebelum mereka masuk dungeon, tapi cuma potongan-potongan adegan yang ya mungkin bisa dibilang nggak memberikan informasi yang signifikan.

Sebenernya banyak juga anime yang episode pertama langsung ke tengah cerita, sambil ada flashback nantinya. Tapi kalo liat di MAL, ini adalah anime 13 episode, termasuk pendek sebenernya. Kebanyakan flashback nanti malah ngabisin slot.

Memang sih kalo dikronologiin secara tayang anime, kayaknya Arifureta yang “ngikutin” anime-anime yang belum lama ini tayang, tapi mungkin perlu disebutin juga, anime ini sebenernya direncanakan tayang April 2018, alias 1 tahun yang lalu 😲, dugaannya adalah terlalu banyak adegan sadis dan berdarah-darah jadi akhirnya harus dikerjakan ulang dan dikurangi elemen kekerasannya, bahkan ada yang komplain karena darah mosternya… bukan merah. Bisa aja sih alasannya, it’s monster’s blood, not humans … 🤷‍♂️

Masih belum jelas ini layak diikutin atau nggak, mau coba cari source materials-nya tapi kok kayaknya agak males juga mau baca 🤣. Coba ikutin animenya dulu aja deh sambil liat situasi.

Isekai, Dulu dan Sekarang

Entah kapan pastinya genre ini mulai muncul atau judul (anime) apa yang merupakan pionirnya. Kalau sejauh mata memandang, sepertinya anime genre ini sebenarnya sudah mulai muncul sekitar tahun 80-an. Agak sulit mencari informasi soal anime apa yang pertama kali mengangkat tema isekai, karena mungkin dulu belum disebut sebagai genre khusus seperti sekarang. Pada saat itu animenya memang berlatar belakang isekai, tapi bisa jadi lebih difokuskan atau lebih dikenal dengan genre lain, seperti drama atau mecha.

Dari pengetahuan dan pengalaman pribadi, sepertinya anime dengan sentuhan isekai yang ‘pertama’ (plis, kalo ada yang tau lainnya, feel free to leave a comment) adalah Seisenshi Dunbine yang dirilis tahun 1983. Sinopsis singkatnya bisa dibaca di artikel tsu yang ditulis beberapa waktu lalu.

Sepanjang tahun 1980-an, lagi-lagi sejauh pengetahuan pribadi, ada satu judul lagi yang bercerita tentang perpindahan karakter utama dari dunia asli ke dunia alternatif yaitu Chojikuu Seiki Orguss, yang dirilis tahun 1983 juga. Orguss ini boleh dibilang masih ‘sepupu-an’ sama serial Macross, makanya ada beberapa crossover gambar karakter dari Macross muncul di situ.

Popularitas genre isekai ini mulai memuncak di tahun 90-an, di mana muncul judul-judul yang terkenal seperti NG Knight Lamune & 40 (1990), Mahou Kishi RayEarth (Magic Knight RayEarth,1994), Fushigi Yuugi (Curious Play, 1995),
Shinpi no Sekai El-Hazard (El-Hazard: The Magnificent World, 1995), Tenkuu no Escaflowne (The Vision of Escaflowne, 1996), Digimon Adventure (1999), Dual Parallel Lun-lun Monogatari (Dual! Parallel Trouble Adventure, 1999).

Memasuki tahun 2000, anime dengan tema isekai yang terkenal adalah hasil karya Takahashi Rumiko, yaitu Inuyasha (2000) yang menceritakan tentang kisah seorang anak perempuan bernama Kagome yang secara tidak sengaja terjatuh ke dalam sumur misterius di halaman kuil yang ternyata merupakan sebuah lorong yang menghubungkan dunia Kagome dengan dunia yang dihuni oleh manusia dan siluman. Di dunia ‘alternatif’ ini dia bertemu dengan Inuyasha, setengah manusia-setengah siluman anjing.

Selain Inuyasha, judul-judul anime isekai lain yang juga cukup menarik untuk disimak contohnya: Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away, 2001) anime movie besutan Studio Ghibli yang juga merupakan pemenang Academy Award for Best Animated Feature tahun 2002. Anime isekai pilihan pribadi pada masa itu adalah Juuni Kokki (The Twelve Kingdoms, 2002) karena alur cerita dan perkembangan karakter yang diceritakan sangat bagus dan menarik, walaupun itu berarti harus benar-benar memperhatikan kronologi dan jalan cerita karena saling berkaitan satu sama lain, tapi justru di situ letak kelebihan judul ini. Meskipun, sangat disayangkan, di bagian akhir agak mengambang (untuk versi anime).

Atau salah satu pionir anime* isekai tentang “perpindahan” karakter utama dari dunia nyata ke dunia game, yaitu .hack//sign (2002), 10 tahun sebelum Sword Art Online (2012) muncul dalam dunia anime. (*note: penekanan di anime yang dimaksudkan adalah animasi Jepang, karena kalau animasi secara umum, sudah pernah ada tayangan animasi yang menceritakan perpindahan ke dunia game seperti misalnya, Captain N: The Game Master).

Semua judul di atas sampai dengan yang terbaru saat ini semuanya memang mempunyai kesamaan yaitu mengenai perpindahan sang karakter utama ke dunia yang asing bagi dirinya. Tetapi menurut pengamatan pribadi, ada perbedaan yang sangat signifikan dari anime isekai yang lalu dengan yang mulai bermunculan belakangan ini yaitu: latar belakang karakter utama. Memang tidak semua, dan tidak bisa di-generalisir, tapi coba kita perhatikan. Karakter utama di anime isekai yang muncul belakangan kebanyakan adalah orang-orang yang digambarkan dalam kehidupan aslinya dianggap sebagai stereotip gamer, NEET, atau hikikomori, yang pindah lalu menjadi karakter yang “diangankan” atau “dia ciptakan” ketika dia menjadi karakter game. Semacam alter-ego khayalannya, dan otomatis di dunia barunya dia adalah hero. Jadi dengan berpindahnya dia ke dunia baru, semacam ada realisasi pencapaian dia yang baru bisa terwujud di dunia alternatif, dan tidak bisa dia dapatkan di dunianya yang asli.

Berbeda dengan misalnya, karakter Kagome dari Inuyasha. Dia seorang anak perempuan yang aktif, mudah bergaul, pergi sekolah seperti biasa, menjalankan kehidupan anak perempuan remaja pada umumnya. Atau Shido Hikaru dari Mahou Kishi RayEarth, dan banyak karakter lainnya dari generasi yang lama. Bahkan Nakajima Yoko dari Juuni Kokki pun terlihat berbeda kehidupannya dengan kebanyakan tokoh utama isekai belakangan ini. Mungkin inilah yang membuat para karakter ‘lama’ tadi terlihat lebih menarik untuk diikuti bagaimana karakterisasi mereka berkembang dan terlihat lebih dinamis. Ada sesuatu yang membuat mereka berevolusi dan beradaptasi dengan dunia barunya. Sementara untuk yang sekarang, seperti melihat seorang gamer yang sudah khatam skill-skill dewa, lalu pindah ke dunia lain, dan tentunya mudah sekali bagi dia untuk merapal skill-skill tadi karena memang sudah terbiasa.

Secara umum, bukan mau mengatakan kalau genre ini jelek atau sampah, tapi dengan membanjirnya judul dengan tema yang sama, tentunya akan sangat membosankan kalau jalan ceritanya kurang lebih sama dan mudah ditebak. Yes, dia jago main game, yes, dia udah mencapai level sekian, yes, dia mendapat “bonus item”, yes, dia adalah yang terkuat, dst dst. Terkesan monoton dan repetitif.

Mungkin itu sebabnya sampai-sampai ada sebuah lomba mengarang cerita pendek di tahun 2016 mencantumkan larangan tema isekai ikut serta dalam perlombaan. 😅 Penerbit manga/novel besar seperti Kadokawa pun pernah melarang genre yang sama pada perlombaan di tahun 2017. Hal ini menunjukkan adanya semacam “kejenuhan” terhadap isekai. Tapi ya seperti kita ketahui, sampai musim semi 2019 ini, genre isekai masih hidup dan sepertinya masih tetap akan berlanjut. Beberapa judul isekai sebelum tahun 2000-an juga sudah pernah dibahas sebelumnya oleh tsu di animindo. Mungkin bisa jadi acuan untuk memilih judul isekai yang bagus untuk ditonton, bukan sekedar bikin harem di dunia baru. 😋

Bonus Info:
Anime 炎トリッパー (Fire Tripper, 1985) dikatakan sebagai “cikal bakal” anime Inuyasha, meskipun agak berbeda di setting dunianya. Kalau Fire Tripper Suzuko time travel ke masa lalu, kalo Kagome ‘pindah’ dunia.

Tate no Yuusha no Nariagari

the Rising of the Shield Hero

Iwatani Naofumi (seiyuu: Ishikawa Kaito) adalah seorang mahasiswa yang polos dan bersifat baik. Suatu hari saat sedang di sebuah perpustakaan umum, dia menemukan buku yang bercerita tentang sebuah dunia fantasi di mana pada saat dunia tersebut terancam oleh kekuatan jahat, akan muncul 4 orang ksatria yang akan menyelamatkan dunia itu. Ke-4 ksatria itu adalah ksatria yang menggunakan pedang, tombak, panah, dan yang ke-4 adalah pengguna perisai.

Tiba-tiba tampak kilatan cahaya dari buku itu dan secara misterius Naofumi berada di sebuah tempat yang asing bersama dengan 3 orang lainnya. Mereka berada di tempat itu karena telah “dipanggil” dengan menggunakan ritual khusus ke kerajaan tersebut sebagai ke-4 ksatria seperti yang ada dalam buku yang sempat dibaca Naofumi.

Anehnya, saat sedang beraudiensi dengan raja Melromarc, tampak sepertinya keberadaan Naofumi yang ternyata adalah ksatria dengan perisai, tidak mendapatkan respon yang sama seperti ketiga ksatria lainnya yaitu Amaki Ren (seiyuu: Matsuoka Yoshitsugu), ksatria pedang; Kawasumi Itsuki (seiyuu: Yamaya Yoshitaka), ksatria pemanah; dan Kitamura Motoyasu (seiyuu: Takahashi Makoto). Bahkan saat awal pembentukan kelompok petualang yang akan membantu masing-masing ksatria, tidak ada yang mau memilih menjadi anggota kelompok Naofumi karena ksatria perisai dianggap yang paling lemah di antara semua.

Hanya ada satu orang saja yang akhirnya mau menjadi anggota Naofumi yaitu seorang perempuan cantik yang mengaku bernama Myne Suphia (seiyuu: ?). Pada awalnya Naofumi sangat gembira karena ternyata ada yang mau menjadi anggota kelompoknya (meskipun hanya satu). Tetapi semua itu ternyata sebuah jebakan dan Naofumi difitnah telah berusaha memperkosa Myne, sehingga oleh raja dia diusir dan seluruh kerajaan membenci Naofumi.

Naofumi yang tadinya merupakan seseorang yang baik dan ramah berubah menjadi seseorang yang dipenuhi amarah dan rasa dendam kepada semua orang yang dia anggap telah memfitnah dirinya dan berusaha meningkatkan kemampuannya untuk membuktikan kekuatannya dan menyelamatkan dunia tersebut.

Meskipun demikian Naofumi tetap masih harus mengalami kendala lain yaitu bahwa ksatria perisai sama sekali tidak bisa menggunakan senjata. Satu-satunya “senjata” yang bisa dia gunakan hanyalah perisai yang melekat di lengannya. Hal ini menyulitkan Naofumi dalam upayanya meningkatkan level dan mendapatkan kekuatan yang lebih besar. Di sisi lain, akibat kejadian dengan Myne, Naofumi mengalami kesulitan untuk bisa mempercayai orang lain.

Pada saat itu, tiba-tiba seorang pria misterius mendekati Naofumi dan menawarkan solusi untuk mengatasi kesulitan Naofumi. Dia adalah seorang pedagang budak yang mengusulkan kepada Naofumi untuk membeli budak karena secara otomatis budak itu akan “diikat” dengan menggunakan semacam mantra sehingga mereka tidak akan pernah mengkhianati Naofumi. Naofumi menerima tawaran tersebut dan akhirnya memilih untuk membeli budak dari pria itu.

My thoughts?

Ini kayaknya judul yang paling ditunggu sejak diumumin beberapa waktu lalu. Yes, ini another isekai anime di mana protagonisnya transmigrasi ke dunia lain. Yes, twist-nya beda, dan boleh dibilang menarik. Jadi ya harus diakui kalo yang tadinya agak-agak “oh great, another isekai” berubah ke “ok, I’m intrigued“. ????

Dimulai dari perubahan sifat protagonisnya yang langsung drastis, dari orang yang tadinya keliatan naif dan hepi, langsung berubah jadi dark karena dipenuhi dendam amarah, plus kehilangan kepercayaan kepada orang lain. Mudah-mudahan ini pertanda kalo akan ada character development yang bagus dan mengalir lancar. Kalo isekai belakangan ini kan yang penting dia dewa, dan dikelilingi banyak gadis. ????

Agak mengingatkan gue ke isekai jaman dulu, Juuni Kokki, di mana tokoh utamanya mengalami berbagai kejadian yang membuat dia jadi berkembang. Cuma bedanya kalo di Juuni Kokki nggak overnight berubahnya. (Recommended untuk ditonton, tapi IMO cukup sampe sekitar eps 40-41, sisa beberapa eps terakhir gak ditonton gak apa-apa ????)

Kalo dari penerawangan infonya di internet, si Naofumi dan ke-3 ksatria lainnya ini nanti akan jadi personifikasi dari Nanatsu no Taizai alias Seven Deadly Sins. Dari episode awal kan sebenernya si Naofumi udah jadi Wrath, Kitamura di awal keliatannya ke Lust dan Envy, Ren ke Greed dan Gluttony, Itsuki ke Pride. Tinggal Sloth yang belum tau ke siapa. ????

Dengan menonton episode 1 (yang lumayan panjang, 45 menitan), gue rasa gue mulai bisa memaklumi kenapa hype-nya agak tinggi. Protagonisnya pindah dunia tapi cuma semalem doang diperkenalkan, besok paginya dia udah jadi outcast akibat fitnah dan langsung dikucilkan. Sementara ya seperti gue bilang tadi, kalo liat isekai lainnya belakangan ini kan malah kebanyakan jadi “dewa”.