Categories
Anime

Soredemo Sekai wa Utsukushii

The Sun Kingdom adalah sebuah kerajaan besar yang baru saja mempunyai seorang raja baru, tetapi dalam tiga tahun pertamanya, sang raja sudah mampu membesarkan Sun Kingdom dan memperluas daerah kekuasaannya. Selain itu, kerajaan tersebut juga berubah menjadi kerajaan yang makmur dan terkenal karena mempunyai pejabat kerajaan yang bersih.

Keberhasilan dan pengaruh sang Raja baru ini tersebar ke mana-mana, dan salah satunya adalah ke wilayah Rain Dukedom (wilayah bangsawan Rain atau hujan). Supaya tetap mempunyai kekuasaan otonomi atas wilayahnya, Bangsawan Rain setuju dengan permintaan sang Raja untuk menjodohkan salah satu dari keempat putrinya untuk diperistri oleh sang Raja.

Dari ke-4 putri bangsawan itu, Nike Remercier (seiyuu: Maeda Rena) adalah yang termuda dan dia yang terpilih setelah kalah bermain jan-ken-pon (rock-paper-scissors) dengan ketiga kakaknya. Nike adalah seorang putri yang mempunyai sifat mandiri, berkemauan keras, dan mempunyai kemampuan untuk memanggil hujan dan mengendalikan angin. Setelah dia diputuskan menjadi calon pengantin sang Raja, dia sengaja pergi ke Sun Kingdom lebih cepat dari jadwal yang ditentukan dengan tujuan untuk mempelajari kehidupan di kerajaan itu secara diam-diam.

Sesampainya di pelabuhan kerajaan, Nike segera mencoba berbaur dengan masyarakat di Sun Kingdom. Negeri itu memang lebih makmur dan lebih maju baik secara sosial maupun ekonomi. Nike sempat terkejut ketika mengetahui harga-harga di pasar yang nilainya jauh lebih tinggi daripada mata uang di wilayah kerajaan ayahnya. Belum lagi kota pelabuhan itu ternyata sangat ramai sehingga dia kesulitan mencari penginapan.

Dan seperti layaknya kota yang dipenuhi orang dengan berbagai latar belakang, Nike bertemu dengan 2 orang penipu yang berhasil mengelabuinya dan merampas koper yang dibawa Nike. Sebenarnya Nike bisa mengalahkan mereka dengan mudah, tetapi karena kelaparan Nike justru malah pingsan. Dia akhirnya ditolong oleh kakak beradik yang merupakan putri dari pemilik penginapan yang sebelumnya didatangi Nike. Dari kedua kakak beradik itu, Nike banyak mendapat informasi tentang Sun Kingdom.

Saat Nike tinggal bersama keluarga pemilik penginapan, kedua penjahat yang mencuri tas Nike, didatangi oleh seorang prajurit misterius yang meminta mereka untuk menculik Nike. Tetapi mereka justru keliru menculik sang kakak dan ketika mereka menyadari hal itu, Nike datang dan menghajar mereka. Setelah kejadian itu, kedua penjahat tadi akhirnya membantu Nike dan mengantarnya ke istana raja di ibukota.

Sesampainya di istana, setelah mengalami keributan dengan penjaga istana yang tidak tahu siapa Nike, dia ditemui oleh Neil (seiyuu: Sugita Tomokazu), pendamping setia sang Raja yang kemudian mengajaknya menemui pemimpin tertinggi di kerajaan itu, Raja Livius I (seiyuu: Shimazaki Nobunaga). Dan Nike sangat terkejut ketika mengetahui bahwa Raja Livius yang terkenal bisa membesarkan Sun Kingdom dalam tiga tahun, dan calon suaminya, ternyata adalah seorang anak remaja.

Sementara di lain tempat, si prajurit misterius melaporkan mengenai Nike kepada atasannya yang merupakan salah satu jenderal di tentara kerajaan …

My thoughts?

Nggak tau kenapa, tapi kayaknya merasa ini lebih baik daripada sekedar harem anime yang belakangan udah banyak banget ditonton. Mungkin karena agak bosen ama yang tipe begitu. Hehehe. Ceritanya cukup menarik, dan karakterisasi Nike yang bebas, mandiri, dan keras kepala bisa menarik perhatian. Ada bumbu-bumbu humor juga seperti waktu Nike kaget pas meng-konversi mata uang Sun Kingdom ke mata uang di negerinya, ternyata jauh banget, kayak US$ ama Rp.  Ada juga cerita fantasi/magic nya karena Nike diceritakan mampu mengendalikan angin dan mendatangkan hujan. Elemen intrik juga udah pasti ada, dilihat dari adanya pihak bersenjata yang mencari Nike. Unsur drama jelas ada karena background si Raja juga nantinya akan dijelaskan (mungkin). 

 

LINKS

Categories
Anime

Mahouka Koukou no Rettousei

Di masa depan, sihir atau magic sudah bukan lagi merupakan sesuatu yang bersifat fantasi atau khayalan melainkan sesuatu yang bisa dijelaskan sebagai sebuah science atau ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, magic sudah bisa dijadikan sebagai sebuah teknologi dan bukan lagi sesuatu yang tidak masuk akal.

Untuk bisa menggunakan magic, seseorang sudah tidak perlu lagi membaca mantra yang panjang, tetapi menggunakan alat yang disebut sebagai Casting Assistant Device (CAD). Alat ini yang akan “merapal” mantra dan langsung memanifestasikan magic yang diinginkan oleh si penyihir. Bahkan untuk menguasai magic sudah ada sekolah yang didirikan untuk mendidik para siswanya agar mampu memaksimalkan kemampuan mereka dalam menggunakan magic.

Shiba Tatsuya (seiyuu: Nakamura Yuuichi) dan adiknya, Shiba Miyuki (seiyuu: Hayami Saori), diterima masuk ke Private Magic University Affiliated High School (First High School). Di sekolah ini, siswa yang diterima dipisahkan menjadi “Bloom” yaitu siswa yang mempunyai nilai kelulusan uji masuk yang tinggi dan “Weed” yaitu siswa yang mempunyai nilai kurang. Miyuki adalah siswa dengan nilai kelulusan tertinggi dan masuk ke dalam kategori Bloom sementara Tatsuya masuk ke dalam kategori Weed karena nilai ujian prakteknya rendah meskipun nilai ujian tertulisnya tinggi.

Seperti sekolah lain pada umumnya, sering terjadi masalah antara murid yang merasa dirinya lebih tinggi karena masuk dalam kategori Bloom dan memandang rendah mereka yang masuk dalam kategori Weed. Miyuki yang selalu ingin berada bersama kakaknya, kadang harus menghadapi masalah. Sementara Tatsuya selalu berusaha melindungi adiknya agar terhindar dari masalah.

Meskipun Tatsuya selalu memposisikan dirinya sebagai siswa biasa dan tidak pernah menunjukkan kemampuannya, tetapi sepertinya ada beberapa orang di sekolah yang merasakan ada sesuatu yang ditutupi oleh Tatsuya.

My thoughts?

Untuk soal ranking light novel, ini runner-up nya SAO ya kalo nggak salah. Berarti mestinya story-wise cukup bagus. Soal bagaimana Miyuki sangat ‘memuja’ kakaknya … hmm … asal nggak terlalu dieksploit gue rasa sih masih oke. Sisanya ya mesti nonton dulu.

Satu lagi, ada banyak istilah di dalam anime ini yang terus terang agak ribet juga. Istilah-istilah ini dipake dalam rangka menjelaskan bagaimana sesuatu yang namanya sihir itu ternyata sebenarnya adalah sesuatu yang bisa dijelaskan secara ilmiah.

Beberapa istilah itu adalah (and please, correct me if I’m wrong):

[table id=2 /]

LINKS

Categories
Blog

Sword Art Online II

Buat yang nunggu kabar soal kelanjutan Sword Art Online dan belum tau, situs resmi SAO sudah memberikan jawaban.

bg1

Sword Art Online II akan ditayangkan pada bulan Juli 2014 dan sejauh ini, informasinya, akan diberi judul “Sword Art Online II: Phantom Bullet“, dengan setting cerita setelah kejadian SAO dan ALO. Di situ diceritakan Kirito kembali masuk ke dunia game virtual, yang kali ini dinamakan Gun Gale Online. Berbeda dengan SAO yang menggunakan senjata melee, para player di GGO, sesuai namanya, menggunakan senjata api. Mengenai detil ceritanya, ya kita tunggu saja nanti.

Studio animasi dikerjakan oleh A-1 Pictures, dan Ito Tomohiko sebagai sutradaranya. Karakter lama masih diisi oleh seiyuu yang sama. Yang jelas, ada 2 hal yang menarik dari SAO II ini, yaitu: soundtrack (masih) ditangani oleh Kajiura Yuki dan sudah mulai , dan … Sawashiro Miyuki sebagai Sinon. 

sinon

2014 ACTIVATED