Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

From Commonplace to World’s Strongest

Nagumo Hajime (seiyuu: Fukamachi Toshinari) adalah seorang anak yang sangat menyukai anime, manga, dan game. Dia biasa begadang dan tertidur di kelas keesokan harinya. Suatu ketika Hajime dan teman sekelasnya secara misterius “berpindah” ke Tortus, sebuah dunia fantasy di mana manusia berperang melawan monster.

Anehnya, ketika berpindah ke Tortus, Hajime justru menjadi Synergist, kelas yang dianggap paling tidak berguna dan hanya mempunyai 1 skill saja, sementara teman-temannya yang lain menjadi kelas yang jauh lebih baik dari dirinya. Meskipun sering diejek oleh teman-temannya, Hajime tetap berusaha menolong teman-temannya saat sedang dalam kesulitan. Hingga suatu ketika di sebuah dungeon, dalam keadaan terdesak, salah satu dari teman-temannya ternyata berusaha membunuh Hajime.

Hajime yang terjatuh ke dalam jurang harus kehilangan lengan kirinya karena diserang oleh monster-monster dalam dungeon itu. Dalam keadaan luka parah, kelaparan, dan kesakitan Hajime yang tadinya merupakan anak yang baik hati dan selalu berusaha menolong temannya mengalami mental breakdown dan akhirnya berubah menjadi sadis dan berdarah dingin. Dia menemukan kristal kekuatan yang menghasilkan air yang penuh berisi kekuatan magis di dalam gua. Berkat air itu dia bisa bertahan dan dia menggunakan akalnya untuk membunuh monster kemudian memakan dagingnya demi bertahan hidup.

Ternyata akibat dari daging monster yang dia makan, seluruh tubuhnya menjadi berubah dan dia bisa menggunakan skill atau kekuatan yang dimiliki oleh monster tersebut. Hal ini menimbulkan nyeri dan sakit yang luar biasa tetapi berkat air dari kristal tadi, Hajime akhirnya memburu semua monster yang dia temui, memakannya dan mendapatkan kekuatan yang sama seperti monster tersebut. Selain itu, pengetahuan Hajime mengenai beberapa hal juga membantunya untuk menciptakan senjata dari bahan atau mineral yang dia temukan dalam gua. Dia membuat sebuah senjata berbentuk seperti pistol yang dia beri nama Donner.

My thoughts?

Kalo liat di beberapa tempat diskusi di internet, banyak yang kecewa dengan episode pertama anime ini. 🙄

(Who) Dia itu siapa? (What) Apa yang terjadi sebelumnya? (When) Kapan dia sampe ke situ? (Why) Kenapa tiba-tiba ada orang yang pengen bunuh dia? (How) Gimana caranya dia punya pengetahuan untuk bikin senjata?

Yang semua itu harusnya ada di light novel nya (kalo nggak salah LN, atau mungkin malah WN ya?). Jadi ya wajar aja kalo rata-rata pada kecewa. Gimana mau relate ke Hajime kalo nggak tau asal muasalnya. Memang ada kilasan-kilasan dikit adegan pas mereka terbawa ke Tortus, terus adegan beberapa jam/hari sebelum mereka masuk dungeon, tapi cuma potongan-potongan adegan yang ya mungkin bisa dibilang nggak memberikan informasi yang signifikan.

Sebenernya banyak juga anime yang episode pertama langsung ke tengah cerita, sambil ada flashback nantinya. Tapi kalo liat di MAL, ini adalah anime 13 episode, termasuk pendek sebenernya. Kebanyakan flashback nanti malah ngabisin slot.

Memang sih kalo dikronologiin secara tayang anime, kayaknya Arifureta yang “ngikutin” anime-anime yang belum lama ini tayang, tapi mungkin perlu disebutin juga, anime ini sebenernya direncanakan tayang April 2018, alias 1 tahun yang lalu 😲, dugaannya adalah terlalu banyak adegan sadis dan berdarah-darah jadi akhirnya harus dikerjakan ulang dan dikurangi elemen kekerasannya, bahkan ada yang komplain karena darah mosternya… bukan merah. Bisa aja sih alasannya, it’s monster’s blood, not humans … 🤷‍♂️

Masih belum jelas ini layak diikutin atau nggak, mau coba cari source materials-nya tapi kok kayaknya agak males juga mau baca 🤣. Coba ikutin animenya dulu aja deh sambil liat situasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.