Categories
Anime

Soukyuu no Fafner EXODUS

Satu lagi judul Soukyuu no Fafner setelah Soukyuu no Fafner: Dead Agressor (TV Series, 2004), Soukyuu no Fafner: RIGHT OF LEFT (TV Special, 2005), dan Soukyuu no Fafner: HEAVEN AND EARTH (Movie, 2010). EXODUS ini mengambil timeline 2 tahun setelah kejadian HEAVEN AND EARTH.

Secara singkat, Soukyuu no Fafner menceritakan tentang peperangan antara umat manusia melawan alien yang disebut sebagai Festum. Perbedaan kekuatan antara keduanya sangat jauh dan manusia mulai mengalami kekalahan. Tetapi kemudian manusia berhasil menggunakan bagian dari Festum untuk dipakai sebagai sumber tenaga yang bisa menggerakkan robot yang disebut sebagai Fafner.

Di awal cerita Soukyuu no Fafner, dikisahkan bahwa ada sebuah pulau yang seolah-olah seperti sebuah negara kecil di mana penduduknya hidup normal dan damai. Tetapi sebenarnya pulau itu adalah pulau buatan yang dilindungi oleh semacam perisai yang membuat mereka tidak terlihat oleh Festum. Selain terlindung dari Festum, sebenarnya perisai itu juga ditujukan untuk melindungi pulau tersebut dari manusia lain karena di pulau inilah pertama kalinya manusia bisa menggunakan kekuatan Festum dan menciptakan Fafner.

Suatu ketika tanpa diduga, salah satu Festum berhasil menemukan pulau itu dan memulai penyerangan. Di tengah kekacauan, pilot yang seharusnya mengemudikan Fafner terbunuh. Untuk menyelamatkan penduduk, maka Makabe Kazuki (seiyuu: Ishii Makoto) kemudian mengemudikan Fafner dengan bantuan Minashiro Soushi (seiyuu: Kiyasu Kouhei). Tetapi menjadi pilot Fafner ternyata memberi dampak kepada tubuh Kazuki dan meskipun pada akhirnya dia berhasil mengalahkan Festum tetapi dia sendiri mengalami kecacatan.

Di Heaven and Earth, ceritanya mengambil masa 2 tahun setelah serial TV tadi, di mana Kazuki yang sudah hampir buta dan lumpuh total menunggu Soushi yang berjanji akan kembali ke Tatsumiyajima. Ketika ditemukan sebuah kapal selam tak berawak, Kazuki sempat mengira yang ada di dalamnya adalah Soushi tetapi ternyata bukan. Yang ada di dalamnya adalah anak bernama Kurusu Misao yang mengatakan bahwa dia dikirim oleh Soushi. Kedatangan Misao ini juga diikuti oleh kemunculan Festum dan peperangan baru pun dimulai lagi.

fafner-2004

Exodus diawali dengan sebuah narasi dari Minashiro Soushi yang menceritakan sedikit tentang awal terjadinya cerita Fafner, dan kehidupan di Tatsumiyajima pasca kejadian Heaven and Earth. Di mana Kazuki mulai pulih meskipun belum sepenuhnya, Tatsumiyajima sudah kembali seperti semula, dan kemunculan pasukan manusia bumi yang mengatakan bahwa mereka membawa “harapan” dan ingin mempertemukan “harapan” mereka dengan “harapan” yang ada di Tatsumiyajima. Tetapi kedatangan mereka ke pulau juga disertai dengan serangan dari Festum.

My thoughts?

Hirai Hisashi, hisashiburi. Terakhir sih Majestic Prince ya dia yang bikin karakternya. Designnya langsung ketauan kalo buatan dia.

Fafner sendiri sih waktu itu kayaknya lumayan populer juga, bersaing sama Ghost in the Shell Stand Alone Complex, Samurai Champloo, Samurai 7 dll. Kalo nggak kan ya nggak mungkin juga dilanjut-lanjutin sama Sunrise. Hahaha.

Anyway, dulu sih nggak terlalu ngikutin, mungkin sekarang ngikutin, tapi bisa aja cuma setengah jalan. 

 

LINKS

Categories
Anime

Junketsu no Maria

Maria The Virgin Witch … Hmm … Kenapa harus disebutkan gitu ya? Apa memang virgin witch itu sesuatu yang langka? Dan kalau lengkapnya, itu judul jadi Junketsu no Maria ~ Sorcière de gré, pucelle de force … yang artinya … *liat contekan dulu … Maria the Virgin Witch ~ Witch by will, Maiden by force …

Ceritanya, sekitar abad ke-18, pada masa terjadinya perang antara Inggris dengan Perancis, ada seorang penyihir dari pihak Perancis yang merupakan salah satu penyihir terkuat yaitu Maria (seiyuu: Kanemoto Hisako).

junketsu-charas

Maria tidak menyukai peperangan, oleh karena itu dia selalu mengintervensi peperangan yang terjadi untuk menghentikannya, meskipun kadang-kadang dia melakukannya dengan berlebihan. Dalam melakukan aksinya, Maria dibantu oleh succubus dan incubus miliknya yaitu, Artemis (seiyuu: Hikasa Yoko) dan Priapos (seiyuu: Komatsu Mikako). Dia juga dibantu oleh seorang pemuda bernama Joseph (seiyuu: Ono Kensho) yang biasanya datang membawakan pesan kepada Maria. Karena tindakannya itu, Maria dicintai oleh rakyat tetapi dia dianggap sebagai kekuatan jahat oleh pihak gereja.

Tindakan-tindakan Maria menarik perhatian Archangel Michael (seiyuu: Inoue Kikuko), yang menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh Maria telah mengganggu rencana yang sudah ditakdirkan. Dan karena Maria masih perawan, maka Archangel Michael kemudian memutuskan bahwa Maria akan kehilangan kekuatannya pada saat ketika dia kehilangan keperawanannya. Michael pun mengirim salah satu malaikat yaitu Ezekiel (seiyuu: Hanazawa Kana) untuk mengawasi Maria.

My thoughts?

Exactly seperti kalimat yang di awal tadi. Memang harusnya witch itu udah nggak virgin ya? Baru tau juga.  Bahkan Archangel Michael pun bikin ‘kutukan’ nya juga begitu. Hahaha.

Ya memang itu sih gue yakin benerannya ya nggak gitu juga, cuma ya ‘nyeleneh’ juga bisa kepikiran ide cerita kayak gitu. Asal jangan kena ama yang fanatik aja, bisa panjang urusan.

Dan sekedar info aja, anime ini muncul versi pre-air nya tanggal 4 Januari 2015 lalu. Kalo anime official nya tayang mulai 11 Januari 2015 ini.

 

LINKS

Categories
Anime

Kantai Collection

Atau KanColle.

Suatu ketika dari kedalaman laut, muncul armada tak dikenal yang menyerang dan mendesak manusia ‘keluar’ dari wilayah laut. Mereka disebut sebagai “Abyssal Fleet”. Kekuatan Abyssal Fleet jauh lebih besar daripada kekuatan militer manusia. Tetapi kemudian muncullah armada manusia yang terdiri dari perempuan yang bisa ‘bergabung’ dengan mesin perang angkatan laut. Armada ini disebut sebagai Kantai Collection. Hanya mereka yang terlahir dengan kemampuan tertentu yang bisa menjadi anggota KanColle dan mereka adalah representasi dari mesin/kapal perang tertentu.

Fubuki (seiyuu: Uesaka Sumire) adalah murid baru di akademi KanColle. Dia sama sekali belum pernah diterjunkan ke medan perang sesungguhnya, tetapi pada saat dia baru datang ke akademi, ternyata muncul perintah dari Nagato (seiyuu: Sakura Ayane) untuk berangkat bersama dengan armada Akagi (seiyuu: Fujita Saki) yang sangat dikagumi oleh Fubuki. Sejak itu Fubuki berjanji akan berusaha sekuat tenaga agar suatu hari nanti dia dapat bergabung dengan armada Akagi.

 

My thoughts?

Ini termasuk salah satu yang gue tunggu sebenernya. Model-model mecha musume kayak Strike Witches series di mana karakter cewek (yang biasanya moe) “digabungkan” dengan mesin perang. Dan kebetulannya, KanColle ini temanya naval battle, alias pertempuran yang melibatkan kapal laut, my favorite battle theme (speaking of which, subconsciously, gue juga sukanya Sakamoto Mio dari Strike Witches, and she’s with the Navy … )

FYI (yang muncul di episode 1 aja. Kalo semuanya … )

  • Fubuki, Mutsuki, dan Yuudachi adalah destroyer class ship
  • Nagato dan Mutsu adalah dreadnought battleship class ship
  • Akagi dan Kaga adalah aircraft carrier class ship
  • Sendai, Jintsu, dan Naka adalah cruiser class ship

LINKS