Blog

My Best Anime per Year 2000-2010 (2006): Bakumatsu Kikansetsu Irohanihoheto

2006: Bakumatsu Kikansetsu Irohanihoheto

Buat tahun 2006, gue akan pilih anime buatan Sunrise, tapi bukan tentang mecha (soalnya Sunrise rajin bikin anime dengan robot-robotan). Selain itu, anime ini muncul dalam format ONA alias Original Net Animation, yaitu format di mana anime dirilis langsung ke internet, jadi bukan ditayangkan di televisi (TV Series), atau diedarkan langsung ke dalam format video (OVA/Original Video Animation).

Image source: minitokyo
JudulBakumatsu Kikansetsu: Irohanihoheto / 幕末機関説 いろはにほへと
TipeOriginal Net Animation/ONA (26 episode)
Tayang6 Oktober 2006 – 6 April 2007
Genreaction, drama, history
StafKarya asli: Takahashi Ryosuke, Yatate Hajime
Sutradara: Oohashi Yoshimitsu
Komposisi cerita: Miyashita Junichi
Desain karakter: Kozaki Yuusuke
KarakterAkizuki Youjiro (seiyuu: Namikawa Daisuke)
Yuyama Kakunojou (seiyuu: Satou Rina)
Ibaragi Soutetsu (seiyuu: Inoue Kazuhiko)
Kanna Sakyounosuke (seiyuu: Toriumi Kousuke)

Anime ini berlatar belakang Jepang di periode Bakumatsu, di mana terjadi perubahan yang signifikan dalam tatanan sosial budaya masyarakat Jepang yang sebelumnya bisa dikatakan ‘tertutup’. Hal ini disebabkan mulai masuknya pengaruh budaya ‘barat’, baik itu dalam perdagangan maupun politik. Dengan adanya perubahan ini, eksistensi para samurai yang dulunya mendominasi menjadi semakin terkikis dan perlahan mulai menghilang. Dalam tatanan kehidupan sebelumnya, para shogun berkuasa dan mempunyai banyak samurai sebagai anak buah, tetapi sekarang para samurai yang kehilangan “majikannya” mulai kehilangan tempatnya di masyarakat.

Di masa perubahan kebudayaan ini, masih ada hal-hal supranatural, yang mulai dilupakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah legenda tentang Hasha no Kubi atau Head of the Conqueror. Dikatakan bahwa siapapun yang bisa menguasai kekuatan Hasha no Kubi bisa menguasai Jepang. Dan di tengah peralihan kekuasaan yang terjadi saat itu, dikabarkan bahwa ada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kekuatan tersebut untuk kepentingan golongannya.

Di tengah perebutan kekuasaan ini, muncul seorang samurai dengan sebutan Eien no Shikaku (Eternal Assassin) yang mewarisi pedang Getsuruitou (Moon Tear Sword), yaitu pedang yang bisa mengalahkan Hasha no Kubi. Orang itu adalah Akizuki Youjiro, seorang samurai yang sebelumnya mempunyai tugas melindungi Sakamoto Ryouma seorang tokoh sejarah Jepang yang dibunuh oleh rekannya. Terdorong oleh penyesalan karena merasa gagal melindungi Ryouma, Akizuki berusaha keras untuk menjalankan tugasnya sebagai Eien no Shikaku.

Dalam pencariannya, dia tiba di Yokohama, di mana secara tidak sengaja dia bertemu dengan rombongan kabuki milik keluarga Yuyama yang dipimpin oleh putri tunggal keluarga tersebut yaitu Yuyama Kakunojou. Akizuki kemudian mengetahui bahwa meskipun tampak sebagai pemeran kabuki, ternyata mereka mempunyai misi untuk membalas dendam kematian orang tua Kakunojou yang dibunuh oleh seseorang bernama Hario Genba. Pertemuan Akizuki dan anggota teater kabuki ini ternyata membawa dirinya terlibat dalam konspirasi dan intrik yang melibatkan banyak pihak.


Cerita tentang samurai yang mulai kehilangan tempat di masyarakat Jepang memang bukan sesuatu yang baru sih, tapi menurut gue anime ini lumayan menarik bisa memasukkan elemen supranatural buat ‘bumbu’ biar nggak terlalu umum. Elemen sejarah juga masih ada dalam alur cerita, ada modifikasi sedikit tapi secara keseluruhan nggak mengubah sejarah yang benerannya sampe jadi alternate universe.

Perkembangan karakternya bagus, meskipun kadang kalah sama cerita sejarahnya, tapi nggak kedodoran. Gue pribadi waktu dulu nonton lebih tertarik sama karakter Soutetsu, anggota grup kabuki yang bertugas sebagai, apa ya namanya? Penulis skenario? Ada banyak kejadian yang seolah mengindikasikan kalau dia ini bukan cuma nulis skenario buat dipentaskan, tapi dia juga “mengendalikan jalan cerita” yang dialami oleh anggota grup di luar panggung. Seorang konspirator di balik layar. 😁

Oh, dan musik latarnya melibatkan Kajiura Yuki, openingnya Kouya Ruten oleh FictionJunction YUUKA, insert songnya Namida oleh Ishikawa Chiaki. What’s not to like? 😁 tapi kayaknya anime ini nggak begitu populer ya di tahun 2006-2007? 🤔

Standard

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.