My Best Anime per Year 2000-2010 (2007): Seirei no Moribito

2007: Seirei no Moribito

Nggak pake lama, langsung aja ini mah. Udah jelas pilihannya.

Image source: zerochan.net
JudulSeirei no Moribito / 精霊の守り人
TipeTV Series (26 episode)
Tayang7 April 2007 – 29 September 2007
Genreaction, drama, fantasy
StafKarya asli: Uehashi Nahoko
Sutradara: Kamiyama Kenji
Desain Karakter: Aso Gato
Musik: Kawai Kenji
KarakterYonsa Balsa (seiyuu: Andou Mabuki)
Chagum (seiyuu: Adachi Naoto)
Tanda (seiyuu: Tsujitani Kouji)
Shuga (seiyuu: Nojima Hirofumi)

Yonsa Balsa adalah seorang ahli bela diri yang menggunakan tombak sebagai senjata utamanya. Dia berkelana dan bekerja sebagai pengawal bayaran yang dilakukannya karena ingin “menebus” kematian 8 orang yang dulu pernah dibunuh oleh orang yang melindungi dirinya waktu kecil. Dalam menjalankan tugasnya melindungi orang, Balsa menggunakan semua kemampuan bertarungnya untuk mengalahkan lawan dan berusaha untuk tidak membunuh mereka. Suatu hari tanpa sengaja dia menyelamatkan seorang anak yang hendak dibunuh oleh sekelompok orang. Balsa baru mengetahui belakangan bahwa ternyata Chagum, anak itu, adalah pangeran kedua di kerajaan Shin Yogo.

Dalam sejarah (legenda) Shin Yogo diceritakan bahwa pernah terjadi pertempuran antara siluman air dengan raja yang mendirikan kerajaan bersama dengan 8 orang pengawalnya. Kemenangan raja tersebut berhasil menyelamatkan rakyat dari paceklik. Di masa pemerintahan raja yang sekarang, kerajaan Shin Yogo kembali mengalami ancaman bahaya kelaparan.

Berdasarkan informasi dari penasihat spiritual kerajaan, cara untuk menyelamatkan kerajaan dari situasi ini adalah dengan membunuh titisan siluman air yang ternyata adalah Chagum. Hal inilah yang kemudian membuat raja memerintahkan untuk membunuh Chagum.

Balsa yang menyelamatkan Chagum kemudian diminta tolong oleh permaisuri (ibu Chagum) untuk menyelamatkan anaknya. Balsa menyanggupi tugas itu dan menjadikan Chagum sebagai orang ke-8 yang dia kawal (alias orang terakhir dalam perjalanannya menebus kematian 8 orang)


Ada 3 nominasi sebenernya untuk tahun ini, tiga-tiganya buat gue punya cerita yang bagus, semuanya juga gue suka dan enjoy nontonnya. Dari 3 itu, 2 settingan-nya luar angkasa, 1 ada di bumi dan pilihan gue langsung jatuh ke yang di bumi. Jadi ada Heroic Age, Terra…e, dan …. *drumrolls* (eh… udah ada ding di atas judulnya… 😅)

Gue milih bukan karena ceritanya ada di bumi, tapi dari 3 judul itu, gue paling suka tokoh utamanya. Balsa, tokoh utama di sini, nggak kayak tokoh utama di 2 judul yang lain. Di Heroic Age, si Age ceritanya tumbuh dalam lingkungan yang membuat dirinya punya sifat dan karakter yang baik hati, tapi di beberapa situasi dia harus ‘terjebak’ dan mengalami konflik internal karena terikat ‘kontrak’ yang bertentangan dengan keinginannya. Sama juga di Terra…e, Jomy alias Soldier Blue, tumbuh di lingkungan yang nyaman, jadi dia punya idealisme yang kadang membuat dia sulit untuk membuat keputusan dan di beberapa kesempatan seperti ragu. Ya mungkin memang di situ sih letak konflik yang mau dibawakan dalam cerita, jadi ya sah-sah aja. Sementara kalo di Moribito, Balsa waktu kecil juga mengalami nasib hampir sama seperti Chagum, diburu. Kemudian dia besar dengan belajar ilmu bela diri (tombak) dan sudah mengalami pertempuran, jadi cara dia menghadapi situasi terasa lebih tenang dan matang, tapi tetep masih ada nuansa ‘keibuan’ waktu dia melindungi Chagum. Berasa beda sama 2 orang tokoh utama yang sebelumnya tadi. Singkatnya, gue suka karakter utamanya. 😆

Kalo dipikir-pikir, 12 Kokki juga tokoh utamanya cewek ya? 😂

つづく

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.