Blog

Aikatsu! Press Conference

Tanggal 10 September 2014 ini, gue (sebagai animindo.net tentunya) dapet undangan untuk menghadiri sebuah event, yang berkaitan dengan anime. Event ini diselenggarakan untuk memperingati (upacara?) dirilisnya Aikatsu! di Indonesia.

Aikatsu! yang merupakan singkatan dari Aidoru Katsudou (Idol Activities) adalah sebuah produk permainan dari Bandai yang kemudian bekerja sama dengan studio Sunrise dan TV Tokyo untuk dibikin dalam bentuk anime (yang di Jepang sudah mau masuk season ke-3). Produk ini kemudian menjadi sesuatu yang disebut sebagai “Media Mix” karena Aikatsu! muncul dalam berbagai bentuk produk yaitu dalam bentuk anime, dalam bentuk permainan, bermacam-macem asesoris, kostum/pakaian, dan rencananya pada tahun 2015, sebuah aplikasi untuk mobile phone akan dirilis untuk konsumsi masyarakat Indonesia (di Jepang sendiri sudah ada aplikasi ini). Meskipun banyak yang membandingkan Aikatsu! dengan Love Live! yang juga bercerita tentang idol, tapi ya sebenernya beda, cerita dasarnya beda, motivasi awal karakternya untuk berkecimpung di dunia per-idol-an juga beda, plus kalo Aikatsu! memakai sistem “card” yang membuat mereka jadi agak-agak seperti mahou shoujo yang bisa henshin. :clap:

Untuk mempromosikan peluncuran produk inilah maka diadain acara Press Conference. Di press-con ini yang hadir sebagai pembicara adalah Reino S. Barack, Senior Vice President, Business Development, PT. Global Mediacom, Tbk kemudian pembicara berikutnya adalah Mr. Masashi Harada, Deputy General Manager, Card Business Department, Bandai. Dan untuk membantu promosi Aikatsu! dipilihlah JKT48 sebagai partner kolaborasi. Jadi ya nggak heran juga kalo ada “kartu edisi spesial” yang menampilkan wajah anggota JKT48. 😀  Tadinya malah sempet pada spekulasi kalo ke-6 anggota JKT48 yang menjadi partner kolaborasi itu sekaligus menjadi pengisi suara alias seiyuu. Lagipula cerita Aikatsu! kan juga tentang per-idol-an, masih berkaitan lah dengan JKT48, tapi ternyata bukan.

GAME
Berhubung menggunakan card system, ya bisa dipastikan ada permainan dengan menggunakan kartu-kartu khusus yang bisa dipakai oleh player untuk “menghias” karakter idolanya. Seorang player harus punya sebuah ID Card yang diperlukan untuk “login” ke mesin Aikatsu! Setelah kartu dimasukkan dan ID sudah dikenali, player tinggal memilih idol yang ingin dimainkan atau membuat karakter yang sama sekali baru. Setelah itu player akan mendapat 1 kartu secara otomatis. Kartu yang didapat ini bisa digunakan untuk memberi kostum kepada si idol, ada “Top” untuk pakaian, “Bottom” untuk celana/rok, “Shoes” untuk sepatunya dan yang satu lagi adalah kartu untuk “Accessories”. Kalo untuk mainannya, ya player harus dateng ke arcade machine, bawa kartu ID dan kartu kostum, trus ya main (ya iya, mosok mau nonton mesinnya?). Mekanisme game-nya dijelasin seperti gambar di bawah ini (image diambil dari CD yang dibagikan di acara)

ANIME
Aikatsu! sendiri ceritanya adalah tentang pengalaman Hoshimiya Ichigo (seiyuu: Morohoshi Sumire), si tokoh utama, yang masuk ke Starlight Academy dan berlatih untuk menjadi idola. Dia masuk ke akademi itu karena diajak oleh sahabatnya, Kiriya Aoi (seiyuu: Tadokoro Azusa). Mereka berdua terinspirasi untuk menjadi idol terkenal seperti Kanzaki Mizuki (seiyuu: Kotobuki Minako), sang idol nomor satu yang juga merupakan murid Starlight Academy.

Di akademi ini Ichigo belajar menggunakan kartu untuk mengubah penampilannya. Tiap kartu menggambarkan pakaian atau kelengkapan dari kostum yang akan digunakan oleh sang idol. Tentunya kartu itu hanya mengubah penampilan kostum aja, sisanya ya kembali ke kemampuan si idol sendiri. Tetapi perjuangan Ichigo tidak mudah. Selain pendidikan idola yang harus dijalani, Ichigo dan kawan-kawan masih harus menghadapi rival idol dari sekolah lain yaitu Dream Academy. Mereka saling berlomba mengikuti kompetisi/audisi untuk menunjukkan kemampuan mereka sebagai seorang (calon) idol.

Anime Aikatsu! rencananya akan ditayangkan di RCTI setiap Sabtu jam 06:30 mulai tanggal 20 September 2014.

Hmm, ini sesuatu yang menarik sebenernya. Memang bukan tipe anime yang biasa gue tonton, tapi yang membuat jadi menarik adalah bahwa sekarang mulai ada event semacam ini. Sesuatu yang mungkin rasanya nggak bakal kejadian di Indonesia di jaman-jaman dulu. Bayangin (bayangin aja dulu…) 10 tahun atau 5 tahun yang lalu deh, mungkin kejadian kayak gini cuma seperti khayalan. Bahkan sekitar tahun 98-99, gue pernah coba ber-email-ria dengan sebuah perusahaan terkenal di Jepang dan jawabannya ya … Mereka nggak yakin dan nggak percaya ama negeri tercinta ini karena angka pembajakannya yang tinggi. Nah loh.

Anyways, meskipun bukan tipe anime yang biasa gue bahas di animindo, tapi dengan adanya event semacam ini gue berharap ke depannya pilihan judul anime yang resmi (dan legal) yang masuk Indonesia semakin banyak, baik itu judul-judul yang mainstream maupun non mainstream. Tentunya dengan tidak melupakan rating usia pemirsa yang dianjurkan, karena seringkali pendapat yang muncul adalah animasi identik dengan anak kecil. :fiuh:

BONUS SHOT:
isi dari goodie bag yang dibagiin

photo

 

dan BONUS KARTU

cards

 

NB: disebutkan bahwa ada 70 kartu untuk volume pertama ini … jadi, expect more cards coming soon … :fufufu:

LINKS:

And let’s not forget,
Aikatsu!©SUNRISE/BANDAI,DENTSU,TV TOKYO

Standard

10 thoughts on “Aikatsu! Press Conference

    • Okita says:

      Ow… ya siapa tau kapan-kapan kalo ada event lagi bisa dateng. http://www.animindo.net/wp-includes/images/smilies/smile.gif

      kartunya ada 9 kartu kostum + 1 ID card jadi total 10 kartu. Cuma mungkin yang membedakan ya 3 kartu yang ada di bagian atas itu… http://www.animindo.net/wp-includes/images/smilies/embarrassed.gif

  1. anon says:

    halo, maaf ngebump post lama, kalo boleh tau itu isi CD yang di goodie bagnya apa ya? thanks!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.