animindo

anime . indonesia

Month: April 2014

Soredemo Sekai wa Utsukushii

The Sun Kingdom adalah sebuah kerajaan besar yang baru saja mempunyai seorang raja baru, tetapi dalam tiga tahun pertamanya, sang raja sudah mampu membesarkan Sun Kingdom dan memperluas daerah kekuasaannya. Selain itu, kerajaan tersebut juga berubah menjadi kerajaan yang makmur dan terkenal karena mempunyai pejabat kerajaan yang bersih.

Keberhasilan dan pengaruh sang Raja baru ini tersebar ke mana-mana, dan salah satunya adalah ke wilayah Rain Dukedom (wilayah bangsawan Rain atau hujan). Supaya tetap mempunyai kekuasaan otonomi atas wilayahnya, Bangsawan Rain setuju dengan permintaan sang Raja untuk menjodohkan salah satu dari keempat putrinya untuk diperistri oleh sang Raja.

Dari ke-4 putri bangsawan itu, Nike Remercier (seiyuu: Maeda Rena) adalah yang termuda dan dia yang terpilih setelah kalah bermain jan-ken-pon (rock-paper-scissors) dengan ketiga kakaknya. Nike adalah seorang putri yang mempunyai sifat mandiri, berkemauan keras, dan mempunyai kemampuan untuk memanggil hujan dan mengendalikan angin. Setelah dia diputuskan menjadi calon pengantin sang Raja, dia sengaja pergi ke Sun Kingdom lebih cepat dari jadwal yang ditentukan dengan tujuan untuk mempelajari kehidupan di kerajaan itu secara diam-diam.

Sesampainya di pelabuhan kerajaan, Nike segera mencoba berbaur dengan masyarakat di Sun Kingdom. Negeri itu memang lebih makmur dan lebih maju baik secara sosial maupun ekonomi. Nike sempat terkejut ketika mengetahui harga-harga di pasar yang nilainya jauh lebih tinggi daripada mata uang di wilayah kerajaan ayahnya. Belum lagi kota pelabuhan itu ternyata sangat ramai sehingga dia kesulitan mencari penginapan.

Dan seperti layaknya kota yang dipenuhi orang dengan berbagai latar belakang, Nike bertemu dengan 2 orang penipu yang berhasil mengelabuinya dan merampas koper yang dibawa Nike. Sebenarnya Nike bisa mengalahkan mereka dengan mudah, tetapi karena kelaparan Nike justru malah pingsan. Dia akhirnya ditolong oleh kakak beradik yang merupakan putri dari pemilik penginapan yang sebelumnya didatangi Nike. Dari kedua kakak beradik itu, Nike banyak mendapat informasi tentang Sun Kingdom.

Saat Nike tinggal bersama keluarga pemilik penginapan, kedua penjahat yang mencuri tas Nike, didatangi oleh seorang prajurit misterius yang meminta mereka untuk menculik Nike. Tetapi mereka justru keliru menculik sang kakak dan ketika mereka menyadari hal itu, Nike datang dan menghajar mereka. Setelah kejadian itu, kedua penjahat tadi akhirnya membantu Nike dan mengantarnya ke istana raja di ibukota.

Sesampainya di istana, setelah mengalami keributan dengan penjaga istana yang tidak tahu siapa Nike, dia ditemui oleh Neil (seiyuu: Sugita Tomokazu), pendamping setia sang Raja yang kemudian mengajaknya menemui pemimpin tertinggi di kerajaan itu, Raja Livius I (seiyuu: Shimazaki Nobunaga). Dan Nike sangat terkejut ketika mengetahui bahwa Raja Livius yang terkenal bisa membesarkan Sun Kingdom dalam tiga tahun, dan calon suaminya, ternyata adalah seorang anak remaja.

Sementara di lain tempat, si prajurit misterius melaporkan mengenai Nike kepada atasannya yang merupakan salah satu jenderal di tentara kerajaan …

My thoughts?

Nggak tau kenapa, tapi kayaknya merasa ini lebih baik daripada sekedar harem anime yang belakangan udah banyak banget ditonton. Mungkin karena agak bosen ama yang tipe begitu. Hehehe. Ceritanya cukup menarik, dan karakterisasi Nike yang bebas, mandiri, dan keras kepala bisa menarik perhatian. Ada bumbu-bumbu humor juga seperti waktu Nike kaget pas meng-konversi mata uang Sun Kingdom ke mata uang di negerinya, ternyata jauh banget, kayak US$ ama Rp.  Ada juga cerita fantasi/magic nya karena Nike diceritakan mampu mengendalikan angin dan mendatangkan hujan. Elemen intrik juga udah pasti ada, dilihat dari adanya pihak bersenjata yang mencari Nike. Unsur drama jelas ada karena background si Raja juga nantinya akan dijelaskan (mungkin). 

 

LINKS

Mahouka Koukou no Rettousei

Di masa depan, sihir atau magic sudah bukan lagi merupakan sesuatu yang bersifat fantasi atau khayalan melainkan sesuatu yang bisa dijelaskan sebagai sebuah science atau ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, magic sudah bisa dijadikan sebagai sebuah teknologi dan bukan lagi sesuatu yang tidak masuk akal.

Untuk bisa menggunakan magic, seseorang sudah tidak perlu lagi membaca mantra yang panjang, tetapi menggunakan alat yang disebut sebagai Casting Assistant Device (CAD). Alat ini yang akan “merapal” mantra dan langsung memanifestasikan magic yang diinginkan oleh si penyihir. Bahkan untuk menguasai magic sudah ada sekolah yang didirikan untuk mendidik para siswanya agar mampu memaksimalkan kemampuan mereka dalam menggunakan magic.

Shiba Tatsuya (seiyuu: Nakamura Yuuichi) dan adiknya, Shiba Miyuki (seiyuu: Hayami Saori), diterima masuk ke Private Magic University Affiliated High School (First High School). Di sekolah ini, siswa yang diterima dipisahkan menjadi “Bloom” yaitu siswa yang mempunyai nilai kelulusan uji masuk yang tinggi dan “Weed” yaitu siswa yang mempunyai nilai kurang. Miyuki adalah siswa dengan nilai kelulusan tertinggi dan masuk ke dalam kategori Bloom sementara Tatsuya masuk ke dalam kategori Weed karena nilai ujian prakteknya rendah meskipun nilai ujian tertulisnya tinggi.

Seperti sekolah lain pada umumnya, sering terjadi masalah antara murid yang merasa dirinya lebih tinggi karena masuk dalam kategori Bloom dan memandang rendah mereka yang masuk dalam kategori Weed. Miyuki yang selalu ingin berada bersama kakaknya, kadang harus menghadapi masalah. Sementara Tatsuya selalu berusaha melindungi adiknya agar terhindar dari masalah.

Meskipun Tatsuya selalu memposisikan dirinya sebagai siswa biasa dan tidak pernah menunjukkan kemampuannya, tetapi sepertinya ada beberapa orang di sekolah yang merasakan ada sesuatu yang ditutupi oleh Tatsuya.

My thoughts?

Untuk soal ranking light novel, ini runner-up nya SAO ya kalo nggak salah. Berarti mestinya story-wise cukup bagus. Soal bagaimana Miyuki sangat ‘memuja’ kakaknya … hmm … asal nggak terlalu dieksploit gue rasa sih masih oke. Sisanya ya mesti nonton dulu.

Satu lagi, ada banyak istilah di dalam anime ini yang terus terang agak ribet juga. Istilah-istilah ini dipake dalam rangka menjelaskan bagaimana sesuatu yang namanya sihir itu ternyata sebenarnya adalah sesuatu yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

Beberapa istilah itu adalah (and please, correct me if I’m wrong):

IstilahDeskripsi
Casting Assistant Device (CAD)Alat ini menggunakan materi sintetik yang akan memproses sinyal psion dan mengubahnya menjadi sinyal elektrik. Atau dengan kata lain, semacam alat untuk mengubah sinyal yang diproduksi saat seseorang membaca mantra dan menterjemahkannya menjadi sinyal elektrik sehingga keseluruhan prosesnya bisa dipercepat dan lebih stabil.

Proses ini disebut sebagai "Activation Sequence"
PsionPsion merupakan bagian dari "Thought Particle" (partikel pikiran) karena dianggap sebagai sebuah fenomena pikiran, di mana psion dikatakan sebagai partikel tanpa bentuk yang mengandung elemen informasi yang berkaitan dengan pikiran dan niat seseorang
PushionSama-sama Thought Particle seperti Psion, hanya perbedaannya adalah Pushion merupakan partikel manifestasi emosi yang muncul dari niat dan pikiran (psion)
EidosKalau Psion adalah fenomena pikiran, maka Eidos adalah "fisik" yang berisi informasi tentang fenomena pikiran tersebut. Eidos juga berkaitan dengan kejadian/apa yang terjadi.

Jadi magic di dunia Mahouka adalah memanipulasi informasi Eidos (diawali dengan Activation Sequence) dan "menulis ulang" informasi tadi sesuai dengan keinginan pengguna. Dan karena informasi itu berkaitan dengan kejadian, maka dengan memanipulasi informasi Eidos, si pengguna telah mengubah suatu kejadian menjadi seperti apa yang dia inginkan.

LINKS

Sword Art Online II

Buat yang nunggu kabar soal kelanjutan Sword Art Online dan belum tau, situs resmi SAO sudah memberikan jawaban.

bg1

Sword Art Online II akan ditayangkan pada bulan Juli 2014 dan sejauh ini, informasinya, akan diberi judul “Sword Art Online II: Phantom Bullet“, dengan setting cerita setelah kejadian SAO dan ALO. Di situ diceritakan Kirito kembali masuk ke dunia game virtual, yang kali ini dinamakan Gun Gale Online. Berbeda dengan SAO yang menggunakan senjata melee, para player di GGO, sesuai namanya, menggunakan senjata api. Mengenai detil ceritanya, ya kita tunggu saja nanti.

Studio animasi dikerjakan oleh A-1 Pictures, dan Ito Tomohiko sebagai sutradaranya. Karakter lama masih diisi oleh seiyuu yang sama. Yang jelas, ada 2 hal yang menarik dari SAO II ini, yaitu: soundtrack (masih) ditangani oleh Kajiura Yuki dan sudah mulai , dan … Sawashiro Miyuki sebagai Sinon. 

sinon

2014 ACTIVATED

Captain Earth

When I opened the door called truth, my childhood ended. It was a summer I could never forget

Ketika diberitakan bahwa telah muncul semacam cincin berwarna seperti pelangi yang muncul di atas pulau Tanegashima, Manatsu Daichi (seiyuu: Irino Miyu) merasa bahwa dia pernah melihat benda yang sama pada saat masih kecil.

captain-earth

Daichi dan ayahnya yang astronot, menghabiskan masa kecilnya di pulau Tanegashima dan pada suatu hari dia bertemu dengan seorang anak laki-laki sebayanya yang bernama Arashi Teppei (seiyuu: Kamiya Hiroshi). Daichi dan Teppei segera menjadi teman baik dan Teppei mengatakan bahwa dia akan menunjukkan sesuatu yang hebat kepada Daichi. Dari tangannya, Teppei bisa mengeluarkan semacam cincin yang berwarna seperti pelangi, sama persis dengan cincin yang muncul dalam berita beberapa tahun kemudian.

Selain ‘kemampuan istimewa’ tersebut, Teppei juga mengajak Daichi ke sebuah ruangan rahasia di mana di dalamnya terdapat sebuah bola raksasa dan berisikan seorang anak perempuan. Menurut Teppei, anak perempuan itu selama ini hanya diam saja, tetapi ketika Daichi menyentuh bola tersebut, tiba-tiba anak itu terbangun dan ketika mereka bertiga keluar dari ruangan itu, mereka sudah dihadang oleh sekelompok orang. Malam itu adalah terakhir kali Daichi melihat mereka.

Setelah kepergian ayahnya yang dikatakan telah meninggal di luar angkasa, dan insiden tersebut, Daichi pergi meninggalkan Tanegashima. Ketika melihat berita tentang cincin misterius itu, Daichi memutuskan untuk kembali ke Tanegashima. Di makam ayahnya, Daichi bertemu dengan kawan lama ayahnya, Nishikubo Tsutomu (seiyuu: Koyama Rikiya) yang mengetahui kejadian sebenarnya bahwa Manatsu Taiyo, ayah Daichi, meninggal karena mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan bumi melawan apa yang mereka sebut sebagai AEO (Approaching Earth Object). Tsutomu hanya mengatakan bahwa ayah Daichi adalah seorang kapten yang hebat.

AEO adalah sekelompok penyerang yang dikatakan berasal dari Uranus dan menyebut diri mereka KILL-T-GANG. Mereka menggunakan semacam robot untuk menyerang bumi. Ketika mereka melakukan serangan ke bumi, pada saat yang bersamaan, Daichi sedang menyelidiki gedung tempat dia dulu bertemu Teppei. Daichi terkejut ketika bertemu seorang anak perempuan yang meminta Daichi untuk mengikutinya. Anak itu menunjukkan bahwa sedang ada yang akan menyerang bumi.

Awalnya Daichi mengalami kepanikan dan bertanya kepada si anak perempuan tetapi tidak mendapat jawaban. Ketika Daichi mulai berpikir tenang, dia bertanya apa yang bisa dia lakukan dan si anak perempuan itu menunjuk tangan kanan Daichi di mana tiba-tiba muncul sebuah alat seperti pistol. Daichi sendiri tiba-tiba tersadar di sebuah laboratorium dengan sebuah robot di dalamnya. Dia ditanya oleh seorang ilmuwan di situ apakah dia seorang kapten. Daichi hanya menjawab bahwa dia harus menghentikan serangan yang datang dari luar angkasa.

Ternyata alat yang dipegang oleh Daichi adalah semacam ‘kunci’ untuk mengaktifkan Earth Engine, sebuah robot raksasa yang didesain untuk menangkal serangan dari KILL-T-GANG. Ketika Daichi meluncur menggunakan robot tersebut, Teppei yang sepertinya direncanakan sebagai pilot aslinya, bangun dari ruang perawatan di fasilitas tersebut.

My thoughts?

Ini yang ngerjain team-nya Star Driver + Bones, dan gue dulu seneng aja nonton Star Driver. Mungkin karena efek lagu Monochrome-nya Tomatsu Haruka dan si Fukubuchou.  Most likely sih ngikutin.

Ada juga komentator yang bilang ini gabungan Star Driver dan Eureka Seven. Ya bisa juga sih begitu, dan dua-duanya bisa dibilang judul yang beken, jadi ya semoga yang ini nggak kebanting. Dan kalo liat premise-nya, kayaknya bakalan ada triangle antara Daichi-Hana-Teppei, much like Takuto-Wako-Shindo.

Deretan seiyuu isinya orang-orang yang udah terkenal juga (kebalikan ama Akuma no Riddle, selain suaranya Haru), termasuk suami-istri Suzumura Kenichi dan Sakamoto Maaya, yang mengisi suara Amara dan Moco. 

 

LINKS

All images taken from www.captain-earth.net

Akuma no Riddle

akuma-1

Setelah menjalani latihan keras dan lulus sebagai seorang assassin (pembunuh) yang handal, Azuma Tokaku (seiyuu: Suwa Ayaka) dikirim ke sebuah sekolah yang terkenal yaitu Myoujo Academy dan dimasukkan ke dalam Kurogumi (Black Class) yang berisikan 12 orang siswi selain dirinya. Salah satu di antara mereka adalah target yang harus dibunuh oleh Tokaku.

Dari ke-13 siswi yang ada dalam kelas itu, ternyata 12 orang lainnya, termasuk Tokaku, sebenarnya adalah assassin yang terlatih dan mereka mempunyai target yang sama, yaitu murid ke-13, Ichinose Haru (seiyuu: Kanemoto Hisako). Masih belum diketahui mengapa Haru menjadi target bagi banyak orang, dan masih belum diketahui juga apakah ke-12 pembunuh itu semua berasal dari organisasi yang sama atau tidak.

Tokaku yang ditunjuk oleh wali kelas mereka sebagai ketua di asrama, mendapatkan kamar yang sama dengan Haru dan ketika berada di kamar dia sempat melihat ada luka bekas sayatan benda tajam pada kedua pangkal paha Haru. Tokaku juga merasakan ada perubahan perasaan yang terjadi dalam dirinya yang berkaitan dengan Haru.

Siapa sebenarnya Haru? Mengapa dia menjadi target pembunuhan? Apa yang telah terjadi pada Haru dan menimbulkan luka itu? Dan bagaimana hubungan antara Tokaku dan Haru? Siapa orang yang mengawasi mereka (terutama Haru)?

My thoughts?

Two (main) girls, skilled assassins, guns and knives … scent of yuri … yang terlintas di kepala pertama kali, ‘Bee Train‘ and their trilogy. Mireille Bouquet x Yuumura Kirika, Madlax x Margaret Burton, Nadi x Ellis. Sama satu lagi, CANAAN, cuma bedanya, kalo di CANAAN, si Canaan melihat ‘warna’ Maria yang berbeda dari orang lain, kalo di Akuma no Riddle, Tokaku ‘mencium’ bau yang berbeda dari Haru.

Anyways, ini judul kayaknya udah beberapa kali masuk list anime bakal tayang, tapi mundur-mundur terus dan baru sekarang beneran tayang. Biasanya sih gue suka yang action begini meskipun agak khawatir juga karena ini muncul sebagai manga dulu kalo nggak salah. Dan kalo nggak salah juga, manga-nya baru sedikit.

Artinya, cerita di anime bisa terlalu deket dengan manga dan bisa nggantung tengah-tengah karena si manga masih ongoing, atau bisa saja ada banyak episode filler. Mungkin ini juga yang jadi alasan kenapa baru diperkenalkan beberapa tokoh aja. Masih ada sekitar 5 assassin lagi yang belum muncul kayaknya.

akuma-charas

Oh, dan FYI, seiyuu Hashiri Nio itu adalah Nanjou Yoshino, vokalisnya fripSide, yang nyanyiin lagu-lagunya To Aru Kagaku no Railgun. 

LINKS

Blade and Soul

Tsurugi Clan adalah sebuah suku yang mempunyai keahlian dalam melakukan pembunuhan secara terselubung dan aksi-aksi intelijen. Mereka sangat terkenal efektif dan efisien dalam menghabisi lawan-lawannya dengan ciri khas, membunuh dengan sayatan di leher yang dilakukan dalam gerakan yang sangat cepat. Dikatakan pula bahwa anggota Tsurugi Clan adalah orang-orang yang tidak pernah menunjukkan ekspresi ataupun emosi sehingga mereka bisa menjalankan tugas tanpa ada keragu-raguan.

bs-1

Pada suatu masa, kerajaan Param mulai melakukan invasi ke desa dan kota untuk memperluas wilayah mereka. Untuk mencapai hal itu, mereka tidak segan-segan melakukan kekerasan. Suatu ketika, para prajurit Param mengejar seorang perempuan bernama Aruka (seiyuu: Takao Yuki) dan ketika mereka akan membunuhnya, Aruka dengan secepat kilat menghabisi mereka semua dengan sekali tebas pada daerah leher yang merupakan ciri khas Tsurugi Clan.

Ketika Aruka sedang beristirahat, ia bertemu dengan 2 orang warga sebuah desa yang melihat keahlian Aruka dan memutuskan untuk menawarkan pekerjaan kepada Aruka. Mereka meminta Aruka menjadi pengawal pemimpin desa mereka yaitu seorang perempuan muda bernama Mori. Mori membutuhkan pengawal karena mereka akan didatangi oleh utusan dari kerajaan Param yang ingin membeli wilayah desa mereka.

Mori mengatakan bahwa Param ingin membeli desa mereka karena lahannya yang subur karena Param berencana untuk menggunakan desa tersebut sebagai tempat untuk menanam bunga yang dikenal sebagai “Sky Spirit”. Bunga berwarna biru tersebut dipercaya mempunyai kekuatan misterius yang dikatakan dapat memberikan seseorang kekuatan yang luar biasa. Param dikabarkan telah berhasil memanfaatkan Sky Spirit dan oleh karena itulah mereka kemudian mulai memperluas wilayah.

Ketika berhadapan dengan para utusan Param, Aruka akhirnya membunuh 2 dari 3 utusan sebelum mereka mencoba membunuh Mori, tetapi Koga melihat ada perubahan pada ekspresi wajah utusan Param yang mengindikasikan bahwa mereka tahu siapa Aruka. Koga menyarankan kepada Mori untuk mengusir Aruka karena dengan membunuh utusan Param, maka bisa dipastikan pasukan Param akan tetap datang. Ketika Mori sedang mempertimbangkan hal itu, Param telah memulai serangannya kepada desa tersebut yang berakibat kematian para warga dan kehancuran desa.

Aruka berusaha menghabisi pasukan Param ketika dia dihadang oleh salah seorang anggota musuh yang menggunakan semacam ramuan yang dibuat dari Sky Spirit dan memberikan kekuatan fisik yang luar biasa. Aruka berhasil menghabisi pria tersebut tetapi warga dan desanya telah dihabisi oleh Param. Aruka mengatakan kepada Mori untuk membalas dendam atas apa yang terjadi, sama halnya seperti Aruka yang ‘berperang’ melawan Param untuk membalaskan dendam kepada Jin Varel (seiyuu: Yuuki Aoi), pemimpin pasukan Param yang telah menghabisi master-nya.

Hmm … anime ini diadaptasi dari sebuah Massively Multiplayer Online Role-playing Game (MMORPG) buatan Korea dengan judul/nama yang sama yang sepertinya sebentar lagi (atau udah?) akan mencapai para gamers di US. Karakter Aruka didasarkan pada tipe karakter Assassin yang bersenjatakan belati dan mempunyai keahlian membunuh yang hebat. Dan kayaknya abis ini dia bakalan ketemu sama karakter-karakter lain dari game itu yang terdiri dari 4 ras, Gon, Jin, Kun dan Lyn (bisa dilihat di sini).

My thoughts?

Belum kepikiran mau ikutin atau nggak. Somehow gue merasa artwork-nya agak-agak kurang konsisten dan mungkin mendingan main game-nya kali ya? Kalo liat demo-demonya di yutup, detail karakternya bener-bener  … detil. Ditambah lagi, isinya bakalan banyakan cewek kayaknya, plus hawa-hawa fanservice-nya rada lumayan kenceng.

LINKS:

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén