Devil Survivor 2 End …

Beneran. Ngakak beneran. Bukan karena endingnya kocak, dan bukan juga karena endingnya berasa udah gue tebak dari awal kalo bakalan gini. Ya meskipun sebagian ada yang ‘ketebak’ sih dari awal, kayak musuh terakhir adalah Yamato, trus Hibiki bakal dapet support dari temen-temennya, dunia di reset ulang, dst. Ada juga sih yang unexpected, atau lebih tepatnya memang rasanya agak janggal buat gue. Nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Soal cerita awalnya kan udah dibahas sebelumnya, tapi for now …

Episode terakhir dimulai dengan pertanyaan naratif, apa artinya “hidup”? Pertanyaan yang sering dijadiin topik sih di anime-anime dengan tema apokaliptik alias yang berkaitan ama kepunahan manusia akibat manusia atau sebuah ‘kekuatan’ di luar kemampuan komprehensif manusia. Jadi di episode terakhir ini Hibiki udah langsung ketemu Yamato dan bertarung di … err … langit? Ya pokoknya di suatu tempat lapang lah, nggak ada apa-apa di sekitarnya. Mereka bertarung untuk menentukan siapa yang akan bertemu dengan Polaris, sang penguasa. Hasil pertemuan itu yang nantinya akan menentukan nasib dunia dan umat manusia.

Tentunya sudah jelas di awal kalo buat Yamato manusia yang lain itu nggak penting karena dia akan ‘menciptakan’ dunia baru yang menurut dia lebih baik, dan dunia baru itu sama sekali nggak melibatkan orang-orang yang menurut dia sama sekali nggak berguna (gue rasa dia paling nggak demen ama Daichi… hahaha… sugesti). Sementara di pihak satunya, Hibiki, merasa bahwa memang seperti itulah manusia. Lemah dan saling membutuhkan, tapi bukan berarti dengan kelemahannya itu manusia nggak bisa menghadapi berbagai tantangan. Justru dengan kelemahannya itu mereka akan saling membantu menghadapi berbagai masalah. Argumentasi klasik ya?

Yang agak ‘maksa’ muncul berikutnya. Yamato bisa summon 2 demon lalu melakukan fusion, 2 demon dijadiin satu. Dia klaim bahwa para summoners selama ini nggak bisa memanfaatkan kemampuan summon yang sepenuhnya. Berarti bisa diartikan baru dia sendiri yang mampu melakukan hal itu karena ya baru dia juga yang tau soal menggabungkan 2 demon itu. Eh … tapi nggak taunya Hibiki bisa melakukan hal yang sama. Dengan mudah pula. Agak maksa, if you ask me. Lalu yang agak janggal lainnya, kan ceritanya Hibiki bisa summon semua demon milik kawan-kawannya karena mereka semua mendukung reasoning Hibiki. Nah, yang agak nggak masuk, dia bisa summon Pallas Athena yang notabene demon-nya Sakocchi (ikutan manggil pake nickname dari si ilmuwan ngantuk, which I forgot her name … ). Padahal kan si Sakocchi sampai akhir hayatnya tetep belain keputusan Yamato. Kok bisa tiba-tiba nyebrang ke Hibiki? Udah nggak ‘loyal’ lagi ama Yamato? And she did it after she died.

At the end, as expected, semuanya direset ke masa sebelum semuanya ini dimulai. Sesuai permintaan Hibiki supaya mereka semua diberi kesempatan untuk memperbaiki segala sesuatu dengan kemampuan manusia. Mereka semua kembali hidup, tentunya dengan kehilangan ingatan tentang apa yang terjadi sebelumnya. Kecuali mungkin Hibiki yang memang masih inget karena dia yang minta semua direset. Agak sering juga sih nemuin tema yang serupa, jadi agak cepet juga nebak jalan ceritanya dari awal. Tapi dari semua, memang nggak banyak (atau mungkin malah nggak ada?) yang se-psycho Shinji, yang ngereset semua dengan cara menghapus manusia lainnya dan menyisakan dia ama Asuka sebagai the new Adam and Eve.

Lalu, apa yang bikin gue ngakak? Nah … pendapat yang ini bener-bener not for young viewers. *ngakak lagi …

[spoiler]Pada pertempuran terakhir, 2 demon Yamato digabungkan menjadi satu demon kuat bernama ‘Satan’. Naaah … yang namanya Satan ini adalah sebuah mahluk/monster yang euh … punya 6 (enam!) payudara! dan wajah monster. WTH? Asli gue langsung ngakak ngeliatnya. Lalu, demon gabungannya Hibiki juga nggak kalah. Secara bentuk sih muncul sebagai cowok, wujud model angel dengan banyak sayap dan boleh dibilang naked. Nggak kalahnya di mana? Di jurus pamungkasnya. Untuk ngalahin si Satan, demon Hibiki yang bernama Lucifer ini punya jurus maut yaitu … BERPELUKAAAAN… *OMG it was soooo hilarious. Sumpah gue ampe ngakak-ngakak pas nontonnya. Ini si pengarangnya bener-bener dah. Parah.[/spoiler]

 

PS: not using my PC, image ntar gue susulin deh.

Hataraku Maou-sama End

Hiks … sedih juga nih liat Maou-sama tamat. Soalnya ini salah satu anime favorit gue untuk musim semi. Ceritanya simpel, cara penceritaannya kocak, kadang ada seriusnya tapi tetep balans. Malah kadang diselipin ‘kegalauan’ masing-masing karakter saat mereka harus berhadapan satu sama lain, di dunia yang sama sekali asing, dan sepertinya orang yang dulu mereka anggap sebagai musuh justru ternyata melakukan hal-hal yang sama sekali berbeda dengan yang pernah terjadi. Pertanyaannya adalah, apa yang akan kita lakukan ketika apa/siapa yang selama ini kita anggap musuh, ternyata di suatu ketika yang lain dia justru malah menjadi sesuatu/seseorang yang bisa kita andalkan? Meskipun kocak dalam penceritaan, tapi gue rasa di situ terselip pertanyaan tadi dan sifatnya cukup serius.

Nah, di episode terakhir ini, nggak tau kenapa penulis cerita sepertinya malah sengaja nggak membuat sebuah adegan pertempuran dahsyat atau sejenisnya untuk menutup serial Maou-sama. Tidak terjadi perang hebat, misalnya, antara Emilia dengan Maou. Atau mungkin mereka berdua bekerja sama melawan musuh baru, atau juga mereka akhirnya bisa kembali ke Ente Isla. None of the above. Dan itu sesuatu yang baik karena bisa dibilang nggak terlalu stereotype.

maou-sama

Yang ada adalah bahwa Emi dan Chiho melihat ada perubahan pada perilaku Maou dan Ashiya. Mereka sepertinya melakukan suatu kegiatan rahasia. Apalagi suatu ketika Emi melihat sebuah truk menurunkan barang-barang ke apartemen tempat mereka tinggal. Chiho dan Emi pun memutuskan untuk membuntuti Maou. Ternyata Maou melakukan pekerjaan sambilan lain sebagai pekerja konstruksi bangunan. Ketika sedang bekerja, dia memergoki Chiho dan Emi. Maou pun menjelaskan bahwa dirinya terpaksa mengambil pekerjaan tambahan untuk menutup biaya hidup yang makin berat. Apalagi dengan Urushihara yang membeli alat pelacak dan memasangnya pada Chiho dan Emi. Meskipun marah, Emi sebenarnya harus mengakui bahwa alat itulah yang membuat Maou bisa datang tepat waktu untuk menyelamatkan mereka.

Selain alat pelacak, ternyata yang membuat hutang Maou dkk membengkak adalah barang-barang dalam kardus yang dilihat Emi waktu itu. Semuanya adalah barang-barang tidak berguna yang “dibeli” oleh Urushihara lewat situs online di mana dia sebenarnya ditipu oleh pembuat situs tersebut. Maou kemudian berusaha menghubungi toko tersebut dan meminta agar barang-barang tersebut bisa dikembalikan. Tetapi petugas yang menerima telepon mengatakan bahwa barang-barang tersebut tidak dapat dikembalikan. Emi kemudian mengusulkan kepada Maou untuk mendatangi kantor situs itu. Berdua mereka mendatangi kantor itu dan terkejut karena ternyata Ashiya bekerja di situ, dan dia juga yang menjawab telepon dari Maou (tanpa tahu bahwa mereka berbicara satu sama lain).

chiho-emi

Ketika mereka sedang kebingungan, Emi kemudian bertanya berapa usia Urushihara di dunia itu, dan ternyata dia masih bisa dikategorikan sebagai ‘dalam pengawasan wali/ortu’. Emi mengatakan bahwa karena hal itu maka Maou bisa mengajukan keberatan karena yang menandatangani kontrak perjanjian (Urushihara) masih berada di bawah pengawasan Maou sebagai walinya. Akhirnya dengan petunjuk Emi, mereka berhasil mengembalikan semua barang tersebut dan Maou terbebas dari hutang. Jadi setelah sebelumnya Emi yang ditolong oleh Maou, kali ini Emi yang menolong Maou dari kesulitan.

Episode ditutup dengan Maou yang kehujanan ketika menunggu di lampu merah untuk menyeberang. Emi datang membawakan payung untuk Maou sambil mengatakan bahwa payung itu adalah untuk mengganti payung Maou yang dulu diberikan kepada Emi di tempat yang sama ketika mereka pertama kali bertemu di dunia manusia. Maou mengucapkan terima kasih dan Emi tersenyum.

emi

umbrella

Ending yang simpel meskipun menyisakan banyak pertanyaan yang gue rasa juga nggak akan terjawab semua. Atau mungkin memang nggak ada atau nggak akan ada jawabannya. Seperti, kapan mereka akan kembali ke Ente Isla? Mungkin nggak akan pernah juga. Pertanyaan lain mungkin adalah, lalu nasib Sariel gimana? Cuma diceritakan dia terjebak di freezer MagRonal dan jatuh cinta kepada manajer Maou, udah gitu aja. Lalu soal status Chiho, Suzuno, Urushihara, Ashiya, si penyihir botak? What happen to them? Entahlah. Tapi yang jelas, ketika menjawab ucapan terima kasih Maou, Emi keliatan tersenyum dan memutar-mutar payungnya, seperti menunjukkan kalo dia merasa senang. Apakah dia sudah bisa mengatasi kegalauannya? Atau yang lain?

Jadi ya … begitulah penutupnya. Tapi gue tetep suka sih. Overall di anime ini komedi ada, fight scene ada meskipun nggak terlalu detil juga dan nggak yang heboh banget, karakternya mengalami fase perubahan emosi yang diceritakan dengan lancar meskipun pada akhirnya Suzuno seolah-olah kayak mengulang apa yang terjadi kepada Emi. Awalnya menggebu-gebu untuk membunuh Maou, tapi lama kelamaan mulai berubah pikiran dan melihat si Maou dengan sudut pandang berbeda. Makanya gue bilang, ini anime sederhana, tapi balans dan nggak terasa datar. Karakter-karakternya saling mendukung dengan keunikannya masing-masing. Memang bener-bener anime ‘kuda hitam’, karena awalnya sama sekali nggak menyolok.

So far nggak ada info soal season ke-2 atau OVA sih, jadi ya might as well wait and see …

Date a Live

Hehehe … This one’s a ‘guilty pleasure’.  Secara ini anime buat gue bukan something extraordinary, dan ya … typical harem type anime-lah. What more can I say? Kadang memang gue tonton juga sih yang beginian, 1-2 judul. Lumayan lah buat selingan, karena kadang ada yang blo’on juga ceritanya. You’ll never know.

As for the story … *no spoiler alert, karena pasti udah pada nonton 

Pada suatu ketika, di bumi sering terjadi fenomena misterius yang disebut sebagai “spacequake” (mungkin maksudnya kalo earthquake kan gempa bumi, kalo ini … gempa … angkasa? Nggak cocok. Gempa … ruang? What the … ? Ah, whatever lah, pokoknya fenomena itu). Sebagai akibatnya lokasi kejadian spacequake akan menyisakan kehancuran dan tentunya korban jiwa. Belakangan diketahui bahwa spacequake ini terjadi ketika mahluk yang disebut sebagai “Seirei” atau “Spirit” turun ke bumi. Oleh karena itu manusia kemudian berupaya untuk melawan para Seirei sehingga kehancuran umat manusia bisa dihindari.

"Spacequake"
“Spacequake”

Itsuka Shidou adalah seorang remaja yang hidup bersama dengan adiknya, Itsuka Kotori. Kota tempat tinggal mereka sudah beberapa kali mengalami spacequake, tetapi mereka tetap menjalani kehidupan seperti biasa. Suatu hari Shidou berjanji untuk pergi bersama adiknya ke suatu tempat dan mereka mengatur tempat pertemuan setelah pulang sekolah. Pada saat sekolah usai, ternyata muncul peringatan bahwa akan terjadi spacequake dan diperkirakan lokasi kejadiannya adalah tempat Shidou janji bertemu adiknya. Dalam keadaan panik, Shidou lari menuju tempat kejadian, dan pada saat ia berada di sana, muncul Seirei yang berwujud seorang cewek dengan jubah pelindung warna ungu dan membawa pedang besar. Ketika berbicara dengan sang Seirei, Shidou justru merasa bahwa Seirei ini bukanlah musuh yang harus diperangi. Pada saat yang bersamaan, datang pasukan khusus yang dinamakan AST, untuk melawan Seirei tersebut. Salah satu anggota dari AST itu adalah Tobiichi Origami, teman sekolah Shidou yang juga merupakan murid yang paling pintar dan sepertinya punya perhatian kepada Shidou. Origami menjadi anggota AST karena ia sangat membenci Seirei yang telah mengakibatkan kematian kedua orang tuanya. Untuk itu ia bergabung dengan AST dan mencari Seirei berkekuatan api yang dulu membunuh orang tuanya untuk tujuan balas dendam.

itsuka

Di tengah kekacauan tersebut, Shidou baru mengetahui bahwa Kotori adiknya ternyata bukanlah seorang anak biasa. Dia adalah pemimpin sebuah organisasi khusus yang bernama Ratatoskr. Sebuah organisasi yang mempunyai sudut pandang berbeda dengan AST dalam menghadapi Seirei. Kotori berkeyakinan bahwa Seirei bisa ‘diselamatkan’ dengan cara menyegel kekuatan mereka sehingga mereka tidak bisa menggunakan kekuatan tersebut untuk menghancurkan atau merusak bumi. Untuk bisa melakukan hal itu, mereka membutuhkan bantuan Shidou. Shidou ditugaskan untuk membuat Seirei jatuh cinta kepada dirinya sehingga Shidou bisa menyegel kekuatan tersebut dalam dirinya. Dan untuk membantu mewujudkan hal itu, Ratatoskr sudah mempersiapkan serangkaian program yang diciptakan seperti layaknya game dating simulation, di mana tokoh utama akan dihadapkan pada beberapa pilihan jawaban, dan bila kita memilih jawaban yang tepat, maka karakter cewek dalam game itu bisa kita dapatkan, tapi bila jawaban kita salah, maka situasi akan menjadi lebih buruk.

Shidou akhirnya menyetujui strategi tersebut karena ia ingin menyelamatkan Seirei berjubah ungu (code name: Princess) yang ditemuinya. Dalam pelaksanaannya, terjadi kesalahpahaman antara Shidou dengan Origami sehingga pada akhirnya Shidou malah terjebak dalam hubungan antara dirinya, Origami dan dengan Seirei tadi yang akhirnya ia beri nama Tohka (namanya kemudian dilengkapi menjadi Yatogami Tohka). Setelah Tohka, Shidou masih harus ‘menyelamatkan’ Seirei lain yaitu Yoshino (code name: Hermit), yang berwujud dan berperilaku seperti anak kecil yang pemalu. Selain Yoshino, Shidou juga harus menghadapi Tokisaki Kurumi (code name: Nightmare), Seirei yang paling kejam dibanding Tohka atau Yoshino. Kurumi sulit untuk dikalahkan karena ia mampu memanipulasi waktu sehingga dia bisa ‘memanggil’ dirinya dari berbagai waktu (masa lalu, masa depan). Ketika Shidou sedang mengalami kesulitan menghadapi Kurumi, pada saat kritis, Kotori muncul menyelamatkan Shidou dalam wujud “alternatif”-nya.

Kotori ternyata adalah Seirei juga yang menguasai elemen api, dengan sebutan “Efreet”. Ketika melihat Efreet, Origami teringat masa lalunya dan ia pun ingin membalaskan dendam orang tuanya. Sementara itu Shidou baru saja mendapat informasi bahwa Kotori mungkin tidak akan bisa hidup lebih lama apabila ia tidak mampu menyegel kekuatan Efreet. Shidou dan Kotori sama-sama tidak ingat apa yang terjadi pada diri mereka 5 tahun yang lalu, saat di mana Kotori berubah menjadi Seirei, Kotori berpendapat bahwa hilangnya ingatan mereka berdua kemungkinan karena ada pihak/seseorang yang ingin menjaga rahasia tersebut. Sementara itu, Origami yang ingin membalas dendam datang untuk menghabisi Kotori …

Nah, ya kira-kira gitu lah ceritanya untuk season 1. Season 1? Iya, karena denger-denger season 2 udah on the way. Sebenernya sih kalo diliat dari light novelnya, memang masih ada chapter berikut yang belum diceritakan. Jadi ya season 1 ini sih sebenernya ya … for me sih, standar aja.

Nggak aneh juga sih sebenernya kalo ada season 2, soalnya selama ini memang anime harem itu bisa dibilang ‘daya jualnya’ tinggi. Kebanyakan anime tipe harem punya sequel, nggak tau kenapa.  Tapi story-wise, memang masih banyak yang belum terungkap dari season 1. Kayak misalnya apa/siapa Seirei sebenarnya? Dari mana mereka berasal? Kenapa mereka membuat kekacauan? Lalu siapa sebenernya Itsuka bersaudara ini? Kenapa Kotori bisa berubah dari manusia menjadi Seirei? Kenapa Shidou bisa punya kemampuan untuk menyegel kekuatan Seirei? Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya, seperti nasib Kurumi gimana? dst. Mudah-mudahan itu yang akan menjadi menu utama, soalnya typical anime harem, seringnya malah sibuk ama rom-com-harem nya dan akhirnya cerita udah nggak terlalu penting lagi, cuma jadi sampingan aja. Udah gitu untuk Date a Live ini masih ada lagi sebenernya Seirei yang belum muncul dalam cerita. 

Polls and More Polls

O hisashiburi … 

Beberapa kategori jajak pendapat bermunculan di internet, dan memang nggak semua bisa dibilang ‘valid’, tapi setidaknya ada beberapa polling yang sumbernya cukup kredibel seperti biglobe atau newtype. Kategorinya pun macem-macem, ada yang most anticipated (as usual), ada top heroines , dan ada juga yang sebenernya tingkat relatifitasnya sangat tinggi yaitu kategori “best”.

Mazu wa, natsu no anime … Kategori “Most Anticipated” untuk musim yang akan datang, dengan 34 judul dan 4724 voters. Source: biglobe.ne.jp

Most Anticipated Summer 2013 Anime

small-monogatari 物語シリーズ セカンドシーズン
Monogatari Series Second Season

445 suara

 small-dangan ダンガンロンパ希望の学園と絶望の高校生 The Animation
Danganronpa Kibou no Gakuen to Zetsubou no Koukousei The Animation

432 suara

 small-rozen ローゼンメイデン
Rozen Maiden

285 suara

 small-ilya Fate/kaleid liner プリズマ☆イリヤ
Fate/kaleid liner Prism Ilya

251 suara

 small-ginsaji 銀の匙 Silver Spoon
Gin no Saji: Silver Spoon

241 suara

 small-hsdxd ハイスクールD×D NEW
High School DxD

222 suara

small-free Free!

222 suara

small-rokyubu ロウきゅーぶ!SS
Ro Kyu Bu! SS

221 suara

 small-sxs サーバント×サービス
Servant x Service

219 suara

 small-neptunia 超次元ゲイム ネプチューヌ THE ANIMATION
Hyperdimension Neptunia The Animation

212 suara

 small-senyuu 戦勇。第2期
Senyuu 2

167 suara

 small-symphogear 戦姫絶唱シンフォギアG
Senki Zesshou Symphogear G

143 suara

 small-hakkenden 八犬伝 ―東方八犬異聞―第2期
Hakkenden: Touhou Hakken Ibun

135 suara

 small-randr リコーダーとランドセル ミ☆
Recorder to Ransel Mi

125 suara

 small-kimimachi 君のいる町
Kimi no Iru Machi

114 suara

 small-bloodlad ブラッドラッド
Blood Lad

114 suara

 small-tamayura たまゆら~もあぐれっしぶ~
Tamayura ~ More Aggresive ~

113 suara

 small-fantasista ファンタジスタドール
Fantasista Doll

93 suara

 small-brother BROTHERS CONFLICT

85 suara

 small-uchouten 有頂天家族
Uchouten Kazoku

83 suara

 small-genshiken げんしけん 二代目
Genshiken Nidaime

83 suara

 small-kamisama 神さまのいない日曜日
Kami-sama no Inai Nichiyoubi

81 suara

 small-inuhasami 犬とハサミは使いよう
Inu to Hasami wa Tsukaiyou

74 suara

 small-kaminomi 神のみぞ知るセカイ 第3期
Kami Nomi zo Shiru Sekai 3

71 suara

 small-watashi 私がモテないのはどう考えてもお前らが悪い
Watashi ga Motenai no wa Dou Kangaetemo Omaera ga Warui!

70 suara

 small-holmes ふたりはミルキィホームズ!
Futari wa Milky Holmes

64 suara

 small-stella ステラ女学院高等科C3部
Stella Jogakuin Koutou-ka C3-bu

62 suara

 small-makai 魔界王子 devils and realist
Makai Ouji: Devils dan Realist

59 suara

 small-lovelab 恋愛ラボ
Love Lab

52 suara

 small-teekyu てーきゅう第2期
Teekyu (Season 2)

50 suara

 small-kiniro きんいろモザイク
Kin Iro Mosaic

45 suara

 small-kitakubu 帰宅部活動記録
Kitakubu Katsudou Kiroku

39 suara

 small-genei 幻影ヲ駆ケル太陽
Genei wo Kakeru Taiyou: il sole penetra le illusioni

33 suara

 small-crowds ガッチャマン クラウズ
Gatchaman Crowds

19 suara

Sama nggak dengan pendapat pembaca di Indonesia? 

Untuk anime spring 2013 sendiri, ada polling untuk karakter utama cewek yang populer. Ada 50 nama yang muncul dan 16.309 pemilih , tapi gue ambil 10 teratas aja.  Dari hasil itu yang paling mengejutkan adalah … 2 tokoh utama Aku no Hana masuk semua dan di peringkat yang cukup tinggi pula. Surprising. Sumber dari : anime.biglobe.ne.jp

 

Top 10 Spring 2013 Anime Heroine

small-misaka 御坂美琴
(Misaka Mikoto – To Aru Kagaku no Railgun S)

1538 suara

 small-misaki 食蜂操祈
(Shokuhou Misaki – To Aru Kagaku no Railgun S)

1460 suara

 small-sawa 仲村佐和
(Nakamura Sawa – Aku no Hana)

1309 suara

 small-nanako 佐伯奈々子
(Saeki Nanako – Aku no Hana)

1133 suara

 small-mikasa ミカサ・アッカーマン
(Mikasa Ackerman – Shingeki no Kyoujin)

1101 suara

 small-ruri 黒猫
(Kuroneko/Gokou Ruri – OreImo)

669 suara

 small-tsukiko 筒隠月子
(Tsutsukakushi Tsukiko – Henneko)

592 suara

 small-saten 佐天涙子
(Saten Ruiko – To Aru Kagaku no Railgun S)

538 suara

 small-ayase 新垣あやせ
(Aragaki Ayase – OreImo)

510 suara

 small-yukinon 雪ノ下雪乃
(Yukinoshita Yukino – Oreiru)

461 suara

 

Lalu buat perbandingan, ini ada poll dari majalah NEWTYPE edisi Juli 2013, tapi bedanya kalau di polling majalah ini, tidak terbatas pada anime musim semi aja, jadi agak lebih luas cakupannya. Dan konon (jangan dibalik!) katanya, polling yang ini lebih ‘netral’ karena nggak online, jadi hasil suara nggak bisa ‘dimanipulasi’ oleh para penghuni 2ch yang suka iseng bikin vote di internet dengan berbagai cara supaya judul/karakter yang mereka inginkan bisa menang. 

Source: NEWTYPE Magazine

newtype_july_2013

 

Top 10 Popular Anime

  1. Shingeki no Kyojin
  2. Steins;Gate: Fuka Ryouiki no Déjà vu
  3. Kakumeiki Valvrave
  4. Uta no☆Prince-sama♪ maji LOVE 2000%
  5. Suisei no Gargantia
  6. Oreimo
  7. Date A Live
  8. Yuyushiki
  9. Toaru Kagaku no Railgun S
  10. Space Battleship Yamato 2199

Top 10 Popular Male Characters

  1. Eren Jaeger (Shingeki no Kyojin)
  2. Okabe Rintarou (Steins;Gate: Fuka Ryouiki no Déjà vu)
  3. Kirito (Sword Art Online)
  4. Kousaka Kyousuke (Oreimo)
  5. Ledo (Suisei no Gargantia)
  6. Kira Yamato (Mobile Suit Gundam SEED)
  7. Toriharon (Gothicmade: Hana no Utame)
  8. Kurusu Syo (Uta no☆Prince-sama♪ maji LOVE 2000%)
  9. Ichinose Tokiya (Uta no☆Prince-sama♪ maji LOVE 2000%)
  10. Sadao Maou (Hataraku Maou-sama)

Top 10 Popular Female Characters

  1. Makise Kurisu (Steins;Gate: Fuka Ryouiki no Déjà vu)
  2. Mikasa Ackerman (Shingeki no Kyojin)
  3. Kuroneko (Oreimo)
  4. Misaka Mikoto (Toaru Kagaku no Railgun S)
  5. Saber (Fate/Zero)
  6. Yatogami Tohka (Date A Live)
  7. Bellin (Gothicmade: Hana no Utame)
  8. Nanami Haruka (Uta no☆Prince-sama♪ maji LOVE 2000%)
  9. Tsukumo (Karneval)
  10. Kousaka Kirino (Oreimo)

 

Seperti bisa dilihat, untuk yang versi Newtype, tokoh kayak Kira Yamato aja masih bisa masuk. Agak ‘jauh’ juga kan ama anime-anime 2013? Mungkin nongol lagi karena ada remastered HD yang rilis. Anyway, ini masalah pilihan pemirsa, jadi nggak ada hukum pasti-nya, sangat-sangat subyektif. Paling ya cuma buat referensi aja, anime/tokoh anime kayak apa sih yang biasanya mendapat perhatian dari pemirsa.

Sisanya ya tergantung sama diri kita sendiri, mau seneng mainstream, mau seneng yang nggak, atau mau seneng semua. Intinya sih selama kita bisa enjoy dan suka ama anime/karakternya, berarti kita masih bisa menikmati anime itu karena kita suka, bukan karena ikut-ikutan aja.