animindo

anime . indonesia

Month: August 2013

Anime, Pajak Bea Masuk, dan Bajakan

NB: berdasarkan masukan dari beberapa komen, meskipun sama-sama pungutan yang diberlakukan oleh negara, tapi ada perbedaan definisi ‘bea masuk’ dan ‘pajak’ . Di surat yang gue pajang di sini ada rincian bea masuk dan pajak. Karena waktu kejadian semua petugas yang berinteraksi dengan gue (personally atau by phone) nyebut biaya yang harus dibayar itu sebagai ‘pajak’, sebagai awam ya gue ikutin itu. Terima kasih atas informasinya.

 

Kalimat pembukanya sok puitis biar agak dramatis dikit hehehe… Jadi begini ceritanya … *auuuuu … BGM: musik pelem horor …

tiket

Sekitar pertengahan bulan Maret 2013, kalo masih pada inget, kan ada tuh event di Jakarta yang berkaitan dengan dunia per-anime-an, yang disebut dengan JIMPACT. Sebagai penggemar anime, tentunya gue menyempatkan diri untuk nonton salah satu film yang ditayangkan, yaitu 009 RE:CYBORG. Lagipula, itu salah satu anime yang gue tonton waktu awal-awal kenal anime jaman dulu. Malah sempet juga nonton Cyborg 009 yang masih item putih (!). Singkat kata singkat cerita, abis nonton Francoise err … 009 itu, jadi kepingin punya alias mengkoleksi filmnya. Sebagai penggemar yang baik, tentunya pengen mengkoleksi barang aslinya, bukan copy-an atau ya … bajagan. Kebetulan juga udah sering beli barang sejenis dari Jepun lewat toko online langganan yang, for me, the best. Setelah browsing di toko itu, mereka bilang deluxe edition akan dirilis tanggal 22 Mei 2013 jadi kalau mau pesen dulu. Lagi-lagi karena udah biasa, ya sudah oke saja. Apalagi ada embel-embel Deluxe Edition, dapet bonus berisi 1 BD 2D, 1 BD 3D, 1 lagi dokumenternya, dapet booklet, dan dapet bonus 2 foto. Excited dong. Orderan sudah oke, tinggal tunggu tanggal rilis.

deluxe-009

Sampai suatu ketika hari yang dinantikan pun tiba! *jreeengggg… eng-ing-eng… Dapet e-mail dari tokonya, barang udah dikirim dan karena itu lumayan mahal (buat gue ya mahal, maklum gaji rakyat jelata), nggak berani lah ambil resiko lewat pos biasa. Takutnya kalo lost, nggak bisa dilacak. Jadilah minta dikirim pake pos tercatat alias E*S (ciee… pake disensor. Sok misterius). Udah gitu, kalo pake pos biasa, biasanya baru nyampe paling cepet 2 minggu (paling lama sebulan) dari sejak dikirim, kalo lewat kurir akan lebih cepet sampainya. Dan bener aja, seperti biasanya, gue akan dapat surat panggilan dari kantor pos yang menerima barang itu. Di surat itu biasanya tertulis jumlah pajak yang harus gue bayar untuk “menebus” paket itu di kantor pos. Selama ini, biasanya pajak yang dikenakan ke gue itu di kisaran 10%-20% dari harga yang tertera di nota yang disertakan oleh si toko. Nah, katakanlah barang itu harganya sekitar 10.000¥ berarti kalo rupiahnya sekitar 1 jutaan, maka pajaknya biasanya (yang gue tau) sekitar Rp. 200.000,- (yah, kurang lebih lah). Sebagai warga negara yang baik, dan penggemar yang juga baik, tentunya udah siap dong bayar pajak itu. No problemo. Orang bijak taat pajak. (so they say).

Tetapi betapa terkejutnya diriku bukan alang kepalang (halah!) ketika melihat rincian pajak yang harus dibayarkan menurut surat panggilan itu. Di surat itu tertulis, pajak yang harus gue bayar untuk ‘menebus’ barang tersebut adalah Rp. 4.631.975,- !!!! Itu sama dengan sekitar 5 (lima!) kali lipat dari harga barangnya sendiri. Jadi untuk bayar pajaknya aja, itu sama dengan gue bayar/beli barang itu + 5 lagi barang yang sama. This is insane. Gue juga bukan baru pertama kali ini beli barang beginian dari Jepun, dan selama ini semuanya make sense aja pajaknya. Dan gue bukannya nggak mau bayar pajak. Mau. Tapi mbok ya yang manusiawi pajaknya.

Gue coba telpon ke kantor posnya untuk konfirmasi, apa memang bener seperti itu perhitungan pajaknya? Siapa tau keliru, itu sebenernya pajak yang buat importir film atau perusahaan distributor film atau layar tancep gitu. Pihak kantor pos sih jawabannya,

Wah pak, itu yang bikin perhitungan pajaknya pihak bea di bandara. Kami di kantor pos hanya menerima paket beserta hasil perhitungan. Kalau bapak keberatan dengan pajaknya, silahkan ditanyakan langsung saja pak ke kantor yang di bandara. Tapi memang aneh sih ini pak, apa iya pajaknya segini? Harga barangnya padahal nggak seberapa dibanding pajaknya. Coba diurus aja pak ke bandara.

Ya gue juga sekalian tanya, nasib barang itu bagaimana seandainya gue nggak bayar pajaknya/nggak nebus. Katanya ya akan dikirim kembali ke Jepang kalo dalam jangka waktu tertentu (sekitar 1 bulan) nggak ada yang bayar pajak. Hmm … dengan segala hormat, gue merasa nggak yakin juga itu barang bakalan dikembaliin kalo udah selama itu. Yang ada mungkin malah hilang itu barang. *maap pak pos, berburuk sangka nih… Dengan pertimbangan itu, ya gue minta aja untuk dikembalikan karena ya … nggak mampu lah bayar pajaknya. Wong buat bayar barang + ongkos kirimnya aja udah keringet dingin, lha kalo ditambah bayar pajaknya ini ya bisa keringet berlian jadinya …

Tapi yang namanya penasaran, meskipun minta dikembaliin, tetep aja gue sowan ke bandara, dan betapa mengharukannya ketika sampai di sana gue disambut banyak orang … … … yang ternyata calo semua … Konyolnya, nggak nampak satupun petugas bandara, atau orang yang berseragam lah minimal, di sana. Jadi mau nanya informasi itu nggak jelas ke mana atau kepada siapa. Yang ada, dan sedikit memaksa, itu ya para petugas freelance itu tadi. Ditanya tempatnya di mana, nggak ada yang mau nunjukin arah selain jawaban “Mau ambil barang apa? Ikut saya aja” yang berarti, “gue yang antar lu ke sana, jadi nanti ada fee nya buat gue karena udah (minimal) anter lu ke sana”.

cargo

Sampai di kantor bandara, ternyata masih masuk ke dalam lagi dan harus jalan agak jauh dari tempat gue parkir kendaraan. Lha wong papan petunjuknya ke arah situ, pas udah parkir, ternyata si kantor yang dimaksud itu masih masuk ke dalam lagi, dan di dalam ada tempat parkirnya juga … Terus di dalam, guide dadakan gue itu masuk ke dalam ruangan yang ada di situ setelah nanya barang apa yang mau gue urus. Gue pikir ya udah lah, mau gimana lagi, gue ngemeng apa aja juga dia bakalan tetep stick around di situ ngeyel menawarkan jasa ngurusin. Nggak lama dia keluar dari ruangan itu, katanya memang pajaknya segitu. Kalo gue nggak percaya disuruh ketemu aja ama wakil kepala bea nya, soalnya ibu kepala nya nggak masuk hari itu.

Ya sudah, masuklah gue ke ruangan itu, ketemu dengan Bapak Yang Terhormat. Begitu ketemu, beliaunya langsung bilang

Kenapa ini? Nggak terima sama pajaknya?

Ya gue sih jujur aja bilang, “Ya iya sih pak. Apa iya pajaknya semahal itu? Itu kan pajaknya aja hampir 5 kali lipat harga barang aslinya.” *Bukan gak mau, gak masuk akal aja buat gue. Dan beliau menjawab dengan penuh wibawa,

Ya bisa aja pajaknya segitu. Sepuluh kali lipat pun bisa saja. Kalo nggak percaya, ini buku tarif yang berlaku. Trus ketemu situ sama bapak yang itu. Dia yang hitung semua. (sambil manggil bapak yang satu lagi) Nih, tunjukin aja ke bapak ini itungannya.

Karena disuruh ke situ, ya gue temuin lah bapak itu. Bapak itu mempersilahkan gue duduk, dan bilang, sebentar ya pak, kita coba cek sama-sama di komputer. Trus mulailah dicari datanya barang itu (sambil ditungguin Bapak Yang Terhormat berdiri di belakang gue). Ketemu datanya, si bapak yang ngitung itu bilang

Bp : “Ini DVD ya pak?
Gue: “Iya. Blu-ray tepatnya.

Bp: “Isinya film apa ya pak?
Gue: “Film kartun

Bp: “Bapak tau durasinya nggak pak?
Gue: “Di website tokonya kalo nggak salah sekitar 107 menit ditulisnya

Bp: “Di sini infonya durasi 180 menit pak, berarti ini paketnya sudah dibuka dan disetel
Gue: Lho? Berarti itu segelnya dibuka dong kalo gitu?
Bp: “Ya mestinya pak. Kalo nggak ini mana bisa di sini diinput 180 menit sama petugasnya.”
Gue: Lalu?

Bp: “Berdasarkan peraturan baru pak, per 2012, film itu pajaknya bukan dihitung berdasarkan persen, tapi berdasarkan durasi. Dan perhitungannya adalah Rp. 21.450,- / menit. Total ya 21.450 x 180 pak, jadi sekitar 3 juta sekian, ditambah dengan lain-lain.” (seperti rincian di gambar atas)
Gue: Aturannya kok gitu ya pak? Ini kan untuk pemakaian pribadi, bahkan dari negara pengirimnya pun statement nya ada di situ “For Personal Use”, artinya bukan untuk didistribusikan atau dikomersialkan.

Bp: “Mungkin peraturan ini maksudnya untuk melindungi distributor film pak
Gue: “Tapi ini nggak melindungi pribadi yang ingin beli barang pak. dan distributor film kita juga nggak ada yang mau masukin film begini.

Bp: “Ya gimana ya pak, peraturannya sekarang begitu. Gimana pak? Barangnya mau diambil?
Gue: “Wah. Nggak pak. Nggak sanggup saya bayar pajaknya. Kembaliin aja ke Jepang. Nanti saya beli bajakannya aja pak. Lebih murah.
Bp: “Ya memang sih pak. Makanya pembajakan di Indonesia susah hilangnya …
Gue: “” *hey, it’s your rules

Bp: “Atau gini deh pak, ini film kartun ya? Dari amerika?
Gue: “Bukan. Dari Jepang.
Bp: “Oo. Ini bukan produksi Hollywood gitu pak?
Gue: “Ya bukan. Jepang nggak punya Hollywood.
Bp: “Sebentar deh pak. Coba saya lihat dulu barangnya di bagian paket

Gue akhirnya nunggu di bangku di luar ruangan tadi, dan si Bp itu datang sama temannya satu lagi. Dia bilang ini orang yang bagian ngurus paket, si orang ini bilang ke gue “Pak, kemarin bilang sama pihak kantor pos untuk dikembaliin aja ya? Barangnya barusan pagi ini berangkat ke Jepang itu pak. Gimana ya?” Gue jawab “Oh ya nggak apa-apa. Malah lebih bagus kok kalo kembali ke sana“. Dan mereka berdua heran ngeliat gue, lalu si Bp nanya gue “Kok bapak kayaknya malah lebih seneng barangnya balik ke Jepang ya pak?” Hahaha… gue bilang, “Ya mendingan balik ke sana aja. Nasibnya lebih jelas.

Pulang dari bandara, gue langsung e-mail ke Jepangnya, ngasih tau kalo barangnya ada trouble in custom, jadi terpaksa dikirim balik ke sana. Nggak gue ceritain sih kenapa-nya. Dan karena gue udah langganan, mereka ok-ok aja, sambil info kalo misalnya gue tetep mau minta dikirim lagi, mereka akan kirim lagi itu barang. Ya sudah, setidaknya di sisi sana udah beres.

Tapi … Tiba-tiba muncul kabar buruk. Pihak Jepang e-mail gue. Mereka bilang barang sudah sampai CUMA(!) sudah dalam kondisi segel dibuka (ya berarti bener si Bp itu, dibuka) , ada yang cacat , dan yang paling keren, bonus item-nya hilang.

Hi
Thank you for your e-mail.
We can send it again, but the item is opened by someone, it doesn’t look new, some damaged.
And bonus item was missing on your package.

Kalo begini, seandainya gue mau cancel pembelian dan minta refund kan jadinya nggak bisa, wong barangnya udah rusak dan udah ada yang hilang. Yang ada ya gue harus ucapkan selamat tinggal sama duit yang udah dipake bayar itu. Dan itu nggak bisa ditolak, karena itu udah ada di terms and condition tokonya (dan setau gue, semua toko juga seperti itu. Wajar aja.).

Jepangnya bilang, barang itu sudah nggak mungkin mereka kirimkan balik karena sudah menjadi kebijakan perusahaan untuk tidak mengirimkan barang yang kondisinya cacat, tapi mereka menjanjikan akan mengirimkan barang yang sama seandainya nanti ada lagi karena yang “First Press Edition” sudah nggak ada lagi alias sold out. Dan hebatnya, mereka nggak minta gue bayar apa-apa selain ongkos kirim aja. Jadi gue nggak diitung beli barang baru, tapi dituker barang baru ama mereka. Meskipun mereka bilang nggak bisa kirimin yang seperti First Press Edition, buat gue dengan mereka menjanjikan sesuatu seperti itu aja udah luar biasa banget.

Sekarang ya … itu jadi pelajaran. Bahwa film, kalo beli di luar negeri lewat online store kayak gini, harus udah siap ama pajaknya. Malah sempet coba browsing-browsing, ternyata ada juga yang kena kasus serupa cuma ya lebih parah. Orang itu ceritanya beli DVD trilogi Lord of the Rings seharga sekitar US$60.00 (sekitar Rp. 600-700 ribu-an), cuma kan tau sendiri durasi satu filmnya lama (sekitar 3 jam), udah gitu ini tiga-tiganya sekaligus. Lalu setelah dihitung oleh pihak bea, maka pajak yang harus dibayar sekitar: 3 jam = 3 x 60 menit = 180 menit. 180 menit x 3 film = 540 menit. Pajaknya: 540 menit x Rp. 21.450,- = 11 juta-an (minimal, karena biaya lain-lain belum dihitung). Luar biasa.

Lalu pertanyaannya, bagaimana caranya penetapan besaran pajak itu bisa melindungi hak cipta atau hak atas kekayaan intelektual dari pembajakan? Kalo menurut gue sih, itu malah menyuburkan pembajakan. Karena orang yang ingin mengikuti ‘jalur yang legal’ akhirnya malah ‘dijegal’ oleh pajak peraturan, jadi ya bukan tidak mungkin pada akhirnya orang banyak yang beralih ke jalur bajagan…

NB: buat yang penasaran, bisa dicoba kunjungi situs resmi beacukai,

http://www.beacukai.go.id  di menu bagian atas pilih Home > Aplikasi & Layanan, lalu di bagian menu sebelah kiri Browse Tarif Bea Masuk, pilih “Uraian Bahasa Indonesia” trus masukin aja “film”, ada banyak yang keluar, tapi di kolom “BM” atau “TAX” cari aja yang angkanya 21,45 (21.450 rupiah/menit).

bmtax

Hiduplah Indonesia Raya …

The Lunacy Of Duke Venomania

17263149

Alkisah, seorang istri bangsawan melahirkan anak yang buruk rupa.

Tidak tahan dengan kenyataan ini, perempuan itu menghabisi nyawanya sendiri. Anaknya yang buruk rupa disembunyikan dan diasuh di ruang bawah tanah, tanpa pernah diketahui oleh orang luar. Tahun-tahun berlalu, sang bangsawan menikah kembali dan memiliki putra yang tampan dan baik hati. Secara kebetulan, anak kedua ini menemukan kakaknya di ruang bawah tanah, dan mulai mengunjunginya secara rutin. Kunjungannya kemudian berkembang menjadi pelarian kecil-kecilan – membawa kakaknya keluar rumah untuk melihat-lihat dunia di malam hari.

Sang kakak kemudian berkenalan dengan seorang gadis – teman sepermainan sejak kecil adiknya. Dia memendam cinta selama bertahun-tahun, dan ketika mendengar pertunangan si gadis dan adiknya, hatinya pun hancur. Apalagi perlakukan si gadis padanya kemudian berubah 180 derajat. Didorong keputus asaan, dia menghabisi seluruh keluarga dan penghuni rumahnya. Ketika hendak menghabisi nyawanya sendiri, iblis datang padanya. Menawarkan jalan untuk memeperoleh yang diinginkannya. Orang yang mau mencintainya.

Sang kakak menjadi Tuan Tanah, Duke Sateriajis Venomania. Melupakan masa lalunya, kecuali bahwa dia mencintai seorang gadis.

Venomania mendapatkan apa yang diinginkannya. Dan berakhir karena nafsunya sendiri. Tidak menyadari bahwa orang yang dicintainya selama ini sebenarnya juga mencintainya – Kelvyn Venomania, dan bukan Sateriajis yang dirampas identitasnya.

Seri kedua dari 7 Deadly Sins ala Akuno-P.
Komentar saya singkat saja; SINETRON!!

Chotto Kawaii Iron Maiden

14896689

 

“Sampai sejauh mana kau bisa melakukan kekerasan demi tujuanmu?” – Demikianlah kalimat pembuka komik unik ini.

Berfokus pada Klub Penyiksaan di sebuah sekolah khusus putri – yang entah kenapa bisa-bisanya meloloskan cowok crossdresser dan guru waria – dimana Yuzuki Mutou masuk sebagai siswa baru. Karena sebuah pertanyaan jebakan (literally) dalam ujian masuk yang dijawab dengan serius olehnya, Yuzuki ditarik oleh Klub Penyiksaan sebagai anggota baru. Konon, bakatnya sudah dicium pula oleh berbagai Klub, seperti Klub Cuci Otak dan interogasi – pokoknya semua yang jelas-jelas tidak ada hubungannya dengan sekolah putri.

Terlepas dari seringnya Yuzuki menyangkal penyiksaan, toh pelan-pelan bakat alaminya mulai menunjukkan warna aslinya.

Beberapa adegan di komik ini cukup vulgar, tapi alih-alih bikin malas, yang ada malah mengundang tawa. Apalagi ketika Yuzuki sedang kumat daya khayal dan keluar bakat sebagai penyiksanya. Karena, seperti kata Aoi, senior Yuzuki;

“Di dalam penyiksaan tidak ada penonton. Yang ada hanyalah yang disiksa, dan penyiksa.”

 

Komik 4 kotak dengan tema unik ini akan dibuat live-actionnya.
Sayangnya hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut tentang detailnya.

Fall Anime 2013 – Updated

Versi yang lebih baru daripada postingan yang lalu. Chart-nya ngambil dari sumber yang biasa, neregate.com Fall 2013 Anime Chart v1 List-nya kali ini kompilasi sendiri dari berbagai sumber … *beberapa clip ada di website resmi masing-masing judul, dan belum tentu bisa diakses dari Indonesia, maka yang di-link di sini adalah yang sudah dipindahkan ke YouTube oleh orang lain atau animindo sendiri. Thanks to the uploader yang bukan animindo.

September 2013

Judul Studio Tanggal Network PV
small-genshiken Genshiken Nidaime Special (BD) (*new special found on BD vol.1) Production I.G 4 September 2013 no-pv
small-harlock Captain Harlock (Film) Toei Animation 7 September 2013 Streaming
small-yozakura Yozakura Quartet: Tsuki ni Naku (OAD) (*bundled w/ LE manga vol.14) Tatsunoko Production 9 September 2013 no-pv
small-free Free! Special (BD) (*”FrFr! ~Free! short movie~” found on BD vol.1) KyoAni 11 September 2013 no-pv
small-chihayafuru Chihayafuru (OAD)(*bundled w/ LE manga vol.22) Madhouse 13 September 2013 no-pv
small-terra Terra e… Film Extra (BD)(*unreleased footage found on BD release) Toei Animation 13 September 2013 no-pv
small-chu-2 Takanashi Rikka Kai: Chuunibyou demo Koi ga Shitai! (Film) KyoAni 14 September 2013 Streaming
small-geass Code Geass: Boukoku no Akito 2 – Hikisakareshi Yokuryuu (Film) Sunrise 14 September 2013 Streaming
small-yahari Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. (OAD) (*bundled w/ LE PlayStation Vita game) Brains Base 19 September 2013 no-pv
small-saikyou Saikyou Ginga Ultimate Zero: Battle Spirits (TV) Sunrise 22 September 2013 TV Asahi no-pv
small-ilya Fate/kaleid liner Prisma☆Illya Special (BD)(*new special found on BD vol.1) Silver Link 27 September 2013 no-pv
small-rakkyo Kara no Kyoukai: Mirai Fukuin (Film) ufotable 28 September 2013 Streaming
small-makenki Maken-Ki! – Takeru Nyotaika!? Minami no Shima de Supo~n? (OAD)(*bundled w/ LE manga vol.11) Xebec 30 September 2013 no-pv
small-oshiri Oshiri Kajiri Mushi – Season 2 (TV) Kinema Citrus 30 September 2013 NHK-BS Premium no-pv

 

Oktober 2013

Judul Studio Tanggal Network PV
small-gaist Gaist Crusher Studio Pierrot 2 Oktober 2013 TV Tokyo no-pv
small_kyokana Kyoukai no Kanata Kyoto Animation 2 Oktober 2013 Tokyo MX Streaming
small-daia Daiya no Ace Madhouse/ Production I.G. 6 Oktober 2013 TV Tokyo/AT-X no-pv
small-pokemon-xy Pokemon XY Oriental Light & Magic 17 Oktober 2013 TV Tokyo Streaming
small-seitokai Seitokai Yakuindomo (OAD) (*bundled w/ LE manga vol.9) GoHands 17 Oktober 2013 no-pv
small-ilya Fate/kaleid liner Prisma☆Illya Special (BD) (*new special found on BD vol.2) Silver Link 25 Oktober 2013 no-pv
small-senyuu Senyuu. Dai 2 Ki Special (BD) (*special bundled w/ BD vol.3) Ordet 25 Oktober 2013 no-pv
small-miyakawa Miyakawa-ke no Kuufuku (OAD)(*bundled w/ LE “Lucky☆Star” manga vol.10) Ordet 26 Oktober 2013 no-pv
small-precure Dokidoki! Precure Movie: Mana Kekkon!!? Mirai ni Tsunagu Kibou no Dress (Film) Toei Animation 26 Oktober 2013 Streaming
small-madoka Mahou Shoujo Madoka★Magica Movie 3: Hangyaku no Monogatari (Film) SHAFT 26 Oktober 2013 Streaming
small-galilei-donna Galilei Donna – Storia di Tre Sorelle a Caccia di un Mistero A-1 Pictures Oktober 2013 Fuji TV Streaming
small-samumenco Samurai Flamenco A-1 Pictures Oktober 2013 Fuji TV Streaming
small-magi2nd Magi 2nd Season A-1 Pictures Oktober 2013 MBS/TBS Streaming
small-gunpla Gundam Build Fighters Sunrise Oktober 2013 TV Tokyo Streaming
small-kill Kill La Kill Trigger Oktober 2013 MBS Streaming
small-valvrave Kakumeiki Valvrave 2nd Season Sunrise (Kamis) Oktober 2013 MBS Streaming
small-meganebu Meganebu! Studio DEEN Oktober 2013 *?* Streaming
small-yozakura Yozakura Quartet: Hana no Uta Tatsunoko Production Oktober 2013 *?* Streaming
small-sekaiban Sekai de Ichiban Tsuyoku Naritai! ARMS Oktober 2013 *?* Streaming
small-pedal Yowamushi Pedal TMS Entertainment Oktober 2013 *?* no-pv
small-kurobas Kuroko no Basuke 2nd Season Production I.G. Oktober 2013 MBS no-pv
small-nagino Nagi no Asukara P.A. Works Oktober 2013 *?* Streaming
small-freezing Freezing Vibration ACGT Oktober 2013 AT-X Streaming
small-is Infinite Stratos 2 8bit (Kamis) Oktober 2013 TBS Streaming
small-outbreak Outbreak Company: the Moe Invader feel (Kamis) Oktober 2013 TBS no-pv
small-ravens Tokyo Ravens 8bit Oktober 2013 Tokyo MX no-pv

 

November 2013

Judul Studio Tanggal Network PV
small-kissu Kiss x Sis (OAD) (*bundled w/ LE manga vol.12) feel. 6 November 2013 no-pv
small-patema Sakasama no Patema (Film) Purple Cow Studio 9 November 2013 Streaming
small-senyuu Senyuu. Dai 2 Ki Special (BD) (*special bundled w/ BD vol.4) Ordet 22 November 2013 no-pv
small-p3 PERSONA3 THE MOVIE #1 Spring of Birth (Film) AIC A.S.T.A 23 November 2013 Streaming
small-ilya Fate/kaleid liner Prisma☆Illya Special (BD)(*new special found on BD vol.3) Silver Link 29 November 2013 no-pv
small-gits Ghost in the Shell: ARISE – border:2 Ghost Whispers (Film) Production I.G. 30 November 2013 Streaming

 

To Be Announced

Judul Studio Tanggal Network PV
small-madoru Mashin-doru wa Kizutsukunai (Kikou Shoujo wa Kizutsukunai) Lerche Fall 2013 AT-X Streaming
small-horizon Log Horizon Satelight Fall 2013 NHK-E Streaming
small-coppelion Coppelion StarChild Animation Fall 2013 BS-11 no-pv
small-white2 White Album 2 Satelight Fall 2013 *?* no-pv
small-walkure Walkure Romance 8bit Fall 2013 *?* Streaming
small-goldentime Golden Time *?* Fall 2013 *?* no-pv
small-strike Strike the Blood Silver Link/ Connect Fall 2013 *?* no-pv
small-koiuta Toaru Hikuushi no Koiuta TMS Entertainment Fall 2013 *?* no-pv
small-blazblu BlazBlue Alter Memory Hoods Entertainment Fall 2013 *?* no-pv
small-noucome Ore no Nounai Sentakushi ga, Gakuen Love Come wo Zenryoku de Jyama Shiteiru Diomedea Fall 2013 *?* no-pv
small-nonon Non Non Biyori Silver Link Fall 2013 *?* Streaming
small-dialova Diabolik Lovers: Haunted Dark Bridal ZEXCS Fall 2013 AT-X Video di situs resminya dihapus
small-pupa pupa Studio DEEN Fall 2013 *?* no-pv
small-arpeggio Aoki Hagane no Arpeggio Sanzigen Fall 2013 *?* Streaming
small-ippo Hajime no Ippo 3 Madhouse Fall 2013 *?* no-pv
small-neppu Neppu Kairiku Bushi Road *?* Fall 2013 *?* no-pv
small-kyosou Kyousougiga (TV) Toei Animation Fall 2013 *?* no-pv
small-kaguya Kaguya-hime no Monogatari (Film) Studio Ghibli Fall 2013 Streaming

Ada beberapa catatan untuk anime-anime musim gugur ini:

  • Proyek Infinite Stratos tadinya dikabarkan akan me-reboot serial itu, tapi sepertinya bukan itu yang akan terjadi karena season 2 tampaknya adalah kelanjutan dari season 1
  • Coppelion sebenarnya sudah diumumkan sejak tahun 2010 dan rencana akan dirilis pada tahun 2011 tetapi kemudian dibatalkan karena bertepatan dengan tragedi kebocoran reaktor nuklir Fukushima Daiichi (Maret 2011). Materi cerita Coppelion dikhawatirkan akan menimbulkan dampak negatif di mana anime ini menceritakan tentang Jepang yang dilanda radiasi nuklir.
  • Toaru Hikuushi no Koiuta belum diketahui pasti apakah masih berhubungan dengan Toaru Hikuushi e no Tsuioku atau tidak
  • Neppu Kairiku Bushi Road aslinya adalah anime yang diumumkan pada tahun 2003 dengan judul Neppu Kairiku Bushi Lord yang merupakan proyek kerja sama antara GAINAX, Broccoli, Nitroplus, dan Takara yang direncanakan rilis sekitar tahun 2004 – 2005. Namun proyek ini kemudian terhenti karena para staf yang tadinya mengerjakan mulai meninggalkan proyek tersebut. Pada bulan Maret lalu muncul pengumuman bahwa anime ini sekarang dikerjakan oleh Bushiroad, Bandai Visual, Nitroplus dan Kinema Citrus serta direncanakan akan rilis musim gugur tahun 2013.
  • Captain Harlock the movie merupakan animasi 3D CGI. Dengan ini berarti sudah ada 2 karya Matsumoto Leiji yang diangkat ke versi live action, yang pertama adalah Space Battleship Yamato.
  • Kaguya-hime adalah cerita rakyat Jepang tentang seorang putri yang ditemukan di dalam pohon bambu. Rencana awalnya akan dirilis oleh Studio Ghibli di musim panas, tetapi kemudian diundur ke musim gugur.
  • Sakasama no Patema sebenarnya adalah sebuah proyek yang sudah dimulai akhir 2011 (website sudah dibuka pada Desember 2011), tetapi karena satu dan lain hal, ditunda sampai dengan musim gugur 2013 ini.

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén