Best 80’s American Cartoon (part 1)

Saya tidak selalu melihat anime Jepang, pada saat saya kecil proporsi antara anime Jepang dan kartun Amerika bisa dikatakan berimbang. Anime Jepang dikala itu didapatkan dari menonton rental betamax seperti Shogun Getta, Gaiking, Voltes, Galvion dll dan kartun Amerika di suplai dari tontonan televisi, banyak dari kartun-kartun berkualitas yang pernah menghiasi sore bahagia saya, sekarang juga masih dianggap sebagai masterpiece di negara asalnya.

Untuk itulah kali ini saya akan membahas sekilas kartun2 Amerika di era 80-an yang menurut saya aged like a fine wine, alias masih sangat layak untuk dinikmati sekarang.

Some rules, list ini adalah murni pendapat saya 100% so the IMHO is effectively effective starting now. Some cartoon like Starblazers tidak akan dimasukan karena murni hanya dub dari versi anime nya. Sedangkan Robotech dan Voltron adalah versi rework, recut, redub, yang mempunyai edit dan episode versi Amerika sehingga bisa dibilang adalah versi yang berbeda dari anime asli nya.

jadi, tanpa berurutan, inilah best 80’s American Cartoon versi saya, part 1

Teenage Mutant Ninja Turtles

Teenage Mutant Ninja Turtles atau TMNT atau Kura-kura Ninja sebagaimana dikenal di Indonesia, adalah kartun adaptasi dari komik terbitan Mirage Studios di 1984. Pada tahun 1987 diproduksilah kartun TMNT sebagai deal dengan perusahaan mainan Playmate Toys. Kartun TMNT ini cukup berbeda dan ringan dibandingkan dengan komiknya yang cukup dark. Bercerita tentang empat kura-kura anthromorphic hasil mutagen yang dilatih beladiri ninjitsu oleh sensei mereka master Splinter (Ninja master, Oroku Saki yang terkena mutagen yang sama). Mereka adalah Leonardo si pemimpin yang bersenjatakan katana, Donatello si gadget mania bersenjatakan tongkat, Raphael si keras kepala bersenjatakan sai dan Michaelangelo si konyol nan gaul bersenjatakan nunchuk. Bersama sahabat baru mereka, reporter chanel 6 bernama April O’Neil, mereka bertarung mempertahankan New York dari serangan Foot Clan dan pemimpin mereka Shredder serta alien Krang dari Dimensi X.

Semua bocah 80an rasanya sangat mengenal TMNT, franchise ini sangat booming di akhir 80an bahkan mainan TMNT menjadi semacam simbol status di masa itu (kinda like iPhone nowadays). Karakter yang menyenangkan namun tetap berakar pada realitas, animasi yang bagus dan that catchy theme song

TMNT telah diremake setidaknya 4 kali dalam bentuk animasi, termasuk 1 direct-to-video ekslusif untuk Jepang. Tapi untuk saya, TMNT’87 masih akan selalu mendapat tempat di hati.

Centurion

POWER EXTREME ! kalimat khas ini yang selalu diucapkan oleh ketiga jagoan kita, the Centurions pada saat akan powered up memakai assault suit mereka. Yes, Centurion adalah salah satu serial kartun pertama saya yang bertema militer, walau tidak sekental GI-Joe. Namun Max, Jake dan Ace memakai istilah-istilah militer seperti Commander, Specialists, Experts dan juga memisahkan mereka seperti layaknya 3 arms utama militer modern, Darat, Laut dan Udara, dan itu membuat mereka sangat amat keren di mata anak umur 8 tahun yang senang berkosplay jadi tentara di karnaval 17an (ehm, maap).

Premis Centurion adalah di abad ke-21 bumi dalam ancaman Doc Terror seorang ilmuwan bionic yang berambisi untuk mengubah seluruh umat manusia menjadi bionic dan menjadi budaknya. Tentu saja hal ini mendapat perlawanan dari jagoan kita Centurion yang mempunyai markas keren diluar angkasa bernama SkyVault dengan operator Crystal dan orangutan bernama Lucy. Crystal akan menstransfer assault suit DAN anggota Centurion kemanapun konflik berada. Setiap Centurion mempunyai 3 atau 4 versi assault suit, why ? karena serial ini dibuat melalui kerjasama dengan Kenner Toys, thats why

Anw, Centurion seingat saya tidak terlalu lama tayang di televisi, namun menimbulkan kesan yang cukup dalam, sehingga waktu melihat Ironman dan War Machine di Spiderman animated saya langsung teringat akan serial ini dan berkata “hey, mereka meniru Centurion” lol, silly me.

Silverhawks

Part Metal and Part Real, itulah slogan dari Silverhawks. Satuan polisi bionic intergalactic. Silverhawks adalah kesatuan yang diambil dari polisi-polisi terbaik di seluruh galaksi seperti Jonathan Quick (Quicksilver), Bluegrass the coolest cowboys on the galaxy, si kembar Steelheart dan Steelwill dan fan-favourite Copper Kidd, anggota termuda Silverhawks yang berbicara dengan menggunakan siulan.

Mereka menghadapai kawanan penjahat kambuhan yang dipimpin oleh Mon*Star serta anak buahnya seperti Hardware, Yes-man, Buzz-saw, Melodia dll. Sebelum cerita Silverhawks dimulai, Mon*Star pernah ditangkap oleh Jonathan Quick dan bersumpah akan mengalahkan Quicksilver untuk selamanya.

Silverhawks is an instant win for me, konsep pasukan khusus memang selalu menarik buat saya, apalagi ada Copper Kidd yang selalu menambahkan trivia mengenai luar angkasa di setiap akhir episode.

Galaxy Rangers

Di tahun 2086, dua alien dari planet Andor dan Kirwin berkelana ke Bumi untuk mencari sekutu mempertahankan planet mereka menghadapi agresor Crown Empire. Sebagai imbalan mereka memberikan skema hyperdrive yang berguna untuk perjalanan luar angkasa. Berbekal hyperdrive, manusia mampu membangun koloni koloni terluar, namun ekspansi pasti akan menarik kejahatan. Untuk memerangi kejahatan di koloni-koloni terluar maka dibentuklah BETA (Bureau for Extra-Terestrial Affairs) dan juga Rangers Division sebagai agen lapangannya.

Fokus dari serial Galaxy Rangers adalah detasemen terbaru dari Series5 Rangers, dinamai dari tipe implan mereka. Mereka adalah Captain Zachary Foxx, veteran Ranger yang mengalami kecelakaan saat menghadapi perompak, separuh tubuhnya diganti oleh bionik, implan series5 nya memungkinkan Zach untuk menembakan gelombang energy dari tangannya selain mempunyai kekuatan superhuman. Shane Gooseman yang merupakan genetically engineered supertrooper, Goose sebelum bergabung dengan Galaxy Rangers adalah inmate yang berada dalam deathrow, mempunyai pilihan dihukum mati atau bergabung dengan Galaxy Rangers. Lalu ada anggota wanita satu-satunya, Niko, yang merupakan ahli kebudayaan dan arkeolog, sebagai satu-satunya yang bukan kelahiran Bumi, Niko mempunyai kemampuan telepath. Implan series5 nya juga memberinya kemampuan membuat perisai magis. Yang terakhir adalah Walter “Doc” Hatford. Doc adalah veteran Ranger yang masih bergaya “old ways”. Bertempur dengan menggunakan senjata kuno seperti pedang dan pistol. Implan series5 Doc memberinya kontrol terhadap berbagai elektronik dan komputer melalui 5 bola bersinar (yang masing2 diberi nama oleh Doc).

Galaxy Ranger adalah animasi istimewa di jaman nya, selain karena cerita yang cukup deep, konflik nyata, kualitas animasi nya dan soundtrack yang top notch, juga merupakan kartun Amerika pertama yang bergaya anime Jepang. Hal ini karena sebagian besar animasi digarap oleh TMS Ent. (Tokyo Movie Shinsa) salah satu studio animasi tertua di Jepang, dan satu hal yang penting, bahwa Galaxy Rangers dibuat bukan untuk mempromosikan line mainan apapun. Galaxy Ranger adalah salah satu kartun Amerika yang masih sangat layak untuk ditonton hingga sekarang.

GI Joe : A Real American Heroes

GI Joe mengawali karir nya sebagai toyline dari perusahaan Hasbro di tahun 1963. GI Joe awalnya dibuat untuk merepresentasikan keempat cabang dari US.Army dalam bentuk yang disukai oleh anak laki-laki tahun 60an di Amerika. Toyline ini yang mempopulerkan istilah “action figure” , karena semua figurenya bersifat “action” dan istilah tersebut terdengar lebih macho daripada kompetitor nya yang menawarkan produk serupa dengan istilah “boy’s doll” (mungkin sama seperti sekarang yang banyak sekali produk dengan moniker “gaming” haha )

GI Joe animated series adalah companion marketing dari toyline “GI Joe : A Real American Heroes”. Berjudul sama dengan toyline nya, kartun ini bercerita tentang GI Joe, pasukan khusus yang dibentuk oleh pemerintah dunia *ehm*USA*ehm* untuk melawan teroris Cobra dibawah pimpinan Cobra Commander

GI Joe pada awalnya adalah 2 mini series dengan dua storyline yang berbeda, miniseries pertama tayang pada 1983 berkaitan dengan perebutan MASS Device, sebuah alat untuk mass teleporter, antara GI Joe dan Cobra, Miniseries kedua tayang pada 1984 adalah berkaitan dengan Weather Dominator, alat milik Cobra yang dapat memanipulasi cuaca. Setelah dirasa kedua miniseries tersebut sukses maka GI Joe diberikan 1 full series yang dimulai pada 1985 dengan 55 episodes untuk season pertama. Pada cerita season pertama dimulai dengan karakter-karakter baru (yang baru dirilis oleh Hasbro) karena diceritakan karakter2 Joe lama pada kedua miniseries tengah di sandera oleh Cobra (thats a very neat marketing idea haha)

GI Joe adalah impian semua anak 80an, saya sendiri sering memimpikan punya mainan USS Flag, kapal induk GI Joe, yang besar banget. Penayangan kartun di tivi cukup membantu untuk memendam keinginan punya mainan tersebut hehe (maap curhat). Dari sisi animasi apabila dilihat dari sisi sekarang sebetulnya IMHO tidak ada yang istimewa dari GI Joe, banyak kartun saat itu lebih menarik, namely : Galaxy Rangers, tapi untuk anak umur 8 tahun saat itu tentu sangat amat menarik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.