Bathyscaphe!! 

 

aokihagane

Di masa depan, sebagai akibat dari pemanasan global dan peningkatan permukaan air laut, sebagian besar bumi sudah tertutup lautan dan daratan semakin menyempit. Di dunia yang mulai didominasi lautan itu, manusia menghadapi musuh baru yang disebut sebagai Fleet of Fog. Fleet of Fog ini terdiri dari armada kapal perang yang belum diketahui dari mana asal usulnya, tetapi mereka mempunyai teknologi dan persenjataan yang jauh lebih kuat daripada yang dimiliki manusia. Pada akhirnya manusia kalah dan sama sekali tidak bisa menjelajah lautan sehingga mengakibatkan putusnya hubungan antar benua di dunia.

 

Chihaya Gunzou (seiyuu: Fukuyama Jun) adalah seorang murid di pendidikan angkatan laut yang namanya masuk dalam daftar siswa terpilih. Para siswa terpilih ini dibawa ke fasilitas milik angkatan laut dan mereka diajak untuk melihat rahasia milik angkatan laut yaitu sebuah kapal selam berwarna biru yang merupakan kapal selam dari pihak Fog yang berhasil “ditangkap” manusia. Tetapi meskipun sudah “menyimpan” kapal tersebut selama 7 tahun, manusia tetap belum bisa mempelajari apa-apa karena kapal itu tertutup rapat dan tidak bisa ditembus dengan apapun. Ketika Gunzou menyentuh badan kapal tersebut, secara mendadak kapal menunjukkan tanda-tanda aktivasi.

Keesokan harinya di sekolah, tiba-tiba muncul seorang anak perempuan yang mengaku bernama Iona (seiyuu: Yuki Aoi) dan mencari Gunzo. Iona meminta Gunzou untuk menemuinya di pelabuhan. Ketika bertemu, Iona mengatakan bahwa dia adalah sebuah mesin perang dan misi yang diserahkan kepadanya adalah untuk membantu mewujudkan keinginan Gunzou. Dari sinilah Gunzou mengetahui bahwa Iona bukanlah manusia biasa tetapi dia adalah ‘wujud’ manusia dari kapal selam warna biru yang berkode I-401. Mereka berdua akhirnya kabur dari pelabuhan itu.

Ketika Jepang hendak meluncurkan pesawat yang membawa rancangan senjata terbaru, mereka diserang oleh kapal Fog. Mendadak I-401 muncu dan berhasil mengalahkan musuh. Gunzou dan rekan-rekannya muncul di situ atas permintaan dari seorang agen pemerintah. Setelah berhasil mengusir lawan, Gunzou kembali menemui sang agen, dan sang agen mengatakan bahwa pesawat tersebut telah hancur sebelum berhasil membawa rancangan senjata terbaru Jepang ke Amerika. Ia meminta Gunzou dan rekan-rekannya untuk membawa senjata baru tersebut ke Amerika untuk diproduksi massal karena hal itu tidak bisa dikerjakan oleh Jepang yang sudah kehabisan sumber daya. Gunzou menyetujui tugas itu dan bersama awak kapalnya berlayar menuju Amerika dan ternyata dalam perjalanan, awak I-401 tidak hanya harus berhadapan dengan Fleet of Fog, tetapi juga dari pihak manusia sendiri.

 

My thoughts?

Kapal yang bermanifestasi ke wujud manusia … otomatis yang teringat adalah Bathyscaphe (ama Haruna … ). Ada yang inget?

Gue biasanya seneng sih yang sifatnya perang antar kapal begini. Yang jelas pengen liat di anime ini, Yamato. Yamato kan kapal kebanggaan armada Jepang (pada eranya) dan merupakan kapal perang terbesar.

Hal lain yang gue pengen liat adalah bahwa Iona adalah ‘pengkhianat’ dari pihak Fog, sementara Gunzou sendiri juga tidak memihak pemerintah Jepang. Bahkan ada kabar bahwa Chihaya Shouzo, ayah Gunzou telah berkhianat dan sekarang memihak Fog. Jadi ada ‘barter’, dan rasanya nanti Gunzou akan berhadapan dengan ayahnya.

And for those who don’t know, Bathyscaphe adalah nama kapal perang luar angkasa dan dalam kesehariannya dia tampil dalam wujud manusia. You can find her in “Narue no Sekai”. Di situ juga ada kapal Haruna, cuma … agak beda ama Haruna yang di Aoki Hagane. 

 

Links