Schwarzesmarken

Spin off dari waralaba Muv-Luv (satu franchise dengan Muv-Luv Alternative: Total Eclipse). Mengambil setting pada masa pemisahan Jerman Barat dan Timur di mana bumi mendapat serangan dari BETA atau sekitar 18 tahun sebelum kejadian di Total Eclipse.

Di Jerman Timur, skuadron 666 TSF yang disebut sebagai Schwarzesmarken (“Black Marks”) merupakan sebuah unit taktis lini depan yang tugasnya adalah menyerang formasi BETA. Secara spesifik unit ini akan menghancurkan tipe Lux dan Magnus Lux sehingga membukakan jalan bagi pasukan bantuan agar dapat mengalahkan BETA.

Unit yang dipimpin oleh Kapten Irisdina Bernhard (seiyuu: Yamamoto Nozomi) ini terkenal sangat tangguh dan selalu memfokuskan diri pada misi yang diberikan kepada mereka, bahkan mereka tidak akan memperdulikan panggilan bantuan yang bukan termasuk dalam misi mereka.

Theodor Eberbach (seiyuu: Suzumura Kenichi) adalah salah satu anggota Schwarzesmarken yang seringkali berkeberatan dengan perintah sang kapten. Dia merasa tidak senang dengan Irisdina karena beredar kabar bahwa Irisdina tega membunuh kakaknya sendiri atas perintah dari Stazi kesatuan khusus Jerman Timur yang terkenal kejam dan selalu memburu dan membunuh orang-orang yang mereka anggap sebagai ancaman dengan dalih demi keamanan negara.

Theodor sendiri sebelumnya merupakan tahanan Stazi karena dia dan keluarganya pernah mencoba melarikan diri dari Jerman Timur, namun orang tuanya tertembak sementara dia tertangkap dan terpisahkan dari adik perempuannya. Karena kejadian inilah maka Theodor sangat membenci Irisdina yang dianggapnya sebagai antek Stazi.

Suatu ketika Schwarzesmarken mendapat tugas untuk menangkap satu unit F-4 milik Jerman Barat yang masuk ke wilayah mereka dan saat itu sedang dikepung oleh BETA. Irisdina memerintahkan Theodor untuk mengeluarkan pilot F-4 dan membawanya ke markas mereka. Pilot itu ternyata adalah seorang perempuan bernama Katia Waldheim (seiyuu: Tanaka Minami). Dia menyatakan bahwa dirinya ingin bergabung dengan Schwarzesmarken dan bersama-sama melawan BETA karena dia berkeyakinan apabila Barat dan Timur bersatu mereka bisa melawan BETA.

Theodor yang diberi tugas untuk menjadi pembimbing Katia merasa bahwa Katia terlalu naif bila tetap berpendapat bahwa mereka harus saling bekerja sama di mana di tempat mereka berada saat ini, mereka bahkan tidak bisa mempercayai orang yang ada di dekat mereka. Katia pun mengakui kepada Theodor bahwa dia mempunyai alasan lain yang membuat dirinya nekat ‘menyeberang’ dan bergabung dengan pasukan Jerman Timur.

My thoughts?

Hmm … Not much to say. Dulu sih ngikuti yang Total Eclipse, nggak tau deh kalo yang ini. Hehehe. Tapi since, at least, it has mecha and action kayaknya sih tetep coba ikutin aja. ^^;

 

LINKS

Boku Dake ga Inai Machi

Fujinuma Satoru (seiyuu: Mitsushima Shinnosuke) adalah seorang pemuda berusia 29 tahun yang sedang berusaha mengatasi keterbatasannya untuk mengekspresikan diri agar dia bisa menjadi seorang penulis manga yang baik.

Meskipun tampak seperti orang normal, tetapi Satoru mempunyai sebuah kemampuan supranatural yang cukup unik dan disebut sebagai “Revival”, di mana dia bisa merasakan bahaya yang akan terjadi dan kemudian melakukan ‘time travel’ ke beberapa saat sebelum bencana/bahaya tersebut terjadi sehingga dia bisa menyelamatkan ‘calon korban’ bencana itu.

Seperti misalnya ketika dia sedang melakukan delivery pizza, dia merasakan akan ada bahaya yang bakalan terjadi. Dia segera melihat keadaan sekelilingnya dan mencari apa atau siapa yang kemungkinan akan terkena bencana. Dia melihat supir truk yang tidak sadarkan diri dan akan menabrak seorang anak kecil yang menyeberang jalan. Satoru pun segera berbalik arah dan akhirnya berhasil menyelamatkan si anak meskipun dia sendiri akhirnya terluka dan harus dirawat di RS.

Selama sakit, ibu Satoru, Fujinuma Sachiko (seiyuu: Takayama Minami) datang dan tinggal di apartemennya. Suatu hari ketika dia sedang berbelanja dengan ibunya, dia merasakan akan terjadi sesuatu dan mengatakan kepada ibunya. Mereka pun kemudian mengamati situasi di sekitar tempat itu tetapi tidak terjadi sesuatu yang berbahaya. Sementara itu, ibu Satoru merasa melihat seseorang yang mencurigakan sedang menggandeng anak kecil. Dia pun teringat kasus penculikan anak kecil 18 tahun lalu yang melibatkan teman sekolah Satoru yaitu Hinazuki Kayo (seiyuu: Yuuki Aoi) yang telah menghilang tanpa berhasil ditemukan.

Suatu hari ketika pulang dari pekerjaannya, Satoru menemukan ibunya telah tewas dibunuh di apartemennya, dan Satoru diduga sebagai pelaku pembunuhan itu. Dia pun berusaha melarikan diri saat akan ditangkap polisi dan dalam kepanikannya itu, dia mengalami Revival. Pada saat tersadar, dia ternyata telah ‘mundur’ ke 18 tahun yang lalu, di saat dia masih kecil dan bertemu dengan Hinazuki Kayo sebelum insiden penculikan terjadi. Satoru kemudian berusaha untuk memecahkan misteri penculikan Kayo dan mencari tahu hubungan kejadian itu dengan apa yang menimpa dirinya di masa depan.

My thoughts?

Konsep time travel biasanya sih sering (dibikin) ribet dan bikin puyeng antara pergi ke masa lalu – hidup di masa sekarang – ketemu masa depan terus apa yang terjadi ketika sejarah diubah dan bagaimana efeknya ke kehidupan berikutnya. Belum lagi konsep si tokoh masa depan yang ketemu ama dirinya di masa lalu, dst, dll, dsb.

Terus terang gue sih tertarik untuk tahu, apa hubungannya kasus si Kayo sama kehidupan Satoru di kemudian harinya, termasuk kasus pembunuhan si ibu. Sama si pembunuhnya kok tau kalo ibunya mencurigai dia pas di tempat parkir swalayan itu.

Btw, judul ini kalau diterjemahkan artinya (kurang lebih): “Kota ini tanpa diriku”, tapi di versi Engrish-nya judul ini diterjemahkan sebagai: “ERASED”. Jadi ya kalau mau browsing, jangan kaget kalo ada anime judulnya ERASED, maksudnya ya anime ini… 🙂

 

LINKS

Dimension W

Pada tahun 2072, dunia yang sedang mengalami krisis energi akhirnya menemukan ‘solusi’. Prof. Yurizaki Shidou (seiyuu: Hashi Takaya) telah berhasil menemukan portal untuk mengambil energi dari dimensi ke-empat yang kemudian disebut sebagai ‘Dimension W’. Tidak diketahui secara pasti apa sebenarnya yang ada di dimensi tersebut, tetapi organisasi yang disebut “New Tesla” kemudian menciptakan jaringan pembangkit energi yang menghasilkan energi tak terbatas yang disebut sebagai “Coils”. Pada saat New Tesla telah berkembang besar, Prof. Yurizaki dikabarkan telah menghilang tanpa ada yang mengetahui di mana keberadaannya.

Seiring dengan banyaknya energi yang diproduksi dan dikendalikan oleh New Tesla, mulai bermunculan energi ilegal, yaitu coils yang diproduksi secara diam-diam dan diperjualbelikan di luar pengawasan New Tesla. Untuk mengatasi peredaran coils ilegal ini, New Tesla seringkali menggunakan jasa Mabuchi Kyouma (seiyuu: Ono Daisuke), semacam bounty hunter, untuk menemukan dan mengumpulkan coils-coils tersebut. Kyouma sendiri adalah orang yang tidak suka dengan coils dan lebih memilih menggunakan ‘energi lama’ yaitu bahan bakar minyak.

Suatu hari ketika sedang melawan sekelompok mafia yang memperdagangkan coils ilegal, Kyouma melihat android perempuan yang ditangkap oleh kelompok tersebut. Ketika sadar, android itu mengira Kyouma akan melukainya dan memukul Kyouma hingga tidak sadarkan diri. Kyouma dibangunkan oleh Albert Schumann (seiyuu: Ishida Akira) temannya yang bekerja untuk New Tesla dan diberitahu bahwa coils ilegal telah hilang. Kyouma kemudian melacak Yurizaki Mira (seiyuu: Ueda Rina), si android perempuan, yang ternyata adalah hasil karya Prof. Yurizaki dan selama ini hidup bersamanya di sebuah apartemen di tempat yang terpencil. Mira sepertinya mencuri coils ilegal itu untuk dibawa ke tempat Prof. Yurizaki yang tampak sedang dalam kondisi sangat lemah.

Pada saat yang bersamaan, Albert berhasil menemukan dan mengepung apartemen tempat Prof. Yurizaki bersembunyi. Dia meminta Prof. Yurizaki untuk menyerahkan diri dan kembali ke New Tesla bersama dirinya. Prof. Yurizaki menolak dan mengatakan bahwa dia ingin membalas perlakuan mereka yang telah membunuh anak dan istrinya serta berusaha membunuh dirinya sehingga kemudian dia melarikan diri dan bersembunyi di situ.

Mira meminta kepada Kyouma untuk melepaskan dirinya agar dia bisa kembali ke Prof. Yurizaki tetapi Prof. Yurizaki telah meledakkan dirinya sendiri agar tidak ditangkap oleh Albert. Setelah ledakan tersebut, terjadi gangguan pada sistem coils sehingga Mira mendadak berhenti berfungsi. Kyouma kemudian membawa Mira ke tempat rekan kerjanya yang berhasil ‘menghidupkan’ Mira dan ketika sadar, Mira meminta kepada Kyouma untuk dijadikan partnernya dalam memburu coils ilegal.

My thoughts?

Kayaknya sih masih lebih bagusan daripada Active Raid (belum nulis … hehehe). Kalo ini ngikutin alur “umum”, biasanya entar ada chemistry antara Mira sama Kyouma. Atau mungkin Mira itu ya … *possible spoiler alert!!* anaknya Prof. Yurizaki yang ‘dihidupkan’ kembali dalam bentuk android. Mungkin udah luka parah banget, dan satu-satunya cara menyelamatkan ya dengan di-android-kan. Soalnya di situ ceritanya si Mira ini bisa nangis dst, sesuatu yang juga diperhatikan oleh Kyouma.

Anyway, kayaknya ngikutin anime ini. 

 

LINKS

Luck & Logic

Hmm … konsep ‘Logic’ di anime ini kayaknya nggak bisa dijelaskan dengan logika karena memang bukan sesuatu yang logis … eh … 

2 tahun sebelum setting anime dimulai, Tsurugi Yoshichika (seiyuu: Ono Kenshou) adalah seorang pemuda dengan kemampuan khusus yang disebut sebagai ‘Logicalist’ di mana dia bisa melakukan apa yang disebut ‘Trance’, dan ‘bergabung’ dengan dewa tertentu yang ‘mengikat kontrak’ dengan dirinya. Dalam mode trance ini Yoshichika bisa menggunakan kekuatan si dewa dan mengalahkan mahluk asing yang muncul dari Paradox Zone untuk menyelamatkan dunia manusia.

Pada saat itu di Hong Kong, dia harus menghadapi mahluk asing yang sangat kuat sehingga dia terpaksa melakukan ‘Over Trance’ yang sebenarnya dilarang karena bisa membahayakan nyawanya. Setelah berhasil mengalahkan mahluk itu, Yoshichika kehilangan kemampuannya sebagai Logicalist. Setelah kejadian di Hong Kong dan kehilangan kemampuannya, Yoshichika kemudian menghilang dan memilih untuk tinggal bersama ayah dan adiknya sebagai ‘warga biasa’.

Sampai suatu ketika saat dia sedang berbelanja bersama adiknya, muncul mahluk dari Paradox Zone dengan level yang cukup tinggi yaitu 7,2. Yoshichika yang mencoba mengalihkan perhatian mahluk itu dari adiknya dan seorang anak kecil lain, ditolong oleh seorang perempuan yang mengaku sebagai Athena (seiyuu: Uesaka Sumire) yang mengembalikan kemampuan Yoshichika sebagai Logicalist dan memintanya untuk membuat ‘kontrak’ dengan dirinya. Yoshichika pun memenuhi permintaan Athena dan mereka akhirnya berhasil mengalahkan mahluk tersebut dengan bantuan Logicalist yang lain.

Yoshichika pun akhirnya direkrut oleh ALCA (Another Logic Counter Agency) dan dia harus tinggal di kantor ALCA bersama dengan Athena dan Logicalist lainnya.

My thoughts?

Another harem-type anime? Kalo karakter yang muncul di episode 1 sih iya … Gimana nggak, wong si cowok itu satu-satunya yang … cowok.  Yah di daftar karakter cowok lainnya cuma si Olga, dan kayaknya sih bakalan anti sama Yoshichika. Anyway, masih nimbang-nimbang mau ikutin atau nggak. Hehehe kayaknya sih lumayan kalo buat hiburan.

 

LINKS

Divine Gate

Sebelum mulai nulis ini, sempet liat dulu ke website resminya. Yang jelas pasti browsing daftar karakter. Dan ternyata … banyak bener karakternya!  Ada sekitar 30 karakter … Jadi rada males juga …

Divine Gate adalah sebutan untuk sebuah ‘pintu gerbang’ yang menghubungkan dunia manusia, dunia demons (siluman?), dan dunia fairies (peri?). Tetapi sebenarnya (diduga) belum pernah ada yang benar-benar melihat gerbang itu dan menurut legenda, siapa yang bisa membuka pintu gerbang itu maka dia bisa mengubah dunia.

Diceritakan bahwa gerbang itu pernah terbuka sehingga terjadi kekacauan akibat ‘pertemuan’ antara ketiga dunia yang berbeda tadi. Untuk mengatasi hal itu maka terbentuklah “World Council” yang dipimpin oleh para petinggi dari ketiga dunia tersebut. Sementara itu, mereka yang dianggap mempunyai kemampuan khusus direkrut untuk menjaga perdamaian yang telah berhasil dicapai. Tetapi masing-masing dari mereka mempunyai keinginan untuk bisa menemukan gerbang tadi untuk kepentingan mereka.

Pada suatu hari, di sebuah kereta penumpang ada seseorang yang membuat kekacauan dan dia bisa menggunakan elemen api. Tiba-tiba muncul seorang pemuda yang bisa menggunakan elemen air dan berhasil melumpuhkan orang tersebut dengan mudah sebelum Midori (seiyuu: Itou Kanae) dan Akane (seiyuu: Kakihara Tetsuya), 2 orang anak yang direkrut oleh World Council tiba di tempat kejadian.

Pemuda yang bernama Aoto (seiyuu: Saito Soma) itu sebenarnya sudah beberapa kali diminta untuk bergabung oleh Arthur (seiyuu: Nakamura Yuuichi), salah satu petinggi World Council namun Aoto selalu menolak. Arthur akhirnya mengajak Aoto sekali lagi tetapi kali ini dengan tawaran bahwa dia bisa memberi tahu Aoto apa yang sebenarnya terjadi pada waktu Aoto masih kecil di mana kedua orang tuanya terbunuh dan dia dituduh sebagai pembunuhnya.

Sementara itu, Akane dan Midori diberi tugas oleh pembimbing mereka untuk menemui Aoto dan mengajaknya bekerja sama sebagai satu tim.

My thoughts?

Hmm … berasa kayak nonton another RPG game ya. Atau ini memang ada game-nya? Belum sempet searching sampe situ sih. Tapi yang jelas di episode 1, gue merasa ini anime bakalan so – so aja, soalnya karakter yang muncul rada-rada stereotype semua; cold and loner (water), fiery and brave (fire), calm and friendly (wind), bahkan beberapa nama mereka juga sesuai warna elemennya (aka = merah, ao = biru, midori = hijau), trus ada tipe mysterious and enigmatic leader (si Arthur), sampe ke yang “I don’t like the new guy”-type juga ada tuh di sini, dan masih banyak lagi gue rasa yang lain, toh ada 30 karakter ini dalam daftar … hehehe …

FYI, itu di atas cuma ambil 9 karakter aja dari 30 (like I said, males … ). Dan yang 2 memang di situs resminya nggak ditulisin nama romaji-nya, tapi yang api (merah) itu namanya Ifrit (seiyuu: Koshimizu Ami) dan yang air (biru) itu Undine (seiyuu: Fuchigami Mai)

 

LINKS