animindo

anime . indonesia

Month: July 2015

Shokugeki no Soma dan Tempe

Di episode 16 anime Shokugeki no Soma, ada kejadian menarik di mana Soma ditantang adu masak oleh Jouichiro, ayahnya yang tiba-tiba datang berkunjung ke asrama tempat Soma tinggal.

Jouichiro yang merupakan mantan peringkat dua dari Elite Ten, membuat sejenis ramen, dan dikatakan di situ bahwa salah satu yang membuat ramen itu menjadi unik dan lebih enak adalah bahwa dia menggunakan TEMPE (tempeh). 

soma-tempe-1 soma-tempe-2

Di situ juga dijelaskan bahwa tempe adalah makanan asli Indonesia yang dibuat dari kedelai dan fermentasi. Kalo nggak salah dulu pernah ada cerita kalo terjadi sengketa yang mengatakan bahwa tempe berasal dari Jepang. Padahal kan tempe Indonesia banget. 

Buat yang mau liat terjemahan omongan mereka, ini ada screen cap dari salah satu fansub anime.

soma-tempe

Overlord

YGGDRASIL adalah sebuah game virtual MMORPG (massively multiplayer online role playing game) yang akan segera ditutup setelah berjalan selama beberapa tahun. Sedikit berbeda dari game-game sejenis lainnya, di YGGDRASIL beberapa player punya kemampuan membentuk sebuah guild yang sangat kuat, bahkan mereka juga bisa menciptakan NPC sesuai keinginan mereka. Selain itu mereka juga bisa menguasai sebuah dungeon (istana/menara/area dalam game yang mempunyai tingkat kesulitan berbeda dan biasanya mempunyai ‘harta karun’) dan bukan cuma menguasai, mereka bisa menambahkan fasilitas dan itu tadi, NPC untuk menjadi penjaganya. Sehingga pada akhirnya guild Ainz Ooal Gown menjadi salah satu guild terkuat dan penguasa dungeon yang disebut sebagai Great Tomb of Nazarik.

Seorang player YGGDRASIL, dan ketua guild Ainz Ooal Gown, Momonga (seiyuu: Hino Satoshi), memutuskan untuk tidak log out dari game tersebut pada saat-saat terakhir sebelum di shut down total. Dalam game itu, avatar yang dia gunakan adalah lich, dan sambil menunggu ‘kematian’ server YGGDRASIL, dia membuka data semua NPC buatan anggota guild lain yang diberi tugas dan keistimewaan masing-masing. Pemimpin dari semua NPC itu adalah Albedo (seiyuu: Hara Yumi), NPC terkuat yang berwujud seperti manusia perempuan dengan sayap dan tanduk di kepala. Sambil iseng, Momonga menambahkan informasi ke dalam data kepribadian Albedo dan menuliskan bahwa Albedo tergila-gila kepada dirinya.

Ketika jam menunjukkan pukul 00:00, Momonga mengira bahwa dia akan ter-logout otomatis dan terbangun di dunia nyata karena YGGDRASIL resmi ditutup. Tetapi yang terjadi adalah dia tetap terbangun di ruangan yang sama, istana yang sama, dan dalam wujud yang sama pula. Dia tidak bisa mengakses menu tindakan, dan para NPC yang seharusnya merupakan program komputer, sekarang menjadi hidup seperti manusia, dan mempunyai perilaku serta perasaan yang nyata (termasuk Albedo yang tergila-gila kepada Momonga akibat ‘pemrograman’ yang dilakukan saat-saat terakhir sebelum server game dimatikan)

Momonga yang dalam kehidupan nyatanya adalah seorang karyawan biasa, tanpa sanak keluarga, akhirnya memutuskan untuk menjadi pemimpin para NPC yang ada dalam istananya dan menjadi penguasa ‘dunia’ baru yang sekarang menjadi ‘tempat tinggalnya’. Dan karena di dunia tersebut avatarnya adalah lich yang merupakan karakter undead, perlahan-lahan Momonga mulai menyadari bahwa perasaan dan empatinya mulai berkurang, tetapi di lain sisi dia menjadi kebal terhadap racun dan tidak membutuhkan makan atau tidur.

 

My thoughts?

Hmm … nggak tau udah ada apa belum, tapi kayaknya sih ada , yang udah mulai nyebut-nyebut SAO atau LH. Sebenernya sih lebih cenderung mirip LH daripada SAO. Cuma di sini sampe episode terbaru (saat ini ditulis), anggota ‘guildnya’ adalah NPC yang jadi hidup, sementara player-nya ya cuma Momonga sendiri, dan wujudnya bukan ‘manusia’ tapi lebih kayak monster jadinya.

Menarik juga sih buat gue, karena kali ini justru tokoh utama malah bercita-cita menguasai dunia, yang biasanya menjadi cita-cita tokoh antagonis. Di awal-awal sih kayaknya dia super power banget, cuma ya belum tau nanti ke belakangnya, pasti (dan harus) ada rival kuatnya, dan feeling gue sih bakalan berupa knight atau ya dari ras manusia lah. Biasanya sih tipe knight ya yang jadi ‘oposisi’ dari lich. 

 

LINKS

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

lebaran-1436

Chaos Dragon: Sekiryuu Seneki

Nil Kamui adalah sebuah kerajaan di sebuah pulau yang kehilangan kemerdekaannya akibat perang yang terjadi antara dua kerajaan besar, D’natia dan Kouran. Kerajaan ini mempunyai dewa pelindung naga merah (Red Dragon) yang tanpa diketahui sebabnya, mengamuk dan menghancurkan sebagian besar wilayah kerajaan yang dilindunginya.

Selain kejadian itu, Nil Kamui juga dikenal sebagai negeri yang kaya akan “masuryuu”, sumber energi yang mendasari berbagai ilmu sihir. Masuryuu juga menjadi sumber terjadinya beberapa fenomena dan memunculkan banyak jenis monster.

 

Keluarga kerajaan Nil Kamui dikenal sebagai Koutoushu yang dikatakan bahwa mereka bukan manusia biasa karena adanya ikatan antara mereka dengan Red Dragon, pelindung kerajaan Nil Kamui. Tetapi setelah “Seven Years War”, dikabarkan bahwa semua Koutoushu telah dibunuh dan lambang kerajaan, Dragon Sword, juga dikabarkan telah hilang. Sampai suatu ketika rombongan pasukan Kouran melewati sebuah kota di Nil Kamui sambil membawa sesuatu yang mereka katakan dapat digunakan untuk menaklukan Red Dragon. Rombongan tersebut melewati pasar di mana di situ Ibuki sedang berbelanja bersama teman-temannya di panti asuhan. Ibuki yang merupakan keturunan keluarga kerajaan Nil Kamui, dan membawa Dragon Sword, merasakan sesuatu yang aneh ketika berada tidak jauh dari benda yang dibawa oleh pasukan Kouran.

 

My thoughts?

Red Dragon ini adalah sebuah proyek role playing fiction di mana pembuatan ceritanya melibatkan 5 nama besar character designers (dengan karakter buatannya masing-masing) yaitu: Urobuchi Gen (Fate/Zero) — Lou Chenfa (seiyuu: Uchida Maaya), Nasu Kinoko (Kara no Kyoukai) — Swallow Crastvalley (seiyuu: Saito Soma), Kougyoku Izuki (Mimizuku to Yoru no Ou) — Eiha (seiyuu: Sawashiro Miyuki), Narita Ryougo (Durarara!!) — Kaguraba (seiyuu: Ishizuka Unshou), dan Simadoriru (anggota the Stripe Pattern, sebuah kelompok doujin) — Ibuki (seiyuu: Inoue Marina).

Liat nama-nama besar itu rasanya sayang juga kalo gak diikutin. Penasaran juga gimana “nyambungnya” cerita antara orang-orang itu karena mereka kan masing-masing punya gaya cerita yang berbeda. Tambahan lagi di anime ini ada suaranya si Sawashiro … hahaha …

 

LINKS

Charlotte

Otosaka Yuu (seiyuu: Uchiyama Kouki) adalah seorang anak yang mempunyai kekuatan supranatural, dia bisa ‘merasuki’ tubuh seseorang selama 5 detik dan kemudian kembali lagi ke tubuhnya yang ‘terdiam’ selama 5 detik itu. Yuu menyadari kekuatannya itu dan dia memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.

Yuu menggunakan kemampuannya untuk mencontek di kelas dan dalam ujian penerimaan sekolah, dia pun melakukan kecurangan itu sehingga dia diterima di salah satu sekolah yang terkenal. Tidak hanya itu saja, Yuu bahkan memanfaatkan kekuatannya untuk menarik hati Shirayanagi Yumi (seiyuu: Nakahara Mai) anak perempuan paling populer di sekolah itu dengan cara ‘membuat’ sebuah kecelakaan dan menjadi penolong Yumi.

Ternyata, perilaku Yuu ini ada yang mengawasi. Suatu hari dia dipanggil oleh ketua organisasi siswa, dan di situ dia ditantang oleh ketua organisasi siswa untuk menjawab soal-soal yang sama seperti sebelumnya tanpa ada orang lain di sekitarnya sehingga Yuu tidak bisa melakukan ‘aksinya’. Ternyata situasi itu adalah sebuah perangkap yang disiapkan oleh Tomori Nao (seiyuu: Sakura Ayane). Nao kemudian memaksa Yuu yang sudah ketahuan berbuat curang untuk pindah sekolah ke Hoshinoumi Gakuen tempat dia bersekolah dan sekaligus menjadi ketua organisasi siswa di sana.

Nao adalah orang yang selama ini mengawasi Yuu. Nao sendiri adalah seorang anak yang juga mempunyai kekuatan supranatural yaitu dia bisa membuat dirinya tidak terlihat oleh satu orang tertentu. Dia mengumpulkan anak-anak dengan kekuatan supranatural ke dalam organisasi siswa Hoshinoumi Gakuen, seperti misalnya Takajo Joujirou (seiyuu: Mizushima Takahiro) yang mempunyai kekuatan untuk bergerak sangat cepat, tetapi dia tidak bisa mengendalikan di mana dia berhenti.

 

My thoughts?

Hmm … Key Visual ya… Udah gitu Maeda Jun … master of nakige  Biasanya ya di awal lucu, atau serius, atau yang lain, tapi ujungnya … bisa berubah drastis ke drama sentimentil. “tearjerker” kata orang mah. Contohnya ya Clannad, Angel Beats!, Kanon, dkk. Cuma Charlotte ini sama seperti Angel Beats!, original langsung jadi anime, sementara yang lain kebanyakan berupa visual novel yang dijadiin anime.

Tapi kayaknya sih boleh juga diikutin. Soalnya si Yuu ini ceritanya ABG narsis yang ya … curang. Dia bener-bener manfaatin kemampuannya untuk kepentingan pribadi yang kebanyakan berupa perbuatan yang tidak baik. Selain itu juga, pengen tau aja kenapa judulnya “Charlotte” … who is she? (assuming that Charlotte refers to a person)

 

LINKS

Rampo Kitan: Game of Laplace

Kobayashi Yoshio (seiyuu: Takahashi Rie) adalah seorang anak sekolah biasa yang karena perawakannya, sering disangka anak perempuan oleh orang-orang. Meskipun demikian dia adalah seorang anak yang cerdas dan tenang. Yoshio mempunyai sahabat baik yaitu Hashiba Souji (seiyuu: Yamashita Daiki), putra seorang konglomerat yang sangat perhatian dan protektif kepada Yoshio.

Kehidupan Yoshio berubah drastis suatu hari ketika dia tersadar di ruang kelasnya, dengan tangan memegang sebuah gergaji yang berlumuran darah. Tidak jauh dari tempatnya sadar, tampak jenazah wali kelas mereka yang sudah dimutilasi dan disusun ulang seperti layaknya sebuah patung pajangan.

Sebagai satu-satunya saksi sekaligus satu-satunya tersangka, Yoshio tetap tenang dan justru sepertinya merasa senang atas terjadinya kasus tersebut karena dia menganggap kejadian ini sebagai sesuatu yang menarik di saat dia merasa bosan dengan keseharian yang dijalaninya. Dan rasa tertarik itu semakin kuat ketika Akechi Kogorou (seiyuu: Sakurai Takahiro), seorang detektif muda yang jenius, datang ke tempat kejadian dan ikut dilibatkan dalam penyelidikan kasus tersebut.

Yoshio bahkan mencoba mencari di mana tempat tinggal Akechi dan mengatakan bahwa dia ingin menjadi asisten Akechi, meskipun Souji menentang keinginan sahabatnya itu. Akechi yang ditemui di rumahnya, mengatakan bahwa ‘permainan’ baru saja dimulai dan dia mengatakan akan menjadikan Yoshio asistennya apabila dia berhasil memecahkan kasus yang sedang dihadapinya.

 

My thoughts?

Menarik juga sebenernya. Apalagi di sini tokoh utamanya diperkenalkan sebagai satu-satunya tersangka dalam kasus pembunuhan. Metode pembunuhannya mengingatkan gue ke kasusnya PSYCHO-PASS yang cerita tentang pembunuhan berantai di mana mayat korban dimutilasi kemudian disusun ulang oleh si pembunuh, seolah-olah sebagai hasil karya seni.

Yang gue tau ini memang terinspirasi karya-karya Edogawa Ranpo, seorang penulis novel misteri dari Jepang dan sekaligus memperingati 50 tahun meninggalnya sang penulis.

Sepertinya gue akan ikutin, meskipun tokoh utamanya terlalu ‘cantik’ penggambarannya dan sahabatnya overprotective … kayak sengaja banget ‘dibuka’ untuk di-salahterjemah-kan …

LINKS

Okusama ga Seitokaichou!

First moe of the summer … Anime moe pertama yang muncul di musim ini maksudnya.

Izumi Hayato (seiyuu: Okitsu Kazuyuki) yang mencalonkan diri menjadi ketua organisasi siswa ternyata harus menerima kekalahan dari Wakana Ui (seiyuu: Taketatsu Ayana) yang memang lebih populer di sekolah karena kemampuan akademis dan penampilan fisiknya. Ditambah lagi dengan program kerja Ui yang menyatakan akan membebaskan hubungan asmara di sekolah sambil … menaburkan kondom di pidato kampanyenya.

Yang lebih mengejutkan lagi bagi Hayato adalah ketika pada malam harinya, Ui datang ke rumah Hayato dan mengatakan bahwa dia akan tinggal di situ bersama Hayato karena dia adalah calon istri Hayato hasil dari perjanjian antara kedua orang tua mereka ketika mereka berdua masih berusia 3 tahun.

 

My thoughts?

Pendek resensinya? Ya gue rasa sih dari segitu aja udah kebaca lanjutannya bakal gimana. Paling ya seputaran gimana mereka hidup berdua, tapi masih ada ‘batasan’ moral(?) jadi kayak iya-iya-nggak-nggak gitu. Lalu gimana kehidupan mereka di sekolah, antara mengakui kalo tinggal berdua atau nggak ngaku (which is mungkin kurang bagus buat ‘citra’ mereka sebagai ketua dan wakil ketua organisasi?), dst.

Of course, I could be wrong meskipun untuk saat ini gue rasa sih itu yang bakalan terjadi ceritanya. Yang jelas, bukan tipe anime yang niat gue ikutin sih, tapi mungkin bisa jadi guilty pleasure aja. Dan perlu diingat juga, anime ini mungkin nuansanya rom-com tapi(!) definitely not for the underage alias 17 tahun ke atas!

 

LINKS

GANGSTA.

Ergastulum adalah sebuah kota yang penuh dengan mafia, preman, pelacur dan bermacam-macam kriminal lainnya. Kehidupan di kota itu penuh dengan kekerasan dan kejahatan, yang bahkan polisi pun terlibat dan kadang malah memanfaatkan situasi yang terjadi.

Di antara para penghuni kota itu, ada 2 orang yang menyebut diri mereka sebagai “handymen” yang bersedia melakukan pekerjaan ‘kotor’ apapun dari siapapun dengan imbalan uang. Mereka sangat hebat dalam melakukan pekerjaannya sehingga banyak pihak yang sering memanfaatkan “jasa” mereka.

Kedua orang itu adalah Nicolas Brown (seiyuu: Tsuda Kenjiro) dan Worick Arcangelo (seiyuu: Suwabe Junichi). Nicolas atau Nic, adalah seorang “Twilight” yaitu seseorang dengan kekuatan yang melebihi manusia biasa akibat hasil uji coba obat. Meskipun sangat kuat, Nic adalah seorang tuna rungu, dia tidak bisa mendengar tetapi mempunyai mata yang sangat tajam dan bisa membaca gerak bibir seseorang. Selalu tampak diam dan membawa samurai, Nic adalah seseorang yang mampu membunuh dengan cepat dan tanpa ekspresi. Sementara Worick adalah partner kerja Nic yang juga berprofesi sebagai gigolo. Worick adalah orang yang biasanya menerima pekerjaan dan bernegosiasi dengan polisi atau pihak yang membutuhkan jasa mereka. Selain itu, Worick juga ahli dalam menggunakan senjata api.

Suatu hari, Kapten Chad Adkins (seiyuu: Kanao Tetsuo) dari kepolisian setempat memberi mereka tugas untuk membasmi satu kelompok baru yang dianggap mengganggu oleh para mafia besar. Dalam prosesnya, Nic dan Worick berhasil menghabisi seluruh anggota geng itu dan meninggalkan Alex Benedetto (seiyuu: Noto Mamiko), seorang pelacur yang tadinya merupakan “milik” geng tersebut. Worick dan Nic memutuskan untuk merekrut Alex (yang nantinya mereka panggil Ally) dan menjadi ‘rekan kerja’ mereka.

 

My thoughts?

Pertama, jelas ini bukan untuk penonton muda, alias 17 tahun ke atas kalo standar Indonesia. Alasannya jelas, dari tema dan lingkungan yang diceritakan, kekerasan, adegan berdarah-darah, dst. Definitely not for the underage. 

Kedua, Ergastulum mengingatkan kepada Roanapur … Hahaha. Kota yang isinya … hmm … ya gitu deh. Crime, sex, and violence is your everyday menu. Secara cerita feel-nya sih memang ke arah dark and mature. Intinya di sini nggak ada pihak yang ‘benar’ dan ‘salah’, yang ada ya siapa yang bisa bertahan hidup. Jadi ya gue rasa kalo kita mengharapkan action, bakalan bisa dapet, tapi kalo untuk filosofi, ya paling dapetnya cuma itu, nggak ada konsep bener/salah atau konsep moralitas. Pacing nya cukup cepet, langsung perkenalan dengan tokoh utama, terus ‘para pemain’ besar di kota (para don mafia) udah dimunculkan, nyisain misteri tentang istilah “dog tag” yang kayaknya ditakutin banget (ini ada kaitannya dengan istilah “Twilight” … *spoiler alert). Jadi kalo dulu suka ama Black Lagoon atau Jormungand, kayaknya serial ini akan memberikan nuansa yang hampir sama.

Maa… tonikaku, kayaknya gue bakalan ikutin ini serial.

 

LINKS

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén