Blog

Great Pre-2000 Isekai Anime

Isekai (異世界, literally tranlated as Different World) anime akhir-akhir ini menjadi genre tersendiri yang mempunyai banyak penggemar. Unsur petualangan di dunia asing, bertemu dengan banyak karakter yang tidak dikenal, dan akhirnya berusaha menyelamatkan dunia tersebut banyak merupakan daya tarik yang cukup besar. Banyak dari penggemar anime isekai tidak menyadari bahwa genre isekai telah lama ada di dunia anime. Tahun 2000 kebawah menyimpan cukup banyak anime isekai yang bisa dikatakan masterpiece. Berikut ini adalah beberapa anime yang menurut saya cukup bagus untuk rekomendasi ditonton bagi para penggemar anime isekai

PS

Banyak dari anime isekai dari tahun dibawah 2000 yang tidak saya sebutkan karena simply saya belum melihat nya secara utuh seperti Corrector Yui, Juuni Kokuki dll. Saya cenderung untuk memasukan anime dengan unsur fantasy/ scifi time travel sebagai isekai apabila time period yang mereka kunjungi mengakibatkan mereka merasa terasing dan sangat berbeda dari dunia asal mereka. Daftar ini adalah untuk series (OVA, TV series), sedangkan anime movie seperti Spirited Away is deserved its own list.

1. The Vision of Escaflowne

The Vision of Escaflowne (天空のエスカフローネ, Tenkuu no Escaflowne) adalah anime hasil karya Kawamori Shoji yang tersohor dengan serial Macross nya. Bercerita tentang Kanzaki Hitomi, seorang gadis SMA biasa yang secara tiba-tiba berpindah tempat ke dunia pararel bernama Gaia, Hitomi harus berusaha mencari jalan pulang ditengah-tengah perang besar yang melanda Gaia.

Anime ini menurut saya adalah paket lengkap, menggabungkan genre mecha, fantasy, romance dan isekai Kualitas cerita, animasi, voice acting (merupakan debut dari seiyuu terkenal Sakamoto Maaya) dan musik spektakuler racikan Yoko Kanno menjadikan Escaflowne sebuah classic yang sayang untuk dilewatkan.

this is my fave isekai anime, only an inch better than the next recommendation

2. Magic Knight Rayearth

Magic Knight Rayearth (魔法騎士(マジックナイト)レイアース, Mahou Kishi Rayearth) adalah adaptasi apik dari manga grup mangaka terkenal CLAMP. Bercerita tentang tiga orang gadis Shidou Hikaru, Ryuzaki Umi dan Houoji Fuu yang terlempar di Cephiro, dunia penuh magis dan fantasi ketika mereka bertiga berada di Tokyo Tower. Disana mereka bertiga diberi tugas oleh Clef, guru sihir istana untuk membebaskan Putri Emeraude, penguasa Cephiro dari tangan High Priest Zagato, sebuah premise standar yang sudah biasa ada di dunia game JRPG, namun bukan CLAMP namanya kalau tidak ada twist.

Anime sepanjang 49 eps ini mengadaptasi cerita manga CLAMP cukup faithfull dengan tambahan beberapa original character dan plot cerita. Menggabungkan genre magical girls, fantasy dan mecha, anime ini merupakan suguhan yang really aged well like a fine wine.

PS. Cobalah untuk menonton sendiri dan hindari spoiler apapun, twist Rayearth ini adalah yang salah satu yang cukup mengejutkan apabila tidak melihat spoiler.

3. Aura Battler Dunbine

Dunbine (聖戦士ダンバイン, Seishenshi Dunbine) merupakan anime mecha di awal 80an (1983) racikan pencipta genre Real Robot, Yoshiyuki Tomino. Berbeda dari anime karya Tomino sebelum nya (Gundam, Ideon) Dunbine bercerita mengenai Shou Zama, pemuda Jepang yang berpindah ke dunia Byston Wells, dunia pararel yang mirip Eropa jaman pertengahan lengkap dengan makhluk legenda seperti unicorn , kesatria berpedang dan mecha yang disebut Aura Battler, robot berbentuk humanoid insect (?) yang menggunakan tenaga Aura seseorang. Bersama dengan Aura Battler bernama Dunbine, Sho terlibat dengan intrik Byston Wells sambil berusaha mencari jalan untuk kembali ke Bumi.

Dunbine adalah salah satu serial real robot yang cukup berpengaruh di Jepang, namun sering luput dari perhatian penggemar anime di negara lain. Serial ini akhirnya mendapatkan highlight yang layak ketika masuk kedalam roster game Super Robot Wars. Salah satu kekuatan Dunbine adalah karakterisasi yang kompleks (Sho merupakan salah satu karakter anime pertama yang keturunan Amerika-Jepang, salah satu isu sosial yang diangkat Tomino) dan juga tingkat fatalitas yang signifikan menjadikan Yoshiyuki Tomino sebagai sutradara yang terkenal sebagai Mr. Kill Em All.

4. Digimon Adventure

Digimon Adventure adalah anime pertama dari franchise Digital Monster, suatu franchise yang bermula dari game virtual pet dengan nama yang sama. Bercerita tentang para DigiDestinied, anak anak terpilih yang harus bertualang di dunia digital yang dihuni oleh Digital Monster atau Digimon untuk melindungi dunia digital dari berbagai kekuatan jahat. Para DigiDestinied mempunyai partner Digimon masing-masing yang akan berevolusi menjadi bentuk yang lebih kuat seiring dengan makin kuat nya hubungan antara DigiDestinied dan Digimon nya.

Jujur pertama kali melihat anime ini di televisi nasional saya kurang tertarik, karena menganggap anime ini hanya tiruan Pokemon (saya tahu Pokemon lebih dulu), namun adegan Greymon berubah menjadi Metal Greymon yang merubah pandangan saya terhadap anime ini, akhir nya saya menjadi fans dari franchise ini, walaupun yang saya lihat cuman Digimon, Digimon 02 dan Digimon tri haha. Selain cerita petualangan dan animasi para Digital Monster yang cukup bagus dijamannya, hal yang tetap melekat tentu saja lagu pembuka anime ini, Butterfly oleh alm. Wada Koji yang hingga sekarang masih setia berada di ponsel saya. Untuk saya, nilai nostalgia dari Digimon Adventure tiada tergantikan

5. Dual ! Pararel Trouble Adventure

Dual ! (デュアル!ぱられルンルン物語, Dual Pararel RunRun Monogatari) adalah anime buatan Studio AIC dan Kajishima Masaki yang lebih dahulu terkenal dengan franchise Tenchi Muyo. Meski Dual adalah anime dengan konsep dunia pararel, namun mengambil sudut pandang yang sedikit berbeda dengan menceritakan dunia yang terpisah menjadi dua akibat keputusan diawal series. Yotsuga Kazuki merupakan siswa SMA biasa yang dianggap aneh oleh teman-temannya karena Kazuki sering melihat vision atau penglihatan aneh dimana robot-robot raksaksa bertarung. Kazuki menuangkan semua penglihatannya didalam blog pribadinya menjadi sebuah cerita berseri. Suatu hari secara tiba-tiba penglihatannya menjadi nyata, Robot raksaksa benar-benar bertarung didepannya, salah satu robot jatuh didepannya dengan kokpit terbuka, Kazuki pun naik ke kokpit dan memulai petualangan di dunia pararel.

Dual mempunyai reputasi yang tidak begitu meyakinkan di dunia anime, salah satunya adalah tuduhan merupakan rip-off dari anime terkenal Neon Genesis Evangelion, while this is true on the exterior, Dual merupakan anime yang berbeda didalam, bercerita mengenai lore yang berbeda, tingkat humor yang jauh lebih banyak dan harem yang menyaingi level Love Hina sekalipun. Namun Dual masih cukup layak dicoba untuk penggemar mecha (dan harem) karena mecha action yang dihadirkan cukup menarik untuk dinikmati, terutama di akhir serial.

6. El-Hazard series

El-Hazard (神秘の世界エルハザード, The Magnificent World El Hazard) adalah sebuah franchise isekai yang meliputi OVA, serial TV dan manga. Kisah El-Hazard secara garis besar dapat dipisahkan menjadi 2 kontinuitas, TV Series (El Hazard Wanderers) dan OVA series (El Hazard Magnificent-Alternative World). Premis umum El Hazard adalah Mizuhara Makoto, Jinnai Katsuhiko dan Nanami serta guru mereka Fujisawa-sensei terlempar ke dunia El-Hazard setelah Makoto menemukan artifak kuno yang tersegel dibawah tanah sekolah mereka.

Secara umum, El Hazard adalah anime yang menyenangkan, dengan unsur petualangan dan tidak terlalu serius over the top. Walaupun juga mempunyai unsur harem anime, namun Makoto hanya menunjukan affection ke salah satu dari banyak wanita yang ditemui nya di El Hazard, sedikit pembeda dari protagonis harem anime kebanyakan. El Hazard adalah salah satu dari anime pertama localized di US yang mempunyai karakter LGBT yang cukup signifikan perannya.

7.Strange Dawn

Strange Dawn (ストレンジドーン Strange Dawn) adalah anime isekai singkat (13 episode) yang sering overlooked. Hal ini cukup wajar mengingat tema, konflik dan protagonis yang terbilang cukup sederhana apabila disandingkan dengan berbagai anime isekai lainnya. Kekuatan dari Strange Dawn adalah dari interaksi antar karakter. Yuko dan Eri adalah dua siswi SMA yang secara tidak sengaja teleport ke dunia asing yang dihuni oleh makhluk humanoid mini. Yuko dan Eri harus berjuang bersama teman-teman mini mereka untuk mencari jalan pulang ke dunia asal.

Butuh sedikit kesabaran untuk dapat menikmati Strange Dawn, selain alur cerita yang berjalan cukup lambat, sub-konflik yang mengiringi cerita utama pun juga tidak bisa dibilang spektakuler, tidak ada naga, tidak ada robot raksaksa, tidak ada artifak kuno, hanya ada keseharian Yuko dan Eri di dunia asing, dan perjuangan serta persahabatan mereka dengan para penghuni asli dunia tersebut.

8.Fushigi Yugi

Fushigi Yugi (ふしぎ遊戯, Fushigi Yugi Mysterious Play) berawal dari manga karya mangaka Watase Yuu kemudian berkembang menjadi franchise meliputi TV series, OVA, Light Novel dan 2 manga prekuel. Fushigi Yugi menceritakan Yuki Miaka dan Hongo Yui yang tersedot masuk ke dunia didalam buku Universe of the Four Gods. Miaka ternyata adalah Suzaku no Miko, pendeta wanita yang mewakili faction Suzaku (Vermilion Bird) dan Yui adalah Seiryuu no Miko, mewakili faction Seiryu ( Azure Dragon). Kedua nya akan saling bertempur satu sama lain sebagai akibat dari serangkaian peristiwa dan kesalahpahaman.

Fushigi Yugi merupakan anime isekai dengan detailed background, kultur dan lore yang kuat. Watase Yuu menggunakan latar belakang kisah empat Divine Beast dan China kuno dengan baik dalam cerita ini, ditambah dengan kisah cinta segitiga yang menggemaskan khas Watase-sensei. Anime ini sangat populer di tahun 90-an, yang menyebabkan Watase Yuu melanjutkan cerita ini hingga prekuel yang mencertakan faction Byakko (White Tiger) dan Genbu (Green Turtle) yang secara atmosfir lebih gelap dan dewasa dibanding cerita Suzaku dan Seiryu. Anime wajib untuk penggemar isekai.

9.Starship Girl Yamamoto Yohko

Starship Girl Yamamoto Yohko (それゆけ!宇宙戦艦ヤマモト・ヨーコ, Soreyuke ! Uchu Senkan Yamamoto Yoko) adalah anime unik yang menggabungkan time travel, isekai dan space combat. Premis utama adalah di abad ke -30, dua fraksi manusia, TERRA dan NESS berperang untuk dominasi luar angkasa, peperangan dilakukan dengan wargame menggunakan pesawat tempur 4 lawan 4. Karena refleks manusia di abad ke 30 sudah jauh berkurang maka ilmuwan TERRA, Curtis Wilson, mencari pilot ke abad ke 20 untuk bertarung dibawah panji panji TERRA, disanalah dia bertemu dengan Yamamoto Yoko, si pilot jenius jago game yang akan menyelamatkan TERRA dari kekalahan.

Berbeda dari anime isekai kebanyakan, Yoko dan teman temannya mampu kembali ke dunia asal nya dengan mudah, dan isu utama adalah bukan bagaimana mencari jalan pulang, namun memenangkan pertempuran demi TERRA. Untuk anime tahun 1997, level animasi dari Yamamoto Yohko ini cukup bagus mengingat studio JC Staff yang menggawangi, entah kenapa Yohko mengingatkan saya akan Mikoto Misaka dari ToAru Kagaku no Railgun. Banyak style dan gaya penceritaan dari anime ini yang terasa berbeda untuk ukuran tahun 1997, seperti contohnya final card pada tiap akhir episode. Dengan segala keanehanya, saya rasa anime ini cukup layak untuk dicoba.

10.Inuyasha

Inuyasha (戦国御伽草子 犬夜叉, Inuyasha the Feudal Fairy tale)adalah anime terkenal hasil adaptasi dari manga karya Takahashi Rumiko, mangaka dibelakang cerita legendaris seperti Urusei Yatsura (Lamu the Invader Girl) dan Ranma ½. Bercerita tentang Higurashi Kagome, siswi SMP 15 tahun yang transported ke twisted version of dunia Jepang kuno (jaman Sengoku) dimana demon datang dan menterror manusia. Disana Kagome bertemu dengan half-demon dog, Inuyasha. Berdua mereka bertualang untuk mencari pecahan Shikon no tama, artifak kuno yang dapat mengabulkan permintaan si pemegang artifak.

Anime Inuyasha merupakan anime yang cukup populer saat pertama kali tayang di Indonesia. Cerita memikat, petualangan yang solid, karakter2 kompleks khas Takahashi Rumiko mampu membuat banyak anak saat itu selalu menunggu Inuyasha didepan televisi (including me). Selain itu daya tarik anime ini adalah soundtrack nya yang berisi artis artis Jpop yang saat itu tengah populer seperti Hamasaki Ayumi, Dreams, V6 dan Do As Infinity. Seperti karya Takahashi Rumiko yang lain Inuyasha juga termasuk anime yang panjang dengan 167 episode plus 26 episode Final Act dan 4 anime movie, cukup panjang apabila diikuti dari awal, tapi saya bisa pastikan bahwa its worth it.

11.Hack// SIGN

.Hack//SIGN merupakan anime pertama dari .Hack franchise yang nantinya akan berkembang meliputi video games, tv series, OVA dll. Sebagai salah satu anime pertama yang based on video games, fokus dari SIGN adalah bukan action dan adventure seperti kebanyakan anime isekai, namun lebih ke studi mengenai kejiwaan dan sosial. Bercerita tentang Tsukasa yang terjebak di dunia The World, MMORPG terkenal dimana player dapat berinteraksi satu sama lain menggunakan VR Headset. Tsukasa lalu bertemu dengan banyak teman dan lawan dan bersama-sama mereka mengungkap kejadian demi kejadian yang terjadi di The World.

Boring. Itu yang saya alami saat pertama kali melihat anime ini, karena action yang minim, dialog penuh petunjuk dan ending yang menurut saya kurang rewarding. Namun secara retrospektif anime ini akan terlihat bagus apabila ditonton sekarang, apalagi dijaman anime isekai game world seperti Sword Art Online menjadi anime favorite banyak orang. Satu hal yang membuat saya tertarik akan SIGN adalah lore/ myth yang ada di belakang cerita utama, mengenai siapa itu Aura, siapa itu Harold Hoewick, siapa Helba dll dan pengalaman tersebut akan semakin lengkap apabila memainkan juga game .Hack yang menceritakan karakter berbeda namun bersetting di dunia yang sama.

12.Shulato

Shulato (天空戦記 シュラトShurato Legend of the Heaven Wars)adalah anime isekai yang sedikit berbeda dari yang lain, Shurato merupakan anime full action dengan mystical armor ala Saint Seiya dan mengangkat mitologi Hindu sebagai latar belakang. Adaptasi dari manga karya Kawamoto Hiroshi yang diproduksi oleh studio anime kenamaan Tatsunoko Pro. Bercerita mengenai Hidaka Shurato seorang remaja jago beladiri yang bersama sahabatnya Kuroki Gai yang transported ke Tenkukai, dunia mistis dimana manusia mengandalkan Sohma untuk kegiatan sehari. Shurato sebagai salah satu titisan dari Prajurit Legendaris Sula Ou mendapati dirinya terjebak diantara perang dua fraksi Tenkukai, Vishnu yang baik hati dan Asura, sekumpulan dewa yang ingin menghancurkan dunia.

Salah satu anime favorit di akhir 90-an, Shurato awalnya sering dituduh menjiplak Saint Seiya. Namun setelah menghabiskan 1 season anime dan 6 eps OVA maka dapat disimpulkan bahwa Shurato adalah anime yang sangat berbeda dari Saint Seiya. Daya tarik Shulato adalah pertarungan antara para Hachibusu dan Asura, persahabatan antara Shulato dan kawan-kawannya dan perjuangan mereka yang tanpa henti diterpa berbagai masalah menjadikan anime ini sangat seru untuk diikuti hingga tamat.

Standard

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.