Categories
Anime

Hibike! Euphonium

Kumiko Oumae (seiyuu: Tomoyo Kurosawa), memulai hari pertamanya bersekolah di SMA Kitauji. Pagi harinya telah disambut dengan penampilan dari klub Wind Ensemble(吹奏楽部). Bersama dua teman sekelasnya Sapphire Kawashima (seiyuu: Moe Toyota) dan Hazuki Katou (seiyuu: Ayaka Asai), mereka berkunjung ke ruang klub Wind Ensemble. Di ruang klub, tak disangka Kumiko melihat Reina Kousaka (seiyuu: Chika Anzai) dan teringat kembali konflik dengannya, saat masih di klub brass band sewaktu SMP.

吹奏楽 (= suisougakubu), klub Wind Ensemble.

Wind Ensemble kadang disebut wind orchestra atau wind symphony. Sebuah grup musik yang dominan dengan alat musik tiup karena terdiri dari brasswind, woodwind, beberapa instrumen perkusi, dan double bass (contrabass). Wind ensemble hampir mirip dengan brass band, namun brass band tidak memakai woodwind (clarinet, flute, oboe, dll) sebanyak di wind ensemble.

 

Sedikit Opini penulis:

Anime Hibike! Euphonium menghadirkan sesuatu yang baru, wind ensemble menjadi sorotan di anime ini, dan juga menghadirkan sesuatu yang berbeda karena Kumiko sebagai Euphonist (sebutan untuk pemain Euphonium). Euphonium adalah alat musik dari keluarga brasswind bernada rendah. Jarang-jarang ada anime/manga yang karakter utamanya menggunakan alat musik bernada rendah “bass”. Alat-alat musik yang akan muncul dalam anime ini khususnya alat tiup kemungkinan memunculkan model dari alat-alat musik buatan Yamaha.

 

2 hal yang membuat episode pertama dari anime ini menarik bagi penulis selain kualitas gambar yang bagus a la KyoAni:

PERTAMA
Orpheus in the Underworld(地獄のオルフェ)atau kadang disebut “Can can” karya Jacques Offenbach saat adegan flashback kejuaraan

KEDUA

 

Penjelasan dasar mengenai dasar memainkan alat musik brasswind. “Buzzing”, meniup dan mengontrol bibir hingga membuat bibir bergetar untuk menghasilkan suara.

 

ADMIN’s NOTE: Artikel ini ditulis oleh Yoshida -kun. Terima kasih atas partisipasinya dalam menulis artikel untuk animindo.net 

 

LINKS

Categories
Anime

Triage X

Triage … wow … 

Triage X menceritakan tentang sekelompok ‘agen’ yang mempunyai misi ‘menyembuhkan’ kota dari para ‘penyakit’ yang melakukan kejahatan di mana-mana. Mereka tidak segan-segan mengeksekusi para penjahat yang menjadi target mereka. Uniknya, mereka selalu menggunakan istilah-istilah medis dalam setiap misi seperti … ya “triage” itu. Bahkan organisasi mereka pun mereka namai “Black Label”. Target mereka kadang disebut sebagai “tumor”, dan mereka harus melakukan “operasi” untuk “mengeksisi” tumor (= si target).

Organisasi Black Label ini dipimpin oleh Dr. Mochizuki Masamune yang juga merupakan pemilik dari Mochizuki General Hospital. Bahkan beberapa anggota team Black Label adalah para perawat di rumah sakit tersebut. Sementara itu, dalam kesehariannya, dua orang ‘eksekutor’ utama dari tim ini adalah murid sebuah SMU yaitu Mikami Arashi (seiyuu: Akabane Kenji) dan Kiba Mikoto (seiyuu: Kondou Yui).

Arashi adalah sahabat Mochizuki Ryu, putra Dr. Mochizuki yang tewas akibat serangan bom teroris. Arashi yang berusaha melindungi Ryu pada insiden itu mengalami luka parah sehingga akhirnya Dr. Mochizuki memutuskan untuk menyatakan anaknya meninggal dan melakukan operasi transplant menggunakan organ tubuh Ryu untuk menyelamatkan nyawa Arashi.

 

My thoughts?

Gue langsung ketawa pas liat judulnya. Buat yang nggak tau, “Triage” itu adalah sebuah sistem pengkajian pasien untuk menentukan prioritas penanganan berdasarkan tingkat kegawatdaruratannya. Ada beberapa metode pengklasifikasian triage, tapi kayaknya yang dipake di sini adalah yang model color label. Itupun ada beberapa versi cuma kalo liat dia pake “Black Label” berarti yang dipake yang model-model HijauKuningMerahHitam, di mana hijau = kondisi paling ringan, kuning = membutuhkan observasi, merah = harus segera ditangani, hitam = meninggal dunia atau tidak ada harapan hidup.

Gue nggak tau persis yang mau dipake di situ istilahnya “tumor” atau “kanker”, tapi kalo dia pake istilah “eksisi” gue rasa sih lebih pas tumor, meskipun bisa aja pake istilah kanker. FYI aja, tumor belum tentu kanker. 

Only thing yang membuat gue agak ogah-ogahan nontonnya karena ini typical buatannya Satou Shouji, pencipta High School of the Dead. Jadi ya bisa dipastikan tipe ceweknya kayak apa … kalo pake istilah bahasa enggres: “well endowed”. Kebetulan gue bukan maniak ngeliatin layar penuh gambar area sekwilda model gitu, jadi ya … Bakalan jadi guilty pleasure kayaknya ini nanti ke depannya. Hahaha.

 

LINKS

Categories
Anime

Owari no Seraph

Suatu ketika, kehidupan manusia di dunia berubah total akibat adanya virus yang membunuh manusia secara massal. Uniknya, virus tersebut ternyata hanya mampu membunuh manusia yang berusia 13 tahun ke atas, sehingga menyisakan anak-anak usia 12 tahun ke bawah. Di antara kepunahan manusia itu, muncullah bangsa vampir yang kemudian menguasai dunia dan anak-anak kecil yang bertahan hidup, dikumpulkan untuk dijadikan ‘ternak’ oleh para vampir yang membutuhkan darah mereka untuk hidup.

Hyakuya Yuichiro (seiyuu: Irino Miyu) adalah seorang anak yang tinggal di rumah yatim piatu Hyakuya. Dia tinggal di situ bersama dengan anak-anak yatim piatu lainnya dan Hyakuya Mikaela (seiyuu: Ono Kensho), sahabatnya. Mikaela adalah anak yang pertama kali menyambut Yuichiro sebagai anggota keluarga Hyakuya pada saat Yuichiro kehilangan makna dari kata keluarga akibat masa lalunya.

 

Pada saat mereka berusia 12 tahun, Mikaela mengatakan bahwa dia telah berhasil mencuri senjata dan peta dari rumah seorang bangsawan vampir dan mengajak Yuichiro dan anak-anak yang lain melarikan diri dari Sanguinem, kota para vampir. Ternyata mereka malah dijebak oleh Ferid Bathory (seiyuu: Sakurai Takahiro) si bangsawan vampir yang akhirnya membantai mereka semua dan Mikaela mengorbankan dirinya agar Yuichiro bisa melarikan diri. Di luar, ternyata sudah ada sekelompok orang yang memang menunggu kehadiran Yuichiro yang mereka katakan, sudah diprediksi sebelumnya.

 

My thoughts?

Hmm … sebelum liat situs utamanya, udah kepikiran kalo Mikaela pasti jadi vampir dan ada di pihak lawan. Dan ternyata di situs resminya pun udah ada itu informasinya. Udah gitu di situ disebutin juga kalo yang ngidupin si Krul Tepes (seiyuu: Yuuki Aoi), ratu vampirnya sendiri. Cuma agak penasaran juga ama keterangan karakter Mikaela yang ada di situs resminya:

He fights to rescue Yuichiro who is been used by humans.

“… used by humans.” Hmm … kayaknya ini ya yang mau dijadiin hidden agenda nya?

Mungkin juga ini versi lain dari the Matrix, cuma kalo di Matrix kan manusia ‘diternak’ untuk menghasilkan energi panas, kalo ini ya anak-anak itu ‘diternakkan’ untuk diambil darahnya. Dan Yuichiro is Neo, Guren is Morpheus … ? 

Let’s wait and see how it goes next episode(s) 

 

LINKS