My Best Anime per Year: 2000-2010 (2002): Juuni Kokki

2002: 12 Kokki

Image source: danbooru
JudulJuuni Kokki / 十二国記 / 12 Kokki / 12 Kingdoms
TipeTV Series (45 episode)
Tayang09 April 2002 – 30 Agustus 2003
Genreisekai, fantasy, drama, action, adventure
StafKarya asli: Ono Fuyumi
Sutradara: Kobayashi Tsuneo, Kurihara Hibari
Desain karakter: Kusumoto Yuuko, Tanaka Hiroto
Music: Ryou Kunihiko
KarakterNakajima Youko (seiyuu: Hisakawa Aya)
Keiki (seiyuu: Koyasu Takehito)
Rakushun (seiyuu: Suzumura Kenichi)
Enho (seiyuu: Nishimura Tomomichi)
Gahou (seiyuu: Nakata Katsuhiro)
Asano Ikuya (seiyuu: Ueda Yuuji)
Sugimoto Yuka (seiyuu: Ishizu Aya)

Nakajima Youko adalah seorang remaja yang merasa rendah diri karena dianggap aneh oleh orang-orang di sekitarnya, terutama karena warna rambutnya yang berbeda. Suatu hari di sekolah, datang Keiki, seorang laki-laki misterius yang memanggilnya “Yang Mulia” dan mengajaknya untuk pergi ke dunia lain. Saat Youko sedang kebingungan mengenai apa yang dimaksud oleh Keiki, sekolah itu diserang oleh beberapa monster. Di dalam kekacauan yang terjadi, Youko dibawa oleh Keiki dan tanpa sengaja beberapa orang teman sekelasnya pun ikut terbawa masuk ke dunia lain.

Dunia tempat Youko berada sekarang adalah sebuah dunia di mana terdapat 12 kerajaan yang masing-masing dipimpin oleh seorang raja/ratu dan didampingi oleh mahluk yang disebut sebagai “Ki”. Semua nama Ki selalu diawali dengan nama kerajaan, seperti halnya Keiki, yang berarti dia adalah Ki dari kerajaan Kei. Di dunia 12 kerajaan ini, penguasa sebuah kerajaan adalah seseorang yang telah dipilih oleh para “dewa” dan hanya bisa ditemukan oleh Ki. Dikatakan bahwa mahluk Ki yang berwujud asli seperti unicorn ini hanya akan menyembah penguasa kerajaan yang diwakilinya. Jadi ketika Keiki menyembah Youko, maka sudah pasti dia adalah penguasa kerajaan Kei.

Dalam perjalanannya menuju ke tahta kerajaan, Youko yang pada awalnya tidak (sempat) dibawa Keiki langsung ke kerajaan, harus belajar banyak mengenai dunia yang asing baginya seorang diri, sehingga dia menjadi tahu persis apa yang terjadi kepada rakyat kerajaannya yang pada saat itu berada dalam status ‘tanpa penguasa’ dan hanya dikuasai oleh segelintir pejabat kerajaan yang korup. Dia akhirnya berteman dengan berbagai macam kalangan termasuk Rakushun, mahluk cerdas yang berwujud seperti tikus dan dapat mengubah penampilannya menjadi seorang pemuda. Rakushun yang cerdas banyak membantu Youko dalam usahanya memperbaiki kerusakan yang terjadi di kerajaan Kei dan menjadi pemimpin yang baik.


Best anime 2002 buat gue adalah no brainer, dan nggak pake lama-lama langsung pilih 12 Kokki alias 12 Kingdoms. The Best Isekai Anime by far. Yes, ini anime isekai dan yes, ini adalah yang paling bagus.

Novel 12 Kokki ini sebenernya tidak bercerita tentang Youko aja. Sesuai namanya, ada 12 kerajaan yang diceritakan dengan masing-masing konflik dan problematikanya, tapi yang diangkat ke versi anime memang lebih difokuskan ke alur Youko (dan ada sedikit kerajaan En yang dipimpin Shouryuu)

Image source: wikipedia

Kalo memang mau cari isekai yang punya bobot cerita yang bagus, ya jelas ini rekomendasi yang nomer 1. Karakter-karakter yang ada di anime ini berkembang seiring berjalannya cerita. Agak berat memang, dan mungkin agak berasa lambat di awal, tapi bermakna dan punya dampak yang jelas sepanjang cerita. Youko sebagai fokus utama di alur cerita kerajaan Kei ini juga nggak berlarut-larut, dia belajar dan beradaptasi. Bahkan Asano, temen cowoknya di sekolah yang ikut kebawa ke situ, meskipun dalam beberapa kesempatan keliatan menyebalkan, tapi pada akhirnya juga dia punya andil dalam perjalanan cerita.

Beberapa catatan kecil untuk anime ini (atau yang mau coba nonton), anime ini banyak menekankan pada alur, kronologi, dan interaksi antar tokohnya. Topik yang dibahas juga nggak sekedar ketabrak truk, pindah ke isekai terus jadi manusia paling kuat di situ yang siap membangun harem. Jadi kalo mau ikutin anime ini, harus perhatiin dialog-dialognya, urutan kejadiannya, dan inget karakter ini dari mana, dia siapa, apa peranannya.

Satu ‘kekurangannya’ adalah, cerita berhenti di episode 45. Mungkin karena arc Youko harusnya sudah selesai dan pindah ke kerajaan lain. Seperti tadi udah dibilang, material sumbernya adalah novel di mana Youko bukan satu-satunya karakter utama. Barangkali dari pihak produsen melihat kalo ganti fokus tokoh belum tentu bisa dapet perhatian kayak waktu fokus ke Youko. Jadi jangan kaget kalo pas liat episode 45 kayak berasa “loh.. ini endingnya?” 😅

つづく

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.