Beberapa waktu lalu, muncul kabar bahwa Warner Bros. sudah mendapatkan lisensi untuk memboyong Sentou Yosei Yukikaze ke Hollywood. Ini berarti nambah satu lagi dari sekian banyak judul yang ingin diadaptasi oleh Hollywood. Cuma, untuk beberapa saat berita ini menjadi tidak jelas karena belum ada tindak lanjut sehingga tidak ada informasi kapan akan mulai diproduksi, apalagi kapan akan dirilis. Tapi sekitar 2-3 bulan yang lalu, muncul kabar bahwa Warner Bros sudah menunjuk Dan Mazeau untuk menulis naskah adaptasi Yukikaze, dan bahwa Tom Cruise akan menjadi pemeran utama film itu nantinya.

Yukikaze

Yukikaze adalah karya dari Kambayashi Chohei yang pernah diangkat dalam format OVA (Original Video Animation) pada tahun 2002 – 2005 yang terbagi dalam 5 episode dan dikerjakan keroyokan oleh Gonzo, Bandai Visual dan Victor Entertainment untuk memperingati 20 tahun Bandai Visual. Menceritakan tentang peperangan antara manusia dengan alien (yang disebut sebagai JAM) di awal abad 21. Peperangan ini sebenarnya sudah dimulai sejak 30 tahun yang lalu, tetapi kejadian itu dirahasiakan dan United Nations (PBB) membentuk sebuah unit khusus yang menggunakan pesawat tempur canggih dengan nama Fairy Air Force (FAF). Tokoh utama dalam anime ini adalah Letnan Dua Fukai Rei yang merupakan anggota Boomerang Squadron dan mengendalikan pesawat intai canggih yang mempunyai AI (Artificial Intelligence) yang sangat cerdas dengan kode “Yukikaze”. Anime ini mengisahkan bagaimana Rei dan Yukikaze berusaha mengalahkan para alien yang terus berupaya menyerang bahkan mereka pun bisa membuat clone manusia dan menyusupkan mata-mata ke dalam FAF.

Yukikaze ini salah satu anime yang mempunyai adegan dogfight yang keren, saingan sama Macross Plus (yes, Macross Plus punya adegan dogfight yang keren juga, lebih keren malah … oops, personal opinion hehehe). Bahkan anime ini menang penghargaan Tokyo Anime Award untuk kategori OVA. Penghargaan yang mulai diadakan pada tahun 2002 ini mencatat ada 3 anime yang menang 2 kali dalam kategori OVA dan Yukikaze adalah salah satunya selain dari Diebuster (2005 dan 2007) dan Kidou Senshi Gundam Unicorn (2011 dan 2012).

Yukikaze-2

Kalo ngeliat yang ambil adalah Warner Bros, dan yang main adalah Tom Cruise, rasanya sih nggak bakalan ngawur ngerjainnya. Apalagi ini seperti napak tilas kali ya buat Tom Cruise. Kan dia awal-awal ngetopnya karena Top Gun, yang notabene ya cerita tentang pilot pesawat tempur juga. Untuk Dan Mazeau sendiri sih yang tercatat ya dia pernah nulis script untuk Wrath of the Titans, semoga aja adaptasi yang dia buat juga bagus nantinya. Kalo soal special effects, gue rasa sih Hollywood bisa lah, asal budget nya cukup soalnya dogfight di Yukikaze sayang kalo dibikinnya nggak serius.

Tinggal pertanyaannya … Apakah Tom Cruise, kalau jadi tokoh utama, akan tetap menggunakan nama Fukai Rei? 

Dan nggak tau sengaja atau nggak, tapi di salah satu episode Yukikaze, diceritakan Ms. Jackson, seorang penulis yang membuat buku tentang perang “fairy” itu, diwawancara dan salah satu pertanyaannya adalah bahwa dikabarkan buku karyanya akan segera diadaptasi oleh Hollywood untuk dijadikan sebuah film. Nah … sama kan?