animindo

anime . indonesia

009 RE:CYBORG

Dahulu ada 9 orang yang diculik dan ‘dibunuh’ oleh organisasi rahasia bernama Black Ghost untuk kepentingan mereka sebagai ‘merchant of death’. Kemudian melalui kejeniusan dr. Gilmore, mereka diubah menjadi 9 cyborg dengan kemampuan yang luar biasa.

Dr. Gilmore lalu membawa pergi ke-9 cyborg ciptaannya itu dan memberontak terhadap Black Ghost. Sejak itu mereka selalu memerangi kejahatan di mana pun dan selalu datang untuk menolong dunia di saat mereka dibutuhkan. Sekarang, di saat dunia sudah mengalami masa damai, keberadaan mereka seolah menghilang dan terlupakan, tetapi bahaya baru mulai datang mengancam perdamaian dunia …

Spoiler alert, buat yang belum nonton movie-nya, mungkin ini akan berasa ada sedikit ‘bocoran’. I’ve warned you. 

16 Februari 2013,  di dunia sedang terjadi berbagai kasus pemboman terhadap gedung-gedung pencakar langit di kota-kota besar. Beredar kabar bahwa tindakan tersebut dilakukan oleh pihak militer AS dan juga beredar kabar bahwa ada beberapa orang yang mendengar ‘bisikan’ atau ‘suara’ yang memerintahkan mereka untuk melakukan hal tersebut. Great Britain, cyborg 007 yang mencoba menyelidiki rahasia di balik tindakan ‘terorisme’ ini, menghubungi Jet Link (002), kawan lamanya yang sekarang bekerja untuk NSA mengenai hal ini.

Sementara itu di Jepang, Shimamura Joe merasa hidupnya seperti berada dalam sebuah lingkaran di mana ia merasa segala sesuatunya seperti berulang-ulang tetapi ia tidak ingat apa-apa. Ketika ia sedang berada di sebuah gedung pencakar langit, tiba-tiba gedung tersebut diserang dengan menggunakan rudal yang berasal dari kapal perang AS. Pada saat yang sama, ia diserang oleh Geronimo (005) untuk memicu ingatannya agar kembali. Ketika sedang bertarung dengan Geronimo, Francoise datang dan ingatan Joe pun kembali ketika melihat Francoise melompat turun dari pesawat.

Ketika berkumpul kembali bersama dr. Gilmore, Joe mengaku bahwa sebenarnya diapun mendengar ‘suara’ tersebut dan sempat berpikiran untuk melakukan pemboman, tetapi ia sendiri tidak tahu dari mana asal suara tersebut dan sempat mengira bahwa itu adalah suara dr. Gilmore.

Menurut informasi intelijen yang dikumpulkan oleh Ivan (001), kemungkinan besar seluruh operasi tersebut didalangi oleh sebuah perusahaan Israel yang mempunyai pengaruh cukup kuat dalam pemerintahan AS. Dan penyelidikan para cyborg ini membuat mereka kemudian menjadi pihak yang difitnah sebagai pelaku pemboman.

Di lain tempat, Pyunma (008) yang bekerja sebagai arkeolog, menemukan fosil yang diduga berkaitan erat dengan kasus-kasus yang terjadi dan mengenai asal muasal ‘suara’ yang dikatakan sebagai pemicu perubahan perilaku para pelaku pemboman.

Siapa atau apa sebenarnya yang sedang terjadi, dan mengapa sang ‘suara’ menganjurkan manusia untuk saling menghancurkan? Siapa sebenarnya pemimpin dari perusahaan yang berada di belakang semua kejadian tersebut? Bagaimana Joe yang juga mengaku telah mendengar ‘suara’ itu harus bertindak?

Segitu aja dulu … 

Excited banget waktu nonton movie ini (dan berharap akan ada movie-movie anime seperti ini di masa yang akan datang di Indonesia. Amiiin.)

Keinget dulu pernah nonton Cyborg 009 dari jaman yang masih hitam putih (produksi akhir 1960-an), kemudian mulai berwarna di tahun 70-an (kalo nggak salah inget, baju Joe warna putih dengan slayer warna merah). Lalu muncul versi tahun 2001, dengan seragam merah dan slayer kuning, yang sepertinya menjadi basis design untuk RE:CYBORG ini.

Tapi waktu liat Francoise di movie langsung … gasp! 

Dan kalau liat jajaran staf yang kerjain proyek ini …

  • Sutradara & skenario : Kamiyama Kenji (‘Ghost in the Shell S.A.C’, ‘Seirei no Moribito’, ‘Higashi no Eden’)
  • Desain karakter : Asou Gato (‘Seirei no Moribito’)
  • Musik : Kawai Kenji (‘Fate Stay/Night’, ‘Seirei no Moribito’, ‘Higashi no Eden’)
  • Art Director : Takeda Yusuke (‘Ghost in the Shell S.A.C’, ‘Seirei no Moribito’, ‘Higashi no Eden’)

Production house-nya Production I.G dan didukung studio animasi yang terkenal di Jepang karena 3DCGI-nya, SANZIGEN.

Anyway, buat yang baru kali ini ketemu Cyborg 009, mungkin akan bertanya-tanya, ini siapa, itu siapa, kok bisa tiba-tiba gini, dst. Atau malah komentar: “Apaan sih ini? Gak jelas!” … ceritanya itu begini … siap-siap aja baca berlama-lama … 

The Beginning

Cyborg 009 - 60-70s

1960s

Alkisah (halah…) ada sebuah organisasi jahat yang bisa dibilang ‘merchant of death’. Mereka hidup dari menciptakan perang dan berdagang senjata. Hebatnya adalah organisasi ini mempunyai teknologi yang jauh lebih maju sehingga peralatan dan persenjataan mereka jauh lebih baik dibandingkan negara-negara yang ada di dunia.

Selain senjata canggih, organisasi ini ingin menciptakan pasukan cyborg yang kuat sehingga mereka bisa mendominasi dunia. Untuk itu, mereka menculik bahkan membunuh orang-orang yang dianggap sesuai sebagai kandidat cyborg.

Cyborg 009 - 60-70s

1960 – 1970s

Shimamura Joe adalah seorang pembalap muda berbakat dari Jepang. Pada suatu saat ketika ia sedang dalam balapan, mobilnya mengalami kecelakaan. Tetapi anehnya, ambulans yang menolongnya justru malah menculik Joe dan membawanya ke sebuah pulau misterius.

Di pulau ini Joe menjalani sebuah operasi khusus dan ketika tersadar, dia merasakan ada kejanggalan pada tubuhnya. Ketika ia mencoba lari dari pulau itu, ia baru menyadari bahwa dirinya saat ini bukan lah Shimamura Joe yang dulu. Pada saat yang bersamaan, ia diajak oleh dr. Gilmore, orang yang melakukan operasi atas dirinya untuk melarikan diri dari Black Ghost bersama dengan 8 orang cyborg lainnya.

Pemberontakan Joe dan kawan-kawan ini kemudian berlanjut dengan peperangan antara para cyborg melawan Black Ghost. Mereka mempergunakan kemampuan istimewa sebagai cyborg yang tidak bisa dikalahkan dengan mudah oleh Black Ghost karena dr. Gilmore menciptakan mereka berbeda satu sama lain.

2001

2001

Dalam perkembangan cerita berikutnya, para cyborg tidak hanya melawan Black Ghost, tetapi muncul juga para musuh lainnya.

The Cyborgs

Ivan Whisky - 001

Ivan Whisky – 001

Ivan Whisky – Code: 001
Berasal dari Rusia. Meskipun masih bayi, tetapi memiliki kecerdasan melebihi orang dewasa. Ia juga mempunyai kemampuan teleportasi dimana dia bisa memindahkan seseorang atau obyek ke tempat lain sesuai keinginannya. Ia juga mampu berkomunikasi secara telepati.

Jet Link - 002

Jet Link – 002

Jet Link – Code: 002
Berasal dari Amerika Serikat. Jet mempunyai booster di kaki yang memungkinkannya untuk terbang melebihi kecepatan suara (mach 5). Jet adalah cyborg tercepat dan hanya bisa ditandingi oleh Joe

Francoise Arnoul - 003

Francoise Arnoul – 003

Francoise Arnoul – Code: 003
Berasal dari Perancis. Dia adalah seorang penari balet (ballerina) yang diculik oleh Black Ghost. Francoise mempunyai kemampuan untuk melihat jarak jauh dan pendengaran yang peka, bisa dibilang dia seperti radar yang bisa membantu rekan-rekannya. Ia juga mampu mengakses internet dengan cepat dan mengumpulkan berbagai data (di versi baru, jaman dulu belum ada cerita tentang internet). Di versi movie, dijelaskan bahwa Francoise dan Joe adalah sepasang kekasih.

Albert Heinrich - 004

Albert Heinrich – 004

Albert Heinrich – Code: 004
Berasal dari Jerman. Seluruh tubuhnya sudah dimodifikasi menjadi berbagai macam senjata. Diceritakan bahwa Heinrich, Ivan, Jet, dan Francoise dikatakan sebagai seri Cyborg 00 awal karena mereka sebenarnya sudah dimodifikasi menjadi cyborg sejak jaman perang dunia.

Geronimo Jr. - 005

Geronimo Jr. – 005

Geronimo Jr. – Code: 005
Suku asli Indian. Geronimo mempunyai kekuatan fisik yang sangat besar dan tubuh yang tebal sehingga bisa menahan peluru. Sebagai keturunan Indian, Geronimo kadang menggunakan ilmu dari leluhurnya untuk membantu para Cyborg dalam menjalankan misi.

Chang Changku - 006

Chang Changku – 006

Chang Changku – Code: 006
Berasal dari China. Chang dapat menyemburkan api yang sangat panas dari mulutnya. Selain memerangi kejahatan, Chang juga mempunyai kemampuan memasak, dan ia juga membuka sebuah restoran.

Great Britain - 007

Great Britain – 007

Great Britain – Code: 007
Sesuai namanya, dia berasal dari Inggris. Great mampu mengubah partikel tubuhnya sampai ke tingkat sel sehingga dia bisa berubah bentuk. Di versi lama, Great mengubah bentuk dengan cara menekan pusarnya yang berfungsi sebagai tombol. Di versi baru, sesuai dugaan, dia punya kemampuan kamuflase.

Pyunma - 008

Pyunma – 008

Pyunma – Code: 008
Berasal dari Afrika. Pyunma adalah cyborg yang diciptakan untuk misi dalam air. Ia dapat bernafas di kedalaman 10 km. Setelah berhenti dari kelompok cyborg, dia menjadi seorang arkeolog.

Shimamura Joe - 009

Shimamura Joe – 009

Shimamura Joe – Code: 009
Joe adalah seorang pembalap muda dari Jepang. Setelah kecelakaan mobil saat balapan (akibat sabotase Black Ghost), ia diubah menjadi cyborg oleh dr. Gilmore dengan menggunakan teknologi tercanggih dibandingkan dengan ke-8 kawannya. Ia juga mempunyai kemampuan bergerak lebih cepat dengan adanya “akselerator” dalam tubuhnya dan dikatakan hanya dia yang bisa menandingi kecepatan Jet.

Buat yang masih penasaran, kalau sulit mencari yang versi tahun 1960-an, tonton aja serial yang tahun 2001. Lumayan lengkap kok cerita asal muasal 009. Dan sebagai info tambahan, Cyborg 009 adalah sebuah karya fiksi ilmiah dari mendiang Ishinomori Shotaro. Beliau terkenal atas karya-karyanya seperti Cyborg 009, dan tokoh-tokoh tokusatsu seperti Himitsu Sentai Goranger, Kamen Rider, dll. Selain Cyborg 009 yang terdiri dari 9 manusia cyborg ini, masih ada lagi anime yang juga memakai ‘franchise’ 009, judulnya 009-1. Di sini cyborg 009 nya seorang cewek yang menjadi mata-mata internasional. Nggak nyambung sih sama yang grup cyborg. ^^;

Previous

Cyclops Shoujo Saipu

Next

Trivia: サイボーグ 009

4 Comments

  1. Annas Maulana Bagaskara

    keren.. sayang anime-nya yang taun 2001 ngga ada yang ngesub indo.. sub english aja susah nyarinya -_-

    • Okita

      Ya mungkin karena udah lumayan lama. 2001 itu kan sekitar 13-14 tahun yg lalu… *time flies

  2. sabre

    kurang ngerti sama endingnya movie re cyborg…. ada yang bisa jelasin gan? btw movienya cukup bagus terutama francoise

    • Okita

      hahaha. memang endingnya agak ‘aneh’. kayaknya yg dimaksud di situ, permintaan si Joe kepada ‘tuhan’ (pas sebelum ledakan), dikabulkan. semuanya direset ulang menjadi dunia ‘baru’ seperti yang di-impi-kan Joe, makanya temen2 dia lengkap semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén