My Best Anime per Year 2000-2010 (2005): KARAS

2005: KARAS

Tahun 2005 ini bertepatan dengan peringatan 40 tahun Tatsunoko, sebuah studio animasi yang terkenal dengan judul-judul superhero seperti Kagaku Ninja-tai Gatchaman (di Indonesia dikenal dengan G-Force), Casshern, Tekkaman (Blade), atau Hariken Polimar yang dulu di Indonesia dibundling dengan Toshi Gordion jadi “Gordion the Warrior & Polymar”.

Nah, di tahun 2005 ini best anime gue adalah anime buatan Tatsunoko yang dirilis untuk memperingati usianya yang ke-40 yaitu Karas.

Image source: fanart.tv
JudulKaras / 鴉 -KARAS-
TipeOVA (6 episode)
Tayang25 Maret 2005 – 26 Oktober 2007
GenreAction, supranatural, Sci-fi
StafPerencanaan awal: Satou Keiichi
Sutradara: Satou Keiichi
Desain karakter: Hayama Kenji, Satou Keiichi
KarakterOtoha Yousuke (seiyuu: Wada Toshihiro)
Yurine (seiyuu: Suzuki Kasumi)
Hoshunin Eikou (seiyuu: Sakurai Takahiro)
Nue (seiyuu: Fujiwara Kenji)

Karas menceritakan tentang dunia manusia dan dunia mahluk halus yang hidup berdampingan tetapi manusia tidak bisa melihat keberadaan para mahluk halus. Kondisi yang damai dan tidak saling mengganggu ini dijaga oleh Yurine, seorang gadis (spirit? peri? dewi?) yang dibantu oleh pengawalnya yaitu Karas, ksatria dengan armor bernuansa burung gagak yang bisa berubah dari wujud manusia menjadi pesawat atau mobil.

Setelah sekian lama hidup dalam kedamaian tanpa gangguan, membuat manusia menganggap keberadaan mahluk halus hanya khayalan dan menjadi sombong. Hal ini membuat Hoshunin Eikou, salah satu Karas yang selama ini melindungi kota membenci manusia dan memutuskan untuk menghabisi manusia

Dalam menjalankan rencananya itu, Eikou membentuk pasukan yang disebut Mikura, yaitu gabungan antara siluman dengan mesin. Dia pun menghabisi Karas-Karas yang lain sehingga “batas” antara dunia manusia dan mahluk halus terganggu keseimbangannya. Sebagai akibatnya, di kota mulai muncul kejadian-kejadian aneh di mana terjadi pembunuhan tetapi sulit untuk dipecahkan dan korban selalu berada dalam keadaan yang tidak wajar.

Yurine kemudian memanggil Otoha, seorang pemuda yang sedang dirawat di rumah sakit, dia menjadikan Otoha sebagai Karas yang baru dan memerintahkannya untuk melawan Eikou dan pasukan Mikuranya. Sementara itu, seorang pemuda misterius bernama Nue datang ke kota tersebut karena dia ingin membebaskan adiknya yang ditangkap oleh Eikou.


Waktu pertama liat video promo Karas, langsung “woooaaah”, animasinya keren banget dibanding anime seangkatannya. Adegan-adegan berantemnya juga ok, cerita juga ok. Tipikal Tatsunoko sih sebenernya, mereka seneng banget bikin cerita tentang tokoh hero yang pake armor. Kalopun ada yang gue ‘komplen’ dari seri ini adalah, karena settingnya sering gelap, jadi kadang kualitas sumbernya sangat berpengaruh.

Ada yang agak bingung sih gue waktu itu. Di trailer, si Yurine ngitung 1 sampai 9, terus dia bilang “Once there were ten, it will fall”. Gue mikirnya waktu itu yang disebutin adalah jumlah Karas-nya, di awal ada 10 dan satu-satu dibunuhin sama Eikou. Tapi ternyata ada Karas lain, dengan Yurine lain juga, yang dateng ke kota itu dan sempat membantu Otoha. Kayaknya mereka ‘pelindung’ dari kota lain makanya nggak bisa ikut campur dalam pertarungan. Apa ini berarti masing-masing kota punya Yurine sendiri dan tiap Yurine punya 10 Karas? Alasan mereka ke situ karena apa ya? Apa karena Yurine kota itu ‘mati’ dibunuh Eikou? Agak lupa gue ceritanya. Mungkin nanti nonton ulang lagi. 😁

つづく

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.