Coming Soon: Infinite Stratos 2

Secara resmi diumumkan pada tanggal 21 April yang lalu yang lalu bahwa Infinite Stratos akan muncul lanjutannya dengan judul Infinite Stratos 2. Bersama dengan pengumuman itu, dirilis juga trailer pertama dari anime Infinite Stratos 2.

Infinite-Stratos-2-01

Sebelumnya sempat muncul kabar bahwa Infinite Stratos akan mengalami reboot karena terjadi penggantian character designer light novel-nya. Dulu dikerjakan oleh okiura dan sekarang dipegang oleh CHOCO (yang sebelumnya mengerjakan Busou Shinki). Selain itu untuk versi animenya juga character designer IS pertama dipegang oleh Kurashima Tomoyasu, sementara nanti IS-2 akan ditangani oleh Horii Kumi (pernah mengerjakan Zone of Enders). Meskipun begitu, kalau kita liat di trailer, sepertinya design yang lama masih tetap dipertahankan. Which is good.

sarashiki-tatenashi

sarashiki-kanzashi

Di trailer itu juga dimunculkan 2 karakter baru yaitu Sarashiki Tatenashi (ketua organisasi siswa) dan adiknya, Sarashiki Kanzashi. Siapa yang bakalan ngisi suaranya masih belum dapet informasinya, tapi untuk karakter-karakter lainnya, (sejauh ini) masih tetep sama:

  • Uchiyama Kouki sebagai Orimura Ichika
  • Hikasa Youko sebagai Shinonono Houki
  • Shimoda Asami sebagai Lingyin Huang
  • Hanazawa Kana sebagai Charlotte Dunois
  • YUKANA sebagai Cecilia Alcott
  • Inoue Marina sebagai Laura Bodewig
  • Toyoguchi Megumi sebagai Orimura Chifuyu
  • Tamura Yukari sebagai Shinonono Tabane

Seperti apa ceritanya, ya mari kita tunggu. Kalo untuk sementara ini ya cukup liat trailernya dulu aja.

source: http://over-lap.co.jp/IS/

Best Winter 2013 Anime

Best Winter 2013 Anime ini adalah hasil dari polling pendapat pemirsa yang dilakukan oleh Biglobe pada tanggal 24 – 31 Maret 2013 lalu. Total ada 13.286 suara, dan 41 judul anime, baik yang mulai tayang di musim dingin maupun yang berlangsung dari musim sebelumnya tapi tamat di penutup musim dingin. Hasilnya cukup mengejutkan juga sih sebenernya, beberapa judul yang digadang-gadang bakalan bagus malah pada ngedrop …

Source: biglobe.ne.jp

1

small-luvliv ラブライブ!
(Love Live!)
811 suara

2

 small-sena は友達が少ないNEXT
(Boku ha Tomodachi ga Sukunai NEXT)
690 suara

3

 small-buster リトルバスターズ!
(Little Busters!)
633 suara

4

 small-minamike みなみけ ただいま
(Minami-ke Tadaima)
607 suara

5

 small-pp サイコパス
(Psycho Pass)
575 suara

6

 small-tamako たまこまーけっと
(Tamako Market)
568 suara

7

 small-magi マギ
(Magi)
509 suara

8

 small-aika 絶園のテンペスト
(Zetsuen no Tempest)
468 suara

9

 small-oreshura 俺の彼女と幼なじみが修羅場すぎる
(Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru)
461 suara

10

 small-vividred ビビッドレッド・オペレーション
(Vividred Operation)
456 suara

11

 small-zettai THE UNLIMITED -兵部京介- :絶対可憐チルドレン
(Zettai Karen Children: The Unlimited – Hyoubu Kyousuke)
452 suara

12

 small-sakurasou さくら荘のペットな彼女
(Sakurasou no Pet na Kanojo)
436 suara

13

 small-robotics ロボティクス・ノーツ
(Robotics;Notes)
420 suara

14

 small-shinsekai 新世界より
(Shinsekai Yori)
408 suara

15

 small-kotoura 琴浦さん
(Kotoura-san)
399 suara

16

 small-yama ヤマノススメ
(Yama no Susume)
356 suara

17

 small-chihayafuru ちはやふる2
(Chihayafuru 2)
343 suara

18

 small-mangirl まんがーる!
(Mangirl!)
318 suara

19

 small-ixion イクシオンサーガ DT
(Ixion Saga DT)
316 suara

20

 small-gjb GJ部
(GJ-bu)
313 suara

21

 small-akb AKB0048 next stage 292 suara

22

 small-inaba キューティクル探偵因幡
(Cuticle Tantei Inaba)
289 suara

23

 small-amnesia AMNESIA (アムネシア)
(Amnesia)
282 suara

24

 small-hakkenden 八犬伝 ―東方八犬異聞―
(Hakkenden: Touhou Hakken Ibun)
274 suara

25

 small-kagura 閃乱カグラ
(Senran Kagura)
246 suara

26

 small-dacapo D.C.III ~ダ・カーポIII~
(Da Capo III)
244 suara

27

 small-maoyuu まおゆう魔王勇者
(Maoyu Maou Yuusha)
233 suara

28

 small-osaokan 僕の妹は「大阪おかん」
(Boku no Imouto wa “Osaka Okan”)
222 suara

29

 small-gdgd gdgd妖精s 第2期
(gdgd Fairies)
205 suara

30

 small-sasami ささみさん@がんばらない
(Sasami-san@ganbaranai)
204 suara

31

 small-chokkyu 直球表題ロボットアニメ
(Chokkyuu Hyoudai Robot Anime)
190 suara

32

 small-mondaiji 問題児たちが異世界から来るそうですよ?
(Mondaiji-tachi ga Isekai Kara Kuru Sou Desu yo?)
186 suara

33

 small-hetalia ヘタリア The Beautiful World
(Hetalia: The Beautiful World)
136 suara

34

 small-senyuu 戦勇。
(Senyuu)
129 suara

35

 small-puchimas ぷちます!-プチ・アイドルマスター
(Puchimas! Petit Idolm@ster)
124 suara

36

 small-driland 探検ドリランド
(Tanken Driland)
121 suara

37

 small-bakujin 幕末義人伝 浪漫
(Bakumatsu Gijinden Roman)
106 suara

38

 small-jigoku 地獄ようちえん
(Jigoku Youchien)
97 suara

39

 small-aimai あいまいみー
(Ai Mai Mi)
81 suara

40

 small-salaryman LINE OFFLINE サラリーマン
(Line Offline Salaryman)
72 suara

41

 small-ishida 石田とあさくら
(Ishida to Asakura)
14 suara

 

Chihayafuru 2 padahal menurut polling sebelumnya adalah nomor 1 yang paling ditunggu untuk musim itu, tapi ternyata ‘terpeleset’ ke nomor 17. Nah, apakah anime pilihanmu termasuk dalam 10 besar yang masuk kategori “The Best”?

Perbandingan Fansub

Sekarang ini sudah banyak sekali fansub group  yang bermunculan. Berbeda sekali dengan jaman dulu waktu jumlah group yang mau nge-sub anime cuma segelintir aja, dan gue masih inget jaman dulu yang nge-top (as far as I can remember) itu Elite Fansub, ShinsenSub, etc. Lalu yang mulai nge-troll juga banyak sekarang ini, so be careful. Kecuali kalo memang punya koneksi yang kenceng, space harddisk yang besar, waktu yang luang dan kesabaran tingkat tinggi. Yang nyesek kan buat yang internetnya pake kuota, kecepatan seikhlasnya, waktu seadanya, dan kapasitas harddisk yang secukupnya.

Berikut ini adalah daftar situs-situs yang memberikan perbandingan dari beberapa fansub yang sekarang ini cukup dikenal (baik karena bagus, maupun karena jelek ). Mereka memang tidak mengatakan mana yang paling bagus, soalnya itu tergantung penontonnya. In this case, menurut gue sih sebenernya situs-situs ini cukup membantu dalam artian kita bisa lihat translasinya untuk beberapa adegan, lalu kita bisa pilih, tata bahasa yang mana yang kita nyaman dan mengerti bacanya sehingga maksud dari percakapan para tokoh itu bisa kita pahami. Situs-situs itu adalah:

  • Subbusu.com – tinggal pilih season anime yang diinginkan maka akan muncul daftar judulnya. Tinggal pilih fansub yang diinginkan, dan lihat bagaimana translasinya. Kadang tidak semua judul tersedia, tapi itu bisa saja karena memang tidak banyak fansub yang mengerjakan (hanya 1 mungkin, jadi nggak bisa dibandingkan) atau ya memang mereka belum punya/dapet.
  • fansub.co – proyek milik Doki-Fansub. Meskipun juga merupakan fansub group, tapi si Doki membuat sebuah proyek komparasi yang menarik. Website ini kayaknya ditujukan untuk dibuat responsive, dan kayaknya bablas ke kanan, tapi sebenernya bisa dilakukan click and drag untuk menggeser tampilan ke kiri/kanan seperti menggunakan touch screen pada pad/tablet. Tinggal tekan mouse dan geser tampilan di layar ke kiri/kanan.
  • Crymore.net – ini sebenernya bukan ‘murni’ fansub comparison. Ini blog-nya si Dark_Sage. Dia boleh dibilang seperti kritikus atau komentator seputar dunia fansub anime. Meskipun nggak selalu membandingkan tapi seringkali dia memang membahas hasil subtitle dari beberapa fansub group, dengan bahasanya yang cukup … sinis. Tapi referensi yang dia berikan cukup bagus, malah katanya beberapa anime fansubber memakai situsnya sebagai ‘barometer’ untuk hasil subtitling mereka. Hebatnya lagi, kadang si D_S membuat semacam kuesioner untuk diisi oleh para pembacanya lalu nanti di-recap kira-kira si pembaca punya ‘preferensi’ translasi milik fansub yang mana. (kayak contoh di artikel yang gue screenshot)

Dulu ada yang namanya ji-hi.net (Jimaku Hikaku) tapi situs itu udah down. Tampilannya sama seperti subbusu atau fansub.co. Isinya juga sama aja sih sebenernya. Jadi mungkin ada baiknya buat yang mau donlod subbed anime, ngecek dulu ke situs-situs tadi lalu lihat, yang mana yang kira-kira bahasanya bisa dimengerti sehingga pas nonton anime itu jadi tau dan paham apa yang dibicarakan atau apa yang sedang terjadi. Terutama kalo misalnya ingin mengikuti anime-anime dengan dialog yang ‘berat’. Kalo nggak ngerti apa yang diomongin kan gawat.

Dan berikut ini beberapa fansubbing yang … “legendary” …

images sources:

Hataraku Maou-sama

Di Ente Isla, sebuah benua yang terdapat di dunia yang berbeda dimensi dengan dunia manusia yang kita kenal, ada seorang Maou (raja iblis) yang berambisi menguasai dunia tersebut. Namun keinginannya itu terpaksa harus tertunda karena pihak manusia memberikan perlawanan. Pasukan manusia akhirnya bisa memojokkan Maou di istananya di bawah pimpinan seorang ‘Yuusha’ (~ hero atau pahlawan/ksatria). Dalam keadaan terdesak, Maou bersama satu dari keempat jendralnya, Alsiel, membuka portal dimensi dan melarikan diri, bersumpah bahwa suatu saat dia akan kembali dan menguasai Ente Isla.

Hataraku-Maou-sama

Ternyata, portal dimensi itu membawa Maou dan Alsiel ke dunia manusia, tepatnya ke kota Tokyo, Jepang. Karena mereka ‘terdampar’ di dunia manusia, maka secara otomatis wujud mereka pun menjadi seperti manusia biasa. Kekuatan magis mereka berdua pun sangat berkurang, bahkan bagi Maou, ia hanya mempunyai sedikit tenaga magis dan kemampuan hipnotis, sementara Alsiel hampir sama sekali kehilangan kekuatan magisnya. Setelah dengan susah payah bisa mendapatkan sedikit informasi mengenai dunia mereka yang ‘baru’, mereka pun berusaha bertahan hidup dan tetap berharap untuk bisa kembali dan mewujudkan keinginan Maou untuk menguasai Ente Isla.

Dalam rangka menjalani hidup sebagai manusia ‘biasa’, Maou mendaftarkan dirinya sebagai warga bernama Maou Sadao (seiyuu: Ohsaka Ryota) dan Alsiel menjadi Ashiya Shiro (seiyuu: Ono Yuuki). Maou memerintahkan Alsiel untuk memperlajari buku-buku tentang kekuatan magis yang ada di dunia manusia agar dapat mencari cara untuk kembali ke Ente Isla, sementara dirinya bekerja untuk ‘menafkahi’ kehidupan mereka. Maou bekerja sebagai pegawai paruh waktu di sebuah restoran cepat saji.

Setelah menjalani kehidupan ‘normal’ selama beberapa waktu, Maou semakin lama semakin merasa nyaman tinggal di dunia manusia. Suatu hari secara tidak sengaja dia bertemu seorang wanita yang kehujanan. Maou kemudian memberikan payung miliknya kepada wanita itu lalu melanjutkan perjalanan menuju tempat kerjanya. Di tempat kerja, tiba-tiba terjadi suatu masalah dengan alat dapur yang digunakan untuk memasak menu spesial hari itu. Maou sempat berpikir untuk menggunakan kekuatan magisnya agar menu bisa tersajikan. Tetapi dia teringat pesan Alsiel yang mengatakan bahwa sebelum mereka menemukan cara untuk memulihkan kekuatan magis mereka seutuhnya, sebaiknya jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Akhirnya Maou mengurungkan niatnya itu meskipun itu berarti restoran mereka tidak bisa menyajikan menu spesialnya.

Hataraku-chara

Tanpa diketahui oleh Maou, ternyata ada yang melihat dirinya ketika ia sedang ragu-ragu untuk menggunakan kekuatan magisnya. Orang itu adalah wanita yang diberi payung oleh Maou. Dan ternyata si wanita itu tidak lain adalah sang Yuusha, pemimpin pasukan manusia yang berhasil mendesak Maou sehingga dia melarikan diri ke portal. Ketika Maou masuk ke portal, sang Yuusha juga ternyata mengikuti jejaknya, hanya saja sang Yuusha masuk sendirian karena temannya ternyata tidak masuk ke dalam portal. Di dunia manusia, Yuusha menggunakan nama Yusa Emi (seiyuu: Hikasa Yoko).

Emi kemudian menemui Maou dan ia berusaha mencari tahu seperti apa rencana penaklukkan dunia yang dipersiapkan oleh Maou. Sepanjang hari dia mengikuti dan mengamati gerak gerik Maou. Sementara Maou sendiri tetap melakukan rutinitasnya sehari-hari sebagaimana manusia biasa. Emi yang kemudian menemui Maou lagi dan sedang bicara dengannya ketika tiba-tiba ada serangan tidak terduga. Mereka pun lari mencari perlindungan, setelah aman, Maou pulang ke rumah sementara Emi kesulitan karena saat mereka lari, ia kehilangan tasnya sehingga ia tidak bisa pulang ke apartemennya. Akhirnya Emi terpaksa menginap di rumah Maou yang tentunya ditolak oleh Alsiel yang sekarang bekerja sebagai ‘ibu rumah tangga’ di tempat tinggal Maou.

 

Lucu juga sih ini ceritanya. Kocak aja ketika mereka pertama kali tiba di dunia manusia. Mereka berdua sempat dikira cosplayer oleh para polisi. Dan setelah bisa menyesuaikan diri, Maou malah bertingkah laku seolah-olah dia menikmati kehidupan di dunia manusia. Okelah kalo anime ini jadi tontonan yang ‘light’ dan ‘funny’. Mudah-mudah ke belakangnya ngga boring.

Arve Rezzle: Kikaijikake no Yosei-tachi

Di masa depan, teknologi nanomachine dan networking sudah sangat maju sehingga tidak hanya data yang bisa disimpan di dunia maya, tetapi juga pikiran manusia. Dengan adanya teknologi ini, manusia bisa langsung ‘mentransfer’ pikirannya ke dalam jejaring dunia maya dan berkomunikasi satu sama lain sementara tubuh mereka disimpan dalam tabung khusus berisi cairan yang disebut sebagai “Body Pool”.

url

Mikage Remu (seiyuu: Fukuyama Jun) sedang berkomunikasi dengan Mikage Shiki (seiyuu: Kitamura Eri), adik iparnya, melalui internet. Shiki tinggal dan bersekolah di Okinotori-island Mega Float City (OMFC), terpisah dari Remu. Meskipun dia bisa melihat wajah adiknya, tetapi Shiki mengaku kepada Remu bahwa yang tampak di layar monitor Remu hanyalah gambar, sementara jasad asli Shiki ada di dalam Body Pool. Remu sebenarnya terkejut mendengar hal itu, tetapi ia menghormati keinginan Shiki untuk mentransfer pikirannya ke dunia maya.

Suatu ketika terjadilah sebuah insiden yang disebut sebagai “Early Rupture” di mana server mengalami overload karena banyaknya data yang harus diolah sehingga mengakibatkan pikiran orang-orang yang ada dalam jejaring dunia maya ‘tersesat’ dan tidak bisa kembali ke jasad mereka masing-masing. Hal ini menyebabkan banyaknya tubuh yang ‘mati suri’ di dalam Body Pool karena terpisahkan dari pikirannya. Body pool milik orang-orang tersebut kemudian dikumpulkan di rumah sakit dan belum ada yang bisa menemukan cara untuk ‘membangunkan’ mereka kembali.

seiyuus

Akibat kejadian ini, Remu memutuskan untuk pergi ke OMFC dan mengunjungi apartemen adiknya dengan harapan dia bisa menemukan sesuatu atau suatu cara yang bisa mengembalikan adiknya seperti semula. Ketika dia sedang memikirkan keadaan Shiki, tiba-tiba ia dikejutkan dengan datangnya Shiki ke apartemen itu. Yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa Shiki ini mengatakan bahwa akibat kejadian Early Rupture, dia sendiri tidak ingat siapa dirinya yang sebenarnya, bahkan dia sendiri tidak ingat apakah dia Shiki yang sesungguhnya, atau hanya pikiran orang lain yang ‘nyasar’ ke tubuh Shiki.

Di tengah kebingungan itu, mendadak apartemen mereka diserang. Sasaran yang dituju adalah “Shiki” dan sepertinya “Shiki” ini mempunyai kemampuan istimewa meskipun dia menjadi agak kesulitan karena harus adaptasi dengan tubuh yang seolah-olah bukan miliknya itu. Remu yang juga akhirnya ikut lari dari kejaran para penyerangnya, akhirnya memutuskan untuk membantu “Shiki”, yang ada bersamanya saat ini, mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa dirinya dikejar-kejar oleh kelompok yang belum diketahui asal usulnya sekaligus mencoba mencari di mana Shiki yang sebenarnya berada.

 

———-

Arve Rezzle ini adalah 1 dari 4 anime yang termasuk dalam “Anime Mirai” yang muncul di list musim semi ini semacam proyek sponsorship bagi para pencipta anime yang didukung oleh studio-studio anime besar dan didukung juga oleh Menteri Kesenian Jepang. 3 lainnya adalah Death Billiard, Little Witch Academia, dan Ryo. Yang Death Billiard udah nonton, lumayan sih, temanya bagus, kalo yang Witch Academia sepertinya memang nggak nonton. Tinggal nunggu satu lagi, Ryo, cuma nggak tau kapan keluarnya yang satu ini.