the-fool-newtype

Apa yang terjadi ketika tokoh-tokoh legendaris dari dunia Barat, bertemu dengan tokoh-tokoh yang berasal dari dunia Timur? Ditambah lagi dengan setting latar belakang budaya dan teknologi yang benar-benar berbeda dengan yang kita kenal di dunia nyata?

Dikisahkan bahwa pada awal penciptaan, terbentuklah 2 planet yaitu planet Timur dan planet Barat yang terhubung dengan Amanohashidate (Bridge of Heaven). Masing-masing planet mengalami perubahan sejarah dan akhirnya hubungan antara keduanya terputus. Planet Barat mengalami peperangan panjang sebelum akhirnya mereka mencapai perdamaian dan bernaung di bawah satu raja, King Arthur. Dengan begitu, planet Barat mengalami kemajuan lebih pesat dalam berbagai bidang.

the-fool-west-dragon

Sementara itu di planet Timur, peperangan masih terus terjadi antara para pemimpin yang ingin saling menguasai. Sebagai akibatnya, planet Timur cenderung masih berada dalam masa-masa kekacauan dan selalu berperang satu sama lain.

Jeanne Kaguya D’Arc (seiyuu: Hikasa Youko) adalah seorang perempuan dari planet Barat yang selalu bermimpi bahwa dia akan bertemu dengan yang disebut sebagai penyelamat dunia (Star Messiah) yang akan menyelamatkan kedua dunia itu. Dia sendiri diramalkan akan menjadi seseorang yang akan menyelamatkan dunia meskipun sebagian besar masyarakat tidak mempercayainya. Sebagai akibatnya, Jeanne sering dikucilkan oleh masyarakat karena dianggap sebagai orang sesat.

Suatu ketika datang seorang pria yang mengajak Jeanne untuk menyelidiki kebenaran mimpi-mimpi Jeanne dengan cara mendatangi planet Timur. Dia adalah Leonardo da Vinci (seiyuu: Sugita Tomokazu), orang yang dikatakan sebagai “The One Who Observes The World“, di mana bagi Leonardo, apa yang terjadi (dan akan terjadi) merupakan sesuatu yang ingin dia pelajari dan dia mendapatkan ijin dari King Arthur untuk melaksanakan hal itu. Sekaligus dia ingin menguji coba sebuah mecha buatannya yang dikatakan merupakan salah satu mecha terkuat yang pernah diciptakan. Dengan bantuan Magellan (seiyuu: Matsuoka Yoshitsugu), mereka pergi ke planet Timur tetapi tiba-tiba Jeanne merasa mendapat sebuah ‘panggilan’. Da Vinci pun membantunya untuk pergi sekaligus membawa mecha buatannya. Hal ini membuat mereka berdua dikejar oleh pasukan planet Barat.

the-fool-east-dragon

Di planet Timur sendiri pada saat yang bersamaan, Oda Nobunaga (seiyuu: Miyano Mamoru), salah satu putra pemimpin klan Oda sedang bersantai di hutan bersama kedua orang sahabatnya. Dia berada di sana untuk menghindari upacara adat yang sedang diadakan oleh orang tuanya. Nobunaga mendapat julukan “Nobunaga the Fool” (the greatest fool of the day) dari orang-orang karena dia sepertinya sama sekali tidak menunjukkan perilaku yang ‘seharusnya’ sebagai putra dari pemimpin sebuah klan. Nobunaga sendiri juga sering mengalami mimpi-mimpi yang dia sendiri tidak mengerti apa maknanya, tetapi di antara mimpi itu, dia merasa melihat seorang perempuan yang wajahnya mirip dengan Jeanne.

Tiba-tiba Toyotomi Hideyoshi (seiyuu: Kaji Yuuki) salah satu sahabat dekatnya mengatakan bahwa dia melihat pasukan dari klan lain sedang mendekati salah satu benteng milik klan Oda. Nobunaga segera menuju benteng yang dimaksud dengan tujuan untuk memperingatkan mereka, tetapi orang-orang di sana tidak mempercayainya. Sebagai akibatnya, peperangan di situ tidak dapat dihindari dan akhirnya banyak korban yang jatuh dari pihak klan Oda. Melihat hal itu, Nobunaga kemudian bersumpah bahwa dia akan mencari kekuatan untuk mengubah dunia dan dia didukung oleh 2 orang sahabatnya, Hideyoshi dan Akechi Mitsuhide (seiyuu: Sakurai Takahiro).

Pada saat itulah mereka melihat pesawat yang ditumpangi oleh Jeanne dan Da Vinci jatuh tidak jauh dari tempat mereka berada. Nobunaga segera menghampiri pesawat itu dan mencoba menolong Jeanne. Pasukan planet Barat yang mengejar mereka menyerang pesawat tersebut karena mereka ingin menghancurkan semuanya supaya mecha terbaru yang ada di dalam pesawat tersebut tidak jatuh ke tangan orang lain.

Nobunaga yang berusaha menolong Jeanne akhirnya membawa Jeanne ke dalam mecha tersebut dan ketika dia berada di dalam kokpitnya, terdengar suara yang mengatakan bahwa mecha tersebut adalah mecha istimewa yang hanya akan dapat diaktifkan oleh orang yang terpilih, dan Nobunaga pun berhasil mengaktifkannya untuk melawan pasukan yang menyerang mereka.

charas-nobu-the-fool

 

My thoughts?

Ternyata sebenernya Nobunaga the Fool ini bukan cuma muncul dalam bentuk anime tapi juga semacam pementasan teatrikal yang dua-duanya dibuat oleh Kawamori Shouji yang terkenal sebagai pembuat anime dan mecha designer dari banyak anime dan game; seperti Macross series, Sousei no Aquarion, Vision of Escaflowne, dll

Dari sisi cerita, menarik juga sih konsepnya menggabungkan tokoh-tokoh terkenal di dunia barat dan timur (tapi tetep penyelamatnya dunia ada di timur …  sama juga kalo holiwut ya yang nyelamatin ada di barat). Cuma konsep 2 dunia yang misah ini agak-agak ngingetin ama konsep dasarnya Aquarion.

Ditambah lagi ama mecha di bawah supervisi Kawamori, yang so far gue selalu suka ama designnya.  Lalu beberapa seiyuu beken juga ikutan ngisi di anime ini, itu juga punya nilai tersendiri.

Anyway, kayaknya gue bakal nonton yang ini, karena faktor Kawamori-nya. 

 

LINKS: