Youjo Senki

Pada era 1910-an ada sebuah kerajaan yang disebut Empire dan kerajaan ini mempunyai kemajuan teknologi dan militer yang cukup pesat, tetapi meskipun demikian, lambat laun kerajaan-kerajaan lain di sekitarnya pun semakin lama semakin kuat. Pada awalnya, Empire menerapkan apa yang mereka sebut sebagai Plan 315, di mana pihak militer menempatkan basis-basis militer kecil di sepanjang perbatasan sementara kekuatan utama militer bersifat mobile dan bergerak menuju masing-masing basis sesuai kebutuhan. Dengan makin kuatnya kerajaan-kerajaan lain, strategi ini mulai mengalami kesulitan untuk diterapkan dan Empire mengalami kesulitan mempertahankan wilayahnya.

Di daerah perbatasan yang bernama Rhine, pasukan Empire mulai terdesak mundur. Ketika mereka sedang dalam kondisi yang parah, datang pasukan mage yang dikirim untuk membantu mereka menarik mundur pasukan. Pasukan mage tersebut dipimpin oleh seorang anak perempuan berusia 9 tahun bernama Tanya Degurechaff (seiyuu: Yuki Aoi). Tanya adalah seorang mage berpangkat letnan dua dengan kekuatan sihir yang mampu meledakkan pasukan artileri musuh dan memukul mundur pasukan mereka sementara pasukan Empire mundur ke garis belakang. Meskipun masih sangat muda, tetapi Tanya menunjukkan sikap yang sangat dingin kepada anak buahnya dan cenderung tampak kejam. Kekuatan dan sifatnya itu membuat dirinya dijuluki sebagai Rhine no Akuma (the Devil of Rhine).

Kejadian yang sesungguhnya adalah, pada tahun 2013 ada seorang pegawai kantoran yang hidup di Jepang. Dia adalah orang yang tidak percaya adanya Tuhan dan lebih memilih untuk menyebut Tuhan sebagai ‘Being X’. Sebagai hukumannya, Tuhan kemudian me-reinkarnasi pria itu ke sebuah dunia yang menyerupai Eropa pada era 1910-an sebagai Tanya, seorang anak 9 tahun yang mempunyai kekuatan magis. Dia ‘dihukum’ dan ‘diharuskan’ untuk meninggal secara wajar dan jika tetap tidak percaya kepada Tuhan, maka dia akan dimasukkan ke neraka. Untuk menyelamatkan dirinya dari hal tersebut, Tanya kemudian berusaha keras untuk mencapai posisi yang tinggi sehingga dia tidak perlu maju dan tewas di medan perang.

 

My thoughts?

War. Magic/witchcraft. Europe. “Germany”. 1910-ish. Okay … gue pernah baca kalo salah seorang pelaku sejarah pada jaman tahun segitu ada yang sangat percaya pada hal-hal yang bersifat legenda/mistis/supranatural. Dan setelah season lalu nonton Izetta, sekarang muncul lagi dengan latar belakang era yang sama. Nggak, nggak ngebandingin kok. Basic ceritanya juga beda, cuma kebetulan ada beberapa tema yang mirip.

Nonton episode pertama pasti belum ada info soal paragraf terakhir di atas, dan kenapa tetep ditulis juga, karena pada saat ini ditulis udah episode 4 dan penjelasan soal salaryman itu adanya di episode 2. Agak bersyukur juga nggak nulis dari awal, soalnya agak ribet ngejelasinnya di awal kalo sebenernya Tanya itu adalah reinkarnasi dari orang Jepang yang hidup di tahun 2000-an (2013). Kenapa ke era PD I? Nggak tau juga. Mungkin untuk dikaitkan ama seorang tokoh yang mirip-mirip sama pelaku sejarah yang tadi disebut? Atau mungkin kalo dijamankan sekarang, susah menggambarkan perangnya, udah pada pake tombol jadi kemunculan mage nggak ada tempatnya lagi. 

Intinya, Tanya harus bisa menyelamatkan dirinya, tetapi di dunia yang sedang dilanda peperangan itu, ya udah pasti nggak mudah. Ditambah lagi, ‘campur tangan’ Tuhan membuat Tanya yang tadinya berharap bisa mundur dari medan perang setelah terluka harus kecewa. Dia ternyata harus kembali lagi ke medan perang karena jewel type 95, batu sihir yang tadinya dianggap tidak stabil, berkat ‘campur tangan’ Tuhan menjadi stabil dan hanya bisa digunakan oleh Tanya, jadi ya oleh pihak militer dia dikaryakan lagi.

Mungkin di sini ceritanya ingin menunjukkan bahwa si salaryman (sebagai Tanya) itu akan menggunakan cara-cara yang keliatannya ‘kejam’ dan tidak berperasaan demi mencapai apa yang dia inginkan. Dan itu sebenernya menggambarkan apa yang terjadi bahkan di masa sekarang, di mana banyak orang mau dan mampu melakukan apapun untuk kepentingannya sendiri … karena ya si salaryman ini bahkan ngejorokin supervisor nya ke depan kereta yang sedang melaju  (School Days anyone?) … Hmm … definitely not your typical salaryman, right? 

 

LINKS

ACCA: 13-ku Kansatsu-ka

Dowa adalah sebuah kerajaan yang terdiri dari 13 negara bagian. Sekitar 100 tahun yang lalu pernah terjadi kudeta dan akhirnya setelah sebuah perjanjian perdamaian, dibentuklah ACCA, sebuah organisasi yang membawahi semua negara bagian tersebut dan bertugas menjaga perdamaian dan ketertiban di seluruh kerajaan. ACCA mempunyai beberapa cabang organisasi dan salah satu diantaranya adalah Departemen Pengawasan (Inspection Agency) yang tugasnya adalah mengawasi dan mengaudit para personil dalam organisasi-organisasi di bawah ACCA dan mendeteksi ada atau tidaknya penyimpangan yang dilakukan oleh para personilnya.

Jean Otus (seiyuu: Shimono Hiro) adalah salah satu anggota Departemen Pengawasan ACCA dan merupakan wakil ketua dalam organisasi itu. Jean tinggal bersama dengan adiknya, Lotta Otus (seiyuu: Yuuki Aoi) di sebuah apartemen mewah di mana adiknya adalah pengurus gedung apartemen. Dia adalah seorang pemuda yang selalu tampak seperti orang yang tidak peduli, suka merokok (tembakau adalah salah satu komoditas yang dianggap mewah di Dowa, jadi tidak semua orang bisa menikmati), tetapi sebenarnya dia sangat teliti dalam melakukan pekerjaannya.

Suatu hari Departemen Pengawasan mendapat kabar bahwa 5 orang pejabat tertinggi ACCA yang dipimpin oleh Grossular (seiyuu: Suwabe Junichi) memutuskan untuk menutup Departemen Pengawasan karena dianggap bahwa kondisi kerajaan saat ini berada dalam situasi yang damai dan tertib sehingga tidak perlu lagi diadakan pengawasan rutin. Pada saat yang bersamaan, sebagai ‘tugas terakhir’, Jean membongkar pelanggaran yang dilakukan oleh personil ACCA di salah satu kantor cabang Departemen Pengawasan sendiri.

Setelah kasus tersebut terbongkar, tiba-tiba diputuskan bahwa Departemen Pengawasan tidak jadi dibubarkan dan dilanjutkan kembali tetapi Jean mendapat tugas yang lebih berat. Ketika Jean sedang menjalankan tugasnya, dia melihat bahwa salah satu pejabat ACCA, Mauve (seiyuu: Tanaka Atsuko) juga sedang melakukan inspeksi mendadak. Sementara itu, di kota tempat tinggal Jean sedang marak kasus pembakaran yang misterius dan Jean sendiri merasa dirinya selalu diawasi oleh seseorang.

Grossular menyatakan kepada ke-4 pimpinan yang lain bahwa perubahan-perubahan yang terjadi saat ini memang sudah diawasi sebelumnya dan dia mengatakan bahwa dia telah mendapat informasi yang menyatakan bahwa saat ini sedang ada rencana kudeta lagi dan bahwa Jean Otus merupakan salah satu orang yang dicurigai mendalangi rencana kudeta tersebut.

 

My thoughts?

Kayaknya seru nih.  Most likely gue ngikutin, karena gue biasanya suka yang model beginian, apalagi kalo dibumbui pake plot conspiracy theory hehehe. Dan pace-nya agak cepet juga sih, kayak misalnya baru episode awal udah dikasih teaser berupa siluet orang yang akan diutus oleh Top 5 untuk ‘memata-matai’ Jean. 

Mungkin sengaja dibikin cepet karena akan dibikin cuma 13-an episode aja kali ya? … tapi kalo eksekusinya bagus dan nggak terburu-buru, why not? 

 

LINKS

Trivia: Shoshinsha

Buat yang sering nonton anime, atau pernah ke Jepang, mungkin pernah liat stiker berbentuk huruf V dengan warna hijau dan kuning ditempel di kendaraan mereka. Stiker itu bukan merk dagang sebuah produk atau logo pabrikan kendaraan yang dipakai oleh si karakter anime.

Stiker itu adalah lambang yang disebut Shoshinsha (初心者マーク) atau kadang disebut sebagai Wakaba (若葉マーク). Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1972, stiker ini dimaksudkan untuk memberi tanda bahwa yang mengemudikan kendaraan tersebut adalah seorang pengemudi yang baru saja mendapatkan ijin mengemudi, alias seseorang yang masih baru atau baru saja dinyatakan bisa mengemudikan kendaraan. Dan stiker ini wajib dipasang minimal satu tahun dari sejak dia mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) nya.

Kalau kebetulan lagi ada di Jepang, atau mungkin juga lagi nyetir di Jepang, dan ketemu dengan kendaraan yang berstiker semacam itu, diharapkan untuk berhati-hati karena orang yang mengemudikan kendaraan itu belum berpengalaman.

Jadi kalo ada yang ingin ‘gaya-gayaan’ pake stiker ini ditempel di mobilnya, berarti dia lagi ‘bergaya’ sebagai orang yang baru bisa nyetir. 

 

Buat dibaca-baca:

ChaoS;Child

Pada tanggal 6 November 2009 telah terjadi sebuah gempa yang memporak porandakan Shibuya dalam semalam. Bencana tersebut menimbulkan banyak pertanyaan karena daerah-daerah di sekitar gempa sama sekali tidak terpengaruh dan tidak mengalami kerusakan padahal kerusakan yang terjadi di Shibuya sangat parah. Banyak teori yang bermunculan mengenai fenomena tersebut bahkan ada pendapat yang mengatakan bahwa kejadian itu bukanlah bencana alam tetapi merupakan perbuatan manusia/seseorang. Selain itu, banyak korban selamat yang mengatakan bahwa pada malam kejadian itu mereka melihat sebuah cahaya yang sangat terang tepat sebelum gempa terjadi tetapi banyak pula yang meragukan hal tersebut dan cenderung menganggap bahwa kesaksian itu hanya merupakan khayalan orang-orang yang mengalami stres akibat kejadian yang menimpa mereka.

6 tahun setelah kejadian itu, Miyoshita Takuru (seiyuu: Matsuoka Yoshitsugu) yang merupakan salah satu anggota klub koran sekolah sedang terobsesi dengan menyelidiki kasus-kasus kematian aneh yang terjadi di sekitar kota tempat dia dan teman-temannya bersekolah. Sejauh ini dia sudah mendapatkan 2 kasus kematian yang misterius di mana kasus yang pertama adalah seorang video blogger menayangkan secara live streaming kegiatannya di depan webcam, dan tanpa ada yang tahu apa yang terjadi, tiba-tiba dia sudah kembali ke depan kamera, membawa potongan tangannya sendiri kemudian memakan jari-jarinya. Setelah itu dia ditemukan tewas karena kehabisan darah dan hasil penyelidikan menyimpulkan bahwa kasus tersebut adalah kasus bunuh diri. Kejadian kedua adalah kematian seorang musisi jalanan yang tiba-tiba meninggal ketika sedang menyanyi di depan para pejalan kaki. Hasil penyelidikan dan otopsi jenazah menemukan bahwa ternyata korban sebelumnya telah membeli cutter dan lakban, kemudian menyayat perutnya sendiri lalu memasukkan sebuah speaker ke dalamnya kemudian menutup luka tersebut dengan lakban.

Obsesi Takuru untuk menyelidiki kasus-kasus ini membuat khawatir saudara angkatnya, Kurusu Nono (seiyuu: Sarah Emi Bridcutt) yang juga merupakan wakil ketua organisasi siswa di sekolah mereka. Nono mengkhawatirkan keselamatan Takuru yang selalu memburu kasus-kasus sejenis bahkan sampai mendatangi tempat kejadian untuk mendapatkan foto atau apapun yang bisa dijadikan bahan untuk dibahas di klub mereka. Ketika sedang berdebat dengan Nono, Takuru kemudian menyadari bahwa 6 tahun yang lalu, pada tanggal-tanggal tertentu telah terjadi 7 kasus kematian misterius di Shibuya. Dan ketika tanggal-tanggal tersebut dicocokkan, ternyata 2 kasus kematian yang sedang mereka bicarakan telah terjadi pada tanggal dan urutan yang sama seperti 6 tahun lalu. Berdasarkan pemikiran ini, Takuru memperkirakan bahwa hari itu akan terjadi kasus kematian misterius yang ketiga.

Untuk membuktikan ‘teori’nya itu, Takuru dibantu oleh Onoe Serika (seiyuu: Uesaka Sumire) sesama anggota klub-nya mencoba menyelidiki sebuah kasus yang baru saja terjadi di sebuah hotel. Mereka berdua menyusup masuk ke dalam kamar yang dicurigai sebagai lokasi kejadian dan menemukan 2 orang laki-laki yang sudah tewas dan seorang anak perempuan yang masih hidup. Takuru dan Onoe yang panik segera berusaha keluar dari kamar itu tetapi pintunya tidak bisa dibuka, sementara Takuru sendiri sempat merekam semua kejadian itu ke dalam ponselnya sebelum dia pingsan dan ditemukan oleh polisi. Tanpa sepengetahuan polisi, Onoe sempat mengupload video tersebut ke penyimpanan daring sehingga mereka tetap memiliki rekaman tersebut meskipun polisi telah menghapus semua data dalam ponsel Takuru. Ketika Takuru dan Onoe melihat kembali rekaman tersebut mereka menemukan semacam stiker di dinding lokasi kejadian yang berbentuk gambar seorang pesumo yang sebelumnya pernah dilihat Takuru dalam kasus-kasus yang lain.

Sementara itu, anak perempuan yang ada di lokasi kejadian adalah seorang siswa sekolah Takuru yang bernama Arimura Hinae (seiyuu: Mimori Suzuko). Mengetahui hal itu, Takuru pun kemudian mencoba mencari tahu tentang Hinae di sekolah dan ternyata dia adalah ketua klub literatur, dan ketika tahu bahwa Takuru adalah orang yang berada di lokasi kejadian pada waktu itu, Hinae mengatakan bahwa Takuru tindakannya itu akan mengakibatkan dia terbunuh.

 

My thoughts?

Ini sebenernya kelanjutan dari ChaoS;Head, jadi kalo dulu ada yang suka ChaoS;Head ya mungkin akan berminat nonton ini. Atau yang seneng cerita model bizarre atau agak-agak mind-bending dan njelimet.  Cuma pastiin aja nggak keberatan sama kepusingan dan keruwetan jalan ceritanya. Kalo soal pembunuhannya sih nggak terlalu terang-terangan kok deskripsinya, tapi ya ada lah adegan darah-darah muncrat nya. Not suitable for children underage.

Terus terang dulu nggak ngikutin ChaoS;Head, so untuk yang ini ya ragu-ragu mau nonton apa nggak. Hahaha.

Btw, episode pertama memang panjang, karena isinya ada 2 cerita, separuh awal menceritakan 7 pembunuhan misterius di tahun 2009, separuh yang kedua menceritakan 6 tahun kemudian pas Takuru sudah gede.

 

LINKS

Trivia: Akiba’s Trip The Animation

Dalam anime Akiba’s Trip The Animation episode 2, diceritakan Tamotsu, Matome, dan Arisa mengunjungi sebuah toko yang menjual segala sesuatu yang berbau militer. Menurut Arisa, hal-hal yang berbau militer memang sedang populer karena orang-orang sedang menyukai Admiral Connection dan Tank Girls. Kedua judul yang disebut Arisa itu kemungkinan dimaksudkan untuk menyebutkan 2 anime yang memang berbau militer dan sepertinya memang cukup populer di dunia nyata yaitu Girls und Panzer dan Kantai Collection.