animindo

anime . indonesia

Month: March 2015

ΛLDNOΛH.ZERO Ending

Okay … setelah menunaikan tugas merampungkan list untuk spring 2015, sekarang waktunya … rant time … 

Buat yang belum tau, yang gue ceritain berikut ini secara singkat aja (lagipula gue udah pernah nulis sebelumnya) tapi tetep akan ada spoiler jadi kalo nggak suka spoiler … you have been warned. 

Tahun 1972, manusia menemukan hypergate, sebuah teknologi alien di bulan yang memungkinkan manusia untuk pergi ke Mars dalam waktu singkat. Dengan adanya penemuan ini, sebagian manusia mulai bermigrasi ke planet Mars. Di sana mereka menemukan lagi teknologi alien yang lebih maju dan disebut sebagai aldnoah. Uniknya, teknologi tersebut ‘memilih’ Rayregalia Vers Rayvers, penemunya, sebagai ‘penguasa’ tunggal atas teknologi itu sehingga hanya dia dan keturunannya yang bisa mengaktifkan ‘aldnoah drive’. Sejak itulah dia dengan menggunakan kekuatan aldnoah mendirikan kerajaan Vers di Mars.

aldnoah-charas

Tetapi Mars bukanlah bumi, sumber daya alam di Mars tidak sama dengan bumi. Dengan mengandalkan aldnoah yang jauh lebih maju dibandingkan teknologi bumi, kerajaan Vers menyatakan perang dengan bumi. Sampai pada tahun 1999, ketika terjadi perang besar di bumi, hypergate yang ada di bulan tanpa diketahui pasti penyebabnya, meledak dan menghancurkan hampir separuh dari permukaan bulan. Banyak korban yang jatuh baik dari pihak bumi maupun Vers dan untuk sementara terjadi gencatan senjata antara bumi dan kaum Vers yang berada di orbit bumi karena tidak bisa kembali ke Mars.

15 tahun setelah kejadian itu, putri Asseylum Vers Allusia, cucu dari Rayregalia, yang berada di salah satu ‘istana’ di orbit bumi memutuskan untuk pergi ke bumi dan ingin mencoba membangun perdamaian antara bumi dan Vers. Meskipun tujuannya baik, tetapi tidak semua bangsawan Vers mendukung keputusan putri Asseylum untuk membicarakan perdamaian. Asseylum sendiri sangat menyukai bumi karena dia selalu mendengarkan cerita tentang bumi dari Slaine Troyard, seorang anak muda yang sebenarnya berasal dari bumi, tetapi sudah tinggal di situ sebagai pembantu putri Asseylum.

aldnoah-asseylum-splash

Rombongan Asseylum di bumi mendadak diserang oleh sekelompok orang tak dikenal dan mobil yang ditumpangi sang putri berhasil dihancurkan. Tetapi sebenarnya Asseylum tidak ada dalam mobil tersebut, dan secara tidak sengaja dia bertemu dengan Kaizuka Inaho, seorang siswa akademi militer yang sebenarnya sangat pintar, tetapi dia selalu tampil tanpa ekspresi. Inaho mengajak Asseylum yang mengaku bernama Seylum untuk melarikan diri dari serangan Vers.

Para pengungsi di bawah pimpinan Kapten Magbaredge mengungsi ke Tanegashima, pulau tempat terjadinya pertempuran hebat di tahun 1999 pada saat hypergate meledak. Di pulau itu ternyata terdapat markas rahasia dan di dalamnya ada sebuah kapal perang yang dipasangi aldnoah drive dan bernama Deucalion. Pihak bumi berhasil membuat kapal itu tetapi tidak dapat mengoperasikannya karena tidak ada keturunan Rayregalia. Asseylum memutuskan untuk membantu dengan mengatakan identitas aslinya dan mengaktifkan aldnoah drive Deucalion.

Sementara itu di pihak Vers sendiri, Count Cruhteo yang selama ini menjaga Asseylum mulai curiga bahwa percobaan pembunuhan terhadap Asseylum sebenarnya dilakukan oleh orang Vers sendiri, tetapi dia keburu dibunuh oleh Count Saazbaum, orang yang merencanakan hal tersebut. Saazbaum melakukan hal itu karena calon istrinya terbunuh dalam peperangan dan dia tidak menyetujui sistem hirarki dalam kerajaan Vers di mana hanya orang terpilih saja yang bisa mengaktifkan aldnoah sementara masyarakat lainnya hidup susah karena Mars tidak punya sumber daya seperti di bumi. Saazbaum menawarkan Slaine untuk membantunya dan membiarkan Slaine pergi mencari Asseylum.

Peperangan antara awak kapal Deucalion dengan Saazbaum semakin memanas meskipun pada akhirnya Inaho berhasil mengalahkan Saazbaum dan keduanya mengalami luka parah. Asseylum yang berusaha mengeluarkan Inaho dari kokpit kataphraktnya, ditembak dari belakang oleh Saazbaum yang ternyata belum mati meskipun terluka parah. Melihat hal itu, Inaho berusaha menghampiri Asseylum, tetapi dia ditembak oleh Slaine…

aldnoah-slaine-inaho

Dan itu adalah ending season 1. At this point, gue masih oke aja. And then came 2nd season …

Season 2 diawali dengan Asseylum yang sekarang duduk di kursi roda, menyatakan perang kepada bumi. Slaine sudah menjadi salah satu orang yang berpengaruh di istana Saazbaum dan dia sekarang sudah mempunyai akses untuk menggunakan Tharsis, katakphrakt milik Cruhteo. Saazbaum sendiri masih hidup dan dia menjadi ‘ayah angkat’ Slaine.

Di pihak bumi, Inaho juga ternyata masih survive, dengan mata kiri bionik dan sebuah komputer canggih yang disebut analytical engine tertanam di kepalanya. Hal ini membuat Inaho mampu mengolah data pertempuran secara cepat dan didukung dengan kepandaiannya sendiri, mampu menemukan kelemahan kataphrakt musuh dengan akurat. Hanya Inaho satu-satunya orang yang mengatakan bahwa yang menyatakan perang kepada bumi itu bukanlah Asseylum.

Ternyata yang menyatakan perang terhadap bumi bukanlah Asseylum tetapi Lemrina Vers Envers, adik Asseylum dari ibu yang berbeda. Dia melakukan hal itu demi Slaine meskipun dia tahu bahwa Slaine sebenarnya hanya memanfaatkan dirinya. Lemrina juga tahu bahwa Asseylum belum mati dan masih berada dalam keadaan koma. Dia sering mengatakan bahwa dia berharap Asseylum tidak akan pernah sadar lagi karena dengan begitu, dia lah yang akan mengambil peran Asseylum.

aldnoah-lemrina

Dan memang Slaine punya agenda tersendiri. Dia sengaja mengambil kepercayaan Saazbaum yang kemudian mengangkat dirinya sebagai penerus sehingga kalau Saazbaum mati maka dialah pewaris kebangsawanannya. Dan memang pada akhirnya Saazbaum mati, akibat perangkap yang dibuat oleh Slaine. Setelah itu dia mengatur agar semua Count yang lain mengikuti perintahnya dan menyatakan perang dengan bumi.

Di bumi, Inaho berhasil mengalahkan beberapa Count, salah satunya Count Mazuurek, yang tidak dibunuh tetapi ditangkap oleh pasukan bumi. Inaho melihat bahwa Mazuurek tidak punya niat jahat terhadap bumi, oleh karena itu dia melepaskan Mazuurek secara diam-diam dan menceritakan tentang upaya pembunuhan Asseylum. Inaho meminta pertolongan Mazuurek untuk menyelamatkan Asseylum.

 

Sementara itu, ternyata Asseylum mulai sadarkan diri, tetapi dia tidak ingat sepenuhnya apa yang terjadi. Pada saat yang hampir bersamaan, Mazuurek berhasil menemui Asseylum yang asli, dan menyerahkan titipan Inaho kepada Asseylum. Asseylum pun ingat apa yang terjadi dan memutuskan untuk menghentikan Slaine. Tetapi dia dan putri Lemrina malah ditahan oleh Slaine yang saat itu sedang bersiap-siap perang menghadapi pasukan bumi.

Kapten Magbaredge yang memimpin Deucalion dalam perang tersebut sebelumnya sudah bicara dengan Inaho. Dia mengatakan kepada Inaho bahwa dia mencurigai rencana perang yang disusun oleh petinggi militer bumi. Kecurigaannya terbukti, yaitu bahwa penyerangan Deucalion itu hanya untuk mengalihkan perhatian musuh sementara sekelompok kecil pasukan khusus dikirim oleh bumi untuk menginfiltrasi markas musuh dan ditugaskan untuk membunuh Asseylum.

aldnoah-tharsis

Inaho yang juga mencium rencana itu, menyelinap ke markas musuh dan berhasil menemui Asseylum, tetapi kemudian dia tidak sadarkan diri akibat terlalu sering menggunakan analytical engine yang membebani otaknya. Saat dia tidak sadarkan diri, analytical engine (yang seperti AI) berkomunikasi dengan Asseylum. Engine itu mengatakan bahwa Inaho sudah mempersiapkan rencana melarikan diri untuk Asseylum dan bahwa dia selalu memprioritaskan Asseylum karena dia menjadikan Asseylum sebagai ‘bagian dari dirinya’. Sebelum pergi, Asseylum mengatakan kepada analytical engine untuk memberi tahu Inaho saat dia sadar bahwa Asseylum pun menjadikan Inaho sebagai bagian dari dirinya.

Ketika hendak lari, Asseylum ditolong oleh Klancain, putra dari Count Cruhteo yang baru datang dari Mars karena dia curiga kepada Slaine. Dengan bantuan Klancain, Asseylum akhirnya memutuskan untuk mengambil alih kepemimpinan Vers dari kakeknya yang sudah lumpuh dan menurun kesadarannya. Dia memproklamirkan dirinya sebagai Ratu Vers yang baru dan mengangkat Klancain sebagai suaminya. Dia juga menyerukan kepada semua pasukan Vers untuk berhenti menyerang dan menjalin perdamaian dengan bumi.

Di lain tempat, Slaine berduel dengan Inaho, dan ketika Inaho berhasil mengalahkannya, Slaine meminta Inaho untuk menembaknya tepat di kepala tetapi hal itu tidak dilakukan oleh Inaho karena Asseylum pernah meminta kepada Inaho untuk tidak membunuh Slaine dan menyelamatkannya.

aldnoah-wtf

Endingnya adalah, Vers membangun reaktor aldnoah di bumi dan diaktifkan oleh Asseylum. Inaho mengunjungi Slaine di dalam penjara. Dan ketika Asseylum dan Klancain sedang menikmati udara segar di laut, Klancain mengatakan bahwa Asseylum tahu banyak tentang bumi, dan Asseylum menjawab bahwa dia tahu hal itu dari seorang anak bumi ketika dia sedang berada di bumi dan itu merupakan kenangan yang tak terlupakan baginya.

My thoughts?

That’s it? That’s the ending?! 

aldnoah.zero ini adalah anime yang awalnya gue suka banget, lalu anime ini stop dulu setengah jalan karena dibagi dalam 2 season dengan ending di season 1 yang total cliffhanger … . And then … datanglah paruh keduanya di bulan Januari 2015. Tapi (!), semakin mendekati ending, buat gue semakin … apa ya? Nggak menyenangkan. Nggak dapet excitement yang sama seperti waktu ngikutin season 1.

Kalo bisa sih, itu season 2 dibuang aja ke laut. Bikin ulang lagi. Kenapa? Kalo buat gue sih, ngaco total! Terlalu banyak hal yang dimunculkan dan gak masuk sama plot cerita.

Pertama, Lemrina. Who? What? When? Where? How? Dia itu selama ini di mana? Suddenly muncul, kenal baik sama Slaine, bahkan sampe seneng sama Slaine. Love at first sight? When was that? Selama ini dia di istana Saazbaum? Kok nggak bareng sama Asseylum di istana Cruhteo? Apa yang terjadi atas dirinya sampai keberadaannya ‘disembunyikan’ selama season 1 dan suddenly di season 2 dia berperan penting?

Kedua, buat apa ya dimunculin tokoh-tokoh kayak Marylcian atau Barouhcruz? Marylcian mungkin diadain cuma untuk ngasih kataphrakt dengan aldnoah drive buat Harklight? Barouhcruz cuma buat jadi count galau yang nggak jelas sebenernya mau apa? Bahkan Mazuurek pun perannya jadi terkesan setengah-setengah di antara begitu crowded nya tokoh. Cuma jadi kurirnya Inaho? Abis itu trus ngapain? Investigasinya dia juga nggak susah-susah amat, cuma cukup mergokin Eddelrittuo. Udah aja langsung ketemu ama Asseylum. Lainnya? Nggak ada.

Ketiga, ini yang paling gue gregetan. Who is Klancain?! Ini tokoh muncul di episode 20-an. Cuma sekitar 4 episode-an dan suddenly dia terpilih jadi suami Asseylum? Lol. Sebenernya, gue nggak tau mesti ketawa atau ngomel. Udah gitu, lucunya, dia dateng dari Mars pake pesawat luar angkasa. Why? Karena hypergate udah ancur.

Wait …

Kalo memang dia bisa travel dari Mars ke Bumi tanpa hypergate, lalu gunanya hypergate untuk apa??? 

Kalo memang bisa travel kayak Klancain, kenapa perang berhenti setelah hypergate ancur? Kenapa count-count itu seperti ‘terdampar’ di orbit bumi dan terputus sama Vers (Mars)? Tinggal pake pesawat aja bolak balik ke Mars kayak Klancain. Atau kirim bala bantuan dari Mars, jajah bumi. Beres. Selesai perkara.

OMG.

Gue suka ini anime awalnya, tapi kenapa ke belakangnya kayak gitu ya?  To be honest, ya gue kecewa banget. Karena gue yakin banget ini ceritanya bakal bagus ke belakang. Waktu awal-awal season 2 gue udah mulai merasa not so good, tapi setelah Klancain muncul di penghujung serial, gue langsung … okay, this is going to be so messed up. Dan … it happened.

Kalo diturut ke belakang, ini mungkin ada hubungannya dengan statement Urobuchi Gen pada bulan September 2014 yang mengatakan kalau apa yang terjadi dalam cerita aldnoah.zero itu bukan tanggung jawab dia. Hal itu diungkapkan oleh beliau nya di acara Gargantia All Star Appreciation Festival seperti yang ditulis di artikel berikut

urobuchigen

source: http://lightrend.com/subculture/post-5024/

di bagian yang dikotakin itu, terjemahannya kira-kira:

Ending Aldnoah itu bukan salah saya lho ya! Coba ya, kalau ada orang mati, jangan langsung tuduh saya. Ide awal saya itu Inaho sama Asseylum saling suka, dan season 1 berakhir dengan Asseylum dibawa pergi sama Slaine

(thanks to noirciel for the translation)

Oh well. Klancain wins. 

Anime Spring 2015

Okay, Spring udah sebentar lagi, dan nggak banyak juga yang bisa gue tulis untuk Winter. Kenapa? Karena eh karena, yang gue tonton full cuma ada … 3 judul?  Surprisingly, yes. Cuma sedikit (banget). Plus ya judul-judul lanjutan dari yang sebelumnya.

Too many ecchi-harem type di Winter dan menurut gue ya … gitu-gitu aja. Mungkin gue salah, tapi rasanya sih mostly bener, nggak ada yang istimewa. Sorry buat para penggemar genre itu.

And now for the very very late list …

source: Stargazed Charts

SPRING 2015 ANIME

= TV Series = OAD/OVA, Specials = ONA = Movie

FEBRUARI 2015

Judul
Jadwal
PV
bro-conflict-smallBrothers Conflict
11 Februari 2015N/A
small-anime-wakaruAnime de Wakaru Shinryounaika
アニメで分かる心療内科
13 Februari 2015Yes
small-aliceImawa no Kuni no Alice 3
今際の国のアリス

16 Februari 2015Yes
small-gundam-originMobile Suit Gundam: THE ORIGIN
機動戦士ガンダム THE ORIGIN

28 Februari 2015Yes

MARET 2015

Judul
Jadwal
PV
small-haikyuuHaikyuu!!
ハイキュー!!

4 Maret 2015Yes
small-seireiSeirei Tsukai no Blade Dance Specials
精霊使いの剣舞

4 Maret 2015N/A
small-shouwaShouwa Genroku Rakugo Shinjuu: Yotarou-hen
昭和元禄落語心中 与太郎編

6 Maret 2015N/A
small-dora-spaceDoraemon: Nobita no Space Heroes
ドラえもん のび太の宇宙英雄記(スペースヒーローズ)
7 Maret 2015Yes
small-priparaPri Para Movie: Minna Atsumare! Prism☆Tours
劇場版プリパラ み~んなあつまれ!プリズム☆ツアーズ
7 Maret 2015Yes
small-sidoniaSidonia no Kishi Movie
劇場版「シドニアの騎士」
7 Maret 2015Yes
small-high-school-dxdHigh School DxD: Oppai! Tsutsumimasu!
ハイスクールD×D OVA
10 Maret 2015N/A
small-chaikaHitsugi no Chaika OAD
棺姫のチャイカ OAD
10 Maret 2015Yes
small-tsubasa-to-hotaruTsubasa to Hotaru
つばさとホタル
13 Maret 2015N/A
small-kyokai-no-kanata-movieKyoukai no Kanata Movie: I'll Be Here - Kako-hen
劇場版 境界の彼方 I'LL BE HERE 過去篇
14 Maret 2015Yes
small-precure-haru-no-carnivalPreCure All Stars: Haru no Carnival♪
映画プリキュアオールスターズ 春のカーニバル♪
14 Maret 2015Yes
small-daiaDiamond no Ace OAD
ダイヤのA[エース] OAD
17 Maret 2015N/A
small-freeFree! - Eternal Summer - Extra Fr.
18 Maret 2015Yes
small-sakiachigaSaki: Episode of Side-A: Kuro no Tanjoubi
18 Maret 2015N/A
small-aki-no-kanadeAki no Kanade
アキの奏で
22 Maret 2015N/A
small-happy-comecomeHappy ComeCome
ハッピーカムカム
22 Maret 2015N/A
small-kumi-to-tulipKumi to Tulip
クミとチューリップ
22 Maret 2015N/A
small-ongaku-shojoOngaku Shoujo
音楽少女
22 Maret 2015N/A
small-initial-d-legend-2Shin Gekijou-ban Initial D Legend 2 -Tousou-
新劇場版 頭文字D Legend2 -闘走-
23 Maret 2015Yes
small-gugureGugure! Kokkuri-san Special
繰繰れ!コックリさん
25 Maret 2015N/A
small-hori-miyaHori-san to Miyamura-kun
堀さんと宮村くん
25 Maret 2015N/A
small-papaiuPapa no Iu Koto o Kikinasai! OVA
パパのいうことを聞きなさい! OVA
25 Maret 2015Yes
small-trinity-seven-ovaTrinity Seven OAD
トリニティセブン OAD
25 Maret 2015N/A
small-daitoshokan-hitsujikaiDaitoshokan no Hitsujikai Picture Drama
大図書館の羊飼い
26 Maret 2015N/A
small-senran-estival-vsSenran Kagura: Estival Versus - Shoujo-tachi no Sentaku
閃乱カグラ ESTIVAL VERSUS -少女達の選択-
26 Maret 2015Yes
small-yamaYama no Susume 2 Special
ヤマノススメ セカンドシーズン
27 Maret 2015N/A
small-omakase-mamitasuOmakase Mamitasu
おまかせマミタス
31 Maret 2015N/A

APRIL 2015

Judul
Jadwal
PV
small-battle-spirit-burning-soulBattle Spirits: Burning Soul
バトルスピリッツ烈火魂
1 April 2015Yes
small-tamagotchiTamagotchi! Tamatomo Daishuu-GO
たまごっち! たまともだいしゅーGO
2 April 2015Yes
small-aikatsu-s4Aikatsu! Season 4
アイカツ!
2 April 2015N/A
small-gintama-2015Gintama OAD
銀魂 OAD
3 April 2015N/A
small-nisekoi-ovaNisekoi OVA
ニセコイ OVA
3 April 2015N/A
small-toloveruTo Love-Ru: Trouble - Darkness OVA
To LOVEる -とらぶる- ダークネス
3 April 2015N/A
small-danna-itteiruDanna ga Nani o Itteiru ka Wakaranai Ken 2nd - Sure-me
旦那が何を言っているかわからない件2スレ目
3 April 2015N/A
small-nanohaMahou Shoujo Lyrical Nanoha Vivid
魔法少女リリカルなのはViVid
3 April 2015Blocked
small-re-kanRe-Kan!
レーカン!
3 April 2015Yes
small-yahariYahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru. Zoku
やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。続
3 April 2015Yes
small-denpa-kyoshiDenpa Kyoushi
電波教師
4 April 2015Yes
small-dungeon-machiDungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka?
ダンジョンに出会いを求めるのは間違っているだろうか
4 April 2015Yes
small-gunslinger-stratosGunslinger Stratos: The Animation
ガンスリンガー ストラトス -THE ANIMATION-
4 April 2015Blocked
small-dxd-bornHigh School DxD BorN
ハイスクールD×D BorN
4 April 2015Yes
small-jewelpet-magic-changeJewelpet Magical Change
ジュエルペット マジカルチェンジ
4 April 2015Yes
small-kyoukai-rinneKyoukai no Rinne
境界のRINNE
4 April 2015Yes
small-nagato-yukiNagato Yuki-chan no Shoushitsu
長門有希ちゃんの消失
4 April 2015N/A
small-seraphOwari no Seraph
終わりのセラフ
4 April 2015Yes
small-persona3-moviePersona 3 the Movie #3: Falling Down
4 April 2015Blocked
small-gargantia-ovaSuisei no Gargantia: Meguru Kouro, Haruka
翠星のガルガンティア~めぐる航路、遥か~
4 April 2015Blocked
small-tamayura-shashinTamayura Sotsugyo Shashin Movie 1 - Kizashi
たまゆら~卒業写真~ 第1部 芽-きざし-
4 April 2015Yes
small-shokugeki-somaShokugeki no Soma
食戟のソーマ
4 April 2015Yes
small-vamp-holmesVampire Holmes
4 April 2015N/A
small-ubwFate/Stay Night: Unlimited Blade Works Season 2
Fate/stay night [Unlimited Blade Works] 2nd シーズン
5 April 2015N/A
small-plamemoPlastic Memories
プラスティック・メモリーズ
5 April 2015Blocked
small-utapriUta no☆Prince-sama♪ Maji Love Revolutions
うたの☆プリンスさまっ♪マジLOVEレボリューションズ
5 April 2015N/A
small-tesagureTesagure! Bukatsu-mono Spin-off Purupurun Sharumu to Asobou
てさぐれ!部活もの すぴんおふ プルプルんシャルムと遊ぼう
5 April 2015N/A
small-kekkai-sensenKekkai Sensen
血界戦線
5 April 2015Yes
small-duel-master-vsrDuel Masters VSR
デュエル・マスターズ VSR
5 April 2015Yes
small-arslan-senkiArslan Senki
アルスラーン戦記
5 April 2015Yes
small-baby-stepBaby Steps 2nd Season
ベイビーステップ 第2シリーズ
5 April 2015Yes
small-show-by-rockShow By Rock!!

5 April 2015Yes
small-ameiro-cocoaAmeiro Cocoa
雨色ココア
5 April 2015Yes
small-gits-alt-archGhost in the Shell ARISE: Alternative Architecture
攻殻機動隊 ARISE ALTERNATIVE ARCHITECTURE
5 April 2015Yes
small-kiniro-mosaicHello!! Kiniro Mosaic
ハロー!!きんいろモザイク
6 April 2015Yes
small-kissxsiskissxsis
キス×シス
6 April 2015N/A
small-kaito-jokerKaitou Joker 2nd Season
怪盗ジョーカー シーズン2
6 April 2015Yes
small-diamond-aceDiamond no Ace: Second Season
ダイヤのA[エース]~Second Season~
6 April 2015N/A
small-kakusenNyuru Nyuru!! Kakusen-kun 2nd Season
にゅるにゅる!!KAKUSENくん2期
6 April 2015N/A
small-anpanman-2015Sore Ike! Anpanman: Mija to Mahou no Lamp
7 April 2015N/A
small-teekyu-4Teekyu 4
てーきゅう
7 April 2015N/A
small-takamiya-nasuno-desuTakamiya Nasuno Desu!: Teekyu Spin-off
高宮なすのです!〜てーきゅうスピンオフ〜
7 April 2015N/A
small-mikagura-gakuenMikagura Gakuen Kumikyoku
ミカグラ学園組曲
7 April 2015Yes
small-bar-kirawareBAR Kiraware Yasai
BAR 嫌われ野菜
7 April 2015Yes
small-hibike-euphoniumHibike! Euphonium
響け!ユーフォニアム
8 April 2015Yes
small-gintama-2015Gintama°
銀魂°
8 April 2015Yes (onsite)
small-shingeki-kyojin-kuinakuShingeki no Kyojin: Kuinaki Sentaku 2
進撃の巨人 悔いなき選択
9 April 2015N/A
small-triage-xTriage X
トリアージX
9 April 2015Yes
small-oremonoOre Monogatari!!
俺物語!!
9 April 2015Yes
small-houkago-pleiadesHoukago no Pleiades
放課後のプレアデス
9 April 2015Yes
small-etotamaEtotama
えとたま(干支魂)
9 April 2015Yes
small-punchlinePunchline
パンチライン
10 April 2015Yes
small-urawa-usagiUrawa no Usagi-chan
浦和の調ちゃん
10 April 2015N/A
small-nisekoi-2Nisekoi:
ニセコイ:
10 April 2015Blocked
small-saint-seiya-goldSaint Seiya: Ougon no Tamashii
聖闘士星矢 -黄金魂 soul of gold-
11 April 2015Yes (onsite)
small-sidonia-2Sidonia no Kishi: Daikyuu Wakusei Senki
シドニアの騎士 第九惑星戦役
11 April 2015N/A
small-buddyfightFuture Card Buddyfight 100
11 April 2015N/A
small-nemureNemure Omoi Ko Sora no Shitone ni
Sleep Tight My Baby, Cradled in the Sky
12 April 2015Yes
small-eikoku-ikkeEikoku Ikke, Nihon wo Taberu
英国一家、日本を食べる
12 April 2015N/A
small-grisaia-meikyuuGrisaia no Meikyuu
グリザイアの迷宮
12 April 2015Yes
small-yamada-7Yamada-kun to 7-nin no Majo
山田くんと7人の魔女
12 April 2015Yes
small-anelogAne Log: Watashi no Otouto wa Natsu ni Kaihouteki ni Naru Hentai de Aru (Ane Log)
姉ログ

15 April 2015Yes
small-meitantei-conanMeitantei Conan
15 April 2015N/A
small-ninja-slayerNinja Slayer From Animation
ニンジャスレイヤー フロムアニメイシヨン
16 April 2015Yes
small-animegatariAnime-gatari
アニメガタリ
17 April 2015N/A
small-sinbad-boukenMagi: Sinbad no Bouken 4
マギ シンドバッドの冒険
17 April 2015Yes (onsite)
small-conan-19Meitantei Conan Movie 19: Gouka no Himawari
映画 名探偵コナン 業火の向日葵
18 April 2015Yes
small-dbz-fDragon Ball Movie 15: Fukkatsu no F
劇場版 ドラゴンボールZ 復活のF
18 April 2015Yes
small-grisaia-rakuenGrisaia no Rakuen
グリザイアの楽園
19 April 2015Yes
small-daitoshokan-hitsujikaiDaitoshokan no Hitsujikai Picture Drama
大図書館の羊飼い
23 April 2015N/A
small-gugureGugure! Kokkuri-san Special
繰繰れ!コックリさん
24 April 2015N/A
small-ookami-oujiOokami Shoujo to Kuro Ouji OAD
オオカミ少女と黒王子 OAD
24 April 2015N/A
small-tenipuri-ovaShin Tennis no Ouji-sama OVA vs Genius10
新テニスの王子様 OVA vs Genius10
24 April 2015Yes
small-ilyaFate/kaleid liner Prisma☆Illya 2wei! OVA
Fate/kaleid liner プリズマ☆イリヤ ツヴァイ! [2wei!]
25 April 2015N/A
small-kyokai-no-kanata-movie-mirai-henKyoukai no Kanata Movie: I'll be Here - Mirai-hen
劇場版 境界の彼方 I'LL BE HERE 未来篇
25 April 2015Yes
small-pikaiaPikaia!
ピカイア!
29 April 2015On website background

MEI 2015

Judul
Jadwal
PV
small-geass-akito-3Code Geass: Boukoku no Akito - Kagayaku Mono Ten Yori Otsu
コードギアス 亡国のアキト 第3章 輝くもの天より墮つ
2 Mei 2015Yes
small-strike-witches-3Strike Witches: Operation Victory Arrow Vol. 3: Arnhem no Hashi
ストライクウィッチーズ Operation Victory Arrow
2 Mei 2015Yes
small-miss-hokusaiSarusuberi: Miss Hokusai
百日紅~Miss HOKUSAI~
9 Mei 2015Yes
small-shigatsu-kimi-uso-ovaShigatsu wa Kimi no Uso OAD
四月は君の嘘 OAD
15 Mei 2015Blocked
small-yamada-7Yamada-kun to 7-nin no Majo OAD
山田くんと7人の魔女 OAD
15 Mei 2015Yes
small-mushishi-zokuMushishi Zoku Shou: Suzu no Shizuku
蟲師 続章: 鈴の雫
16 Mei 2015N/A
small-hoozukiHoozuki no Reitetsu OAD
鬼灯の冷徹 OAD
22 Mei 2015Yes
small-bakavonTensai Bakavon: Yomigaeru Flanders no Inu
天才バカヴォン ~蘇るフランダースの犬~
23 Mei 2015Yes
small-gugureGugure! Kokkuri-san Special
繰繰れ!コックリさん
27 Mei 2015N/A
small-daitoshokan-hitsujikaiDaitoshokan no Hitsujikai Picture Drama
大図書館の羊飼い
28 Mei 2015N/A
small-frame-armsFrame Arms: A Violent Struggle
フレームアーム A violent struggle
31 Mei 2015Yes

SPRING 2015

Judul
Jadwal
PV
small-hyakka-ryouranHyakka Ryouran: Samurai After
百花繚乱 サムライアフター
?? Maret 2015Yes
small-digimon-triDigimon Adventure Tri.
デジモンアドベンチャーtri.(トライ)
?? April 2015Yes
small-lupinLupin III (2015)
ルパン三世 (2015)
?? April 2015N/A
small-robot-girls-zRobot Girls Z+
ロボットガールズZプラス
?? April 2015N/A
small-super-short-comicSuper Short Comics
スーパーショートコミックス
?? April 2015N/A
small-nar-domaNar Doma
ナルどマ
?? Mei 2015Yes

 

Catatan:

  • List-nya didominasi OVA/OAD yang berarti kebanyakan adalah bonus dari Blu-ray/DVD anime yang baru dirilis atau sebagai media untuk ‘pembuka’ serial TV-nya.
  • Aki no Kanade, Happy ComeCome, Kumi to Tulip, dan Ongaku Shoujo adalah judul-judul dari Anime Mirai 2015, seperti Death Parade yang dulu juga adalah ‘jebolan’ Anime Mirai 2013. Apakah nantinya jadi serial juga seperti Death Parade, ya … kita liat aja.
  • Tamayura Sotsugyo Shashin terdiri dari 4 movie
  • Kidou Senshi Gundam Origin: Aoi Hitomi no Casval ditayangkan di bioskop Blitz Megaplex Jakarta pada tanggal 28 Februari 2015 dan 1 Maret 2015, mudah-mudahan makin banyak anime movie di Indonesia. 
  • Buat yang kangen sama karya-karya Takahashi Rumiko (Ranma 1/2, Urusei Yatsura, Inuyasha, dll), mungkin bisa terobati dengan Kyoukai no RINNE yang juga merupakan karya beliau.
  • Kalo buat yang kangen ama karya Yasuhiro Nightow (Trigun, Gungrave), akan ada Kekkai Sensen.
  • Arslan Senki sepertinya bukan kelanjutan tapi lebih seperti menceritakan ulang atau reboot atau alternate universe (nggak tau yang mana )
  • Show By Rock!! mempunyai beberapa PV, masing-masing menggambarkan band yang ada dalam serial
  • Saint Seiya: Ougon no Tamashii adalah serial baru yang lebih difokuskan ke Aiolia Leo dan 11 ksatria emas lainnya.
  • Project Arms: A Violent Struggle itu dibundling bareng dengan model kit buatan Kotobukiya. Mungkin memang animenya ditujukan sebagai media promosi produk oleh mereka.
  • Untuk memperingati 15 tahun Digimon Adventure, rencananya Toei Animation akan mengeluarkan Digimon Adventure Tri. dan kemungkinan akan dirilis bulan April ini, cuma belum ada kepastian.

Trailer Shingeki no Kyojin

Euh … belum sempet edit spring anime list, tapi ya sudah lah. Ini buat intermezzo.

Akhirnya trailer pertama Shingeki no Kyojin (Attack on Titan) Live Action movie ditayangkan di salah satu acara televisi di Jepang. Sepertinya sih bagus ya kalo liat dari special effects nya. Semoga ceritanya juga bagus, cuma ya sayangnya nggak ada Levi atau Annie. Dan agak penasaran juga ini ceritanya mau sampe mana, soalnya untuk manga masih belum tamat, dan untuk anime juga terakhir stop di Annie yang membeku.

 

PS: some people complained about why Armin is not blonde. lol. Maybe that’s because Goku is now an American. 

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén