My Best Anime per Year: 2000-2010 (2001): Noir

2001: Noir

Tahun 2001 mungkin akan banyak orang yang bilang kalo Sen to Chihiro no Kamikakushi is the best. Kalo liat cerita, artwork, dan prestasi yang dicapai ya nggak heran juga. Malah kayaknya setelah ini lalu bermunculan para “pakar” anime yang hobi meng-ghibli-kan segala sesuatu, dan merasa kalo udah pake standar Ghibli langsung auto “selera berkelas”.

Gue nonton sih Sen to Chihiro, bagus memang, tapi kayaknya di tahun 2001 itu gue lagi nggak terlalu semangat nontonnya. Malah kayaknya yang ditonton random banget tipenya, ada Galaxy Angels, Hellsing, Kidou Tenshi Angelic Layers atau X tv series.

Dari semua yang ditonton, ada satu anime yang menarik perhatian karena soundtracknya, yang memperkenalkan gue ke Kajiura Yuki yaitu Noir. 😁

Image source: minitokyo.net
JudulNoir / ノワール
TipeTV Series (26 episode)
Tayang06 April 2001 sampai 28 September 2001
Genreaction, konspirasi
StafPerencanaan awal: Tsukimura Ryoue
Sutradara: Mashimo Kouichi
Desain karakter: Kikuchi Youko, Miyachi Satoko, Shiba Minako
Musik: Kajiura Yuki
KarakterMireille Bouquet (seiyuu: Mitsuishi Kotono)
Yuumura Kirika (seiyuu: Kuwashima Houko)
Altena (seiyuu: Tarako)
Chloe (seiyuu: Hisakawa Aya)

Noir adalah sebutan untuk pembunuh yang diutus oleh sebuah organisasi rahasia yang dikenal sebagai Les Soldats. Mereka adalah organisasi yang bertujuan awal melindungi yang lemah dan akan mengirimkan pembunuh mereka yang paling handal untuk mengeliminasi orang yang dianggap melanggar atau melakukan kejahatan.

Mireille Bouquet adalah seorang pembunuh bayaran yang tinggal di Paris. Suatu hari dia mendapat email dari seorang remaja bernama Yuumura Kirika yang kehilangan ingatan dan meminta Mireille untuk membantunya menelusuri asal usul dirinya. Mireille awalnya tidak tertarik, tetapi dia terkejut ketika mendengar melodi yang disertakan dalam email tersebut. Sebuah melodi yang mengingatkan dirinya akan masa lalu.

Mireille akhirnya pergi ke Jepang untuk menemui Kirika yang meskipun tampak seperti seorang remaja biasa tetapi ternyata mempunyai kemampuan untuk membunuh secara luar biasa. Berdua mereka kemudian menggunakan nama Noir untuk menguak misteri masa lalu Kirika yang ternyata berkaitan dengan masa lalu Mireille dan organisasi Soldats.


Sebenernya, yang paling menarik dari Noir ini ya soundtracknya. 😅 tapi secara cerita juga oke kok, action oke juga, kapan lagi bisa liat Kirika motong nadi di leher pake kartu identitas siswa? Buat gue anime ini layak dapet satu nilai plus yaitu karakter utamanya terkontrol jumlahnya dari awal sampai akhir, cukup fokus di 4 orang aja. Hebatnya lagi, dengan segala skill mereka membunuh, tidak ada setetes darah pun yang terlihat. Kontras banget dengan Hellsing yang keluar di tahun yang sama tapi nggak malu-malu untuk ngumbar darah di sana sini. All in all ini anime yang paling gue nikmatin nontonnya di 2001, nggak sekuat Argento Soma tapi enjoyable. 😎

つづく

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.