Anime

Hibike! Euphonium

Kumiko Oumae (seiyuu: Tomoyo Kurosawa), memulai hari pertamanya bersekolah di SMA Kitauji. Pagi harinya telah disambut dengan penampilan dari klub Wind Ensemble(吹奏楽部). Bersama dua teman sekelasnya Sapphire Kawashima (seiyuu: Moe Toyota) dan Hazuki Katou (seiyuu: Ayaka Asai), mereka berkunjung ke ruang klub Wind Ensemble. Di ruang klub, tak disangka Kumiko melihat Reina Kousaka (seiyuu: Chika Anzai) dan teringat kembali konflik dengannya, saat masih di klub brass band sewaktu SMP.

吹奏楽 (= suisougakubu), klub Wind Ensemble.

Wind Ensemble kadang disebut wind orchestra atau wind symphony. Sebuah grup musik yang dominan dengan alat musik tiup karena terdiri dari brasswind, woodwind, beberapa instrumen perkusi, dan double bass (contrabass). Wind ensemble hampir mirip dengan brass band, namun brass band tidak memakai woodwind (clarinet, flute, oboe, dll) sebanyak di wind ensemble.

 

Sedikit Opini penulis:

Anime Hibike! Euphonium menghadirkan sesuatu yang baru, wind ensemble menjadi sorotan di anime ini, dan juga menghadirkan sesuatu yang berbeda karena Kumiko sebagai Euphonist (sebutan untuk pemain Euphonium). Euphonium adalah alat musik dari keluarga brasswind bernada rendah. Jarang-jarang ada anime/manga yang karakter utamanya menggunakan alat musik bernada rendah “bass”. Alat-alat musik yang akan muncul dalam anime ini khususnya alat tiup kemungkinan memunculkan model dari alat-alat musik buatan Yamaha.

 

2 hal yang membuat episode pertama dari anime ini menarik bagi penulis selain kualitas gambar yang bagus a la KyoAni:

PERTAMA
Orpheus in the Underworld(地獄のオルフェ)atau kadang disebut “Can can” karya Jacques Offenbach saat adegan flashback kejuaraan

KEDUA

 

Penjelasan dasar mengenai dasar memainkan alat musik brasswind. “Buzzing”, meniup dan mengontrol bibir hingga membuat bibir bergetar untuk menghasilkan suara.

 

ADMIN’s NOTE: Artikel ini ditulis oleh Yoshida -kun. Terima kasih atas partisipasinya dalam menulis artikel untuk animindo.net 

 

LINKS

Standard

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.