Categories
Blog

Most Anticipated Spring 2020 Anime

Japanese dAnime poll Mar 20, 2020 – Mar 27, 2020

Berdasarkan polling pendapat penggemar anime di Jepang yang dilakukan oleh dAnime, kita bisa melihat judul-judul apa yang paling ditunggu untuk musim semi tahun ini. Ada 56 judul yang “berpartisipasi” dan setiap orang bisa memilih lebih dari 1 judul. Top 5 nya didominasi lanjutan dari musim-musim sebelumnya (bahkan cuma 1 judul yang baru, sisanya judul lama semua). Berikut ini Top 20 dari hasil polling, kalau mau lihat sampai yang no. 56, silahkan klik link di atas tadi atau di bagian bawah tabel.

No.JudulVote
1. ソードアート・オンライン アリシゼーション War of Underworld(2ndクール)
[SAO: Alicization – War of Underworld – 2nd Cour]
5.842
2.かぐや様は告らせたい ~天才たちの恋愛頭脳戦~
[Kaguya-sama: Love is War?]
5.412
3.やはり俺の青春ラブコメはまちがっている。完
[Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru – Fin]
4.788
4.本好きの下剋上 ~司書になるためには手段を選んでいられません (第二部)
[Honzuki no Gekokujō: Shisho ni Naru Tame niwa Shudan o Erandeiraremasen S2]
3.347
5.乙女ゲームの破滅フラグしかない悪役令嬢に転生してしまった…
[Otome Gēmu no Hametsu Furagu Shika Nai Akuyaku Reijō ni Tensei Shiteshimatta…]
3.276
6.食戟のソーマ 豪ノ皿
[Shokugeki no Soma S5]
2.606
7.八男って、それはないでしょう!
[ Hachinan tte, Sore wa Nai Deshō!]
2.291
8.フルーツバスケット 2nd season
[Fruits Basket 2nd season]
2.215
9.新サクラ大戦 the Animation
[Shin Sakura Taisen the Animation]
1.886
10.かくしごと
[Kakushigoto]
1.832
11.攻殻機動隊 SAC_2045
[Ghost in the Shell SAC_2045]
1.830
12.キングダム(第3シリーズ)
[Kingdom S3]
1.635
13.プリンセスコネクト!Re:Dive
[Princess Connect! Re:Dive]
1.464
14.邪神ちゃんドロップキック’
[Jashin-chan Dropkick]
1.276
15.デジモンアドベンチャー:
[Digimon Adventure:]
1.186
16.社長、バトルの時間です!
[Shachou! Battle no Jikan-desu!]
1.076
17.富豪刑事 Balance:UNLIMITED
[Fugō Keiji Balance: UNLIMITED]
1.019
18.白猫プロジェクト ZERO CHRONICLE
[Shironeko Project ZERO CHRONICLE]
1.017
19.メジャーセカンド 第2シリーズ
[Major 2nd]
1.007
20.啄木鳥探偵處
[Kitsutsuki Tantei-dokoro]
996
source poll

Categories
Blog

Good Old Discussion Forum

Cuma sekedar iseng aja sih sebenernya. Kangen jaman-jaman diskusi anime/manga/sejenisnya di forum animindo. Jauh sebelum ada sosmed jaman now kayak FB, Twitter, IG, dll. 😅

Forum-forum diskusi kayaknya udah nggak banyak yang bertahan, tapi lama-lama yang ada pun malah keisi spambot atau kadang ya cuma postingan ‘numpang lewat’ dan nggak ada diskusinya. Entah apa serunya bikin postingan yang nggak ada isinya, kadang cuma emoticon doang (yes, emoticons, before emojis).

Ada kalanya forum itu bahas satu topik yang menimbulkan perbedaan pendapat. Perjalanan diskusinya juga macem-macem, dari yang fun to discuss sampe terjadi flame war, yang meskipun sering terasa menyebalkan, tapi di satu sisi malah memberikan warna tersendiri dan menjadi pertanda kalo forum itu ‘hidup’, ‘warganya’ berinteraksi dan berdiskusi, saling memberikan pandangan atau pendapat tentang sebuah judul anime/manga.

The First Form

Forum animindo sendiri dulu sempet punya member-member yang rajin mampir dan ngobrol seputaran anime/manga. Kelompok yang nggak terlalu besar, tapi cukup nyaman untuk diajak diskusi. Sementara ya pada jaman itu banyak sih forum-forum yang lebih gede, tapi ‘layanan’ yang diberikan memang luas, nggak cuma anime/manga. Jadi kayaknya topik itu hanya menjadi bagian kecil dari sebuah forum komunitas yang besar. Kalo forum animindo ya memang difokusin ke situ. Dan jaman segitu, nggak kayak sekarang yang sekali posting bisa untuk ribuan/jutaan orang, paling ya sekomunitasnya situ. Dulu bikin topik dan bisa didiskusikan sampai berhalaman-halaman mungkin hampir sama kayak kalo sekarang dapet banyak likes kali ya. Tapi dulu kayaknya itu lebih penting dari sekedar likes atau followers. 🤣

The Last Form

Anyway, bikin/buka forum itu banyak yang harus dikerjakan, tapi karena ingin memuaskan rasa ‘kangen’ itu tadi, jadi ya bikin lah forum kecil-kecilan. “Yaelah hari gini bikin forum? Belum tentu ada yang pake!“, ya nggak apa-apa juga, nggak bayar ini. 🤣 Dulu pernah pake aplikasi berbayar, and it was worth all the penny spent, kalo sekarang ya nggak usah lah ya.. hahaha. Beda ama forum jaman dulu? Ya memang, ini versi diskusi sederhana aja. Plain and simple version.

Forum Animindo dulu berhasil mempertemukan gue dengan teman-teman yang sampai sekarang masih keep in touch, masih ngobrolin anime/manga, dan kadang kita masih ketemua IRL untuk ngobrol dan nongkrong bareng. I’m grateful for that. Always have, always will.

Stop by and say hello.

Categories
Blog

Kikou Kantai Dairugger XV

Kabar baik buat penggemar anime super robot tahun 80-an. Dalam rangka promosi rilis line-up barunya yaitu Soul of Chogokin GX-88, Dairugger XV, Bandai Spirit menyediakan streaming serial robot yang dimaksud di YouTube secara gratis dan disertai subtitle Inggris.

Buat yang berminat ngikutin, bisa kunjungi channel YouTube mereka di link berikut (saat artikel ini ditulis, baru tersedia sampai eps 4) :
Bandai Spirit – Kikou Kantai Dairugger XV