Winter 2021 di Muse Indonesia

Sejak 2020 kemarin, pilihan tontonan anime sekarang jadi lebih menyenangkan karena adanya kanal streaming anime resmi di YouTube seperti Muse Indonesia, Ani-One Asia, iQiyi, dan mungkin masih ada lagi yang lain yang belum kesebut. Tinggal berlangganan gratis (“subscribe gaeess”) dan kita bisa menyaksikan simulcast alias tayang bersamaan dengan di Jepang, atau ya nonton di lain waktu kalo pas lagi nggak sempat.

Kanal-kanal itu menayangkan anime-anime baru dan beberapa judul dari tahun-tahun sebelumnya secara resmi dan gratis-tis-tis 👌. Bahkan untuk Muse Indonesia, mereka sudah menyediakan takarir bahasa Indonesia (yes, takarir adalah bahasa baku untuk subtitle), yang menurut pendapat pribadi, pas banget. Top notch.

Kali ini mau bahas yang ada di kanal Muse Indonesia dulu. Dari judul-judul yang ditonton, isekai memang masih tetep ada aja, tapi yaa.. nggak apa-apa lah ya. Bukan sesuatu yang harus dibenci juga, cuma memang bisa bikin bosen kalo diulang-ulang gitu lagi.


Tenchi Souzou Design-bu

alias Heaven’s Design Team (天地創造デザイン部) ini menceritakan tentang sebuah tim kreatif yang punya klien istimewa yaitu : “God”. Tugas yang diberikan kepada mereka adalah mendesain spesies mahluk hidup yang akan menghuni bumi. Mereka ini kemudian rapat dan mengajukan model-model spesies mahluk hidup, lalu menyerahkan desainnya ke bagian produksi untuk dibuat prototype-nya.

Anime ini menarik untuk ditonton karena selain lucu, ada juga segmen ilmiahnya yang menerangkan mengenai spesies-spesies mahluk hidup yang memang beneran ada. Jadi nggak semata-mata khayalan semua. 😁


Sempak Badak Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu

Jap: 無職転生 〜異世界行ったら本気だす〜, atau kalo di kanalnya disebut: Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation. Ceritanya tentang seorang NEET yang selama hidupnya hanya mengurung diri di kamar, tidak pernah mau keluar rumah atau bekerja. Sampai suatu hari dia diusir dari rumah oleh keluarganya karena dianggap tidak berguna. Di jalan dia melihat sekelompok remaja yang tidak menyadari kalau ada truk (TRUCK-KUUUN~!!) yang mengarah ke mereka. Dia pun berusaha menolong mereka dan sebagai akibatnya terluka parah dan tidak sadarkan diri (kemudian meninggal)

Ketika dia membuka matanya, dia masih punya ingatan sebagai seorang laki-laki dewasa tetapi ternyata dia sekarang berinkarnasi menjadi seorang bayi yang baru lahir dari pasangan ksatria dan penyihir. Di dunia yang baru ini dia berjanji kepada dirinya untuk menjalani kehidupan ‘kedua’-nya dengan lebih baik.

Meskipun settingan isekainya kayak biasa, tapi cerita Mushoku Tensei ini nggak sesederhana anime isekai di mana si tokoh utama pindah ke dunia lain kemudian jadi overpowered dibanding orang lain. Dia memang punya ‘bakat’ lebih tapi dia harus menjalani semuanya dari bayi, belajar ilmu sihir, belajar ilmu pedang, dst.

Belum lagi plot cerita yang ada di dalemnya. Sempat baca di internet tentang cerita dalam manga-nya dan yaa… ada konflik-konflik atau plot yang cukup kompleks. Bahkan kehidupan dalam keluarga kecil di mana si tokoh utama dilahirkan pun ada juga problematikanya. Cukup menarik sih, jadi nggak sekedar reinkarnasi/teleport ke dunia lain, langsung level up, powerful, lawan darkness atau maou.

Satu nilai plus dari anime yang ditayangin sama Muse Indonesia ini adalah: takarirnya! 😂 dikasih contoh aja deh, biar gampang. Dan sekedar peringatan, anime ini kategorinya : UNTUK DEWASA.


Kemono Jihen

Ceritanya tentang seorang detektif yang mengkhususkan diri menangani kasus-kasus yang menyangkut hal-hal yang bersifat misterius. Umumnya menyangkut mahluk seperti binatang atau monster.

Suatu hari Inugami Kohachi, seorang detektif, diminta oleh seorang pemilik penginapan di sebuah desa untuk datang dan menyelidiki misteri kematian binatang ternak warga. Binatang-binatang itu mati dalam kondisi yang mengerikan dan tidak diketahui siapa atau apa pelakunya.

Sesampainya di desa itu, Inugami tertarik melihat seorang anak yang sedang bekerja di ladang. Anak itu bernama Kusaka Kabane, seorang anak yatim piatu yang diadopsi oleh pemilik penginapan. Dari Kabane inilah Inugami memperoleh informasi yang dia perlukan dan dia pun kemudian mengetahui bahwa Kabane bukanlah manusia biasa.

Buat yang suka misteri atau yang berkaitan sama mahluk-mahluk supranatural, boleh coba nonton ini.


-snip-

Berhubung judulnya panjang, ditulis di sini aja biar nggak keliatan penuh satu layar: Suppose a Kid from the Last Dungeon Boonies Moved to a Starter Town atau Tatoeba Rasuto Danjon Mae no Mura no Shōnen ga Joban no Machi de Kurasu Yō na Monogatari atau たとえばラストダンジョン前の村の少年が序盤の街で暮らすような物語 (buat yang jago baca tulisan Jepang 😆)

Ceritanya ada seorang anak yang sebenernya super power banget, tapi dia nggak menyadari itu. Dia malah dengan polosnya merasa dia itu kurang banget dalam hal kekuatan fisik, kecepatan, dan kemampuan sihir.

Suatu hari dia memutuskan untuk merantau ke kota besar dan ingin mendaftar menjadi pasukan kerajaan. Pada saat yang bersamaan di kerajaan sendiri sedang terjadi intrik dalam istana yang kemungkinan akan berujung pada perang antara 2 kerajaan besar. Ada pihak tertentu dalam kerajaan yang ingin mencetuskan perang, sementara ada yang ingin menggagalkan upaya itu, termasuk salah satunya adalah putri kerajaan yang dikabarkan menghilang.

Sebenernya nggak terlalu tertarik banget ngikutin, tapi mungkin ini bisa jadi masuk kategori guilty pleasure? Entahlah. Nontonnya paling kalo pas sempet aja, toh cuma modal buka YT. 😉


Bonus: TenSura

Ya jelas ngikutin. Buat yang nggak tau, TenSura ini adalah Tensei Shitara Suraimu Datta Ken alias That Time I Got Reincarnated as a Slime. Ini season 2-nya jadi nggak ada yang perlu diceritain lah ya.

Kenapa Bonus? Karena ini adanya di kanal Muse Asia. Jangan khawatir, gratis juga kok, cuma pake subtitle enggres, bukan takarir Indonesia. 😅

Soo… jangan lupa subscribe ya gaeesss… legal and free. 👍

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.