Shokugeki no Soma dan Tempe

Di episode 16 anime Shokugeki no Soma, ada kejadian menarik di mana Soma ditantang adu masak oleh Jouichiro, ayahnya yang tiba-tiba datang berkunjung ke asrama tempat Soma tinggal.

Jouichiro yang merupakan mantan peringkat dua dari Elite Ten, membuat sejenis ramen, dan dikatakan di situ bahwa salah satu yang membuat ramen itu menjadi unik dan lebih enak adalah bahwa dia menggunakan TEMPE (tempeh). 

soma-tempe-1 soma-tempe-2

Di situ juga dijelaskan bahwa tempe adalah makanan asli Indonesia yang dibuat dari kedelai dan fermentasi. Kalo nggak salah dulu pernah ada cerita kalo terjadi sengketa yang mengatakan bahwa tempe berasal dari Jepang. Padahal kan tempe Indonesia banget. 

Buat yang mau liat terjemahan omongan mereka, ini ada screen cap dari salah satu fansub anime.

soma-tempe

Overlord

YGGDRASIL adalah sebuah game virtual MMORPG (massively multiplayer online role playing game) yang akan segera ditutup setelah berjalan selama beberapa tahun. Sedikit berbeda dari game-game sejenis lainnya, di YGGDRASIL beberapa player punya kemampuan membentuk sebuah guild yang sangat kuat, bahkan mereka juga bisa menciptakan NPC sesuai keinginan mereka. Selain itu mereka juga bisa menguasai sebuah dungeon (istana/menara/area dalam game yang mempunyai tingkat kesulitan berbeda dan biasanya mempunyai ‘harta karun’) dan bukan cuma menguasai, mereka bisa menambahkan fasilitas dan itu tadi, NPC untuk menjadi penjaganya. Sehingga pada akhirnya guild Ainz Ooal Gown menjadi salah satu guild terkuat dan penguasa dungeon yang disebut sebagai Great Tomb of Nazarik.

Seorang player YGGDRASIL, dan ketua guild Ainz Ooal Gown, Momonga (seiyuu: Hino Satoshi), memutuskan untuk tidak log out dari game tersebut pada saat-saat terakhir sebelum di shut down total. Dalam game itu, avatar yang dia gunakan adalah lich, dan sambil menunggu ‘kematian’ server YGGDRASIL, dia membuka data semua NPC buatan anggota guild lain yang diberi tugas dan keistimewaan masing-masing. Pemimpin dari semua NPC itu adalah Albedo (seiyuu: Hara Yumi), NPC terkuat yang berwujud seperti manusia perempuan dengan sayap dan tanduk di kepala. Sambil iseng, Momonga menambahkan informasi ke dalam data kepribadian Albedo dan menuliskan bahwa Albedo tergila-gila kepada dirinya.

Ketika jam menunjukkan pukul 00:00, Momonga mengira bahwa dia akan ter-logout otomatis dan terbangun di dunia nyata karena YGGDRASIL resmi ditutup. Tetapi yang terjadi adalah dia tetap terbangun di ruangan yang sama, istana yang sama, dan dalam wujud yang sama pula. Dia tidak bisa mengakses menu tindakan, dan para NPC yang seharusnya merupakan program komputer, sekarang menjadi hidup seperti manusia, dan mempunyai perilaku serta perasaan yang nyata (termasuk Albedo yang tergila-gila kepada Momonga akibat ‘pemrograman’ yang dilakukan saat-saat terakhir sebelum server game dimatikan)

Momonga yang dalam kehidupan nyatanya adalah seorang karyawan biasa, tanpa sanak keluarga, akhirnya memutuskan untuk menjadi pemimpin para NPC yang ada dalam istananya dan menjadi penguasa ‘dunia’ baru yang sekarang menjadi ‘tempat tinggalnya’. Dan karena di dunia tersebut avatarnya adalah lich yang merupakan karakter undead, perlahan-lahan Momonga mulai menyadari bahwa perasaan dan empatinya mulai berkurang, tetapi di lain sisi dia menjadi kebal terhadap racun dan tidak membutuhkan makan atau tidur.

 

My thoughts?

Hmm … nggak tau udah ada apa belum, tapi kayaknya sih ada , yang udah mulai nyebut-nyebut SAO atau LH. Sebenernya sih lebih cenderung mirip LH daripada SAO. Cuma di sini sampe episode terbaru (saat ini ditulis), anggota ‘guildnya’ adalah NPC yang jadi hidup, sementara player-nya ya cuma Momonga sendiri, dan wujudnya bukan ‘manusia’ tapi lebih kayak monster jadinya.

Menarik juga sih buat gue, karena kali ini justru tokoh utama malah bercita-cita menguasai dunia, yang biasanya menjadi cita-cita tokoh antagonis. Di awal-awal sih kayaknya dia super power banget, cuma ya belum tau nanti ke belakangnya, pasti (dan harus) ada rival kuatnya, dan feeling gue sih bakalan berupa knight atau ya dari ras manusia lah. Biasanya sih tipe knight ya yang jadi ‘oposisi’ dari lich. 

 

LINKS

Chaos Dragon: Sekiryuu Seneki

Nil Kamui adalah sebuah kerajaan di sebuah pulau yang kehilangan kemerdekaannya akibat perang yang terjadi antara dua kerajaan besar, D’natia dan Kouran. Kerajaan ini mempunyai dewa pelindung naga merah (Red Dragon) yang tanpa diketahui sebabnya, mengamuk dan menghancurkan sebagian besar wilayah kerajaan yang dilindunginya.

Selain kejadian itu, Nil Kamui juga dikenal sebagai negeri yang kaya akan “masuryuu”, sumber energi yang mendasari berbagai ilmu sihir. Masuryuu juga menjadi sumber terjadinya beberapa fenomena dan memunculkan banyak jenis monster.

 

Keluarga kerajaan Nil Kamui dikenal sebagai Koutoushu yang dikatakan bahwa mereka bukan manusia biasa karena adanya ikatan antara mereka dengan Red Dragon, pelindung kerajaan Nil Kamui. Tetapi setelah “Seven Years War”, dikabarkan bahwa semua Koutoushu telah dibunuh dan lambang kerajaan, Dragon Sword, juga dikabarkan telah hilang. Sampai suatu ketika rombongan pasukan Kouran melewati sebuah kota di Nil Kamui sambil membawa sesuatu yang mereka katakan dapat digunakan untuk menaklukan Red Dragon. Rombongan tersebut melewati pasar di mana di situ Ibuki sedang berbelanja bersama teman-temannya di panti asuhan. Ibuki yang merupakan keturunan keluarga kerajaan Nil Kamui, dan membawa Dragon Sword, merasakan sesuatu yang aneh ketika berada tidak jauh dari benda yang dibawa oleh pasukan Kouran.

 

My thoughts?

Red Dragon ini adalah sebuah proyek role playing fiction di mana pembuatan ceritanya melibatkan 5 nama besar character designers (dengan karakter buatannya masing-masing) yaitu: Urobuchi Gen (Fate/Zero) — Lou Chenfa (seiyuu: Uchida Maaya), Nasu Kinoko (Kara no Kyoukai) — Swallow Crastvalley (seiyuu: Saito Soma), Kougyoku Izuki (Mimizuku to Yoru no Ou) — Eiha (seiyuu: Sawashiro Miyuki), Narita Ryougo (Durarara!!) — Kaguraba (seiyuu: Ishizuka Unshou), dan Simadoriru (anggota the Stripe Pattern, sebuah kelompok doujin) — Ibuki (seiyuu: Inoue Marina).

Liat nama-nama besar itu rasanya sayang juga kalo gak diikutin. Penasaran juga gimana “nyambungnya” cerita antara orang-orang itu karena mereka kan masing-masing punya gaya cerita yang berbeda. Tambahan lagi di anime ini ada suaranya si Sawashiro … hahaha …

 

LINKS

Charlotte

Otosaka Yuu (seiyuu: Uchiyama Kouki) adalah seorang anak yang mempunyai kekuatan supranatural, dia bisa ‘merasuki’ tubuh seseorang selama 5 detik dan kemudian kembali lagi ke tubuhnya yang ‘terdiam’ selama 5 detik itu. Yuu menyadari kekuatannya itu dan dia memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.

Yuu menggunakan kemampuannya untuk mencontek di kelas dan dalam ujian penerimaan sekolah, dia pun melakukan kecurangan itu sehingga dia diterima di salah satu sekolah yang terkenal. Tidak hanya itu saja, Yuu bahkan memanfaatkan kekuatannya untuk menarik hati Shirayanagi Yumi (seiyuu: Nakahara Mai) anak perempuan paling populer di sekolah itu dengan cara ‘membuat’ sebuah kecelakaan dan menjadi penolong Yumi.

Ternyata, perilaku Yuu ini ada yang mengawasi. Suatu hari dia dipanggil oleh ketua organisasi siswa, dan di situ dia ditantang oleh ketua organisasi siswa untuk menjawab soal-soal yang sama seperti sebelumnya tanpa ada orang lain di sekitarnya sehingga Yuu tidak bisa melakukan ‘aksinya’. Ternyata situasi itu adalah sebuah perangkap yang disiapkan oleh Tomori Nao (seiyuu: Sakura Ayane). Nao kemudian memaksa Yuu yang sudah ketahuan berbuat curang untuk pindah sekolah ke Hoshinoumi Gakuen tempat dia bersekolah dan sekaligus menjadi ketua organisasi siswa di sana.

Nao adalah orang yang selama ini mengawasi Yuu. Nao sendiri adalah seorang anak yang juga mempunyai kekuatan supranatural yaitu dia bisa membuat dirinya tidak terlihat oleh satu orang tertentu. Dia mengumpulkan anak-anak dengan kekuatan supranatural ke dalam organisasi siswa Hoshinoumi Gakuen, seperti misalnya Takajo Joujirou (seiyuu: Mizushima Takahiro) yang mempunyai kekuatan untuk bergerak sangat cepat, tetapi dia tidak bisa mengendalikan di mana dia berhenti.

 

My thoughts?

Hmm … Key Visual ya… Udah gitu Maeda Jun … master of nakige  Biasanya ya di awal lucu, atau serius, atau yang lain, tapi ujungnya … bisa berubah drastis ke drama sentimentil. “tearjerker” kata orang mah. Contohnya ya Clannad, Angel Beats!, Kanon, dkk. Cuma Charlotte ini sama seperti Angel Beats!, original langsung jadi anime, sementara yang lain kebanyakan berupa visual novel yang dijadiin anime.

Tapi kayaknya sih boleh juga diikutin. Soalnya si Yuu ini ceritanya ABG narsis yang ya … curang. Dia bener-bener manfaatin kemampuannya untuk kepentingan pribadi yang kebanyakan berupa perbuatan yang tidak baik. Selain itu juga, pengen tau aja kenapa judulnya “Charlotte” … who is she? (assuming that Charlotte refers to a person)

 

LINKS