Blog

Good Old Discussion Forum

Cuma sekedar iseng aja sih sebenernya. Kangen jaman-jaman diskusi anime/manga/sejenisnya di forum animindo. Jauh sebelum ada sosmed jaman now kayak FB, Twitter, IG, dll. ????

Forum-forum diskusi kayaknya udah nggak banyak yang bertahan, tapi lama-lama yang ada pun malah keisi spambot atau kadang ya cuma postingan ‘numpang lewat’ dan nggak ada diskusinya. Entah apa serunya bikin postingan yang nggak ada isinya, kadang cuma emoticon doang (yes, emoticons, before emojis).

Ada kalanya forum itu bahas satu topik yang menimbulkan perbedaan pendapat. Perjalanan diskusinya juga macem-macem, dari yang fun to discuss sampe terjadi flame war, yang meskipun sering terasa menyebalkan, tapi di satu sisi malah memberikan warna tersendiri dan menjadi pertanda kalo forum itu ‘hidup’, ‘warganya’ berinteraksi dan berdiskusi, saling memberikan pandangan atau pendapat tentang sebuah judul anime/manga.

The First Form

Forum animindo sendiri dulu sempet punya member-member yang rajin mampir dan ngobrol seputaran anime/manga. Kelompok yang nggak terlalu besar, tapi cukup nyaman untuk diajak diskusi. Sementara ya pada jaman itu banyak sih forum-forum yang lebih gede, tapi ‘layanan’ yang diberikan memang luas, nggak cuma anime/manga. Jadi kayaknya topik itu hanya menjadi bagian kecil dari sebuah forum komunitas yang besar. Kalo forum animindo ya memang difokusin ke situ. Dan jaman segitu, nggak kayak sekarang yang sekali posting bisa untuk ribuan/jutaan orang, paling ya sekomunitasnya situ. Dulu bikin topik dan bisa didiskusikan sampai berhalaman-halaman mungkin hampir sama kayak kalo sekarang dapet banyak likes kali ya. Tapi dulu kayaknya itu lebih penting dari sekedar likes atau followers. ????

The Last Form

Anyway, bikin/buka forum itu banyak yang harus dikerjakan, tapi karena ingin memuaskan rasa ‘kangen’ itu tadi, jadi ya bikin lah forum kecil-kecilan. “Yaelah hari gini bikin forum? Belum tentu ada yang pake!“, ya nggak apa-apa juga, nggak bayar ini. ???? Dulu pernah pake aplikasi berbayar, and it was worth all the penny spent, kalo sekarang ya nggak usah lah ya.. hahaha. Beda ama forum jaman dulu? Ya memang, ini versi diskusi sederhana aja. Plain and simple version.

Forum Animindo dulu berhasil mempertemukan gue dengan teman-teman yang sampai sekarang masih keep in touch, masih ngobrolin anime/manga, dan kadang kita masih ketemua IRL untuk ngobrol dan nongkrong bareng. I’m grateful for that. Always have, always will.

Stop by and say hello.

Standard

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.