Categories
Blog

The Jakarta Toys and Comics Fair 2014

Seperti biasanya setiap tahun selalu ada event Toys Fair di Jakarta. Dan seperti biasa juga, selalu crowded alias rame banget. Yang namanya jalan-jalan di dalem itu udah kayak ikan sarden dipepet-pepetin di dalem kaleng. Kebetulan juga, yang kali ini adalah 10th Anniversary Toys Fair. Nggak terasa juga udah 10 kali acara ini diadakan sejak pertama kali dulu. Buat yang nggak tau, acara diadakan di Balai Kartini, pada tanggal 15-16 Maret 2014.

toys-comics-fair-2014

Lessee … kita mulai ceritanya dari … tempat parkir. Gue sampe TKP, which is at Balai Kartini itu sekitar jam 13:00. Padahal berangkat dari rumah jam 10:30. Perjuangan abis. Dan sampe di tempat, perjuangan belum selesai, bahkan masih panjang. Nggak dapet parkir!! Udah sempet mutung pengen pulang, lha wong di jalan kena macet, eh ini di halamannya BK kok ya macet juga. Tapi (!!), ternyata ada seorang superhero yang muncul dan membukakan pagar pembatas dan memberi gue tempat parkir. Terima kasih kepada bapak petugas pengaman yang memberikan diriku yang malang ini sebuah slot parkir. *terharu 

map

Masuk ke dalam acara, itu pun masih harus ngantri dan sampe di dalem … again, masih macet. Tapi nggak apa-apa karena langsung disambut LEGO® karya Komunitas LEGO Indonesia (KLI). Boleh dibilang, spot mereka yang paling besar di Toys Fair ini. Tapi yang dipajang pun memang bagus-bagus dan ya memang pantes juga kalo butuh space yang luas. Yang dipajang tentunya LEGO-LEGO dengan berbagai tema, ada yang (as usual) Star Wars, Medieval, sampai yang LEGO untuk anak-anak. Ada juga yang bertema bangunan di Indonesia seperti Bandara Kemayoran, Museum Fatahilah (Kota Tua), trus ada juga Jam Gadang … eh bukan … itu temanya Lord of the Rings. 

Area lain yang lumayan luas adalah area-nya Hot Toys (as you might have guessed, pasti didominasi ama tokoh-tokoh Avengers, especially Iron Man dan Captain America) dan Tamashii Nation -nya BANDAI. Di area Tamashii Nation, ya banyak pajangan Kamen Rider, dari berbagai era dan seri. Mulai dari Kamen Rider Ichigo sampe ke Kamen Rider Gaim. Tapi di antara ‘belantara’ Kamen Rider itu, ada satu tempat display di pojokan yang bukan Kamen Rider… SAILORMOON!!  (btw, halo halo kapan nih Sailormoon 20th Anniversary dirilis?)

Sisanya ya … berbagai macam stand, baik itu yang jualan, maupun yang cuma display aja. Nggak cuma koleksi-koleksi terbaru, mainan-mainan lama pun ada yang menjual dan dilelang. Koleksi-koleksi vintage nya ada banyak, dan nggak sedikit yang masih dalam kondisi bagus. Tapi kalo soal harganya … hahaha … datang dan buktikan sendiri aja.

Getta Robo Family

Event kali ini memang luar biasa rame, karena diadakan pada hari dan tempat yang sama dengan … konser JKT48. Jadi ya masuk akal kalo yang datang nonton Toys Fair, nggak pergi-pergi sambil nunggu acara berikutnya, si konser itu. Udah gitu, di tempat yang sama juga, ada acara pernikahan. Ya sudah, itu tempat parkir menjadi barang paling berharga untuk diperebutkan oleh orang-orang.

BixojfLCQAAS01f

All in all, sebenernya sih selalu menyenangkan mengunjungi Toys Fair. Walaupun ada yang missing menurut gue. Entah gue yang nggak liat, atau memang nggak ada. Gue nggak ngeliat satupun merchandise MACROSS. Kok bisa ya? Biasanya mainan Macross nggak pernah absen dari Toys Fair, tapi kemarin muter-muter berapa kali nggak nemu satupun!

Anyway kalo diliat-liat, harga mainan jaman sekarang memang luar biasa. Mau dibilang mahal, mungkin untuk ukuran jaman sekarang harga yang dipatok memang udah termasuk biasa. Kisarannya mungkin untuk barang-barang yang populer antara 500.000 – jutaan. Padahal dulu yang namanya robot Voltes sama Golion yang keluaran Godaikin harga 100.000 itu udah paling top mahalnya. Tapi yang namanya seneng, orang tetep aja pada berdatangan dan … spend some money. Sampe secara nggak sengaja ngedenger ada seorang bapak berkata pada anaknya (lha … kok kayak lagu ya?) :

“Kamu tadi udah beli x, harganya Rp. #, beli y harganya Rp. #, udah hampir # juta lho total. Sudah dulu ya.”

 (ada lowongan untuk anak satu lagi nggak om? )

Satu lagi, karena hari ini adalah hari terakhir, silahkan buru-buru ke sana. Dan saran gue, either berangkat early in the morning, atau naik kendaraan umum aja ke sananya.