Char’s Toyota Auris

Ini postingan iseng aja sih. Sambil nunggu anime-anime baru lainnya, dan setelah menyelesaikan beberapa anime sebelumnya. 

Buat penggemar mobil Toyota, sekitar akhir bulan lalu muncul iklan mobil Toyota baru yang bernuansa sport dan berwarna merah menyala. Buat Gundam Fans, tentunya nggak asing lagi dengan segala sesuatu yang berwarna merah, dan hebatnya lagi, iklan untuk mempromosikan mobil ini juga dibuat dengan animasi menggunakan karakter legendaris yang dimaksud, Char Aznable. Sebelumnya, Mercedes Benz juga menggunakan ‘taktik’ yang sama untuk Next A-Class – nya tapi tidak menggunakan karakter yang sudah dikenal melainkan menggunakan karakter dan cerita yang sama sekali baru.

Kalau diliat detailnya, itu mobil pake kode-kode a la MS unit, antena nya juga dibentuk seperti antena Zaku-nya Char. Warna udah jelas, harus merah, melambangkan bahwa itu mobil 3x kali lebih cepat. Hebatnya lagi, logo yang ada di mobil itu. Bukan logo Toyota, tapi ZeonicToyota.  Dan kalau dikira itu cuma animasi untuk iklan, wait till you see this one …

charxauris

Interested?

 

Super Seishun Brothers

Hmm … ini anime cuma 4 menitan. Kenapa ya belakangan lagi pada seneng bikin beginian? 

ssb

Cerita tentang 2 pasang bersaudara, Shinmoto Chika (seiyuu: Ohsaka Ryota) dan Shinmoto Chiko (seiyuu: Yamamoto Nozomi), Saito Mako (seiyuu: Kayano Ai) dan Saito Mao (seiyuu: Ishikawa Kaito). Chika dan Mako bersahabat, begitu pula dengan Chiko dan Mao. Shinmoto bersaudara cenderung narsis, menganggap diri mereka ganteng/cantik, sementara Saito bersaudara … hmm … cenderung dreamy ya, satu latihan ngomong sama alien, satu latihan ngomong sama roh. 

Anime ini sih ceritanya slice of life, meskipun cuma diceritakan dalam durasi 4 menit. Gue rasa tujuannya sih ngelucu dengan sifat masing-masing saudara itu. Dan yang menarik, cerita aslinya adalah buatan Shinmoto Shin. Masih kerabatnya Shinmoto bersaudara nih. Atau … orang tuanya?  Tapi, in a way, ya sebenernya beliau memang “ortunya” cerita ini.

Nggak tau ya, tapi kayaknya juga nggak ngikutin ini. Nggak gitu tertarik aja sih.

 

External links

Diabolik Lovers

Anime musim gugur yang pertama nongol. Benernya udah mau nulis beberapa hari yang lalu, cuma ya nggak sempat, maklum lah. Disibuk-sibukin. 

diabolik-lover

Ookeey … Jadi ini anime tipenya jelas reverse-harem, alias satu cewek dan segerombolan cowok. Satu aliran ama anime hilang ingatan beberapa waktu lalu (yang artikelnya di animindo juga ikutan hilang). Berangkat dari otome-game dengan banyak ending, gue rasa kita nggak bisa ngarep terlalu banyak soal endingnya bakalan ama siapa, meskipun bisa juga sih punya ending definitif. Kalo menurut “teori” temen, katanya ya lawan jenis yang ditemuin pertama ama si tokoh utama itulah yang bakalan jadi “the chosen one”. Dan as usual, kostum cowoknya lumayan aneh-aneh. As usual juga, cowoknya muncul dengan sifat dan tipe yang kurang lebih sama. *sebenernya sih buat counter-part nya sama juga, cuma swap gender aja.

vlcsnap-00003

Tokoh utama dalam cerita ini adalah cewek bernama Komori Yui (seiyuu: Suegara Rie), ayahnya adalah seorang pendeta, dan karena sesuatu yang gaib alias nggak dijelasin, dia ditinggal oleh ayahnya. Dan dengan mudahnya si bapak yang pendeta itu, menitipkan anak gadisnya di sebuah mansion yang gede dan disebut oleh orang-orang sebagai ‘the haunted house’ … Oooh … Scary …  

vlcsnap-00002
Ini patung posenya ama air mancur kontras amat

Dan ternyata ketika Yui masuk rumah gede nan sepi itu, dia menemukan seorang cowok terbaring di sebuah sofa. Dibangunin nggak jawab, akhirnya dia pegang itu cowok. Dingin dan tidak terdengar denyut jantung. Dia langsung mencoba menelpon untuk minta bantuan, tapi tiba-tiba si cowok bangun dan langsung ‘menyerang’ Yui, tapi sayangnya, ‘serangan’ itu terpaksa dihentikan jadi nggak lanjut. *lho? 

Yang mengganggu ternyata satu cowok lagi, yang bertipe kacamata dan serius. Sakamaki Ayato (seiyuu: Midorikawa Hikaru) si cowok agresor itu nggak seneng diinterupsi ama Sakamaki Reiji (seiyuu: Konishi Katsuyuki), si kacamata. Reiji mengajak mereka berdua ke ruang tengah untuk bertemu dengan anggota keluarga yang lain. Di ruangan ini tiba-tiba muncul Sakamaki Raito (seiyuu: Hirakawa Daisuke) dan Sakamaki Kanato (seiyuu: Kaji Yuki) dan dua-duanya langsung melakukan sekuhara, yang sayangnya lagi-lagi, nggak dilanjutin. Hihihi.

Belum lagi jelas itu berdua muncul dari mana, tiba-tiba muncul satu lagi cowok dan tipenya galak, Sakamaki Subaru (seiyuu: Kondo Takashi) yang nggak jelas kenapa, langsung ngehajar tembok. Kan sayang itu tembok. Lagi pada kebingungan ini cewek dari mana dan untuk tujuan apa dia datang ke situ, muncul lagi cowok dengan gaya cuek, Sakamaki Shu (seiyuu: Toriumi Kosuke). Si sulung ini bilang kalo dia inget ada yang bilang kalau si cewek itu memang bakalan dateng ke situ. Dan juga mereka dipesan untuk tidak membunuh Yui. Tapi mereka nggak ada yang tau apa alasan sebenarnya si Yui dikirim untuk tinggal bersama mereka.

Keenam cowok yang muncul tiba-tiba itu adalah The Sakamaki Brothers (lha … jadi boyband dong?). Urutannya adalah (kalo salah tolong dikoreksi ya), Shu tertua, Reiji kedua, Ayato ketiga, Raito keempat, Kanato kelima, dan Subaru bontot. Sakamaki bersaudara ini ternyata juga bukan manusia, melainkan vampir. Ya harap maklumlah, sekarang kan vampir udah bukan bapak-bapak rambut kelimis, kuping agak lancip ala Mr. Spock, taring tonggos keluar, pake jas, ditambah jubah item di bagian luar, merah di bagian dalam. Sekarang kan vampir adalah cowok-cowok kelimis wajah pucat, tajir, digandrungi banyak wanita  … Intinya sekarang bisa dibilang ‘image’ vampir adalah cowok ganteng. Yui-nya sendiri sejauh ini ceritanya ya manusia, tapi who knows, tau-tau ntar ke belakangnya ternyata dia sebenernya blasteran.

Jadi kesimpulan dari yang diceritakan di episode 1 adalah: ada seorang pendeta, punya satu anak gadis, ditinggal sendirian, dititipin di sebuah mansion gede dan angker, yang isinya cowok semua, dan semuanya vampir yang demen sekuhara ke Yui … Nice … Ayah yang luar biasa bijaksana … 

*iya iya tau, percaya  kok bukan kayak gitu ceritanya nanti. Tapi honestly, episode 1 ya itu bottom linenya. Tetep. Hahaha.

 

My thoughts? Personally … euh … not my style. Kayaknya gue gave up aja deh. Males nerusinnya karena terlepas dari reverse-harem, karakternya … aneh. Contohnya ya si Ayato misalnya, itu celana yang sebelah bisa lengket terus ya di dengkulnya, how? Dilem? Atau mungkin tadinya mau digambarin pake bicycle pants dan kaos singlet ijo?  Atau si Kanato yang … bajunya melorot di bagian bahu ama bawa-bawa boneka Teddy Bear, atau Subaru dengan rambut camuri alias cakar muka sendiri …

Anyway, mungkin ini menarik buat yang suka anime bertaburan cowok-cowok, jadi ya silahkan aja. Mungkin nanti bisa berbagi cerita di sini. Ada sih misteri nya, yaitu ruangan yang disegel tiba-tiba kebuka bersamaan dengan kedatangan Yui di rumah itu, dan dia sempet ngeliat seseorang di jendela yang ada di ruangan itu. Siapa dia? Ya … nggak tau. 

 

External links

Most Anticipated Fall Anime 2013

Akhirnya muncul juga … dan agak mepet kayaknya, tumben. But still, here goes …

 

Total 5358 suara, dan ada beberapa judul yang jumlah pemilihnya sama. Source: biglobe.ne.jp

small-magi マギ 第2期
(Magi 2nd Season)
380 suara
small-kurobas 黒子のバスケ 第2期
(Kuroko no Basketball 2nd Season)
367 suara
small-valvrave 革命機ヴァルヴレイヴ 2ndシーズン
(Kakumeiki Valvrave 2nd Season)
312 suara
small-buster リトルバスターズ!~Refrain~
(Little Busters! ~Refrain~)
245 suara
small_gingitsune ぎんぎつね
(Gingitsune)
226 suara
small-noucome 俺の脳内選択肢が、学園ラブコメを全力で邪魔している
(Ore no Nōnai Sentakushi ga, Gakuen Love Come o Zenryoku de Jama Shiteiru)
196 suara
small-madoru 機功少女は傷つかない
(Unbreakable Machine Doll)
183 suara
small-kill キルラキル
(Kill la Kill)
183 suara
small-daia ダイヤの A
(Daiya no A)
171 suara
small-yozakura 夜桜四重奏 ~ハナノウタ~
(Yozakura Quartet ~ Hana no Uta ~)
170 suara
small_kyokana 境界の彼方
(Kyoukai no Kanata)
156 suara
small-nagino 凪のあすから
(Nagi no Asukara)
155 suara
small-sekaiban 世界でいちばん強くなりたい!
(Sekai de Ichiban Tsuyoku Naritai!)
146 suara
small-goldentime ゴールデンタイム
(Golden Time)
136 suara
small-pedal 弱虫ペダル
(Yowamushi Pedal)
130 suara
small-samumenco サムライフラメンコ
(Samurai Flamenco)
119 suara
small-is IS〈インフィニット・ストラトス〉2
(Infinite Stratos 2)
119 suara
small-coppelion COPPELION 115 suara
small-phibrain ファイ・ブレイン ~神のパズル 第3シリーズ
(Phi-Brain: Puzzle of God Third Series)
115 suara
small-meganebu メガネブ!
(Meganebu!)
114 suara
small-ravens 東京レイヴンズ
(Tokyo Ravens)
110 suara
small-arpeggio 蒼き鋼のアルペジオ-アルス・ノヴァ-
(Aoki Hagane no Arpeggio)
109 suara
small-strike ストライク・ザ・ブラッド
(Strike The Blood)
107 suara
small-galilei-donna ガリレイドンナ
(Galilei Donna)
100 suara
small-pupa pupa 98 suara
small-white2 White Album 2 93 suara
small-nonon のんのんびより
(Non Non Biyori)
83 suara
small-pokemon-xy ポケットモンスターXY
(Pokémon XY)
83 suara
small-gunpla ガンダムビルドファイターズ
(Gundam Build Fighters)
78 suara
small-dialova DIABOLIK LOVERS 77 suara
small-yusha 勇者になれなかった俺はしぶしぶ就職を決意しました。
(Yūsha ni Narenakatta Ore wa Shibushibu Shūshoku o Ketsui Shimashita)
72 suara
small-voicetorm7 声優戦隊ボイストーム7
(Seiyuu Sentai Voicetorm 7)
69 suara
small-horizon ログ・ホライズン
(Log Horizon)
67 suara
small-blazblu BlazBlue Alter Memory 61 suara
small-ippo はじめの一歩 Rising
(Hajime no Ippo – Rising)
57 suara
small-ssbro Super Seisyun Brothers -超青春姉弟s- 52 suara
small-kyosou 京騒戯画
(Kyousougiga)
44 suara
small-outbreak アウトブレイク・カンパニー
(Outbreak Company)
44 suara
small-freezing フリージング ヴァイブレーション
(Freezing Vibration)
42 suara
small-walkure ワルキューレ ロマンシュ
(Walkure Romanze)
38 suara
small-tesagure てさぐれ!部活もの
(Tesagure! Bukatsu-mono)
27 suara
small-teekyu てーきゅう 第3期
(Teekyu 3rd season)
26 suara
small-monochrome ミス・モノクローム-The Animation-
(Miss Monochrome – The Animation -)
21 suara
small-oshiri おしりかじり虫 第2シリーズ
(Oshiri Kajiri Mushi Season 2)
18 suara
small-saikyou 最強銀河究極(アルティメット)ゼロ~バトルスピリッツ~
(Battle Spirits Saikyō Ginga Ultimate Zero)
16 suara
small-miyakawa 宮河家の空腹
(Miyakawa-ke no Kufuku)
15 suara
small-gaist ガイストクラッシャー
(Gaist Crusher)
13 suara

 

Dan, untuk musim ini, ada yang udah tamat … 10 episode pula. Nggak lazim.

Anime Festival Asia 13 – Indonesia 2013

Uwaaah … Akhirnya semalem jadi juga nonton live performance di AFA ID 2013.

AFAID-13

Anime Festival Asia adalah event akbar yang diadakan untuk memuaskan para penggemar anime di Asia. AFA ID 13 ini adalah AFA kedua yang diadakan di Indonesia, di mana yang pertama adalah tahun lalu, 2012. Mungkin karena melihat yang 2012 antusiasme penggemar anime di Indonesia cukup tinggi, maka yang tahun ini diadain lagi AFA ID nya. Cuma, dibanding ama yang tahun lalu, untuk AFA ID yang kali ini, ada tanggung jawab moral di mana gue harus nonton konsernya, minimal satu hari yang tanggal 7 September. Why? Jawabannya simple, ada Kalafina.

anisong-ticket

Pagi-pagi gue harus ngurus keperluan dulu di sebuah hotel di daerah Lapangan Banteng yang kebetulan agak menyita waktu soalnya ada ‘kesalahan teknis’ (urusan ilmu, bukan urusan aneh-aneh ya …  ), langsung buru-buru cabuts ke Jakarta Convention Center di Senayan karena harus nukerin printout dari vendor tiket online. Tiket udah pre-order dari jaman kapan itu ya? Dari sebelum dibuka pemesanannya juga kalo bisa udah gue beli itu tiket (lho?). Sampe di Senayan sekitar jam 9, udah penuh dengan orang yang mengantri untuk mendapatkan tiket juga. Segitu juga vendor tiket SMS pemberitahuannya ngasih tau kalau penukaran dimulai pada jam 9, sesuai tanggal pertunjukan yang dibeli. Cuma ya, nggak heran juga kalo liat para fans udah rela antri sejak pagi. Dan antriannya juga nggak nanggung-nanggung. Panjaaaang banget.

IMG_1598

Yang paling menyebalkan adalah, dan sebenernya gue udah tau karena ini udah kebiasaan sejak lama, banyak sekali petugas parkiran partikelir yang seenak jidatnya aja nentuin tarif parkir. Masuk area JCC aja udah bayar sekitar Rp. 5.000,- (yang ini resmi), gue sengaja parkir di spot yang sepi, nggak ada si petugas itu, eh, pas lagi jalan, langsung disamperin “Bayar parkirnya, bang”. Ya udah siap-siap juga sih, secara itu udah rutinitas di parkiran situ setiap ada event. Pas ngerogoh kantong, bunyi uang receh, dia langsung ngemeng “Sepuluh ribu”. Udah antisipasi dia supaya gue nggak ngeluarin uang di bawah 5 ribu. Dan kalo liat duit yang dia genggam, cuma ada pecahan 10 ribu ama 20 ribu. Hahaha. Nggak heran juga, dulu jaman masuk Senayan masih di bawah 5 ribu, mereka udah minta 6 ribu. Makanya gue suka males bawa kendaraan ke sana, mending naik angkutan umum, atau ya mobil dititip tempat temen di deket situ, dan jalan kaki ke venue-nya. (Selamat pagi, bos djt, tempat gue biasa nitip mobil. ) Tapi ya nggak apa-apa lah, namanya juga lagi buru-buru, karena setelah tuker tiket, gue masih harus cabuts lagi. It was a busy day.

IMG_1599

Sampe di depan gerombolan fans, sempet bingung juga, ini kalo antrian sepanjang jalan kenangan begini, kapan nyampe-nya ya ke loket … Eh, tiba-tiba tatapan mataku terarah kepada tukang gorengan … mbak-mbak panitia yang bawa-bawa papan redeem-ticket-queue-here-or-something. Gue samperin aja dia, dan hebat lho dia. Liat gue langsung teriak, “Yang VIP ada nggak?”  Hahaha … Ya udah pas banget, gue tunjukin printout dari vendor dan dia bilang “Ikutin saya kak”. One of the perks of being a VIP, I guess. Ada line tersendiri buat yang tiket VIP, lumayan. Nggak terlalu panjang meskipun butuh waktu juga untuk ngantri, cuma dibanding dengan yang panjang itu, masih beruntung lah. Setelah dapet tiket, gue langsung cabuts lagi untuk urusan lain, yang … nggak bisa gue tinggalin dengan mudah meskipun sebenernya pengen banget masuk dari pagi ke acara. Tapi ya sudahlah. Semua ada waktu dan tempatnya.

Sorenya, setelah acara tunggu-tungguan karena rombongan harus lengkap pas berangkat, akhirnya masuk juga ke AFA ID 13. Dan berhubung masih ada waktu sekitar 1.5 jam, lumayan lah buat muter-muter liat stand yang ada dan para cosplayer. Sempet ada yang foto-foto juga sama mereka. Kayaknya sejauh mata memandang, untuk event kali ini paling banyak sih anak buahnya Erwin Smith alias pada cosplay jadi tokoh dari Shingeki no Kyojin. Ada Misaka ama Kuroko dari To Aru Kagaku no Railgun, Kakashi dari Naruto, sampe Pedobear juga ada …  *maaf foto kurang jelas, namanya juga amatir pake henpon …

Mendekati jam 18.00, udah mulai deh perjuangan membesarkan otot betis alias ngantri masuk. Dan itu nggak sebentar, antrian yang VIP aja panjang, apalagi yang non VIP ya. Cuma kemarin ada sedikit problem juga, ada yang jual minuman paketan isi 4 botol, lha sampe di pintu antrian dilarang dibawa masuk.

IMG_1614

IMG_1611

Terpaksa deh itu 4 botol masih utuh ditinggalin, soalnya kalo mau dihabisin dulu ntar gue pas nonton bisa jadi udah kayak sapi glonggongan … isinya cairan mulu, dan pasti bisa jadi bolak-balik ke toilet.  Sama satu masukan buat panitianya, kayaknya ngasih nomor seat-nya agak ngawur ya. Gue beli 4 tiket, asumsinya kan sama si petugas pasti dikasihnya yang duduk dalam row atau column yang sama, ternyata 2-2 alias kepisah alley. Memang sih masih dalam row yang sama, cuma lucu aja jadinya, 2 di sisi kiri, 2 di sisi kanan dari alley. Mbok ya dideretkan gitu lho, namanya juga satu rombongan. Mungkin karena banyaknya orang juga kali, dan itu juga nggak terlalu masalah sih sebenernya. Anyway, on with the show …

img_ila_djkazu

Opening the stage adalah DJ Kazu. Dia ini dinobatkan sebagai Japanese #1 Ani-song DJ. Namanya mulai mencuat di blantika musik Jepang pada tahun 2008 dan sejak itu sudah banyak tampil di beberapa festival anime di seluruh dunia seperti di event ANIMAX MUSIX dan Lucca Comics and Games di Italia. Lagu-lagu anime yang di-mix sama beliaunya ini memang bisa memompa antusias penonton. Diawali dengan HEART OF SWORD ~夜明け前~ nya T.M. Revolution (ending song Rurouni Kenshin) dan diikuti oleh lagu-lagu populer anime lainnya, seperti Believe in Wonderland nya Folder5 (opening song One Piece), Kimi no Shiranai Monogatari nya supercell (ending Bakemonogatari), Namae no Nai Kaibutsu nya Egoist (ending Psycho Pass), Sanbunnoichi Junjou na Kanjou nya Siam Shade (ending song Rurouni Kenshin), sampe (maunya) lagu opening Shingeki no Kyoujin, Guren no Yumiya nya Linked Horizon … tapi … sayangnya cuma sampe kalimat pembuka aja abis itu pettt … mati lagunya. Kayaknya Kazu-san ingin lagu ini jadi lagu pamungkas dari penampilannya tapi ya … apa mau dikata, akhirnya ya penampilan beliau harus ended agak kurang enak. Tapi, you did your best Kazu-san! Arigato gozaimasu! That was quite an opening you gave us there, thank you.

img_ila_fripside

Performer pertama setelah Kazu-san adalah fripSide. Duo yang terbentuk tahun 2002 ini awalnya terdiri dari Yaginuma Satoshi dan Nao, tapi waktu itu mereka banyak merilis lagu di komunitas amatir dan indie. Setelah Nao menempuh jalur solo karir, Satoshi kemudian berkolaborasi dengan Yoshino Nanjo dan menjadi fripSide yang sekarang. Debut Nanjo di fripSide ditandai dengan dirilisnya only my railgun yang merupakan lagu pembuka anime To Aru Kagaku no Railgun dan berhasil menduduki peringkat #3 di tangga lagu Oricon. Setelah lagu only my railgun, single kedua mereka yaitu LEVEL 5 – Judgelight juga dipakai sebagai lagu pembuka To Aru Kagaku no Railgun yang kemudian diikuti dengan single future gazer, yang dipakai sebagai opening To Aru Kagaku no Railgun OVA. Sejak itu, fripSide mulai banyak merilis lagu-lagu dengan aliran synthpop dan trance untuk proyek anime lain seperti Heaven is a Place on Earth yang dipakai di anime Hayate no Gotoku – Heaven is a Place on Earth. Dan di tahun 2013 ini mereka kembali “reuni” dengan Misaka dkk dalam lagu sister’s noise yang merupakan lagu pembuka To Aru Kagaku no Railgun S, di mana lagu ini berhasil menduduki peringkat pertama di tangga lagu Oricon.

Setelah Nanjo-san dan Sat mundur dari panggung, kita disuguhi iklan dulu … yang mengiklankan AFA berikutnya di bulan November yang akan diadakan di Singapore. Sama juga seperti biasa, ada segmen I ♥ anisong. Yang diiklankan adalah Hachioji P, livetune, motsu x DJ KAYA. Selain mereka, ada Egoist, Eir Aoi, May’n, LiSA, dll (nggak inget hahaha … ). Abisnya si iklan, bakalan muncul yang kayaknya paling ditunggu-tunggu ama penonton.

img_ila_babymetal

Ehem. Performer kedua yang mengisi panggung adalah yang paling ditunggu kayaknya ama sebagian besar penonton konser. BABYMETAL. Mereka ini terdiri dari 3 orang cewek usia antara 14-15 tahun yaitu Nakamoto Suzuka alias SU-METAL, Kikuchi Moa alias MOAMETAL, dan Mizuno Yui alias YUIMETAL. Personally, gue nggak gitu ngikutin sih musik BABYMETAL ini, karena kalo menurut gue (lagi-lagi, pendapat pribadi), ya memang kalo BABYMETAL, kurang pas kalo cuma didengerin alias cuma audio doang. Bagusnya itu kalo sambil liat stage act mereka. Sepanjang pertunjukan, stage act mereka itu memang membuat penonton nggak bisa ngelepasin pandangan. Dinamik dan energik, disertai musik yang mencampur antara pop dan metal (power pop, power metal dan ada death metal nya juga). Hebatnya lagi, itu penggemar BABYMETAL dari cowok-cowok remaja sampe ada penonton yang udah senior bener-bener semangat 45 ngikutin setiap lagu yang mereka bawakan.

Abisnya mereka, ada pengumuman lagi tentang upcoming AFA November nanti dan kali ini iklannya … angela. Hahaha … jadi pengen ketawa ngeliat salah satu ‘sesepuh’ animindo mau lempar kursi.  Dan iklan kedua ini menunjukkan adanya event Valvrave Night, yang diisi oleh T.M. Revolution, Elisa, Mizuki Nana dan angela itu. Ya gue sih sebenernya yang paling tertarik angela nya itu. Lainnya ya … oke lah. Abisnya si iklan, kalo gue sih, jelas ngarep Kalafina segera mulai, cuman …

img_ila_dempagumi

Tiba-tiba di panggung muncul surprise guest yaitu Dempagumi.inc. Idol group yang terdiri enam cewek, Furukawa Mirin, Aizawa Risa, Yumemi Nemu, Naruse Eimi, Fujisaki Ayane, dan Mogami Moga. Mereka adalah grup dari Dear Stage, idol live house and bar yang terkenal di Akihabara tempat mereka biasa manggung. Ke-6 anggotanya adalah penggemar anime, manga, games dan kostum. Mereka pernah melakukan konser solo di Zepp, Tokyo dan tiketnya sold out. Cuma kalo buat gue … suaranya yang nggak nahan.  Langsung berasa perlu ke Spesialis THT segera. Hahaha. No offense ya buat yang suka. Yang jelas makin lama makin penasaran nungguin kapan mbak-mbak Kalafina muncul.

Dan akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Kalafina!!

img_ila_kalafina

Mereka membuka performance dengan debut single mereka Oblivious yang merupakan lagu dari anime Kara no Kyoukai. Ini sih lagu wajib, harus dinyanyikan dalam pertunjukan Kalafina. Oblivious disambung dengan lagu yang menjadi title album mereka yang terbaru, Consolation. Gue nggak bisa describe suara mereka bertiga di sini. Padahal baru 2 lagu yang mereka bawakan cuma rasanya kuping gue udah dimanjain setelah sebelumnya digempur ama lagu-lagu dari fripSide dan BABYMETAL plus suara unik dari Dempagumi.inc. Obviously, suara Kalafina is in a different league kalo buat gue. Sono tame ni gue ada di situ bayar tiket VIP kan.

Abis chit-chat sedikit, mereka ngelanjutin show dengan menyanyikan lagu ballad, Hikari Furu. Beuh … suara Wakana … Udah gitu di layar belakang mereka nampilin adegan-adegan dari Puella Magi ★ Madoka Magica (yang kalo di layar ditulisnya Puella Nagi … ) dan berasa pas banget adegan yang diambil dengan lagu yang dinyanyikan. Selesai lagu Hikari Furu … Ini yang gue tunggu-tunggu, mereka bawain lagu favorit gue di album Consolation …  満天 (manten/The Whole Sky) Hahaha … gue speechless. Itu suara emang luar biasa gila. Dan berhubung gue nggak tau gimana deskripsiinnya, jadi ya … pokoknya gitu deh. Hahaha. Lagu ini dipakai di anime Fate/Zero dan setelah selesai, mereka sambung dengan satu lagu lagi yang dipakai di Fate/Zero, to the beginning. Abisnya to the beginning, mereka ambil satu lagu dari Seventh Heaven (album pertama), Ongaku, ini lagu juga kayaknya sering banget mereka bawain. Setelah Ongaku, mereka bawain Mirai, lagu dari Puella Magi ★ Madoka Magica lagi dan ternyata ini adalah lagu penutup mereka …  Memang sih ini bukan konser tunggal mereka. Kalo konser tunggal biasanya lagu yang ada video clip nya di special edition, akan mereka bawain sebagai penutup, biasanya encore. Cuma kali ini mungkin karena bukan konser tunggal, mereka cuma bawain yang bener-bener ada kaitannya ama anime plus satu atau dua lagu non-anime related, dan itu adalah si Ongaku. Sedih sih … berasa cepet dan sebentar banget, tapi ya puas lah. Secara nggak ada satupun lagunya yang mengecewakan (kayaknya sih bawain yang mana aja juga nggak apa kalo Kalafina … hahaha). Sempet ngarep ada encore, tapi ya itu tadi, kalo dipikir, ini kan bukan konser tunggal mereka jadi ya nggak mungkin ada lah. Jadi ngarep mudah-mudahan mereka mau konser tunggal di Indonesia lain kali. Hahaha.

Anyway, akhirnya terpuaskan juga melihat penampilan mereka bertiga secara live. Mungkin bukan their best performance secara musiknya bukan diiringi band mereka dan nggak ada Kajiura sensei nya, tapi gue happy lah bisa nonton Kalafina. Dan berharap akan ada event di mana mereka hadir dan manggung lagi.

 

Sore ja … mata aimashou Kalafina